Courser in English | SCHOOL INTERNSHIP I |
Program | Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesMampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis penanaman nilainilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studiliterature dan mengelaborasikan hasilnya
Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
References
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR, KURIKULUM DAN PPL LEMBAGA PENGEMBANGAN PROFESI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 2021
RPS Magang I TA 2020/ 2021 Pusat Pengembangan Sumber Belajar, Kurikulum dan PPL – Lembaga Pengembangan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesMampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis penanaman nilainilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studiliterature dan mengelaborasikan hasilnya
Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
References
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR, KURIKULUM DAN PPL LEMBAGA PENGEMBANGAN PROFESI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 2021
RPS Magang I TA 2020/ 2021 Pusat Pengembangan Sumber Belajar, Kurikulum dan PPL – Lembaga Pengembangan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesMampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis penanaman nilainilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studiliterature dan mengelaborasikan hasilnya
Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
References
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR, KURIKULUM DAN PPL LEMBAGA PENGEMBANGAN PROFESI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 2021
RPS Magang I TA 2020/ 2021 Pusat Pengembangan Sumber Belajar, Kurikulum dan PPL – Lembaga Pengembangan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesMampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis penanaman nilainilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studiliterature dan mengelaborasikan hasilnya
Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
References
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR, KURIKULUM DAN PPL LEMBAGA PENGEMBANGAN PROFESI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 2021
RPS Magang I TA 2020/ 2021 Pusat Pengembangan Sumber Belajar, Kurikulum dan PPL – Lembaga Pengembangan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesMampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis penanaman nilainilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studiliterature dan mengelaborasikan hasilnya
Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
References
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR, KURIKULUM DAN PPL LEMBAGA PENGEMBANGAN PROFESI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 2021
RPS Magang I TA 2020/ 2021 Pusat Pengembangan Sumber Belajar, Kurikulum dan PPL – Lembaga Pengembangan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesMampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis penanaman nilainilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studiliterature dan mengelaborasikan hasilnya
Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
References
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR, KURIKULUM DAN PPL LEMBAGA PENGEMBANGAN PROFESI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 2021
RPS Magang I TA 2020/ 2021 Pusat Pengembangan Sumber Belajar, Kurikulum dan PPL – Lembaga Pengembangan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesMampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis penanaman nilainilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studiliterature dan mengelaborasikan hasilnya
Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
References
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR, KURIKULUM DAN PPL LEMBAGA PENGEMBANGAN PROFESI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 2021
RPS Magang I TA 2020/ 2021 Pusat Pengembangan Sumber Belajar, Kurikulum dan PPL – Lembaga Pengembangan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang
Details ...
Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Setelah menempuh mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah
Learning OutcomesMampu menganalisis landasan filosofis sekolah (VMTS) dan keterhubungannya dengan landasan yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris
Mampu menganalisis efektivitas struktur organisasi sekolah dalam mencapai VMTS bidang akademik
Mampu menganalisis keterkaitan sarana dan prasarana serta kendala dalam mencapai VMTS sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis pelaksanaan program sekolah bidang akademik dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis beragam kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler kaitannya dengan prestasi siswa dan kendala yang dihadapi
Mampu menganalisis penanaman nilainilai karakter di sekolah dan kendala yang dihadapi
Mampu mensintesis kajian data observasi/ wawancara/studiliterature dan mengelaborasikan hasilnya
Mampu merefleksikan dan merancang gagasan rekomendasi untuk perbaikan berdasarkan hasil analisis dan sintesis
References
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR, KURIKULUM DAN PPL LEMBAGA PENGEMBANGAN PROFESI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG 2021
RPS Magang I TA 2020/ 2021 Pusat Pengembangan Sumber Belajar, Kurikulum dan PPL – Lembaga Pengembangan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang
Details ...
Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
- Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
- Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
- Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan
-
Details ...
Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
- Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
- Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
- Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan
-
Details ...
Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
- Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
- Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
- Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan
-
Details ...
Matakuliah ini diharapkan mampu membangun landasan jatidiri calon guru melalui penguatan tentang kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan-kegiatan ceremonial formal di sekolah, kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pembiasaan dan kebiasaan positif di sekolah.
Learning Outcomes- Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural dan empiris pendidikan
- Menguasai secara mendalam karaktersitik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
- Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik secara optimal
- Menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan lingkungan
-
Details ...