Evaluasi Pembelajaran, Curriculum : 2021


Courser in EnglishLEARNING EVALUATION
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
SKS3 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang evaluasi hasil belajar peserta didik. Perkuliahan ini dimulai dari memahami konsep pengukuran, penilaian, dan evaluasi proses pembalajaran; konsep HOTS; teknik penilaian, instrumen pengukuran hasil belajar; perencanaan tes hasil belajar; analisis kualitas instrumen; pelaksanaan tes hasil belajar; pengolahan hasil pengukuran dan penilaian; dan pelaporan.

Learning Outcomes

Menguraikan konsep pengukuran, penilaian, evaluasi secara mandiri  dengan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK2, S9)

Menguraikan tujuan, manfaat, dan prinsip penilaian berdasarkan konsep teoretis sesuai nilai, norma, dan etika akademik (P1, KU1, KK2, S8)

Menelaah jenis-jenis penilaian dan konsep penilain HOTS  dengan penuh tanggung jawab (P1, KK1, S9)

Menyeleksi teknik-teknik penilaian secara mandiri, bermutu, dan terukur. (P2, KU1, KK2, S8)

Merancang KKM dan instrument penilaian dengan menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (P1, KU2, S8)

Menyusun kriteria penilaian, pedoman penskoran, rubrik penilaian, pengelolaan hasil penilaian,program remidial, dan pelaporan hasil belajar secara mandiri dan penuh tanggung jawab (P1, KU2, KK3, S9)

References

  1. Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya : Bandung.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Ed.Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  3. Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  4. Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
  5. Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  6. Batubara, U. N. & Sudrajat, A., 2019. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran Sejarah. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 22 (2).
  7. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian.
  8. Permendikbud nomor 14 Tahun 2019 Tentang Merdeka Belajar.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang evaluasi hasil belajar peserta didik. Perkuliahan ini dimulai dari memahami konsep pengukuran, penilaian, dan evaluasi; konsep HOTS; teknik penilaian, instrumen pengukuran hasil belajar; perencanaan tes hasil belajar; analisis kualitas instrumen; pelaksanaan tes hasil belajar; pengolahan hasil pengukuran dan penilaian; administrasi dan pelaporan.

Learning Outcomes

  1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila. (S3)
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
  4. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
  5. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep  teoritis  bagian  khusus  dalam  bidang  pengetahuan  tersebut  secara  mendalam,  serta  mampu memformulasikan  penyelesaian  masalah  prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
  6. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. (KU2)
  7. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kajian budaya. (KU3)
  8. Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran Bahasa Jawa dengan memanfaatkan IPTEKS. (KK1)
  9. Mampu mengkaji dan menyelesaikan permasalahan pembelajaran Bahasa Jawa. (KK2)
  10. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan keterampilan pembelajaran, bahasa Jawa dan sastra Jawa. (P1).
  11. Menguasai konsep teoretis pembelajaran Bahasa Jawa. (P2).

References

  1. Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya : Bandung.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Ed.Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  3. Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  4. Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.
  5. Widoyoko, Eko Putro. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
  6. Batubara, U. N. & Sudrajat, A., 2019. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran Sejarah. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 22 (2).
  7. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian.
  8. Permendikbud nomor 14 Tahun 2019 Tentang Merdeka Belajar.


Details ...