Pendidikan Berbahasa Indonesia di kelas Tinggi, Curriculum : 2014


Courser in EnglishIndonesian Language Education for Higher Classes
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS10 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran,  konsep pembel-ajaran   bahasa, pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.

2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.

3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.

4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.

5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.

6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

References

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
  2. ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
  3. Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
  4. Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
  5. Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  6. Ismawati,Esti &Uamay, Faras. 2012.Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta.Ombak
  7. Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
  8. Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
  9. ........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
  10. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  11. Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
  12. Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
  13. Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
  14. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  15. Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.

16, Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran,  konsep pembel-ajaran   bahasa, pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.

2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.

3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.

4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.

5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.

6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

References

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
  2. ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
  3. Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
  4. Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
  5. Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  6. Ismawati,Esti &Uamay, Faras. 2012.Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta.Ombak
  7. Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
  8. Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
  9. ........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
  10. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  11. Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
  12. Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
  13. Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
  14. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  15. Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.

16, Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran,  konsep pembel-ajaran   bahasa, pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.

2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.

3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.

4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.

5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.

6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

References

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
  2. ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
  3. Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
  4. Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
  5. Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  6. Ismawati,Esti &Uamay, Faras. 2012.Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta.Ombak
  7. Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
  8. Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
  9. ........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
  10. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  11. Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
  12. Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
  13. Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
  14. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  15. Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.

16, Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran,  konsep pembel-ajaran   bahasa, pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.

2. Mahasiswa  mampu menguasai memahami konsep pembelajaran   bahasa.

3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir  pembelajaran   bahasa.

4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.

5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.

6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif  dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.

References

  1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
  2. ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
  3. Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
  4. Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
  5. Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  6. Ismawati,Esti &Uamay, Faras. 2012.Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta.Ombak
  7. Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
  8. Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
  9. ........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
  10. Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
  11. Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
  12. Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
  13. Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
  14. Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
  15. Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.

16, Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan Berbahasa Indonesia di Kelas Tinggi  membahas materi kuliah tentang pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas tinggi, kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4, 5, 6; pengertian, jenis, metode,jenis pengajaran menyimak di kelas tinggi; pengertian, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, jenis pembelajaran membaca di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran menulis di kelas tinggi, pengertian, metode, dan jenis pembelajaran sastra di kelas tinggi; pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di kelas tinggi; perangkat pembelejaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Melalui penjelasan, diskusi, pengerjaan tugas, serta contoh yang diberikan dosen, mahasiswa dapat

1. menjelaskan pengertian pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik

2. menjelaskan kurikulum mapel Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik

3. mempraktikkan pembelajaran menyimak di kelas tinggi dengan baik

4. mempraktikkan pembelajaran berbicara di kelas tinggi dengan baik

5. mempraktikkan pembelajaran membaca di kelas tinggi dengan baik

6. mempraktikkan pembelajaran menulis di kelas tinggi dengan baik

7.mempraktikkan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan kurikulum 2013

8. mempraktikkan pembelajaran apresiasi sastra di kelas tinggi
 

References

1. Depdikbud 1971/72, Dikdaktik Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

2. ..................1991/92, Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas III, IV, V, VI

3.....................1995/96, Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD

4. .................., Kurikulum 1975, 1984, 1994

5. Kemendiknas,2006, Kurikulum 2006

6. Kemendiknas, 2013, Kurikulum 2013

7. Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan R I, 1952, Rencana Pelajaran Terurai 1952 untuk Sekolah Rakyat

8. Ag. Soejono, 1983, Metodik Khusus Bahasa Indonesia

9. Djago Tarigan, 1990, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa

10. Hadi Suroso,Telaah, Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP

11.Amitya Kusmara, 2014, Kesulitan Berbahasa Anak

12. Suwarsih Madya, 2013, Metodologi Pengajaran Bahasa

13. Nurhadi, 2004, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?

14.Miftahul Huda, 2012, Cooperative Learning

15. Yunus Abidin, 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karier


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan Berbahasa Indonesia di Kelas Tinggi  membahas materi kuliah tentang pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas tinggi, kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4, 5, 6; pengertian, jenis, metode,jenis pengajaran menyimak di kelas tinggi; pengertian, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, jenis pembelajaran membaca di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran menulis di kelas tinggi, pengertian, metode, dan jenis pembelajaran sastra di kelas tinggi; pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di kelas tinggi; perangkat pembelejaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Melalui penjelasan, diskusi, pengerjaan tugas, serta contoh yang diberikan dosen, mahasiswa dapat

1. menjelaskan pengertian pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik

2. menjelaskan kurikulum mapel Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik

