Courser in English | Philosophy of Pancasila |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 3 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Materi Mata Kuliah Filsafat Pancasila meliputi Pendahuluan, Pengertian filsafat, hubungan antara Filsafat dengan ilmu pengetahuan serta agama, fungsi filsafat, cabang-cabang filsafat dan aliran filsafat, Pancasila sebagai sebuha sistem filsafat, pendekatan filosofis terhadap Pancasila , moralitas etik Pancasila. yang dapat menjadi pegetahuan dasar mahasiswa dalam mengembangkan logika berfikir dan kompetensi kognitif mengenai Pancasila dalam sudut pandang filosofis.
Learning OutcomesSetelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat menjelaskan pengertian filsafat, cabang, dan alirannya sebagai dasar pemahaman tentang Pancasila. Selain itu mahasiswa juga dapat melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai sebuah sistem filsafat yang berisi nilai-nilai moral etik yang berguna bagi bangsa dan pengembangan pendidikan.
References- Kaelan, 2002, Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Paradigma, Yogyakarta.
- Kaelan, 2002, Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi 2002, Paradigma , Yogyakarta
Details ...
Materi Mata Kuliah Filsafat Pancasila meliputi Pendahuluan, Pengertian filsafat, hubungan antara Filsafat dengan ilmu pengetahuan serta agama, fungsi filsafat, cabang-cabang filsafat dan aliran filsafat, Pancasila sebagai sebuha sistem filsafat, pendekatan filosofis terhadap Pancasila , moralitas etik Pancasila. yang dapat menjadi pegetahuan dasar mahasiswa dalam mengembangkan logika berfikir dan kompetensi kognitif mengenai Pancasila dalam sudut pandang filosofis.
Learning OutcomesSetelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat menjelaskan pengertian filsafat, cabang, dan alirannya sebagai dasar pemahaman tentang Pancasila. Selain itu mahasiswa juga dapat melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai sebuah sistem filsafat yang berisi nilai-nilai moral etik yang berguna bagi bangsa dan pengembangan pendidikan.
References- Kaelan, 2002, Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Paradigma, Yogyakarta.
- Kaelan, 2002, Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi 2002, Paradigma , Yogyakarta
Details ...
Materi Mata Kuliah Filsafat Pancasila meliputi Pendahuluan, Pengertian filsafat, hubungan antara Filsafat dengan ilmu pengetahuan serta agama, fungsi filsafat, cabang-cabang filsafat dan aliran filsafat, Pancasila sebagai sebuha sistem filsafat, pendekatan filosofis terhadap Pancasila , moralitas etik Pancasila. yang dapat menjadi pegetahuan dasar mahasiswa dalam mengembangkan logika berfikir dan kompetensi kognitif mengenai Pancasila dalam sudut pandang filosofis.
Learning OutcomesSetelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat menjelaskan pengertian filsafat, cabang, dan alirannya sebagai dasar pemahaman tentang Pancasila. Selain itu mahasiswa juga dapat melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai sebuah sistem filsafat yang berisi nilai-nilai moral etik yang berguna bagi bangsa dan pengembangan pendidikan.
References- Kaelan, 2002, Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Paradigma, Yogyakarta.
- Kaelan, 2002, Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi 2002, Paradigma , Yogyakarta
- Budiardjo, Meriam, 1981, dasar-Dasar Ilmu Politik, Gramedia , jakarta.
- Wibisono, Koento, 1989, Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka, Makalah pada lokakarya Dosen-Dosen Pancasila PTN dan PTS se Kopertis Wilayah V, Yogyakarta
- Wibisono, Koento, 1998, Pancasila dalam Perspektif Gerakan Reformasi, Aspek Sosial Budaya, makalah Diskusi Panel Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
- Sinar Grafika, 2002, UUD 1945 Hasil Amandemen Agustus 2002, Jakarta
- Soegito dkk, Pendidikan Pancasila, UNNES Press, Semarang
Details ...
Materi Mata Kuliah Filsafat Pancasila meliputi Pendahuluan, Pengertian filsafat, hubungan antara Filsafat dengan ilmu pengetahuan serta agama, fungsi filsafat, cabang-cabang filsafat dan aliran filsafat, Pancasila sebagai sebuha sistem filsafat, pendekatan filosofis terhadap Pancasila , moralitas etik Pancasila. yang dapat menjadi pegetahuan dasar mahasiswa dalam mengembangkan logika berfikir dan kompetensi kognitif mengenai Pancasila dalam sudut pandang filosofis.
Learning OutcomesSetelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat menjelaskan pengertian filsafat, cabang, dan alirannya sebagai dasar pemahaman tentang Pancasila. Selain itu mahasiswa juga dapat melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai sebuah sistem filsafat yang berisi nilai-nilai moral etik yang berguna bagi bangsa dan pengembangan pendidikan.
References- Kaelan, 2002, Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Paradigma, Yogyakarta.
- Kaelan, 2002, Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi 2002, Paradigma , Yogyakarta
- Budiardjo, Meriam, 1981, dasar-Dasar Ilmu Politik, Gramedia , jakarta.
- Wibisono, Koento, 1989, Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka, Makalah pada lokakarya Dosen-Dosen Pancasila PTN dan PTS se Kopertis Wilayah V, Yogyakarta
- Wibisono, Koento, 1998, Pancasila dalam Perspektif Gerakan Reformasi, Aspek Sosial Budaya, makalah Diskusi Panel Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
- Sinar Grafika, 2002, UUD 1945 Hasil Amandemen Agustus 2002, Jakarta
- Soegito dkk, Pendidikan Pancasila, UNNES Press, Semarang
Details ...