Courser in English | Indonesian Language Education for Higher Classes |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning Outcomes1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
2. Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References- Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
- ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
- Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
- Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
- Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Ismawati,Esti &Uamay, Faras. 2012.Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta.Ombak
- Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
- Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
- ........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
- Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
- Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
- Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
- Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
- Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
16, Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning Outcomes1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
2. Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References- Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
- ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
- Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
- Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
- Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Ismawati,Esti &Uamay, Faras. 2012.Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta.Ombak
- Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
- Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
- ........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
- Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
- Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
- Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
- Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
- Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
16, Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning Outcomes1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
2. Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References- Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
- ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
- Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
- Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
- Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Ismawati,Esti &Uamay, Faras. 2012.Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta.Ombak
- Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
- Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
- ........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
- Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
- Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
- Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
- Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
- Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
16, Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah ini berisi tentang komitmen dan tanggung jawab pengembangan pembelajaran, konsep pembel-ajaran bahasa, pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa, Kurikulum Bahasa Indonesia SD, empat keterampilan berbahasa sekolah dasar identifikasi materi bahasa dan sastra Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013, pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menyusun rancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi, dan memerakan diri rancancangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
Learning Outcomes1. Mahasiswa memiliki karakter yang kuat dalam menepati komitmen dan tanggungjawab untuk mengembangkan pembelajaran.
2. Mahasiswa mampu menguasai memahami konsep pembelajaran bahasa.
3. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan mutakhir pembelajaran bahasa.
4. Mahasiswa mampu menguasai empat keterampilan berbahasa.
5. Mahasiswa mampu menguasai Kurikulum Bahasa Indonesia sekolah dasar.
6. Mahasiswa mampu menguasai pendekatan dan metode pembelajaran inovatif dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
7. Mahasiswa mampu menyusun perangkat pembelajaran pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
8. Mahasiswa mampu memerankan proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas tinggi.
References- Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2011. Kumpulan Putusan Kongres Bahasa Indonesia I-IX Tahun 1938-2008. Jakarta: Kemendikbud.
- ............ 2011. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Jakarta: Kemendikbud
- Cahyani, Isah.2007.Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. Bandung. UPI Press
- Endraswara, Suwardi .2003.Membaca, Menulis, Mengajarkan, Sastra Berbasis Kompetensi,Yogyakarta, Kota Kembang
- Iskandarwassid dan Sunendar, Dadang. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Ismawati,Esti &Uamay, Faras. 2012.Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta.Ombak
- Kadir,Abd & Asrohah, Hanun.2014. Belajar Tematik. Depok. Rajawali pers
- Kemedikbud RI. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik
- ........., 2013. Pembelajaran Tematik Terpadu.
- Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
- Mulyani Yeti. 2002. Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta. Pusat penerbitan Universitas Terbuka
- Nurhadi. 2005. Bagaimana meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung. Sinar Baru Argesindo
- Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta.Bumi Aksara
- Subayantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa, Sebuah Pengantar. Semarang: UNNES PRESS.
- Sugiyanto. 2010. Model-model Pembelajaran Inovatf. Surakarta: Yuma Pustaka.