3. mempraktikkan pembelajaran menyimak di kelas tinggi dengan baik

4. mempraktikkan pembelajaran berbicara di kelas tinggi dengan baik

5. mempraktikkan pembelajaran membaca di kelas tinggi dengan baik

6. mempraktikkan pembelajaran menulis di kelas tinggi dengan baik

7.mempraktikkan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan kurikulum 2013

8. mempraktikkan pembelajaran apresiasi sastra di kelas tinggi
 

References

1. Depdikbud 1971/72, Dikdaktik Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

2. ..................1991/92, Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas III, IV, V, VI

3.....................1995/96, Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD

4. .................., Kurikulum 1975, 1984, 1994

5. Kemendiknas,2006, Kurikulum 2006

6. Kemendiknas, 2013, Kurikulum 2013

7. Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan R I, 1952, Rencana Pelajaran Terurai 1952 untuk Sekolah Rakyat

8. Ag. Soejono, 1983, Metodik Khusus Bahasa Indonesia

9. Djago Tarigan, 1990, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa

10. Hadi Suroso,Telaah, Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP

11.Amitya Kusmara, 2014, Kesulitan Berbahasa Anak

12. Suwarsih Madya, 2013, Metodologi Pengajaran Bahasa

13. Nurhadi, 2004, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?

14.Miftahul Huda, 2012, Cooperative Learning

15. Yunus Abidin, 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karier


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan Berbahasa Indonesia di Kelas Tinggi  membahas materi kuliah tentang pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas tinggi, kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4, 5, 6; pengertian, jenis, metode,jenis pengajaran menyimak di kelas tinggi; pengertian, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, jenis pembelajaran membaca di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran menulis di kelas tinggi, pengertian, metode, dan jenis pembelajaran sastra di kelas tinggi; pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di kelas tinggi; perangkat pembelejaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Melalui penjelasan, diskusi, pengerjaan tugas, serta contoh yang diberikan dosen, mahasiswa dapat

1. menjelaskan pengertian pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik

2. menjelaskan kurikulum mapel Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik

3. mempraktikkan pembelajaran menyimak di kelas tinggi dengan baik

4. mempraktikkan pembelajaran berbicara di kelas tinggi dengan baik

5. mempraktikkan pembelajaran membaca di kelas tinggi dengan baik

6. mempraktikkan pembelajaran menulis di kelas tinggi dengan baik

7.mempraktikkan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan kurikulum 2013

8. mempraktikkan pembelajaran apresiasi sastra di kelas tinggi
 

References

1. Depdikbud 1971/72, Dikdaktik Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

2. ..................1991/92, Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas III, IV, V, VI

3.....................1995/96, Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD

4. .................., Kurikulum 1975, 1984, 1994

5. Kemendiknas,2006, Kurikulum 2006

6. Kemendiknas, 2013, Kurikulum 2013

7. Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan R I, 1952, Rencana Pelajaran Terurai 1952 untuk Sekolah Rakyat

8. Ag. Soejono, 1983, Metodik Khusus Bahasa Indonesia

9. Djago Tarigan, 1990, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa

10. Hadi Suroso,Telaah, Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP

11.Amitya Kusmara, 2014, Kesulitan Berbahasa Anak

12. Suwarsih Madya, 2013, Metodologi Pengajaran Bahasa

13. Nurhadi, 2004, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?

14.Miftahul Huda, 2012, Cooperative Learning

15. Yunus Abidin, 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karier


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan Berbahasa Indonesia di Kelas Tinggi  membahas materi kuliah tentang pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas tinggi, kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4, 5, 6; pengertian, jenis, metode,jenis pengajaran menyimak di kelas tinggi; pengertian, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, jenis pembelajaran membaca di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran menulis di kelas tinggi, pengertian, metode, dan jenis pembelajaran sastra di kelas tinggi; pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di kelas tinggi; perangkat pembelejaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Melalui penjelasan, diskusi, pengerjaan tugas, serta contoh yang diberikan dosen, mahasiswa dapat

1. menjelaskan pengertian pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik

2. menjelaskan kurikulum mapel Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik

3. mempraktikkan pembelajaran menyimak di kelas tinggi dengan baik

4. mempraktikkan pembelajaran berbicara di kelas tinggi dengan baik

5. mempraktikkan pembelajaran membaca di kelas tinggi dengan baik

6. mempraktikkan pembelajaran menulis di kelas tinggi dengan baik

7.mempraktikkan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan kurikulum 2013

8. mempraktikkan pembelajaran apresiasi sastra di kelas tinggi
 

References

1. Depdikbud 1971/72, Dikdaktik Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

2. ..................1991/92, Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas III, IV, V, VI

3.....................1995/96, Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD

4. .................., Kurikulum 1975, 1984, 1994

5. Kemendiknas,2006, Kurikulum 2006

6. Kemendiknas, 2013, Kurikulum 2013

7. Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan R I, 1952, Rencana Pelajaran Terurai 1952 untuk Sekolah Rakyat

