Courser in English | PHILOSOPHY OF SCIENCE |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 3 SKS |
RPS | 1 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah filsafat ilmu, dilihat dari arah maupun substansinya, menjelaskan posisinya sebagai pembahasan terhadap substansi (hakikat) sebuah keilmuan tertentu. Ilmu-ilmu sosial yang kajiannya tertuju pada hubungan antar manusia, filsafat ilmu bisa menjelaskan dasar-dasar keilmuan seperti basis ontologis, epistemologis serta dimensi aksiologis (nilai dan kepentingan ilmu). Mata kuliah filsafat ilmu menjadi paradigm atau pendekatan untuk mengetahui sifat mendasar bangunan obyek keilmuan, logika, metode dan cara kerjanya serta etika ilmu pengetahuan. Berdasarkan hal di atas maka kedudukan dan fungsi filsafat ilmu yang meletakkan ilmu pengetahuan sebagai objek kajian diarahkan untuk mendukung bagi kejelasan suatu paradigma ilmu-ilmu sosial.
Learning Outcomes
CPL PRODI |
|
|
S5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
|
S8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
|
KU1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam pengembangan konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
KU3 |
Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
|
P1 |
Memahami konsep dasar filsafat dan logika dalam konteks Ilmu Sosial |
|
CP – MK |
|
|
M1 |
Memahami berbagai konsep dan teori filsafat, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsinya untuk dapat dijadikan landasan pemikiran bagi perencanaan dan pengembangan ilmu pengetahuan (P1) |
|
M2 |
Mampu memahami filsafat ilmu sebagai sarana pengembangan diri sebagai ilmuwan yang memiliki visi dan orientasi dasar filsafat berdasar pada nilai, moral, dan etika akademik (S8, P1) |
|
M3 |
Mampu menerapkan filsafat ilmu sebagai landasan kerangka pemikiran logis, kritis, sistematis (KU1) |
|
M4 |
Mampu memahami implikasi perkembangan ilmu pengetahuan dengan menerapkan nilai-nilai humaniora (KU3) |
Utama |
|
1). Suriasumantri, Jujun S. Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, cet. xiv, 2001 Filsafat 2). Tim Dosen Filsafat Ilmu UGM, Filsafat Ilmu Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Yogyakarta: Liberty, 1996 3). Tim Redaksi Driyarkara (ed.) Hakikat Pengetahuan: Cara Kerja Ilmu-ilmu, Jakarta: Gramedia, 1993 4). Mustansyir, Rizal dan Misnal Munir, Filsafat Ilmu, Pustaka Pelajar. Yogyakarta, 2003 Dst |
|
Pendukung |
|
Dst |
Details ...