16, Sumantri, Mulyani & Permana Johar. 2001.Setrategi Belajar Mengajar.Bandung.Maulana
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Berbahasa Indonesia di Kelas Tinggi membahas materi kuliah tentang pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas tinggi, kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4, 5, 6; pengertian, jenis, metode,jenis pengajaran menyimak di kelas tinggi; pengertian, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, jenis pembelajaran membaca di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran menulis di kelas tinggi, pengertian, metode, dan jenis pembelajaran sastra di kelas tinggi; pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di kelas tinggi; perangkat pembelejaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesMelalui penjelasan, diskusi, pengerjaan tugas, serta contoh yang diberikan dosen, mahasiswa dapat
1. menjelaskan pengertian pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik
2. menjelaskan kurikulum mapel Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik
3. mempraktikkan pembelajaran menyimak di kelas tinggi dengan baik
4. mempraktikkan pembelajaran berbicara di kelas tinggi dengan baik
5. mempraktikkan pembelajaran membaca di kelas tinggi dengan baik
6. mempraktikkan pembelajaran menulis di kelas tinggi dengan baik
7.mempraktikkan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan kurikulum 2013
8. mempraktikkan pembelajaran apresiasi sastra di kelas tinggi
1. Depdikbud 1971/72, Dikdaktik Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
2. ..................1991/92, Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas III, IV, V, VI
3.....................1995/96, Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD
4. .................., Kurikulum 1975, 1984, 1994
5. Kemendiknas,2006, Kurikulum 2006
6. Kemendiknas, 2013, Kurikulum 2013
7. Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan R I, 1952, Rencana Pelajaran Terurai 1952 untuk Sekolah Rakyat
8. Ag. Soejono, 1983, Metodik Khusus Bahasa Indonesia
9. Djago Tarigan, 1990, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa
10. Hadi Suroso,Telaah, Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP
11.Amitya Kusmara, 2014, Kesulitan Berbahasa Anak
12. Suwarsih Madya, 2013, Metodologi Pengajaran Bahasa
13. Nurhadi, 2004, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?
14.Miftahul Huda, 2012, Cooperative Learning
15. Yunus Abidin, 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karier
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Berbahasa Indonesia di Kelas Tinggi membahas materi kuliah tentang pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas tinggi, kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4, 5, 6; pengertian, jenis, metode,jenis pengajaran menyimak di kelas tinggi; pengertian, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, jenis pembelajaran membaca di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran menulis di kelas tinggi, pengertian, metode, dan jenis pembelajaran sastra di kelas tinggi; pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di kelas tinggi; perangkat pembelejaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesMelalui penjelasan, diskusi, pengerjaan tugas, serta contoh yang diberikan dosen, mahasiswa dapat
1. menjelaskan pengertian pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik
2. menjelaskan kurikulum mapel Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik
3. mempraktikkan pembelajaran menyimak di kelas tinggi dengan baik
4. mempraktikkan pembelajaran berbicara di kelas tinggi dengan baik
5. mempraktikkan pembelajaran membaca di kelas tinggi dengan baik
6. mempraktikkan pembelajaran menulis di kelas tinggi dengan baik
7.mempraktikkan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan kurikulum 2013
8. mempraktikkan pembelajaran apresiasi sastra di kelas tinggi
1. Depdikbud 1971/72, Dikdaktik Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
2. ..................1991/92, Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas III, IV, V, VI
3.....................1995/96, Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD
4. .................., Kurikulum 1975, 1984, 1994
5. Kemendiknas,2006, Kurikulum 2006
6. Kemendiknas, 2013, Kurikulum 2013
7. Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan R I, 1952, Rencana Pelajaran Terurai 1952 untuk Sekolah Rakyat
