Bahasa Indonesia, Curriculum : 2018


Courser in EnglishINDONESIAN LANGUAGE
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS105 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.

Learning Outcomes

S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara

mandiri;

s10.

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

P1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.

Learning Outcomes

S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara

mandiri;

s10.

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

P1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.

Learning Outcomes

S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara

mandiri;

s10.

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

P1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.

Learning Outcomes

S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara

mandiri;

s10.

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

P1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.

Learning Outcomes

S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara

mandiri;

s10.

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

P1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata Kuliah ini membahas tentang sejarah dan konsep  bahasa Indonesia, menganalisis serta menerapkan teori dan konsep dalam kehidupan. Kemampuan konsep bahasa Indonesia dapat dikuasai melalui Ruang lingkup bahasa Indonesia keilmuan; Sejarah kelahiran bahasa Indonesia; Ragam bahasa Indonesia; Ejaan bahasa Indonesia; Kalimat aktif dan pasif; Kalimat efektif dan tidak efektif; Kohesi dan koherensi; Kutipan langsung dan tidak langsung; Daftar pustaka; dan Paragraf.

Learning Outcomes

S8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara

mandiri;

s10.

KU2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

KK8. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;

P1. Menguasai konsep teoritis tentang pedagogi

References

  1. Hermawan, Herry.2012.MenyimakKeterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta : Graha Ilmu
  2. Haryadi dan Zamzami. 1996. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud-Dikti
  3. Keraf, G. 1997. Komposisi.Ende Flores Nusa Tenggara Timur: Nusa Indah.
  4. Kosasih, E. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan: Cermat Berbahasa Indonesia.Bandung: Yrama Widya.
  5. Mudjianto dan Susanto, Gatut. 2010. Materi Pembelajaran Menyimak. Malang. A3 Malang.
  6. Musaba, Z. 1994. Terampil Menulis dalam Bahasa Indonesia yang Benar. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
  7. Parera, Jos Daniel. 1996.  Psikologi Keberbahasaan.  Jakarta:  Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP.
  8. Soedjito dan Hasan, M. 1986. Seri Membina Keterampilan Menulis Paragraf. Malang: Tanpa Penerbit
  9. Spandel, V. and Stigginis, R. J. 1990. Creating Writers. London: Longman.
  10. Suparno. 2002. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Depdiknas-UT
  11. Syafi’ie, I. 1988. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  12. Tarigan, Henry Guntur. 1998. Keterampilan Menyimak . Bandung : Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Menyimak sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS. Dalam mata kuliah ini akan dibahas sejarah bahasa Indonesia, konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar, ejaan, kalimat efektif, paragraf kohesi dan koherensi, kutipan, daftar pustaka, dan aturan dasar dalam penulisan ilmiah. Mata kuliah ini menjadi upaya dalam membekali mahasiswa kaidah penulisan karya ilmiah.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS. Dalam mata kuliah ini akan dibahas sejarah bahasa Indonesia, konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar, ejaan, kalimat efektif, paragraf kohesi dan koherensi, kutipan, daftar pustaka, dan aturan dasar dalam penulisan ilmiah. Mata kuliah ini menjadi upaya dalam membekali mahasiswa kaidah penulisan karya ilmiah.

References

1. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

2. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS. Dalam mata kuliah ini akan dibahas sejarah bahasa Indonesia, konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar, ejaan, kalimat efektif, paragraf kohesi dan koherensi, kutipan, daftar pustaka, dan aturan dasar dalam penulisan ilmiah. Mata kuliah ini menjadi upaya dalam membekali mahasiswa kaidah penulisan karya ilmiah.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS. Dalam mata kuliah ini akan dibahas sejarah bahasa Indonesia, konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar, ejaan, kalimat efektif, paragraf kohesi dan koherensi, kutipan, daftar pustaka, dan aturan dasar dalam penulisan ilmiah. Mata kuliah ini menjadi upaya dalam membekali mahasiswa kaidah penulisan karya ilmiah.

References

1. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

2. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS. Dalam mata kuliah ini akan dibahas sejarah bahasa Indonesia, konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar, ejaan, kalimat efektif, paragraf kohesi dan koherensi, kutipan, daftar pustaka, dan aturan dasar dalam penulisan ilmiah. Mata kuliah ini menjadi upaya dalam membekali mahasiswa kaidah penulisan karya ilmiah.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS. Dalam mata kuliah ini akan dibahas sejarah bahasa Indonesia, konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar, ejaan, kalimat efektif, paragraf kohesi dan koherensi, kutipan, daftar pustaka, dan aturan dasar dalam penulisan ilmiah. Mata kuliah ini menjadi upaya dalam membekali mahasiswa kaidah penulisan karya ilmiah.

References

1. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

2. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS. Dalam mata kuliah ini akan dibahas sejarah bahasa Indonesia, konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar, ejaan, kalimat efektif, paragraf kohesi dan koherensi, kutipan, daftar pustaka, dan aturan dasar dalam penulisan ilmiah. Mata kuliah ini menjadi upaya dalam membekali mahasiswa kaidah penulisan karya ilmiah.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS. Dalam mata kuliah ini akan dibahas sejarah bahasa Indonesia, konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar, ejaan, kalimat efektif, paragraf kohesi dan koherensi, kutipan, daftar pustaka, dan aturan dasar dalam penulisan ilmiah. Mata kuliah ini menjadi upaya dalam membekali mahasiswa kaidah penulisan karya ilmiah.

References

1. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

2. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS. Dalam mata kuliah ini akan dibahas sejarah bahasa Indonesia, konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar, ejaan, kalimat efektif, paragraf kohesi dan koherensi, kutipan, daftar pustaka, dan aturan dasar dalam penulisan ilmiah. Mata kuliah ini menjadi upaya dalam membekali mahasiswa kaidah penulisan karya ilmiah.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS. Dalam mata kuliah ini akan dibahas sejarah bahasa Indonesia, konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar, ejaan, kalimat efektif, paragraf kohesi dan koherensi, kutipan, daftar pustaka, dan aturan dasar dalam penulisan ilmiah. Mata kuliah ini menjadi upaya dalam membekali mahasiswa kaidah penulisan karya ilmiah.

References

1. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

2. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS. Dalam mata kuliah ini akan dibahas sejarah bahasa Indonesia, konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar, ejaan, kalimat efektif, paragraf kohesi dan koherensi, kutipan, daftar pustaka, dan aturan dasar dalam penulisan ilmiah. Mata kuliah ini menjadi upaya dalam membekali mahasiswa kaidah penulisan karya ilmiah.

Learning Outcomes

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa seluruh program studi di Universitas PGRI Semarang. Mata kuliah ini berbobot 2 SKS. Dalam mata kuliah ini akan dibahas sejarah bahasa Indonesia, konsep bahasa Indonesia yang baik dan benar, ejaan, kalimat efektif, paragraf kohesi dan koherensi, kutipan, daftar pustaka, dan aturan dasar dalam penulisan ilmiah. Mata kuliah ini menjadi upaya dalam membekali mahasiswa kaidah penulisan karya ilmiah.

References

1. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia

2. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia


Details ...