Perkembangan Peserta Didik, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLearner's Development
ProgramPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
SKS2 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Perkembangan  Peserta  Didik  merupakan  mata  kuliah  yang  membahas  tentang  perkembangan  peserta  didik  pada  tingkatan  tahap  remaja (SMP-SMA), memuat tentang konsep dasar perkembangan dan pertumbuhan, prinsip-prinsip perkembangan, hukum-hukum perkembangan, metode yang digunakan dalam penelitian perkembangan, teori perkembangan peserta didik usia remaja, konsep dasar peserta didik, karakteristik peserta didik SMP dan SMA, implikasi perkembangan peserta didik dalam dunia pendidikan, tugas-tugas perkembangan peserta didik, aspek perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan intelektual, perkembangan bahasa, perkembangan emosional, perkembangan penyesuaian diri, perkembangan nilai, moral dan perkembangan interaksi sosial pada remaja serta permasalahan-permasalahan yang terjadi pada peserta didik usia remaja.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu memajami konsep dasar perkembangan peserta didik beserta segala aspek perkembangan yang terjadi pada peserta didik. Mahasiswa mampu mengenali dan menjelaskan perbedaan karakteristik peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah.
Mahasiswa mampu mengenali permasalahan dan mengenali gejala-gejala penyimpangan perilaku berdasarkan tugas perkembangan peserta didik.

References

buku dan internet


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini mengkaji tentang perkembangan peserta didik yang disajikan secara teori melalui pembelajaran

kolaboratif berbasisi IT

Learning Outcomes

mahasisiwa mampu memahami bagaimana perkembangan peserta didik

References

Hurlock, Elizabeth B. 1990. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi ke lima. Jakarta: Erlangga

2.   Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Parktik Jilid 1. Edisi kesembilan. Jakarta:Indeks


Details ...
Course Descriptions

Perkembangan Peserta Didik merupakan mata kuliah yang membahas tentang perkembangan peserta didik pada tingkatan tahap remaja (SMP-SMA), memuat tentang konsep dasar perkembangan dan pertumbuhan, prinsip-prinsip perkembangan, hukum-hukum perkembangan, metode yang digunakan dalam penelitian perkembangan, teori perkembangan peserta didik usia remaja, konsep dasar peserta didik, karakteristik peserta didik SMP dan SMA, implikasi perkembangan peserta didik dalam dunia pendidikan, tugas-tugas perkembangan peserta didik, aspek perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan intelektual, perkembangan bahasa, perkembangan emosional, perkembangan penyesuaian diri, perkembangan nilai, moral dan perkembangan interaksi sosial pada remaja serta permasalahan-permasalahan yang terjadi pada peserta didik usia remaja.

Learning Outcomes

Capaian Pembelajaran pada mata kuliah perkembangan peserta didik adalah :

  1. Mahasiswa mampu memajami konsep dasar perkembangan peserta didik beserta segala aspek perkembangan yang terjadi pada peserta didik.
  2. Mahasiswa mampu mengenali dan menjelaskan perbedaan karakteristik peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah.
  3. Mahasiswa mampu mengenali permasalahan dan mengenali gejala-gejala penyimpangan perilaku berdasarkan tugas perkembangan peserta didik.

References

Agustiani, H. 2009. Psikologi Perkembangan. Bandung : PT Refika Aditama

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hosnan. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Kiat Sukses Pendidikan Anak dalam Era Modern. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia

Santrock, John W. 2007. Remaja, Edisi Kesebelas, Jilid 1. Jakarta : Penerbit Erlangga

Santrock, John W. 2007. Remaja, Edisi Kesebelas, Jilid 2. Jakarta : Penerbit Erlangga

Supriyadi, Oding. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta : PT. Kurnia Kalam Semesta.

Upton, Penney. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Penerbit Erlangga

 

 


Details ...
Course Descriptions

Perkembangan Peserta Didik merupakan mata kuliah yang membahas tentang perkembangan peserta didik pada tingkatan tahap remaja (SMP-SMA), memuat tentang konsep dasar perkembangan dan pertumbuhan, prinsip-prinsip perkembangan, hukum-hukum perkembangan, metode yang digunakan dalam penelitian perkembangan, teori perkembangan peserta didik usia remaja, konsep dasar peserta didik, karakteristik peserta didik SMP dan SMA, implikasi perkembangan peserta didik dalam dunia pendidikan, tugas-tugas perkembangan peserta didik, aspek perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan intelektual, perkembangan bahasa, perkembangan emosional, perkembangan penyesuaian diri, perkembangan nilai, moral dan perkembangan interaksi sosial pada remaja serta permasalahan-permasalahan yang terjadi pada peserta didik usia remaja.

 

Capaian Pembelajaran

 

Perkembangan Peserta Didik merupakan mata kuliah yang membahas tentang perkembangan peserta didik pada tingkatan tahap remaja (SMP-SMA), memuat tentang konsep dasar perkembangan dan pertumbuhan, prinsip-prinsip perkembangan, hukum-hukum perkembangan, metode yang digunakan dalam penelitian perkembangan, teori perkembangan peserta didik usia remaja, konsep dasar peserta didik, karakteristik peserta didik SMP dan SMA, implikasi perkembangan peserta didik dalam dunia pendidikan, tugas-tugas perkembangan peserta didik, aspek perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan intelektual, perkembangan bahasa, perkembangan emosional, perkembangan penyesuaian diri, perkembangan nilai, moral dan perkembangan interaksi sosial pada remaja serta permasalahan-permasalahan yang terjadi pada peserta didik usia remaja.