8. Ag. Soejono, 1983, Metodik Khusus Bahasa Indonesia
9. Djago Tarigan, 1990, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa
10. Hadi Suroso,Telaah, Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP
11.Amitya Kusmara, 2014, Kesulitan Berbahasa Anak
12. Suwarsih Madya, 2013, Metodologi Pengajaran Bahasa
13. Nurhadi, 2004, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?
14.Miftahul Huda, 2012, Cooperative Learning
15. Yunus Abidin, 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karier
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Berbahasa Indonesia di Kelas Tinggi membahas materi kuliah tentang pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas tinggi, kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4, 5, 6; pengertian, jenis, metode,jenis pengajaran menyimak di kelas tinggi; pengertian, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, jenis pembelajaran membaca di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran menulis di kelas tinggi, pengertian, metode, dan jenis pembelajaran sastra di kelas tinggi; pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di kelas tinggi; perangkat pembelejaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesMelalui penjelasan, diskusi, pengerjaan tugas, serta contoh yang diberikan dosen, mahasiswa dapat
1. menjelaskan pengertian pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik
2. menjelaskan kurikulum mapel Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik
3. mempraktikkan pembelajaran menyimak di kelas tinggi dengan baik
4. mempraktikkan pembelajaran berbicara di kelas tinggi dengan baik
5. mempraktikkan pembelajaran membaca di kelas tinggi dengan baik
6. mempraktikkan pembelajaran menulis di kelas tinggi dengan baik
7.mempraktikkan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan kurikulum 2013
8. mempraktikkan pembelajaran apresiasi sastra di kelas tinggi
1. Depdikbud 1971/72, Dikdaktik Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
2. ..................1991/92, Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas III, IV, V, VI
3.....................1995/96, Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD
4. .................., Kurikulum 1975, 1984, 1994
5. Kemendiknas,2006, Kurikulum 2006
6. Kemendiknas, 2013, Kurikulum 2013
7. Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan R I, 1952, Rencana Pelajaran Terurai 1952 untuk Sekolah Rakyat
8. Ag. Soejono, 1983, Metodik Khusus Bahasa Indonesia
9. Djago Tarigan, 1990, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa
10. Hadi Suroso,Telaah, Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP
11.Amitya Kusmara, 2014, Kesulitan Berbahasa Anak
12. Suwarsih Madya, 2013, Metodologi Pengajaran Bahasa
13. Nurhadi, 2004, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?
14.Miftahul Huda, 2012, Cooperative Learning
15. Yunus Abidin, 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karier
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Berbahasa Indonesia di Kelas Tinggi membahas materi kuliah tentang pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas tinggi, kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4, 5, 6; pengertian, jenis, metode,jenis pengajaran menyimak di kelas tinggi; pengertian, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, jenis pembelajaran membaca di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran menulis di kelas tinggi, pengertian, metode, dan jenis pembelajaran sastra di kelas tinggi; pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di kelas tinggi; perangkat pembelejaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesMelalui penjelasan, diskusi, pengerjaan tugas, serta contoh yang diberikan dosen, mahasiswa dapat
1. menjelaskan pengertian pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik
2. menjelaskan kurikulum mapel Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik
3. mempraktikkan pembelajaran menyimak di kelas tinggi dengan baik
4. mempraktikkan pembelajaran berbicara di kelas tinggi dengan baik
5. mempraktikkan pembelajaran membaca di kelas tinggi dengan baik
6. mempraktikkan pembelajaran menulis di kelas tinggi dengan baik
7.mempraktikkan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan kurikulum 2013
8. mempraktikkan pembelajaran apresiasi sastra di kelas tinggi
1. Depdikbud 1971/72, Dikdaktik Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
2. ..................1991/92, Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas III, IV, V, VI
3.....................1995/96, Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD
4. .................., Kurikulum 1975, 1984, 1994
5. Kemendiknas,2006, Kurikulum 2006
6. Kemendiknas, 2013, Kurikulum 2013
7. Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan R I, 1952, Rencana Pelajaran Terurai 1952 untuk Sekolah Rakyat
