Courser in English | DISCOURSE ANALYSIS IN INDONESIAN LANGUAGE AND LITERATURE EDUCATION |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2 |
SKS | 3 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan pendalaman materi yang meliputi teori dan praktik berupa analisis wacana berupa teks bahasa atau teks sastra baik dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia maupun non pembelajaran. Topik pembelajran mata kuliah ini meliputi: 1) kakarkteristik wacana, 2) teks dalam pembealajaran bahasa Indonesia, 3) analisis wacana tek bahasa, 4) analisis wacana teks sastra, 5) metode penerapan analisis wacana, 6) analisis wacana kritis teks bahasa dan sastra Indonesia.
Learning Outcomes1. (S1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
2. (S8) menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
3. (KU1) mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
4. (KU5) mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; 5. (KK3) Terampil menerapkan ilmu pengetahuan kebahasaan dan kesastraan untuk menghasilkan temuan berkualitas di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. 6. (P1) Menguasai pengetahuan konsep landasan perencanaan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pengetahuan pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal maupun non formal 7. (P9) Menguasai pengetahuan wacana bahasa dan sastra, serta linguistik terapan untuk memberikan layanan konsultasi bidang pendidikan bahasa, sastra dan budaya Indonesia yang diakui di tingkat lokal, nasional dan atau internasional
References1. Alwi, Hasan dkk. 2010. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.
2. Aminuddin, dkk. 2002. Analisis Wacana. Yogyakarta: Kanal.
3. Brown, G. & G Yule. 1996. Analisis Wacana, Terjemahan 1, Soetikno. Jakarta: PT Gramedia.
4. Eriyanto. 2001. Analisis Wacana. Yogyakarta: LKIS.
5. Halliday, M.A.K. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks. Yogyakarta: UGM Press.
6. Keraf, Gorys. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Ende, Flores: Nusa Indah.
7. -------. 1985. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia.
8. Mulyana. 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode, & Aplikasi Prinsip-prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
9. Samsuri. 1988. Analisis Wacana. Malang: PPS IKIP Malang. 10. Sumarlam dkk. 2009. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra. 11. Tarigan, H.G. 1987. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan pendalaman materi yang meliputi teori dan praktik berupa analisis wacana berupa teks bahasa atau teks sastra baik dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia maupun non pembelajaran. Topik pembelajran mata kuliah ini meliputi: 1) kakarkteristik wacana, 2) teks dalam pembealajaran bahasa Indonesia, 3) analisis wacana tek bahasa, 4) analisis wacana teks sastra, 5) metode penerapan analisis wacana, 6) analisis wacana kritis teks bahasa dan sastra Indonesia
Learning Outcomes
Mampu mengaplikasikan diri sebagai tenaga ahli dengan penguasaan mengenai hakikat, sejarah analisis, jenis, kohesi dan koheresi, dan analisis kohesi dan koheresi wacana |
Mampu mengaplikasikan diri sebagai tenaga ahli dengan penguasaan mengenai konteks wacana pra anggapan, implikatur, interferensi, dan unsur-unsur konteks |
Mampu memberikan layanan konsultasi pendidikan dengan penguasaan mengenai konteks wacana dan analisis konteks wacana dan hakikat analisis wacana kritis, dan karakteristik wacana |
Mampu memberikan layanan konsultasi pendidikan dengan penguasaan mengenai pendekatan analisis wacana kritis, dan analisis wacana kritis |
Mampu memberikan layanan konsultasi pendidikan dengan penguasaan mengenai wacana dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan analisis wacana dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia |
-
Details ...