Strategi Belajar Mengajar Ekonomi Lanjutan, Curriculum : 2017


Courser in EnglishADVANCED ECONOMICS TEACHING LEARNING STRATEGY
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS3 SKS
RPS8 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Microteaching merupakan mata kuliah yang mempelajari penerapan strategi pengajaran dalam lingkungan pembelajaran mikro untuk menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif.

 

Learning Outcomes

Pengetahuan yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi, (1) konsep microteaching, (2) komponen microteaching, (3) masalah dalam pembelajaran, (4) problem solving dalam pembelajaran, (5) pengembangan media pembelajaran interaktif. Pengetahuan ini dimaksudkan untuk menunjang keterampilan membuat dan mengembangkan RPP serta media pembelajaran interaktif untuk praktik mengajar di lingkungan virtual dan nyata. Melalui ilmu dan ketrampilan ini diharapkan siswa menjadi calon guru yang profesional.

References

Sri Anitah 2014. Strategi pembelajaran di SD. Universitas Terbuka        
TIM – FKIP. 2013. Materi Pokok Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jakarta: Universitas Terbuka.
 


Details ...
Course Descriptions

Microteaching merupakan mata kuliah yang mempelajari penerapan strategi pengajaran dalam lingkungan pembelajaran mikro untuk menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif.

 

Learning Outcomes

Pengetahuan yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi, (1) konsep microteaching, (2) komponen microteaching, (3) masalah dalam pembelajaran, (4) problem solving dalam pembelajaran, (5) pengembangan media pembelajaran interaktif. Pengetahuan ini dimaksudkan untuk menunjang keterampilan membuat dan mengembangkan RPP serta media pembelajaran interaktif untuk praktik mengajar di lingkungan virtual dan nyata. Melalui ilmu dan ketrampilan ini diharapkan siswa menjadi calon guru yang profesional.

References

Sri Anitah 2014. Strategi pembelajaran di SD. Universitas Terbuka        
TIM – FKIP. 2013. Materi Pokok Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jakarta: Universitas Terbuka.
 


Details ...
Course Descriptions

Microteaching merupakan mata kuliah yang mempelajari penerapan strategi pengajaran dalam lingkungan pembelajaran mikro untuk menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif.

 

Learning Outcomes

Pengetahuan yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi, (1) konsep microteaching, (2) komponen microteaching, (3) masalah dalam pembelajaran, (4) problem solving dalam pembelajaran, (5) pengembangan media pembelajaran interaktif. Pengetahuan ini dimaksudkan untuk menunjang keterampilan membuat dan mengembangkan RPP serta media pembelajaran interaktif untuk praktik mengajar di lingkungan virtual dan nyata. Melalui ilmu dan ketrampilan ini diharapkan siswa menjadi calon guru yang profesional.

References

Sri Anitah 2014. Strategi pembelajaran di SD. Universitas Terbuka        
TIM – FKIP. 2013. Materi Pokok Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM). Jakarta: Universitas Terbuka.
 


Details ...
Course Descriptions

Strategi pembelajaran lanjut merupakan mata kuliah yang mempelajari penerapan strategi untuk mengatasi berbagai masalah dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Pengetahuan yang diajarkan dalam mata kuliah ini mencakup, (1) ruang lingkup strategi pembelajaran, (2) komponen strategi pembelajaran, (3) permasalahan dalam pembelajaran, serta (4) penerapan strategi pemecahan masalah dalam pembelajaran.
 

Learning Outcomes

Pengetahuan tersebut nantinya dapat digunakan untuk mendukung keterampilan membuat dan mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran serta audio video praktek mengajar di lingkungan virtual. Melalui pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat menjadi guru profesional.
 

References

A. H. Brown &T.D. Green (2016). The Essentials of Instructional Design, Connecting Fundamental Principles with Process and Practice. New York&London : Routledge Taylor&France Group
Setiawan, DF. 2018. Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran. Deepublish : Yogyakarta

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and methods in language teaching. Cambridge university press.


Details ...
Course Descriptions

Strategi pembelajaran lanjut merupakan mata kuliah yang mempelajari penerapan strategi untuk mengatasi berbagai masalah dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien. Pengetahuan yang diajarkan dalam mata kuliah ini mencakup, (1) ruang lingkup strategi pembelajaran, (2) komponen strategi pembelajaran, (3) permasalahan dalam pembelajaran, serta (4) penerapan strategi pemecahan masalah dalam pembelajaran.
 

Learning Outcomes

Pengetahuan tersebut nantinya dapat digunakan untuk mendukung keterampilan membuat dan mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran serta audio video praktek mengajar di lingkungan virtual. Melalui pengetahuan dan keterampilan tersebut, mahasiswa diharapkan dapat menjadi guru profesional.
 

References

A. H. Brown &T.D. Green (2016). The Essentials of Instructional Design, Connecting Fundamental Principles with Process and Practice. New York&London : Routledge Taylor&France Group
Setiawan, DF. 2018. Prosedur Evaluasi dalam Pembelajaran. Deepublish : Yogyakarta

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and methods in language teaching. Cambridge university press.


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang Hakikat Pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen; Dasar Komunikasi dan Ketrampilan Dasar Mengajar,  Demonstrasi ketrampilan dasar mengajar;  Pembelajaran  Mikro; praktek pembelajaran mikro untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan  kompetensi pedagogik dalam konteks pengajaran mikro.

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu:

  1. Menguasai hakekat pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, teori dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar.
  2. Menerapkan keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam konteks pengajaran mikro pada mata pelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

References

  1. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  2. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  3. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  4. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun
  9. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang Hakikat Pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen; Dasar Komunikasi dan Ketrampilan Dasar Mengajar,  Demonstrasi ketrampilan dasar mengajar;  Pembelajaran  Mikro; praktek pembelajaran mikro untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan  kompetensi pedagogik dalam konteks pengajaran mikro.

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu:

  1. Menguasai hakekat pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, teori dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar.
  2. Menerapkan keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam konteks pengajaran mikro pada mata pelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

References

  1. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  2. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  3. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  4. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun
  9. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013

 


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini berisi tentang Hakikat Pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen; Dasar Komunikasi dan Ketrampilan Dasar Mengajar,  Demonstrasi ketrampilan dasar mengajar;  Pembelajaran  Mikro; praktek pembelajaran mikro untuk membekali mahasiswa calon guru dalam mengembangkan  kompetensi pedagogik dalam konteks pengajaran mikro.

Learning Outcomes

Mahasiswa  memiliki  seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga akan mampu:

  1. Menguasai hakekat pembelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen, teori dasar-dasar komunikasi dan keterampilan dasar mengajar.
  2. Menerapkan keterampilan dasar mengajar secara terintegrasi dalam konteks pengajaran mikro pada mata pelajaran Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila.

References

  1. Arends, Richard. (2008). Learning to Teach, Avenue of the Americas New Yotk, NY 10020: McGraw-Hill Companies, Inc 1221.
  2. Sanjaya, Wina. (2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenaga Media Grup.
  3. Suwarna, dkk. (2013). Modul Pelatihan Pengembangan Keterampilan Dasar Teknis Instruksional. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Instruksional, dan Sumber Belajar UNY.
  4. Shofa, Shoffan. (2017) Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching). Surabaya: Mavendra Pers.
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 183 Tahun 2016
  8. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 53 Tahun
  9. Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor  389 Tahun 2013

 


Details ...