Courser in English | Educational Foundation |
Program | Pendidikan Matematika |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Lamdasan Pendidikan adalah matakuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan pembagian 2 sks teori ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan inovasi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan permasalahan pembelajaran. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep: hakikat pendidikan, landasan pendidikan, sistem pendidikan, standar dan mutu pendidikan dan memahami permasalahan pendidikan sehingga pada akhirnya mampu memberikan solusi terhadap permasalahn pendidikan di kelas, nasional maupun internasional serta mampu merancang sistem pendidikan sekolah menengah yang bermutu. Luaran mata kuliah paper permasalahan pendidikan di kelas, pendidikan nasional dan pendidikan di luar negeri beserta solusinya serta rancangan sistem pendidikan sekolah mengengah yang bermutu.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|
Sikap (S) |
S.1. Taat menjalankan ajaran Agama dan atau kepercayaannya S.2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis. |
|||
Pengetahuan (P) |
P1. Memahami karakteristik Peserta Didik. P.2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup |
|||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU.3. Mampu memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya, mengelola pembelajaran secara mandiri dan melakukan proses evaluasi pembelajaran matematika KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal |
|||
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK.1. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam pembelajaran matematika KK.9. Mampu menyajikan dan menganalisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, serta mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif |
|||
CPMK |
|
|||
Setelah menempuh mata kuliah Landasan Pendidikan melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
CPMK1 |
Memahami karakteristik peserta didik melalui kegiatan analisis landasan penyelenggaraan pendidikan untuk memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan pendampingan terhadap siswa sebagai cerminan dari pendidik yang unggul, peduli, religius dan berintegritas [S1, S11, P1, KU3, KK1] |
|||
CPMK2 |
Menguasai konsep Pedagogi untuk menyelenggarakan pendidikan menengah melalui pemahaman sistem pendidikan dan mutu pendidikan yang menjamin pengembangan potensi peserta didik secara optimal sebagai cerminan dari pendidik yang unggul, peduli, religius dan berintegritas [S11, P2, KU4] |
|||
CPMK3 |
Mengaplikasikan konsep Pedagogi melalui kegiatan merancang sistem pendidikan sekolah mengengah yang bermutu berdasar pada analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan etika [S2, P2, KK9] |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...
Mata kuliah Lamdasan Pendidikan adalah matakuliah wajib dengan bobot 2 sks dengan pembagian 2 sks teori ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu mengembangkan inovasi pembelajaran matematika berbasis pengetahuan pedagogi berdasarkan permasalahan pembelajaran. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menguasai konsep: hakikat pendidikan, landasan pendidikan, sistem pendidikan, standar dan mutu pendidikan dan memahami permasalahan pendidikan sehingga pada akhirnya mampu memberikan solusi terhadap permasalahn pendidikan di kelas, nasional maupun internasional serta mampu merancang sistem pendidikan sekolah menengah yang bermutu. Luaran mata kuliah paper permasalahan pendidikan di kelas, pendidikan nasional dan pendidikan di luar negeri beserta solusinya serta rancangan sistem pendidikan sekolah mengengah yang bermutu.
Learning Outcomes
CPL Prodi yang dibebankan pada MK |
|
|
|
|
Sikap (S) |
S.1. Taat menjalankan ajaran Agama dan atau kepercayaannya S.2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika S.11. Memiliki sikap Unggul, Peduli, Gigih, Religius, Integritas dan Sinergis. |
|||
Pengetahuan (P) |
P1. Memahami karakteristik Peserta Didik. P.2. Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup |
|||
Ketrampilan Umum (KU) |
KU.3. Mampu memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya, mengelola pembelajaran secara mandiri dan melakukan proses evaluasi pembelajaran matematika KU.4. Mampu mengembangkan potensi peserta didik secara optimal |
|||
Ketrampilan Khusus (KK) |
KK.1. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam pembelajaran matematika KK.9. Mampu menyajikan dan menganalisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, serta mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif |
|||
CPMK |
|
|||
Setelah menempuh mata kuliah Landasan Pendidikan melalui pembelajaran mandiri maupun kolaboratif, mahasiswa diharapkan mampu: |
||||
CPMK1 |
Memahami karakteristik peserta didik melalui kegiatan analisis landasan penyelenggaraan pendidikan untuk memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya dan pendampingan terhadap siswa sebagai cerminan dari pendidik yang unggul, peduli, religius dan berintegritas [S1, S11, P1, KU3, KK1] |
|||
CPMK2 |
Menguasai konsep Pedagogi untuk menyelenggarakan pendidikan menengah melalui pemahaman sistem pendidikan dan mutu pendidikan yang menjamin pengembangan potensi peserta didik secara optimal sebagai cerminan dari pendidik yang unggul, peduli, religius dan berintegritas [S11, P2, KU4] |
|||
CPMK3 |
Mengaplikasikan konsep Pedagogi melalui kegiatan merancang sistem pendidikan sekolah mengengah yang bermutu berdasar pada analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan etika [S2, P2, KK9] |
Utama |
|
|
|
Pendukung |
|
|
Details ...