Fisiologi Tumbuhan, Curriculum : 2015


Courser in EnglishPLANT PHYSIOLOGY
ProgramPendidikan Biologi
SKS4 SKS
RPS16 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Fisiologi Tumbuhan  merupakan mata kuliah bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 4 SKS , yang memuat 3 SKS teori dan 1 SKS praktikum. Mata Kuliah ini untuk menunjang Capaian  Profil Lulusan (CPL) yaitu (1) Pendidik Biologi, (2) Asisten Peneliti Bidang Pendidikan Biologi, dan (3) Pelaku wirausaha dalam bidang agribisnis dan pendidikan biologi khususnya media dan sumber belajar. Untuk memenuhi tuntutan CPL maka topik dalam mata kuliah ini minimal adalah sesuai dengan topik fisiologi tumbuhan untuk siswa SMA. Selanjutnya diperluas untuk membekali mahasiswa dapat sebagai asisten peneliti bidang Pendidikan biologi terutama yang mengkaji fisiologi tumbuhan. Perluasan topik juga akan dapat menunjang sebagai pelaku wirausaha agribisnis, media  pembelajaran, dan sumber belajar berbasis tanaman. Untuk itu ada kegiatan teori dan praktikum yang dilakukan untuk saling melengkapi, membuktikan dan memperjelas.  Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan di tingkat sel, jaringan, organ maupun individu. Beberapa kajian antara lain air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; sistem tanah  termasuk unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; proses asimilasi yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik antara lain asimilasi Carbon (fotosintesis), dibahas berdasarkan golongan tanaman C3, C4 dan CAM;  asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino;  translokasi asimilat; proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi;   pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan termasuk hormon yang mengaturnya; respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan irama sirkadian.

Learning Outcomes

1. Menjelaskan konsep, prinsip, dan prosedur Fisiologi Tumbuhan (ruang lingkup Fisiologi Tumbuhan) yang beretika akademik  (S11,P1)

2. Menganalisis konsep, prinsip, dan prosedur Fisiologi Tumbuhan (air dan tumbuhan, tanah dan tumbuhan) yang beretika ilmiah (S12,P1, KU1)

3. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur Fisiologi Tumbuhan (respirasi) dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif  sesuai perkembangan keilmuan dan pembelajarannya (P1,KU1,KK1)

4. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur Fisiologi Tumbuhan (fotosintesis, asimilasi nitrogen, dan respon tumbuhan) dengan berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran dan mengimplementasikannya sehingga mampu menghasilkan sebuah solusi dan gagasan (P1,KU3,KK3)

5. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur Fisiologi Tumbuhan (unsur hara, hormon pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, dan respon tumbuhan) dan menerapkannya bersama dengan pengetahuan dasar tentang pengelolaan kewirausahaan (P1, KK9)

References

Bidwell, R.G.S. 1979. Plant Physiology. London: Macmillan Publishing Co, Inc New York. Collier Macmillan Publisher.

Hopkins, W. G. 2009. Introduction to Plant Physiology. 4th. New York: John Wiley & Sons, Inc

Loveless, A.R. 1983. Prinsip-prinsipBiologiTumbuhanuntuk Daerah Tropik 1. Jakarta: PT Gramedia.

Salisbury, F.B & C.W. Ross. terjemahan D.R. Lukman dan Sumaryona 1995. Fisiologi Tumbuhan  Jilid 1, 2 dan 3. Bandung: Penerbit ITB.

Taiz, L. and E. Zeiger. 2002. Plant Physiology 3th. Sunderland, Massachusetts:  Sinauer Associates Inc.  Publishers.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Fisiologi Tumbuhan  merupakan mata kuliah bersifat  wajib di tempuh bagi  mahasiswa  program studi S1 Pendidikan Biologi dengan  bobot 4 SKS , yang memuat 3 SKS teori dan 1 SKS praktikum. Mata Kuliah ini untuk menunjang Capaian  Profil Lulusan (CPL) yaitu (1) Pendidik Biologi, (2) Asisten Peneliti Bidang Pendidikan Biologi, dan (3) Pelaku wirausaha dalam bidang agribisnis dan pendidikan biologi khususnya media dan sumber belajar. Untuk memenuhi tuntutan CPL maka topik dalam mata kuliah ini minimal adalah sesuai dengan topik fisiologi tumbuhan untuk siswa SMA. Selanjutnya diperluas untuk membekali mahasiswa dapat sebagai asisten peneliti bidang Pendidikan biologi terutama yang mengkaji fisiologi tumbuhan. Perluasan topik juga akan dapat menunjang sebagai pelaku wirausaha agribisnis, media  pembelajaran, dan sumber belajar berbasis tanaman. Untuk itu ada kegiatan teori dan praktikum yang dilakukan untuk saling melengkapi, membuktikan dan memperjelas.  Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan di tingkat sel, jaringan, organ maupun individu. Beberapa kajian antara lain air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; sistem tanah  termasuk unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; proses asimilasi yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik antara lain asimilasi Carbon (fotosintesis), dibahas berdasarkan golongan tanaman C3, C4 dan CAM;  asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino;  translokasi asimilat; proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi;   pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan termasuk hormon yang mengaturnya; respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan irama sirkadian.

