Drama Sinema, Curriculum : 2021


Courser in EnglishCINEMATIC DRAMA
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang penggarapan pertunjukan teater berskala kecil hingga menengah. Proses pembelajaran dipusatkan pada pengerjaan proyek pementasan, mulai dari perencanaan hingga pemanggungan. Oleh karena itu, proses pembelajaran lebih banyak dilakukan di luar kelas dan di luar jam belajar. Keterampilan yang diajarkan meliputi bedah naskah, dasar-dasar acting, penyutradaraan, penggarapan artistik dan produksi pementasan. Untuk mencapai tujuan tersebut, perkuliahan minggu pertama hingga keempat dipusatkan pada aspek teoretis pementasan termasuk acting, penyutradaraan dan artistik. Minggu ke-lima hingga mimggu ke-empat belas digunkana untuk persiapan teknis pementasan, termasuk bedah naskah, casting, latihan bagi para actor, penggarapan artistik dan persiapan produksi. Pementasan diadakan pada minggu ke-lima belas, dan evaluasi dilakukan di minggu ke-enam belas. Asesmen unutuk mengetahui pencapaian kompetensi tersebut dilakukan dengan melihat kontribusi dan tanggungjawab setiap mahasiswa dalam setiap kerja kelompok dari persiapan hingga pementasan..

Learning Outcomes

Pengetahuan 1. Mengkaji komponen dan aspek produksi teater . 2. Menerapkan keterampilan berahasa Inggris dalam pementasan naskah drama. 3. Menganalisis naskah dan melakukan pendalaman naskah drama untuk tujuan pementasan. Sikap 1. Menunjukkan sikap antusias, jujur, mandiri dan kritis selama kegiatan perkuliahan. 2. Menunjukkan sikap bekerja sama dalam sebuah kerja kelompok. 3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas sendiri maupun kontribusi dalam tugas kelompok. 4. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap karya artistik, terutama drama. Keterampilan 1. Memiliki keterampilan berakting dalam Bahasa Inggris. 2. Membuat perencanaan pementasan drama berskala kecil dan menengah. 3. Mengkomunikasikan ide, gagasan dan solusi dalam sebuah kerja kelompok. 4. Menyelesaikan sebuah kerja kelompok berdasarkan jadwal dan matriks yang telah ditentukan. 5. Mempraktekan keterampilan Bahasa Inggris untuk tujuan pementasan drama.

References

1. Leach, Robert. 2008. Theater Studies: The Basics. New York: Routledge

2. Kissel, Howard (ed). 2000. The Art of Acting by Stella Adler. New York: Applause Books

3. Allison, Hodge (ed). 2010. Actor Training. New York: Routledge


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang penggarapan pertunjukan teater berskala kecil hingga menengah. Proses pembelajaran dipusatkan pada pengerjaan proyek pementasan, mulai dari perencanaan hingga pemanggungan. Oleh karena itu, proses pembelajaran lebih banyak dilakukan di luar kelas dan di luar jam belajar. Keterampilan yang diajarkan meliputi bedah naskah, dasar-dasar acting, penyutradaraan, penggarapan artistik dan produksi pementasan. Untuk mencapai tujuan tersebut, perkuliahan minggu pertama hingga keempat dipusatkan pada aspek teoretis pementasan termasuk acting, penyutradaraan dan artistik. Minggu ke-lima hingga mimggu ke-empat belas digunkana untuk persiapan teknis pementasan, termasuk bedah naskah, casting, latihan bagi para actor, penggarapan artistik dan persiapan produksi. Pementasan diadakan pada minggu ke-lima belas, dan evaluasi dilakukan di minggu ke-enam belas. Asesmen unutuk mengetahui pencapaian kompetensi tersebut dilakukan dengan melihat kontribusi dan tanggungjawab setiap mahasiswa dalam setiap kerja kelompok dari persiapan hingga pementasan..

Learning Outcomes

Pengetahuan 1. Mengkaji komponen dan aspek produksi teater . 2. Menerapkan keterampilan berahasa Inggris dalam pementasan naskah drama. 3. Menganalisis naskah dan melakukan pendalaman naskah drama untuk tujuan pementasan. Sikap 1. Menunjukkan sikap antusias, jujur, mandiri dan kritis selama kegiatan perkuliahan. 2. Menunjukkan sikap bekerja sama dalam sebuah kerja kelompok. 3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas sendiri maupun kontribusi dalam tugas kelompok. 4. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap karya artistik, terutama drama. Keterampilan 1. Memiliki keterampilan berakting dalam Bahasa Inggris. 2. Membuat perencanaan pementasan drama berskala kecil dan menengah. 3. Mengkomunikasikan ide, gagasan dan solusi dalam sebuah kerja kelompok. 4. Menyelesaikan sebuah kerja kelompok berdasarkan jadwal dan matriks yang telah ditentukan. 5. Mempraktekan keterampilan Bahasa Inggris untuk tujuan pementasan drama.

References

1. Leach, Robert. 2008. Theater Studies: The Basics. New York: Routledge

2. Kissel, Howard (ed). 2000. The Art of Acting by Stella Adler. New York: Applause Books

3. Allison, Hodge (ed). 2010. Actor Training. New York: Routledge


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penulisan Skenario Drama Film dan Televisi adalah mata kuliah praktek yang berisi pengetahuan dan pengalaman berkarya mengenai bidang Penulisan Skenario Drama Film dan Televisi. Yang dimaksud program Drama adalah program berkonten Sinematik pendekatan teknis kamera tunggal dan situasi produksi dalam atau luar studio. Pengetahuan yang diberikan meliputi penentuan karakterisasi Tokoh, Setting, Pengadeganan dan dramatik

Learning Outcomes

S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, S8 Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik di bidang keahliannya secara mandiri. S9 Menunjukan sikap bertanggungjawab atas pekerjaaan di bidang keahliannya secara mandiri,

References

James Dananjaya, 1994, Folklor Indonesia, Jakarta: Grafiti Press 2) Misbach Yusabiran, 2006, Teknik Menulis Skenario Film Cerita, Jakarta: Pustaka Jaya 3) Salman Aristo, 2017, Kelas Skenario, Jakarta: Esensi


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Penulisan Skenario Drama Film dan Televisi adalah mata kuliah praktek yang berisi pengetahuan dan pengalaman berkarya mengenai bidang Penulisan Skenario Drama Film dan Televisi. Yang dimaksud program Drama adalah program berkonten Sinematik pendekatan teknis kamera tunggal dan situasi produksi dalam atau luar studio. Pengetahuan yang diberikan meliputi penentuan karakterisasi Tokoh, Setting, Pengadeganan dan dramatik

Learning Outcomes

S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, S8 Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik di bidang keahliannya secara mandiri. S9 Menunjukan sikap bertanggungjawab atas pekerjaaan di bidang keahliannya secara mandiri,

References

James Dananjaya, 1994, Folklor Indonesia, Jakarta: Grafiti Press 2) Misbach Yusabiran, 2006, Teknik Menulis Skenario Film Cerita, Jakarta: Pustaka Jaya 3) Salman Aristo, 2017, Kelas Skenario, Jakarta: Esensi


Details ...