Magang I, Curriculum : 2015


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP I
ProgramPendidikan Matematika
SKS2 SKS
RPS24 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

Buku Panduan Magang 1


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

Buku Panduan Magang 1


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

Buku Panduan Magang 1


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

Buku Panduan Magang 1


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

Buku Panduan Magang 1


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

Buku Panduan Magang 1


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

Buku Panduan Magang 1


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

Buku Panduan Magang 1


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

Buku Panduan Magang 1


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.

Learning Outcomes

  1. Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
  2. Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  3. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
  4. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  5. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan

References

Buku Panduan Magang 1


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi  pengamatan langsung kultur sekolah; pengelolaan kurikulum, struktur organisasi dan tata kerja, budaya sekolah dan best practice di sekolah magang;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.

Learning Outcomes

Mahasiswa dengan   rasa   tanggung   jawab,   jujur,   demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif  berdasarkan etika akademik.

References

Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007), SMK (Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008), Standar Nasional Pendidikan


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini terdiri dari 2 tahap: magang di sekolah dan diskusi hasil magang di kampus dalam perkuliahan. Tujuan dari mata kuliah ini adalah Mahasiswa memiliki landasan jatidiri pendidik yang kuat dan kompetensi akademik kependidikan yang mantap. Kegiatan Magang meliputi  pengamatan langsung kultur sekolah; pengelolaan kurikulum, struktur organisasi dan tata kerja, budaya sekolah dan best practice di sekolah magang;pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik; pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas; dan refleksi hasil pengamatan proses pembelajaran melalui presentasi dan diskusi hasil pengamatan dalam perkuliahan di kelas.

Learning Outcomes

Mahasiswa dengan   rasa   tanggung   jawab,   jujur,   demokratis dan percaya diri, mantap menjadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan  kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional secara utuh melalui pemecahan masalah secara individu maupun kelompok dan mampu menyampaikan gagasan-gagasan kritis dan inovatif  berdasarkan etika akademik.

References

Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007), SMK (Permendiknas Nomor 40 Tahun 2008), Standar Nasional Pendidikan


Details ...