Courser in English | DEVELOPMENT OF EARLY CHILDHOOD FINE ARTS |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 19 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
perkuliahan ini mempelajari tentang teori dan praktek seni rupa anak usia dini, baik berupa karya dua ataupun tiga dimensi sesuai dengan tujan yang nantinya diterapkan ke anak usia dini
Learning Outcomesmahasiswa dapat mengerti, memahami dan menerapkan materi maupun praktek berkarya seni yang natinya difungsikan untuk menajar di PAUD
Referencespendidikan seni rupa anak 2014 (M Kristanto, Eko Haryanto
Details ...
perkuliahan ini mempelajari tentang teori dan praktek seni rupa anak usia dini, baik berupa karya dua ataupun tiga dimensi sesuai dengan tujan yang nantinya diterapkan ke anak usia dini
Learning Outcomesmahasiswa dapat mengerti, memahami dan menerapkan materi maupun praktek berkarya seni yang natinya difungsikan untuk menajar di PAUD
Referencespendidikan seni rupa anak 2014 (M Kristanto, Eko Haryanto)
Details ...
perkuliahan ini mempelajari tentang teori dan praktek seni rupa anak usia dini, baik berupa karya dua ataupun tiga dimensi sesuai dengan tujan yang nantinya diterapkan ke anak usia dini
Learning Outcomesmahasiswa dapat mengerti, memahami dan menerapkan materi maupun praktek berkarya seni yang natinya difungsikan untuk menajar di PAUD
Referencespendidikan seni rupa anak 2014 (M Kristanto, Eko Haryanto)
Details ...
perkuliahan ini mempelajari tentang teori dan praktek seni rupa anak usia dini, baik berupa karya dua ataupun tiga dimensi sesuai dengan tujan yang nantinya diterapkan ke anak usia dini
Learning Outcomesmahasiswa dapat mengerti, memahami dan menerapkan materi maupun praktek berkarya seni yang natinya difungsikan untuk menajar di PAUD
Referencespendidikan seni rupa anak 2014 (M Kristanto, Eko Haryanto)
Details ...
perkuliahan ini mempelajari tentang teori dan praktek seni rupa anak usia dini, baik berupa karya dua ataupun tiga dimensi sesuai dengan tujan yang nantinya diterapkan ke anak usia dini
Learning Outcomesmahasiswa dapat mengerti, memahami dan menerapkan materi maupun praktek berkarya seni yang natinya difungsikan untuk menajar di PAUD
Referencespendidikan seni rupa anak 2014 (M Kristanto, Eko Haryanto)
Details ...
perkuliahan ini mempelajari tentang teori dan praktek seni rupa anak usia dini, baik berupa karya dua ataupun tiga dimensi sesuai dengan tujan yang nantinya diterapkan ke anak usia dini
Learning Outcomesmahasiswa dapat mengerti, memahami dan menerapkan materi maupun praktek berkarya seni yang natinya difungsikan untuk menajar di PAUD
Referencespendidikan seni rupa anak 2014 (M Kristanto, Eko Haryanto)
Details ...
perkuliahan ini mempelajari tentang teori dan praktek seni rupa anak usia dini, baik berupa karya dua ataupun tiga dimensi sesuai dengan tujan yang nantinya diterapkan ke anak usia dini
Learning Outcomesmahasiswa dapat mengerti, memahami dan menerapkan materi maupun praktek berkarya seni yang natinya difungsikan untuk menajar di PAUD
Referencespendidikan seni rupa anak 2014 (M Kristanto, Eko Haryanto)
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan konsep dasar seni rupa, mengeksplorasi kemungkinan karya seni rupa yang dapat membantu perkembangan anak usia dini, serta perancangan kegiatan belajar di pendidikan anak usia dini.
Learning OutcomesMahasiswa memahami dan mampu mengembangkan pola kegiatan belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini dengan bekal pemahaman estetis. Selain itu, mahasiswa dapat mengeksplorasi beberapa kemungkinan karya seni rupa sebagai media penunjang aspek-aspek perkembangan anak usia dini.
ReferencesSumber utama
Barnes, R. (1987), Teaching Art to Young Children, New York. RoutledgeFalmer.
Kaufman, J. C. et al (2008), Essentials of Creativity Assessment, New Jersey.
John Wiley & Sons, Inc. Kastolenik, J. M., et al. (2007), Developmentally Approriate Curricullum ; best practices in early childhood education, New Jersey.
Pearson Prentice Hall Maxim, G.W. (1980), The Very Young; guiding children from infancy through the early years. California. Wadsworth Publishing Co.
Tabrani, P. (1998), Proses kreasi, apresiasi, belajar, Bandung. ITB Thorne, K. (2007), Essential Creativity in the Classroom; Inspiring kids, New York.
Routledge Tocharman, M. et al (2005) PGSD/TK, Seni rupa dan kerajinan. Bandung. UPI Press.
Sumber tambahan
Ian Reece & Stephen Walker (1997), Teaching, Training and Learning; a practical guide.
Schiller, W. (2005), Thingking trought The Art, Taylor & Francis e-Library, London & New York. [online]. http://www.e-book.org/thingking_trought_the_art.pdf Cannatella, H.(____), Education through Art, [online] http://www.Philosophy of Education.org
Wong, W. (1972) Principles of two-dimensional design, Bandung, ITB (1986)
Wong, W. (1972) Principles of three-dimensional design, Bandung, ITB (1986)
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa diperkenalkan konsep dasar seni rupa, mengeksplorasi kemungkinan karya seni rupa yang dapat membantu perkembangan anak usia dini, serta perancangan kegiatan belajar di pendidikan anak usia dini.
Learning OutcomesMahasiswa memahami dan mampu mengembangkan pola kegiatan belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini dengan bekal pemahaman estetis. Selain itu, mahasiswa dapat mengeksplorasi beberapa kemungkinan karya seni rupa sebagai media penunjang aspek-aspek perkembangan anak usia dini.
ReferencesSumber utama
Barnes, R. (1987), Teaching Art to Young Children, New York. RoutledgeFalmer.
Kaufman, J. C. et al (2008), Essentials of Creativity Assessment, New Jersey.
John Wiley & Sons, Inc. Kastolenik, J. M., et al. (2007), Developmentally Approriate Curricullum ; best practices in early childhood education, New Jersey.
Pearson Prentice Hall Maxim, G.W. (1980), The Very Young; guiding children from infancy through the early years. California. Wadsworth Publishing Co.
Tabrani, P. (1998), Proses kreasi, apresiasi, belajar, Bandung. ITB Thorne, K. (2007), Essential Creativity in the Classroom; Inspiring kids, New York.
Routledge Tocharman, M. et al (2005) PGSD/TK, Seni rupa dan kerajinan. Bandung. UPI Press.
Sumber tambahan
Ian Reece & Stephen Walker (1997), Teaching, Training and Learning; a practical guide.
Schiller, W. (2005), Thingking trought The Art, Taylor & Francis e-Library, London & New York. [online]. http://www.e-book.org/thingking_trought_the_art.pdf Cannatella, H.(____), Education through Art, [online] http://www.Philosophy of Education.org
Wong, W. (1972) Principles of two-dimensional design, Bandung, ITB (1986)
Wong, W. (1972) Principles of three-dimensional design, Bandung, ITB (1986)
Details ...