8. Ag. Soejono, 1983, Metodik Khusus Bahasa Indonesia
9. Djago Tarigan, 1990, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa
10. Hadi Suroso,Telaah, Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP
11.Amitya Kusmara, 2014, Kesulitan Berbahasa Anak
12. Suwarsih Madya, 2013, Metodologi Pengajaran Bahasa
13. Nurhadi, 2004, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?
14.Miftahul Huda, 2012, Cooperative Learning
15. Yunus Abidin, 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karier
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Berbahasa Indonesia di Kelas Tinggi membahas materi kuliah tentang pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas tinggi, kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4, 5, 6; pengertian, jenis, metode,jenis pengajaran menyimak di kelas tinggi; pengertian, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, jenis pembelajaran membaca di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran menulis di kelas tinggi, pengertian, metode, dan jenis pembelajaran sastra di kelas tinggi; pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di kelas tinggi; perangkat pembelejaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesMelalui penjelasan, diskusi, pengerjaan tugas, serta contoh yang diberikan dosen, mahasiswa dapat
1. menjelaskan pengertian pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik
2. menjelaskan kurikulum mapel Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik
3. mempraktikkan pembelajaran menyimak di kelas tinggi dengan baik
4. mempraktikkan pembelajaran berbicara di kelas tinggi dengan baik
5. mempraktikkan pembelajaran membaca di kelas tinggi dengan baik
6. mempraktikkan pembelajaran menulis di kelas tinggi dengan baik
7.mempraktikkan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan kurikulum 2013
8. mempraktikkan pembelajaran apresiasi sastra di kelas tinggi
1. Depdikbud 1971/72, Dikdaktik Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
2. ..................1991/92, Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas III, IV, V, VI
3.....................1995/96, Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD
4. .................., Kurikulum 1975, 1984, 1994
5. Kemendiknas,2006, Kurikulum 2006
6. Kemendiknas, 2013, Kurikulum 2013
7. Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan R I, 1952, Rencana Pelajaran Terurai 1952 untuk Sekolah Rakyat
8. Ag. Soejono, 1983, Metodik Khusus Bahasa Indonesia
9. Djago Tarigan, 1990, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa
10. Hadi Suroso,Telaah, Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP
11.Amitya Kusmara, 2014, Kesulitan Berbahasa Anak
12. Suwarsih Madya, 2013, Metodologi Pengajaran Bahasa
13. Nurhadi, 2004, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?
14.Miftahul Huda, 2012, Cooperative Learning
15. Yunus Abidin, 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karier
Details ...
Mata kuliah Pendidikan Berbahasa Indonesia di Kelas Tinggi membahas materi kuliah tentang pembelajaran bahasa di sekolah dasar kelas tinggi, kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas 4, 5, 6; pengertian, jenis, metode,jenis pengajaran menyimak di kelas tinggi; pengertian, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran berbicara di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, jenis pembelajaran membaca di kelas tinggi; pengertian, jenis, metode, dan jenis pembelajaran menulis di kelas tinggi, pengertian, metode, dan jenis pembelajaran sastra di kelas tinggi; pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 di kelas tinggi; perangkat pembelejaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi.
Learning OutcomesMelalui penjelasan, diskusi, pengerjaan tugas, serta contoh yang diberikan dosen, mahasiswa dapat
1. menjelaskan pengertian pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik
2. menjelaskan kurikulum mapel Bahasa Indonesia di kelas tinggi dengan baik
3. mempraktikkan pembelajaran menyimak di kelas tinggi dengan baik
4. mempraktikkan pembelajaran berbicara di kelas tinggi dengan baik
5. mempraktikkan pembelajaran membaca di kelas tinggi dengan baik
6. mempraktikkan pembelajaran menulis di kelas tinggi dengan baik
7.mempraktikkan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan kurikulum 2013
8. mempraktikkan pembelajaran apresiasi sastra di kelas tinggi
1. Depdikbud 1971/72, Dikdaktik Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
2. ..................1991/92, Petunjuk Pengajaran Membaca dan Menulis Kelas III, IV, V, VI
3.....................1995/96, Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD
4. .................., Kurikulum 1975, 1984, 1994
5. Kemendiknas,2006, Kurikulum 2006
6. Kemendiknas, 2013, Kurikulum 2013
7. Kementerian Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan R I, 1952, Rencana Pelajaran Terurai 1952 untuk Sekolah Rakyat
8. Ag. Soejono, 1983, Metodik Khusus Bahasa Indonesia
9. Djago Tarigan, 1990, Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa
10. Hadi Suroso,Telaah, Pengembangan Kurikulum dan Penyusunan KTSP
11.Amitya Kusmara, 2014, Kesulitan Berbahasa Anak
12. Suwarsih Madya, 2013, Metodologi Pengajaran Bahasa
13. Nurhadi, 2004, Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?
14.Miftahul Huda, 2012, Cooperative Learning
15. Yunus Abidin, 2013, Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karier
Details ...