Pengembangan Media Pembelajaran Matematika, Curriculum : 2015


Courser in EnglishMATHEMATICS LERANING MEDIA DEVELOPMENT
ProgramPendidikan Matematika
SKS3 SKS
RPS27 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software Adobe Animate. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Adobe Animate, Peralatan (Tools) Adobe Animate, Gambar Animasi pada Adobe Animate, Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Adobe Animate, Penggunaan ActionScript pada Adobe Animate, serta Perhitungan, quiz, dan scrool teks pada Adobe Animate.

Learning Outcomes

  1. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika serta melaksanakan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis media pembelajaran, supervisi, dan evaluasi berbasis ICT.

References

[1] Chun, R. 2018. Adobe Animate CC Classroom in a Book: The official training workbook from Adobe. USA: Pearson Education, Inc.

[2] Green, T. & Labrecque, J. 2017. Beginning Adobe Animate CC: Learn to Efficiently Create and Deploy Animated and Interactive Content. California: Apress.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software Adobe Animate. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Adobe Animate, Peralatan (Tools) Adobe Animate, Gambar Animasi pada Adobe Animate, Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Adobe Animate, Penggunaan ActionScript pada Adobe Animate, serta Perhitungan, quiz, dan scrool teks pada Adobe Animate.

Learning Outcomes

  1. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika serta melaksanakan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis media pembelajaran, supervisi, dan evaluasi berbasis ICT.

References

[1] Chun, R. 2018. Adobe Animate CC Classroom in a Book: The official training workbook from Adobe. USA: Pearson Education, Inc.

[2] Green, T. & Labrecque, J. 2017. Beginning Adobe Animate CC: Learn to Efficiently Create and Deploy Animated and Interactive Content. California: Apress.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software Adobe Animate. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Adobe Animate, Peralatan (Tools) Adobe Animate, Gambar Animasi pada Adobe Animate, Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Adobe Animate, Penggunaan ActionScript pada Adobe Animate, serta Perhitungan, quiz, dan scrool teks pada Adobe Animate.

Learning Outcomes

  1. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika serta melaksanakan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis media pembelajaran, supervisi, dan evaluasi berbasis ICT.

References

[1] Chun, R. 2018. Adobe Animate CC Classroom in a Book: The official training workbook from Adobe. USA: Pearson Education, Inc.

[2] Green, T. & Labrecque, J. 2017. Beginning Adobe Animate CC: Learn to Efficiently Create and Deploy Animated and Interactive Content. California: Apress.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software Adobe Animate. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Adobe Animate, Peralatan (Tools) Adobe Animate, Gambar Animasi pada Adobe Animate, Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Adobe Animate, Penggunaan ActionScript pada Adobe Animate, serta Perhitungan, quiz, dan scrool teks pada Adobe Animate.

Learning Outcomes

  1. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika serta melaksanakan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis media pembelajaran, supervisi, dan evaluasi berbasis ICT.

References

[1] Chun, R. 2018. Adobe Animate CC Classroom in a Book: The official training workbook from Adobe. USA: Pearson Education, Inc.

[2] Green, T. & Labrecque, J. 2017. Beginning Adobe Animate CC: Learn to Efficiently Create and Deploy Animated and Interactive Content. California: Apress.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software Adobe Animate. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Adobe Animate, Peralatan (Tools) Adobe Animate, Gambar Animasi pada Adobe Animate, Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Adobe Animate, Penggunaan ActionScript pada Adobe Animate, serta Perhitungan, quiz, dan scrool teks pada Adobe Animate.

Learning Outcomes

  1. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika serta melaksanakan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis media pembelajaran, supervisi, dan evaluasi berbasis ICT.

References

[1] Chun, R. 2018. Adobe Animate CC Classroom in a Book: The official training workbook from Adobe. USA: Pearson Education, Inc.

[2] Green, T. & Labrecque, J. 2017. Beginning Adobe Animate CC: Learn to Efficiently Create and Deploy Animated and Interactive Content. California: Apress.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software Adobe Animate. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Adobe Animate, Peralatan (Tools) Adobe Animate, Gambar Animasi pada Adobe Animate, Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Adobe Animate, Penggunaan ActionScript pada Adobe Animate, serta Perhitungan, quiz, dan scrool teks pada Adobe Animate.

Learning Outcomes

  1. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika serta melaksanakan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis media pembelajaran, supervisi, dan evaluasi berbasis ICT.

References

[1] Chun, R. 2018. Adobe Animate CC Classroom in a Book: The official training workbook from Adobe. USA: Pearson Education, Inc.

