Filsafat Pancasila, Curriculum : 2014


Courser in EnglishPhilosophy of Pancasila
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS3 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Materi Mata Kuliah Filsafat Pancasila  meliputi Pendahuluan, Pengertian filsafat, hubungan antara Filsafat dengan ilmu pengetahuan serta agama, fungsi filsafat, cabang-cabang filsafat dan aliran filsafat, Pancasila sebagai sebuha sistem filsafat, pendekatan filosofis terhadap Pancasila , moralitas  etik Pancasila. yang dapat menjadi pegetahuan dasar mahasiswa dalam mengembangkan logika berfikir dan kompetensi kognitif mengenai Pancasila dalam sudut pandang filosofis. 

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat menjelaskan pengertian filsafat, cabang, dan alirannya sebagai dasar pemahaman tentang Pancasila. Selain itu mahasiswa juga dapat melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai sebuah sistem filsafat yang berisi nilai-nilai moral etik yang berguna bagi bangsa dan pengembangan pendidikan.

References

  1. Kaelan, 2002, Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Paradigma, Yogyakarta.
  2. Kaelan, 2002, Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi 2002, Paradigma , Yogyakarta


Details ...
Course Descriptions

Materi Mata Kuliah Filsafat Pancasila  meliputi Pendahuluan, Pengertian filsafat, hubungan antara Filsafat dengan ilmu pengetahuan serta agama, fungsi filsafat, cabang-cabang filsafat dan aliran filsafat, Pancasila sebagai sebuha sistem filsafat, pendekatan filosofis terhadap Pancasila , moralitas  etik Pancasila. yang dapat menjadi pegetahuan dasar mahasiswa dalam mengembangkan logika berfikir dan kompetensi kognitif mengenai Pancasila dalam sudut pandang filosofis. 

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat menjelaskan pengertian filsafat, cabang, dan alirannya sebagai dasar pemahaman tentang Pancasila. Selain itu mahasiswa juga dapat melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai sebuah sistem filsafat yang berisi nilai-nilai moral etik yang berguna bagi bangsa dan pengembangan pendidikan.

References

  1. Kaelan, 2002, Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Paradigma, Yogyakarta.
  2. Kaelan, 2002, Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi 2002, Paradigma , Yogyakarta


Details ...
Course Descriptions

Materi Mata Kuliah Filsafat Pancasila  meliputi Pendahuluan, Pengertian filsafat, hubungan antara Filsafat dengan ilmu pengetahuan serta agama, fungsi filsafat, cabang-cabang filsafat dan aliran filsafat, Pancasila sebagai sebuha sistem filsafat, pendekatan filosofis terhadap Pancasila , moralitas  etik Pancasila. yang dapat menjadi pegetahuan dasar mahasiswa dalam mengembangkan logika berfikir dan kompetensi kognitif mengenai Pancasila dalam sudut pandang filosofis.  

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat menjelaskan pengertian filsafat, cabang, dan alirannya sebagai dasar pemahaman tentang Pancasila. Selain itu mahasiswa juga dapat melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai sebuah sistem filsafat yang berisi nilai-nilai moral etik yang berguna bagi bangsa dan pengembangan pendidikan.

References

  1. Kaelan, 2002, Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Paradigma, Yogyakarta.
  2. Kaelan, 2002, Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi 2002, Paradigma , Yogyakarta
  3. Budiardjo, Meriam, 1981, dasar-Dasar Ilmu Politik, Gramedia , jakarta.
  4. Wibisono, Koento, 1989, Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka, Makalah pada lokakarya Dosen-Dosen Pancasila PTN dan PTS se Kopertis Wilayah V, Yogyakarta
  5. Wibisono, Koento, 1998, Pancasila dalam Perspektif Gerakan Reformasi, Aspek Sosial Budaya, makalah Diskusi Panel Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
  6. Sinar Grafika, 2002, UUD 1945 Hasil Amandemen Agustus  2002, Jakarta
  7. Soegito dkk, Pendidikan Pancasila, UNNES Press, Semarang


Details ...
Course Descriptions

Materi Mata Kuliah Filsafat Pancasila  meliputi Pendahuluan, Pengertian filsafat, hubungan antara Filsafat dengan ilmu pengetahuan serta agama, fungsi filsafat, cabang-cabang filsafat dan aliran filsafat, Pancasila sebagai sebuha sistem filsafat, pendekatan filosofis terhadap Pancasila , moralitas  etik Pancasila. yang dapat menjadi pegetahuan dasar mahasiswa dalam mengembangkan logika berfikir dan kompetensi kognitif mengenai Pancasila dalam sudut pandang filosofis.  

Learning Outcomes

Setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat menjelaskan pengertian filsafat, cabang, dan alirannya sebagai dasar pemahaman tentang Pancasila. Selain itu mahasiswa juga dapat melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai sebuah sistem filsafat yang berisi nilai-nilai moral etik yang berguna bagi bangsa dan pengembangan pendidikan.

References

  1. Kaelan, 2002, Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Paradigma, Yogyakarta.
  2. Kaelan, 2002, Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi 2002, Paradigma , Yogyakarta
  3. Budiardjo, Meriam, 1981, dasar-Dasar Ilmu Politik, Gramedia , jakarta.
  4. Wibisono, Koento, 1989, Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka, Makalah pada lokakarya Dosen-Dosen Pancasila PTN dan PTS se Kopertis Wilayah V, Yogyakarta
  5. Wibisono, Koento, 1998, Pancasila dalam Perspektif Gerakan Reformasi, Aspek Sosial Budaya, makalah Diskusi Panel Pusat Studi Pancasila UGM, Yogyakarta
  6. Sinar Grafika, 2002, UUD 1945 Hasil Amandemen Agustus  2002, Jakarta
  7. Soegito dkk, Pendidikan Pancasila, UNNES Press, Semarang


Details ...