Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang mengkaji tentang 1) Konsep, pengertian, prinsip pertumbuhan dan perkembangan peseta didik; 2) Karakteristik peserta didik dan perbedaan individual peserta didik; 3) Perkembangan fisik peserta didik; 4) Perkembangan kognitif peserta didik; 5) Perkembangan sosial peserta didik 6) Perkembangan emosional peserta didik 7) Perkembangan Moral Peserta didik; 8) Lingkungan pendukung dan penghambat perkembangan peserta didik; 9) Daya adaptasi (penyesuaian diri) peserta didik dalam konteks pembelajaran dan implikasinya dalam pembelajaran; 10) Permasalahan peserta didik dimasa remaja dan Solusinya
Learning OutcomesSetelah mengikuti matakuliah ini, Mahasiswa mampu menjelaskan konsep, pengertian, ruang lingkup perkembangan peserta didik, dan mampu mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran, menganalisa permasalahan, dan menyusun bentuk penugasan serta pembimbingan terkait perkembangan peserta didik
ReferencesDaftar Referensi
[1] Masganti, S. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Medan : Perdana Mulya Sarana
[2] Hastuti. 2012. Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta : Tugu Publisher
[3] Oding Supriadi. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : Kurnia Kalam Semesta
[4] Uus Toharuddin, Sri Hendrawati, Andrian Rustaman. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung : Humaniora
[5] Sunarto, Agung Hartono (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
[6] Yusuf, Syamsu. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:Remaja Rosdakarya.
[7] Sofyan S. Willis. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung : Penerbit Alfabeta
[8] Borba, Michele. 2008. Membangun Kecerdasan Moral, Tujuh Kebijakan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi.Jakarta:Gramedia
[9] H.A.R. Tilaar. 2012. Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship Dalam Pendidikan Nasional. Jakarta : Penerbit Kompas
[10] Chasiyah, Chadijah, Edy Legowo. 2009. Perkembangan peserta didik . Surakarta:Yuma Pustaka
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman komprehensif mengenai perkembangan peserta didik yang meliputi aspek fisik, kognitif, emosional, sosial, dan moral. Pembelajaran akan membahas berbagai teori perkembangan, fase-fase perkembangan anak dari usia dini hingga dewasa, serta implikasi perkembangan ini terhadap proses pendidikan dan pembelajaran.
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep perkembangan peserta didik dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak.
Capaian Pembelajaran Khusus:
- Memahami perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan.
- Mengidentifikasi periode dan tugas perkembangan anak.
- Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan peserta didik.
- Memahami karakteristik perkembangan anak usia dini, usia sekolah, remaja, dan dewasa.
- Mengaplikasikan pengetahuan tentang perkembangan peserta didik dalam desain pembelajaran.
Hamuni, Idrus, Aswati. (2022). Perkembangan Peserta Didik. Eureka Media Aksara.
Masganti Sit, M.Ag. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Medan: Perdana Publishing.
Details ...