 

Capaian Pembelajaran

 

Capaian Pembelajaran pada mata kuliah perkembangan peserta didik adalah :

  1. Mahasiswa mampu memajami konsep dasar perkembangan peserta didik beserta segala aspek perkembangan yang terjadi pada peserta didik.
  2. Mahasiswa mampu mengenali dan menjelaskan perbedaan karakteristik peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah.
  3. Mahasiswa mampu mengenali permasalahan dan mengenali gejala-gejala penyimpangan perilaku berdasarkan tugas perkembangan peserta didik.

Learning Outcomes

Perkembangan Peserta Didik merupakan mata kuliah yang membahas tentang perkembangan peserta didik pada tingkatan tahap remaja (SMP-SMA), memuat tentang konsep dasar perkembangan dan pertumbuhan, prinsip-prinsip perkembangan, hukum-hukum perkembangan, metode yang digunakan dalam penelitian perkembangan, teori perkembangan peserta didik usia remaja, konsep dasar peserta didik, karakteristik peserta didik SMP dan SMA, implikasi perkembangan peserta didik dalam dunia pendidikan, tugas-tugas perkembangan peserta didik, aspek perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan intelektual, perkembangan bahasa, perkembangan emosional, perkembangan penyesuaian diri, perkembangan nilai, moral dan perkembangan interaksi sosial pada remaja serta permasalahan-permasalahan yang terjadi pada peserta didik usia remaja

 

Capaian Pembelajaran pada mata kuliah perkembangan peserta didik adalah :

  1. Mahasiswa mampu memajami konsep dasar perkembangan peserta didik beserta segala aspek perkembangan yang terjadi pada peserta didik.
  2. Mahasiswa mampu mengenali dan menjelaskan perbedaan karakteristik peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah.
  3. Mahasiswa mampu mengenali permasalahan dan mengenali gejala-gejala penyimpangan perilaku berdasarkan tugas perkembangan peserta didik.

References

buku dan internet


Details ...
Course Descriptions

Perkembangan Peserta Didik merupakan mata kuliah yang membahas tentang perkembangan peserta didik pada tingkatan tahap remaja (SMP-SMA), memuat tentang konsep dasar perkembangan dan pertumbuhan, prinsip-prinsip perkembangan, hukum-hukum perkembangan, metode yang digunakan dalam penelitian perkembangan, teori perkembangan peserta didik usia remaja, konsep dasar peserta didik, karakteristik peserta didik SMP dan SMA, implikasi perkembangan peserta didik dalam dunia pendidikan, tugas-tugas perkembangan peserta didik, aspek perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan intelektual, perkembangan bahasa, perkembangan emosional, perkembangan penyesuaian diri, perkembangan nilai, moral dan perkembangan interaksi sosial pada remaja serta permasalahan-permasalahan yang terjadi pada peserta didik usia remaja.

 

Capaian Pembelajaran

 

Perkembangan Peserta Didik merupakan mata kuliah yang membahas tentang perkembangan peserta didik pada tingkatan tahap remaja (SMP-SMA), memuat tentang konsep dasar perkembangan dan pertumbuhan, prinsip-prinsip perkembangan, hukum-hukum perkembangan, metode yang digunakan dalam penelitian perkembangan, teori perkembangan peserta didik usia remaja, konsep dasar peserta didik, karakteristik peserta didik SMP dan SMA, implikasi perkembangan peserta didik dalam dunia pendidikan, tugas-tugas perkembangan peserta didik, aspek perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan intelektual, perkembangan bahasa, perkembangan emosional, perkembangan penyesuaian diri, perkembangan nilai, moral dan perkembangan interaksi sosial pada remaja serta permasalahan-permasalahan yang terjadi pada peserta didik usia remaja.

 

Capaian Pembelajaran

 

Capaian Pembelajaran pada mata kuliah perkembangan peserta didik adalah :

  1. Mahasiswa mampu memajami konsep dasar perkembangan peserta didik beserta segala aspek perkembangan yang terjadi pada peserta didik.
  2. Mahasiswa mampu mengenali dan menjelaskan perbedaan karakteristik peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah.
  3. Mahasiswa mampu mengenali permasalahan dan mengenali gejala-gejala penyimpangan perilaku berdasarkan tugas perkembangan peserta didik.

Learning Outcomes

Perkembangan Peserta Didik merupakan mata kuliah yang membahas tentang perkembangan peserta didik pada tingkatan tahap remaja (SMP-SMA), memuat tentang konsep dasar perkembangan dan pertumbuhan, prinsip-prinsip perkembangan, hukum-hukum perkembangan, metode yang digunakan dalam penelitian perkembangan, teori perkembangan peserta didik usia remaja, konsep dasar peserta didik, karakteristik peserta didik SMP dan SMA, implikasi perkembangan peserta didik dalam dunia pendidikan, tugas-tugas perkembangan peserta didik, aspek perkembangan fisik, perkembangan kognitif dan intelektual, perkembangan bahasa, perkembangan emosional, perkembangan penyesuaian diri, perkembangan nilai, moral dan perkembangan interaksi sosial pada remaja serta permasalahan-permasalahan yang terjadi pada peserta didik usia remaja

 

Capaian Pembelajaran pada mata kuliah perkembangan peserta didik adalah :

  1. Mahasiswa mampu memajami konsep dasar perkembangan peserta didik beserta segala aspek perkembangan yang terjadi pada peserta didik.
  2. Mahasiswa mampu mengenali dan menjelaskan perbedaan karakteristik peserta didik ketika berada di lingkungan sekolah.
  3. Mahasiswa mampu mengenali permasalahan dan mengenali gejala-gejala penyimpangan perilaku berdasarkan tugas perkembangan peserta didik.

References

buku dan internet


Details ...