8. Ag. Soejono, 1983, Metodik Khusus Bahasa Indonesia

9. Djago Tarigan, 1990, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa

10. Hadi Suroso,Telaah, Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP

11.Amitya Kusmara, 2014, Kesulitan Berbahasa Anak

12. Suwarsih Madya, 2013, Metodologi Pengajaran Bahasa

13. Nurhadi, 2004, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?

14.Miftahul Huda, 2012, Cooperative Learning

15. Yunus Abidin, 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karier


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan Berbahasa Indonesia di Kelas Tinggi  membahas materi kuliah tentang pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas tinggi, kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4, 5, 6; pengertian, jenis, metode,jenis pengajaran menyimak di kelas tinggi; pengertian, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, jenis pembelajaran membaca di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran menulis di kelas tinggi, pengertian, metode, dan jenis pembelajaran sastra di kelas tinggi; pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di kelas tinggi; perangkat pembelejaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Melalui penjelasan, diskusi, pengerjaan tugas, serta contoh yang diberikan dosen, mahasiswa dapat

1. menjelaskan pengertian pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik

2. menjelaskan kurikulum mapel Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik

3. mempraktikkan pembelajaran menyimak di kelas tinggi dengan baik

4. mempraktikkan pembelajaran berbicara di kelas tinggi dengan baik

5. mempraktikkan pembelajaran membaca di kelas tinggi dengan baik

6. mempraktikkan pembelajaran menulis di kelas tinggi dengan baik

7.mempraktikkan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan kurikulum 2013

8. mempraktikkan pembelajaran apresiasi sastra di kelas tinggi
 

References

1. Depdikbud 1971/72, Dikdaktik Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

2. ..................1991/92, Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas III, IV, V, VI

3.....................1995/96, Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD

4. .................., Kurikulum 1975, 1984, 1994

5. Kemendiknas,2006, Kurikulum 2006

6. Kemendiknas, 2013, Kurikulum 2013

7. Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan R I, 1952, Rencana Pelajaran Terurai 1952 untuk Sekolah Rakyat

8. Ag. Soejono, 1983, Metodik Khusus Bahasa Indonesia

9. Djago Tarigan, 1990, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa

10. Hadi Suroso,Telaah, Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP

11.Amitya Kusmara, 2014, Kesulitan Berbahasa Anak

12. Suwarsih Madya, 2013, Metodologi Pengajaran Bahasa

13. Nurhadi, 2004, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?

14.Miftahul Huda, 2012, Cooperative Learning

15. Yunus Abidin, 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karier


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan Berbahasa Indonesia di Kelas Tinggi  membahas materi kuliah tentang pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas tinggi, kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4, 5, 6; pengertian, jenis, metode,jenis pengajaran menyimak di kelas tinggi; pengertian, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, jenis pembelajaran membaca di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran menulis di kelas tinggi, pengertian, metode, dan jenis pembelajaran sastra di kelas tinggi; pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di kelas tinggi; perangkat pembelejaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi.

Learning Outcomes

Melalui penjelasan, diskusi, pengerjaan tugas, serta contoh yang diberikan dosen, mahasiswa dapat

1. menjelaskan pengertian pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik

2. menjelaskan kurikulum mapel Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik

3. mempraktikkan pembelajaran menyimak di kelas tinggi dengan baik

4. mempraktikkan pembelajaran berbicara di kelas tinggi dengan baik

5. mempraktikkan pembelajaran membaca di kelas tinggi dengan baik

6. mempraktikkan pembelajaran menulis di kelas tinggi dengan baik

7.mempraktikkan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan kurikulum 2013

8. mempraktikkan pembelajaran apresiasi sastra di kelas tinggi
 

References

1. Depdikbud 1971/72, Dikdaktik Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

2. ..................1991/92, Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas III, IV, V, VI

3.....................1995/96, Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD

4. .................., Kurikulum 1975, 1984, 1994

5. Kemendiknas,2006, Kurikulum 2006

6. Kemendiknas, 2013, Kurikulum 2013

7. Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan R I, 1952, Rencana Pelajaran Terurai 1952 untuk Sekolah Rakyat

8. Ag. Soejono, 1983, Metodik Khusus Bahasa Indonesia

9. Djago Tarigan, 1990, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa

10. Hadi Suroso,Telaah, Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP

11.Amitya Kusmara, 2014, Kesulitan Berbahasa Anak

12. Suwarsih Madya, 2013, Metodologi Pengajaran Bahasa

13. Nurhadi, 2004, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?

14.Miftahul Huda, 2012, Cooperative Learning

15. Yunus Abidin, 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karier


Details ...