Metodologi Penelitian Kualitatif, Curriculum : 2014


Courser in EnglishQUALITATIVE RESEARCH METHODOLOGY
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS3 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang  konsep dasar penelitian kualitatif, masalah dalam penelitian kualitatif, fokus penelitian, rumusan masalah, teori dalam penelitian kualitatif, teknik pengambilan sampel, bagaimana mengembangkan asumsi dalam penelitian kualitatif, instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, teknik analisis dalam penelitian kualitatif, jenis-jenis penelitian kualitatif, desain wawancara, desain observasi, desain studi kasus, desain ethnografi, desain historis, desain discourse analysis, serta bagaimana mengembangkan sen-sitivitas gender dalam penelitian kualitatif.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran pada mata kuliah Metodologi penelitian Kualitatif adalah mahasiswa memiliki pemahaman mendalam tentang konsep dasar penelitian kualitatif, masalah dalam penelitian kualitatif, fokus penelitian, rumusan masalah, teori dalam penelitian kualitatif, teknik pengambilan sampel, bagaimana mengembangkan asumsi dalam penelitian kualitatif, instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, teknik analisis dalam penelitian kualitatif, jenis-jenis penelitian kualitatif, memiliki keterampilan dalam membuat rancangan penelitian, desain wawancara, desain observasi, desain studi kasus, desain ethnografi, desain historis, desain discourse analysis, serta bagaimana mengembangkan sensitivitas gender dalam penelitian kualitatif. 

References

  1. Bungin, Burhan.2003. Analisis data Penelitian Kualitatif. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada.
  2. Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
  3. Kerlinger. N, Fred. 2005. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS
  4. Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.
  5. Spradley.P, James. 2007. Metode Etnografi. Yogyakarta: TIARA WACANA
  6. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: ALFABETA
  7. Sugiyono.2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA
  8. Suwandi, Sarwiji. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
  9. Trianto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.Teori dan Praktik.Jakarta: Prestasi Pustakaraya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang  konsep dasar penelitian kualitatif, masalah dalam penelitian kualitatif, fokus penelitian, rumusan masalah, teori dalam penelitian kualitatif, teknik pengambilan sampel, bagaimana mengembangkan asumsi dalam penelitian kualitatif, instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, teknik analisis dalam penelitian kualitatif, jenis-jenis penelitian kualitatif, desain wawancara, desain observasi, desain studi kasus, desain ethnografi, desain historis, desain discourse analysis, serta bagaimana mengembangkan sen-sitivitas gender dalam penelitian kualitatif.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran pada mata kuliah Metodologi penelitian Kualitatif adalah mahasiswa memiliki pemahaman mendalam tentang konsep dasar penelitian kualitatif, masalah dalam penelitian kualitatif, fokus penelitian, rumusan masalah, teori dalam penelitian kualitatif, teknik pengambilan sampel, bagaimana mengembangkan asumsi dalam penelitian kualitatif, instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, teknik analisis dalam penelitian kualitatif, jenis-jenis penelitian kualitatif, memiliki keterampilan dalam membuat rancangan penelitian, desain wawancara, desain observasi, desain studi kasus, desain ethnografi, desain historis, desain discourse analysis, serta bagaimana mengembangkan sensitivitas gender dalam penelitian kualitatif. 

References

  1. Bungin, Burhan.2003. Analisis data Penelitian Kualitatif. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada.
  2. Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
  3. Kerlinger. N, Fred. 2005. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS
  4. Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.
  5. Spradley.P, James. 2007. Metode Etnografi. Yogyakarta: TIARA WACANA
  6. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: ALFABETA
  7. Sugiyono.2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA
  8. Suwandi, Sarwiji. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
  9. Trianto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.Teori dan Praktik.Jakarta: Prestasi Pustakaraya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang  konsep dasar penelitian kualitatif, masalah dalam penelitian kualitatif, fokus penelitian, rumusan masalah, teori dalam penelitian kualitatif, teknik pengambilan sampel, bagaimana mengembangkan asumsi dalam penelitian kualitatif, instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, teknik analisis dalam penelitian kualitatif, jenis-jenis penelitian kualitatif, desain wawancara, desain observasi, desain studi kasus, desain ethnografi, desain historis, desain discourse analysis, serta bagaimana mengembangkan sen-sitivitas gender dalam penelitian kualitatif.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran pada mata kuliah Metodologi penelitian Kualitatif adalah mahasiswa memiliki pemahaman mendalam tentang konsep dasar penelitian kualitatif, masalah dalam penelitian kualitatif, fokus penelitian, rumusan masalah, teori dalam penelitian kualitatif, teknik pengambilan sampel, bagaimana mengembangkan asumsi dalam penelitian kualitatif, instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, teknik analisis dalam penelitian kualitatif, jenis-jenis penelitian kualitatif, memiliki keterampilan dalam membuat rancangan penelitian, desain wawancara, desain observasi, desain studi kasus, desain ethnografi, desain historis, desain discourse analysis, serta bagaimana mengembangkan sensitivitas gender dalam penelitian kualitatif. 

References

  1. Bungin, Burhan.2003. Analisis data Penelitian Kualitatif. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada.
  2. Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
  3. Kerlinger. N, Fred. 2005. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS
  4. Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.
  5. Spradley.P, James. 2007. Metode Etnografi. Yogyakarta: TIARA WACANA
  6. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: ALFABETA
  7. Sugiyono.2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA
  8. Suwandi, Sarwiji. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
  9. Trianto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.Teori dan Praktik.Jakarta: Prestasi Pustakaraya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang  konsep dasar penelitian kualitatif, masalah dalam penelitian kualitatif, fokus penelitian, rumusan masalah, teori dalam penelitian kualitatif, teknik pengambilan sampel, bagaimana mengembangkan asumsi dalam penelitian kualitatif, instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, teknik analisis dalam penelitian kualitatif, jenis-jenis penelitian kualitatif, desain wawancara, desain observasi, desain studi kasus, desain ethnografi, desain historis, desain discourse analysis, serta bagaimana mengembangkan sen-sitivitas gender dalam penelitian kualitatif.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran pada mata kuliah Metodologi penelitian Kualitatif adalah mahasiswa memiliki pemahaman mendalam tentang konsep dasar penelitian kualitatif, masalah dalam penelitian kualitatif, fokus penelitian, rumusan masalah, teori dalam penelitian kualitatif, teknik pengambilan sampel, bagaimana mengembangkan asumsi dalam penelitian kualitatif, instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif, teknik analisis dalam penelitian kualitatif, jenis-jenis penelitian kualitatif, memiliki keterampilan dalam membuat rancangan penelitian, desain wawancara, desain observasi, desain studi kasus, desain ethnografi, desain historis, desain discourse analysis, serta bagaimana mengembangkan sensitivitas gender dalam penelitian kualitatif. 

References

  1. Bungin, Burhan.2003. Analisis data Penelitian Kualitatif. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada.
  2. Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
  3. Kerlinger. N, Fred. 2005. Asas-Asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: GADJAH MADA UNIVERSITY PRESS
  4. Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.
  5. Spradley.P, James. 2007. Metode Etnografi. Yogyakarta: TIARA WACANA
  6. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: ALFABETA
  7. Sugiyono.2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: ALFABETA
  8. Suwandi, Sarwiji. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.
  9. Trianto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas.Teori dan Praktik.Jakarta: Prestasi Pustakaraya.


Details ...