[2] Green, T. & Labrecque, J. 2017. Beginning Adobe Animate CC: Learn to Efficiently Create and Deploy Animated and Interactive Content. California: Apress.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software Adobe Animate. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Adobe Animate, Peralatan (Tools) Adobe Animate, Gambar Animasi pada Adobe Animate, Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Adobe Animate, Penggunaan ActionScript pada Adobe Animate, serta Perhitungan, quiz, dan scrool teks pada Adobe Animate.

Learning Outcomes

  1. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika serta melaksanakan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis media pembelajaran, supervisi, dan evaluasi berbasis ICT.

References

[1] Chun, R. 2018. Adobe Animate CC Classroom in a Book: The official training workbook from Adobe. USA: Pearson Education, Inc.

[2] Green, T. & Labrecque, J. 2017. Beginning Adobe Animate CC: Learn to Efficiently Create and Deploy Animated and Interactive Content. California: Apress.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software Macromedia Flash Pro 8. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Macromedia Flash Pro 8, Peralatan (Tools) Macromedia Flash Pro 8, Gambar Animasi pada Macromedia Flash Pro 8, Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Macromedia Flash Pro 8, Penggunaan ActionScript pada Macromedia Flash Pro 8, serta Perhitungan, quiz, dan scrool teks pada Macromedia Flash Pro 8.

Learning Outcomes

  1. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika serta melaksanakan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis media pembelajaran, supervisi, dan evaluasi berbasis ICT.

References

Ariyanto, L., Tsalatsa, M. N, Sutrisno. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Macromedia Flash Pro 8. Semarang: UPGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software Macromedia Flash Pro 8. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Macromedia Flash Pro 8, Peralatan (Tools) Macromedia Flash Pro 8, Gambar Animasi pada Macromedia Flash Pro 8, Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Macromedia Flash Pro 8, Penggunaan ActionScript pada Macromedia Flash Pro 8, serta Perhitungan, quiz, dan scrool teks pada Macromedia Flash Pro 8.

Learning Outcomes

  1. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika serta melaksanakan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis media pembelajaran, supervisi, dan evaluasi berbasis ICT.

References

Ariyanto, L., Tsalatsa, M. N, Sutrisno. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Macromedia Flash Pro 8. Semarang: UPGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software Macromedia Flash Pro 8. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Macromedia Flash Pro 8, Peralatan (Tools) Macromedia Flash Pro 8, Gambar Animasi pada Macromedia Flash Pro 8, Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Macromedia Flash Pro 8, Penggunaan ActionScript pada Macromedia Flash Pro 8, serta Perhitungan, quiz, dan scrool teks pada Macromedia Flash Pro 8.

Learning Outcomes

  1. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika serta melaksanakan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis media pembelajaran, supervisi, dan evaluasi berbasis ICT.

References

Ariyanto, L., Tsalatsa, M. N, Sutrisno. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Macromedia Flash Pro 8. Semarang: UPGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software Macromedia Flash Pro 8. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Macromedia Flash Pro 8, Peralatan (Tools) Macromedia Flash Pro 8, Gambar Animasi pada Macromedia Flash Pro 8, Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Macromedia Flash Pro 8, Penggunaan ActionScript pada Macromedia Flash Pro 8, serta Perhitungan, quiz, dan scrool teks pada Macromedia Flash Pro 8.

Learning Outcomes

  1. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika serta melaksanakan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis media pembelajaran, supervisi, dan evaluasi berbasis ICT.

References

Ariyanto, L., Tsalatsa, M. N, Sutrisno. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Macromedia Flash Pro 8. Semarang: UPGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pengembangan media pembelajaran matematika merupakan mata kuliah yang berisi pengembangan media pembelajaran matematika berbasis software Macromedia Flash Pro 8. Pada mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan dapat menunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas. Mata kuliah ini mengkaji tentang: Pengenalan Macromedia Flash Pro 8, Peralatan (Tools) Macromedia Flash Pro 8, Gambar Animasi pada Macromedia Flash Pro 8, Penyisipan Teks dan Animasi Teks pada Macromedia Flash Pro 8, Penggunaan ActionScript pada Macromedia Flash Pro 8, serta Perhitungan, quiz, dan scrool teks pada Macromedia Flash Pro 8.

Learning Outcomes

  1. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila; menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya serta mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengaplikasikan IPTEK dalam menyelesaikan masalah pembelajaran matematika serta melaksanakan supervisi dan evaluasi pembelajaran.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis media pembelajaran, supervisi, dan evaluasi berbasis ICT.

References

Ariyanto, L., Tsalatsa, M. N, Sutrisno. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Macromedia Flash Pro 8. Semarang: UPGRIS.


Details ...