Courser in English | ETHICS OF EDUCATIONAL PROFESSION |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan. |
- Hakikat etika profesi kependidikan;
- Kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah;
- Sikap profesional guru;
- Permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;
- Peran guru dalam menegakkan profesi guru dan supervisi pendidikan.
|
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan. |
- Hakikat etika profesi kependidikan;
- Kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah;
- Sikap profesional guru;
- Permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran;
- Peran guru dalam menegakkan profesi guru dan supervisi pendidikan.
|
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Etika Profesi Kependidikan , mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mendiskripsikan hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2, P1, KK8).. |
CPMK2 |
Menganalisis peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2-4, P1, KK8). |
CPMK3 |
Menganalisis permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran (S8-9, KU2, P6, KK8). |
CPMK4 |
Mengimplementasikan etika profesi kependidikan dan sikap profesional guru dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1, KU2, KK8). |
-
Utama
- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Pendukung
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Etika Profesi Kependidikan , mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mendiskripsikan hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2, P1, KK8).. |
CPMK2 |
Menganalisis peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2-4, P1, KK8). |
CPMK3 |
Menganalisis permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran (S8-9, KU2, P6, KK8). |
CPMK4 |
Mengimplementasikan etika profesi kependidikan dan sikap profesional guru dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1, KU2, KK8). |
-
Utama
- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Pendukung
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet
Details ...
Mata Kuliah ini berisi tentang penanaman dan pengembangan sikap profesional seorang calon guru. Sikap profesional ini dapat dibangun melalui pemahaman hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan.
Learning Outcomes
Setelah menyelesaikan pembelajaran mata kuliah Etika Profesi Kependidikan , mahasiswa mampu: |
|
CPMK1 |
Mendiskripsikan hakikat etika profesi kependidikan; sikap profesional guru; kedudukan dan peran guru dalam pendidikan sekolah; peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2, P1, KK8).. |
CPMK2 |
Menganalisis peran guru dalam administrasi dan supervisi pendidikan (S8-9, KU2-4, P1, KK8). |
CPMK3 |
Menganalisis permasalahan dan kebutuhan guru dalam pengembangan profesi dan tugas pembelajaran (S8-9, KU2, P6, KK8). |
CPMK4 |
Mengimplementasikan etika profesi kependidikan dan sikap profesional guru dengan dilandasi nilai-nilai akademik (S8-9, P1, KU2, KK8). |
-
Utama
- Arifin. & Barnawi. 2012. Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta Ar-Ruzz Media
- Soegeng. 2015. Etika Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama
Pendukung
- Danim, Sudarwan. 2013. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung : Alfabeta.
- Djamarah, & Saiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Perundang-undangan: UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas;UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ;PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan ;Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi ;Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Kualifikasi dan Kompetensi Guru ;Permendiknas No. 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian ; Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses ; Permendiknas No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
- Perundangan-undangan sehubungan dengan kurikulum 2013
- Danim, Sudarwan. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabet
Details ...