Learning Outcomes

1. Menjelaskan konsep, prinsip, dan prosedur Fisiologi Tumbuhan (ruang lingkup Fisiologi Tumbuhan) yang beretika akademik  (S11,P1)

2. Menganalisis konsep, prinsip, dan prosedur Fisiologi Tumbuhan (air dan tumbuhan, tanah dan tumbuhan) yang beretika ilmiah (S12,P1, KU1)

3. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur Fisiologi Tumbuhan (respirasi) dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif  sesuai perkembangan keilmuan dan pembelajarannya (P1,KU1,KK1)

4. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur Fisiologi Tumbuhan (fotosintesis, asimilasi nitrogen, dan respon tumbuhan) dengan berbagai pendekatan, strategi, model, metode, dan teknik pembelajaran dan mengimplementasikannya sehingga mampu menghasilkan sebuah solusi dan gagasan (P1,KU3,KK3)

5. Menguasai konsep, prinsip, dan prosedur Fisiologi Tumbuhan (unsur hara, hormon pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, dan respon tumbuhan) dan menerapkannya bersama dengan pengetahuan dasar tentang pengelolaan kewirausahaan (P1, KK9)

References

Bidwell, R.G.S. 1979. Plant Physiology. London: Macmillan Publishing Co, Inc New York. Collier Macmillan Publisher.

Hopkins, W. G. 2009. Introduction to Plant Physiology. 4th. New York: John Wiley & Sons, Inc

Loveless, A.R. 1983. Prinsip-prinsipBiologiTumbuhanuntuk Daerah Tropik 1. Jakarta: PT Gramedia.

Salisbury, F.B & C.W. Ross. terjemahan D.R. Lukman dan Sumaryona 1995. Fisiologi Tumbuhan  Jilid 1, 2 dan 3. Bandung: Penerbit ITB.

Taiz, L. and E. Zeiger. 2002. Plant Physiology 3th. Sunderland, Massachusetts:  Sinauer Associates Inc.  Publishers.


Details ...
Course Descriptions

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan irama sirkadian; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasi kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang beradadi bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi prinsip fisiologi tumbuhan
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi fisiologi tumbuhan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan desain.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian fisiologi tumbuhan  dalam bentuk laporan tugas akhir mata kuliah, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep Fisiologi Tumbuhan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang Fisiologi Tumbuhan terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura yang inovatif berdasarkan prinsip fisiologi tumbuhan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura yang inovatif berdasarkan prinsip fisiologi tumbuhan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dalam bidang fisiologi tumbuhan
  2. Menguasai metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura sesuai prinsip dan prosedur fisiologi tumbuhan
  3. Menguasai prinsip TIK dalam mengkaji fisiologi tumbuhan yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura

References

  1. Taiz L et all. 2015. Plant Physiology and Development. 6th Ed. Tokyo. Sinauer Associates.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 199 Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co
  3. Dwivedi P and Kumar P. 2012. Objective Plant Physiology (MCQ in Plant Physiology). India. Scientific Publisher.
  4. Malik CP and Srivastava AK. 2015. Textbook of Plant Physiology. English. Kalyani Publisher.
  5. Hodson MJ and Bryant JA. 2012. Functional Biology of Plant. UK. Wiley - Blackwell.


Details ...
Course Descriptions

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan irama sirkadian; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasi kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang beradadi bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi prinsip fisiologi tumbuhan
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi fisiologi tumbuhan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan desain.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian fisiologi tumbuhan  dalam bentuk laporan tugas akhir mata kuliah, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep Fisiologi Tumbuhan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang Fisiologi Tumbuhan terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura yang inovatif berdasarkan prinsip fisiologi tumbuhan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura yang inovatif berdasarkan prinsip fisiologi tumbuhan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dalam bidang fisiologi tumbuhan
  2. Menguasai metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura sesuai prinsip dan prosedur fisiologi tumbuhan
  3. Menguasai prinsip TIK dalam mengkaji fisiologi tumbuhan yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura

References

  1. Taiz L et all. 2015. Plant Physiology and Development. 6th Ed. Tokyo. Sinauer Associates.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 199 Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co
  3. Dwivedi P and Kumar P. 2012. Objective Plant Physiology (MCQ in Plant Physiology). India. Scientific Publisher.
  4. Malik CP and Srivastava AK. 2015. Textbook of Plant Physiology. English. Kalyani Publisher.
  5. Hodson MJ and Bryant JA. 2012. Functional Biology of Plant. UK. Wiley - Blackwell.


