Courser in English | PHYSICS LEARNING MEDIA AND MATERIAL |
Program | Pendidikan Fisika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 7 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Matakuliah ini membahas tentang bahan ajar dan media pembelajaran fisika. Mahasiswa akan belajar menganalisis bahan ajar dan media pembelajaran fisika yang baik, kemudian belajar menyusun dan membuat bahan ajar dan media pembelajaran fisika.
Learning Outcomes
Sikap |
: |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
Pengetahuan |
: |
Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika |
Keterampilan Khusus |
: |
Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika |
Keterampilan Umum |
: |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika. |
1. Arsyad A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
2. Susilana, R. (2008). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian.
Bandung: Wacana Prima.
3. Bahan ajar mata kuliah
Details ...
Matakuliah ini membahas tentang bahan ajar dan media pembelajaran fisika. Mahasiswa akan belajar menganalisis bahan ajar dan media pembelajaran fisika yang baik, kemudian belajar menyusun dan membuat bahan ajar dan media pembelajaran fisika.
Learning Outcomes
Sikap |
: |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
Pengetahuan |
: |
Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika |
Keterampilan Khusus |
: |
Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika |
Keterampilan Umum |
: |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika. |
1. Arsyad A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
2. Susilana, R. (2008). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian.
Bandung: Wacana Prima.
3. Bahan ajar mata kuliah
Details ...
Matakuliah ini membahas tentang bahan ajar dan media pembelajaran fisika. Mahasiswa akan belajar menganalisis bahan ajar dan media pembelajaran fisika yang baik, kemudian belajar menyusun dan membuat bahan ajar dan media pembelajaran fisika.
Learning Outcomes
Sikap |
: |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
Pengetahuan |
: |
Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika |
Keterampilan Khusus |
: |
Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika |
Keterampilan Umum |
: |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika. |
1. Arsyad A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
2. Susilana, R. (2008). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian.
Bandung: Wacana Prima.
3. Modul untuk kalangan sendiri
Details ...
Mata kuliah media dan bahan ajar mempelajari tentang kriteriamedia dan bahan ajar fisika, dan cara menyusun bahan ajar serta media pembelajaran fisika baik berupa cetak maupun audiovisual yang sesuai dengan perkembangan kurikulum
Learning Outcomes
Sikap |
: |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
Pengetahuan |
: |
Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika |
Keterampilan Khusus |
: |
Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika |
Keterampilan Umum |
: |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika. |
1. Arsyad A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
2. Susilana, R. (2008). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian.
Bandung: Wacana Prima.
3. Modul untuk kalangan sendiri
Details ...
Mata kuliah media dan bahan ajar mempelajari tentang kriteriamedia dan bahan ajar fisika, dan cara menyusun bahan ajar serta media pembelajaran fisika baik berupa cetak maupun audiovisual yang sesuai dengan perkembangan kurikulum
Learning Outcomes
Sikap |
: |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
Pengetahuan |
: |
Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika |
Keterampilan Khusus |
: |
Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam: b. Pembelajaran fisika |
Keterampilan Umum |
: |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika. |
1. Arsyad A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
2. Susilana, R. (2008). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian.
Bandung: Wacana Prima.
3. Modul untuk kalangan sendiri
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan konseptual dan memiliki sikap positif untuk mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran sesuai dengan kaidah keilmuan fisika. Perkuliahan dilaksanakan menggunakan pendekatan konseptual dan kontekstual dengan metoda demonstrasi, praktek, diskusi, dan tanya jawab.Tahap penguasaan mahasiswa dievaluasi melalui proses perkuliahan dan produk bahan ajar dan media pembelajaran yang dihasilkan.
Learning OutcomesSikap:
1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan
Pancasila.
2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain.
3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
Pengetahuan:
1. menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
2. menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan penilaian pembelajaran
3. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika
4. Menguasai metode dan model pemrograman untuk menyelesaikan masalah fisika
Keterampilan Khusus:
1. Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
2. mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji
3. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika
Keterampilan Umum:
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
2. Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.
References1. Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.
2. Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jakarta: Diva Press
3. Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan AJar Tematik: Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Details ...
Dalam mata kuliah ini mahasiswa memiliki pengetahuan konseptual dan memiliki sikap positif untuk mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran sesuai dengan kaidah keilmuan fisika. Perkuliahan dilaksanakan menggunakan pendekatan konseptual dan kontekstual dengan metoda demonstrasi, praktek, diskusi, dan tanya jawab.Tahap penguasaan mahasiswa dievaluasi melalui proses perkuliahan dan produk bahan ajar dan media pembelajaran yang dihasilkan.
Learning OutcomesSikap:
1. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan
Pancasila.
2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinil orang lain.
3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan fisika secara mandiri
Pengetahuan:
1. menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep pengetahuan dalam bidang studi Fisika yang sesuai dengan lingkup tugasnya
2. menguasai prinsip dan teknik perencanaan dan penilaian pembelajaran
3. Menguasai pengetahuan faktual fungsi dan manfaat teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan fisika
4. Menguasai metode dan model pemrograman untuk menyelesaikan masalah fisika
Keterampilan Khusus:
1. Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika melalui analisis materi subjek (Paedagogical Content Knowledge) secara mandiri sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, memanfaatkan IPTEKS, dan lingkungan alam sekitar.
2. mampu mengkaji berbagai metoda pembelajaran fisika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji
3. Mampu mengaplikasikan keterampilan proses sains dalam pembelajaran fisika
Keterampilan Umum:
1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/ atau teknologi sesuai dengan bidang pendidikan fisika.
2. Mengelola pembelajaran fisika secara mandiri, bermutu dan terukur.
References1. Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.
2. Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jakarta: Diva Press
3. Prastowo, A. 2014. Pengembangan Bahan AJar Tematik: Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Details ...