Details ...
Course Descriptions

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan irama sirkadian; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Lulusan      :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasi kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang beradadi bawah tanggung jawabnya
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  2. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  3. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  4. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi prinsip fisiologi tumbuhan
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi fisiologi tumbuhan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, dan desain.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian fisiologi tumbuhan  dalam bentuk laporan tugas akhir mata kuliah, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep Fisiologi Tumbuhan dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang Fisiologi Tumbuhan terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura yang inovatif berdasarkan prinsip fisiologi tumbuhan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura yang inovatif berdasarkan prinsip fisiologi tumbuhan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dalam bidang fisiologi tumbuhan
  2. Menguasai metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura sesuai prinsip dan prosedur fisiologi tumbuhan
  3. Menguasai prinsip TIK dalam mengkaji fisiologi tumbuhan yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura

References

  1. Taiz L et all. 2015. Plant Physiology and Development. 6th Ed. Tokyo. Sinauer Associates.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 199 Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co
  3. Dwivedi P and Kumar P. 2012. Objective Plant Physiology (MCQ in Plant Physiology). India. Scientific Publisher.
  4. Malik CP and Srivastava AK. 2015. Textbook of Plant Physiology. English. Kalyani Publisher.
  5. Hodson MJ and Bryant JA. 2012. Functional Biology of Plant. UK. Wiley - Blackwell.


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan vernalisasi; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  5. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

References

Referensi

  1. Taiz L and Zeiger E. 2012. Plant Physiology. 5th Ed. Tokyo. The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 1992. Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan vernalisasi; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  5. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

References

Referensi

  1. Taiz L and Zeiger E. 2012. Plant Physiology. 5th Ed. Tokyo. The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 1992. Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan vernalisasi; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  5. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

References

Referensi

  1. Taiz L and Zeiger E. 2012. Plant Physiology. 5th Ed. Tokyo. The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 1992. Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co


Details ...
Course Descriptions

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan vernalisasi; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  5. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

References

Referensi

  1. Taiz L and Zeiger E. 2012. Plant Physiology. 5th Ed. Tokyo. The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 1992. Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co


Details ...
Course Descriptions

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan vernalisasi; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  5. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

References

  1. Taiz L and Zeiger E. 2012. Plant Physiology. 5th Ed. Tokyo. The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 1992. Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co

 


Details ...
Course Descriptions

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan vernalisasi; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah :

  1. Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  4. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  5. Memiliki etika ilmiah dan mengembangkan kepribadian yang berjati diri dan unggul
  1. Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  1. Keterampilan Khusus
  1. Mampu menerapkan konsep-konsep biologi dan ilmu Kependidikan dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan IPTEKS sesuai kebutuhan dengan permasalahan di kelas, laboratorium, sekolah, dan masyarakat
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan gagasan tentang biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang hortikultura dan bioteknologi yang menjadi tanggung jawab, dan mengevaluasi secara komprehensif
  3. Mampu menganalisis dan mendesain produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  4. Mampu mengelola produk hortikultura dan bioteknologi yang inovatif berdasarkan prinsip biologi terapan
  1. Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai konsep, prinsip, teori, dan prosedur dasar biologi serta terapannya
  2. Menguasai pengetahuan tentang dasar pengelolaan kewirausahaan serta memahami strategi pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien
  3. Menguasai filosofi, konsep, prinsip, metode penelitian biologi khususnya bidang hortikultura dan bioteknologi sesuai prinsip komunikasi ilmiah
  4. Menguasai prinsip TIK yang mendukung proses inovasi pengembangan produk hortikultura dan bioteknologi

References

  1. Taiz L and Zeiger E. 2012. Plant Physiology. 5th Ed. Tokyo. The Benjamin/Cumming Publishing Company Inc.
  2. Salisbury FB and CW Ross. 1992. Plant Physiology. 4th Ed. California. Wadsworth Publ. Co

 


Details ...
Course Descriptions

Kajian fisiologi tumbuhan membahas proses-proses fisiologi yang terjadi selama hidup tumbuhan dimulai dari kajian tentang air dan apilikasinya dalam proses fisiologi pada tumbuhan; menganalisis sistem tanah  unsur-unsur yang dibutuhkan untuk kehidupan tumbuhan; menganalisis enzim yang membantu proses metabolisme yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis proses fotosintesis yang berfungsi untuk mengasimilasi bahan anorganik menjadi organik; menganalisis proses respirasi yang berfungsi untuk menghasilkan energi di organ fotosintesis dan non fotosintesis; menganalisis asimilasi nitrogen untuk mengubah Nitrogen yang ada di lingkungan menjadi asam amino; menganalisis proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada bagian-bagian tumbuhan; menganalisis respon tumbuhan mencakup gerak pada tumbuhan, fotoperiodisme, dan vernalisasi; serta macam hormon yang mengatur pertumbuhan tumbuhan.

Learning Outcomes

-

References

-


Details ...