Ilmu Komunikasi, Curriculum : 2010


Courser in EnglishCommunication Studies
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi pengajaran tentang pengenalan Ilmu Komunikasisecara komprehensif atau mengenalkan bangunan Ilmu Komunikasi secara utuh yaitu : Konsep komunikasi, ruang lingkup, sejarah, serta model-model yang mendasar dari ilmu komunikasi. Merupakan mata kuliah yang mempelajari media massa dalam konteks sejarah, masyarakat, dan politiknya. Dalam mata kuliah ini akan diperkenalkan dengan teori-teori umum yang berperan penting. Dalam perkembangan pemikiran ilmiah terkait media massa di masyarakat modern. Mata kuliah ilmu komunikasi membahas tentang hakekat, fungsi, karakteristik, tingkatan proses komunikasi, prinsip komunikasi, model komunikasi. Mata Kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa, mencakup ilmu komunikasi sebagai dasar ilmu budaya, pengertian, definisi, dan ruang lingkup dalam berinteraksi dengan sesame individu maupun kelompok

Learning Outcomes

Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. S1 2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila. S3 3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat, atau temuan orisinal orang lain. S5 4. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. S6 5. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. S9 6. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif. S11 7. Terampil berkomunikasi lisan secara massal. KK8 8. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. KU1 9. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. KU2 10. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya Page 1/6. Generate by Sistem Informasi Perkuliahan. 13-02-2021 10:43:23 berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. KU3 11. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. P6

References

Blake, Reed.H & Haroldsen, Edwin.O, 1979,A Taxonomy Of Concept in Communication,Hasting House Publisher, New York Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.Remaja Rosdakarya,Bandung 2. Effendy, Onong Ucjana. 2000.Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi.Bandung: Citra Aditya Bakti. Cangara, Hafied.H, 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi.RajaGrafindo Persada, Jakarta. 3. John Fiske, 2012.Pengantar Ilmu Komunikasi.RajaGrafindo Persada,Jakarta. 4. Littlejohn, Stephen W. 2001.Theories of Human Communication (7th ed.).USA: Wadsworth Publishing. Nina W.Syam, 2010,Filsafat Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung. 5. Nina W.Syam, 2011,Psikologi Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung. Rakhmat, Jalaluddin. 1991.Psikologi Komunikasi.Bandung: Rosda. 6. Suranto Aw. 2005. Komunikasi Perkantoran, prinsip komunikasi untuk menngkatkan kinerja perkantoran. Yogyakarta: Media wacana. 7. Suranto Aw. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu. 8. Dedy mulyana, 2000. Ilmu komunikasisuatu pengantar. Bandung: PT remaja rosda karya. 9. Onong Efendi. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Adidtya Bakti


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi pengajaran tentang pengenalan Ilmu Komunikasi secara komprehensif atau mengenalkan bangunan Ilmu Komunikasi secara utuh yaitu : Konsep komunikasi, ruang lingkup, sejarah, serta model-model yang mendasar dari ilmu komunikasi. Merupakan mata kuliah yang mempelajari media massa dalam konteks sejarah, masyarakat, dan politiknya. Dalam mata kuliah ini akan diperkenalkan dengan teori-teori umum yang berperan penting. Dalam perkembangan pemikiran ilmiah terkait media massa di masyarakat modern. Mata kuliah ilmu komunikasi membahas tentang hakekat, fungsi, karakteristik, tingkatan proses komunikasi, prinsip komunikasi, model komunikasi. Mata Kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa, mencakup ilmu komunikasi sebagai dasar ilmu budaya, pengertian, definisi, dan ruang lingkup dalam berinteraksi dengan sesame individu maupun kelompok

Learning Outcomes

CPMK1 Menelaah hakikat pemahaman tentang pengertian komunikasi serta mendeskripsikan ilmu  komunikasi sejarah, pengertian, unsur komunikasi. fungsi dan tujuan komunikasi. jurnalistik, publisistik dalam kaitannya dengan Komunikasi. (S1,KU2,P6) CPMK2 Menganalisis pemahaman tentang unsur-unsur komunikasi. Menguasai dasar- dasar Komunikasi sebagai Ilmu Objek,Metode,   Sistematika,dan sifat Universal Komunikasi. (S6,KK8,KU3) CPMK3 Merancang serta menguasai proses dan lingkup komunikasi proses komunikasi primer, proses komunikasi sekunder,dan lingkup komunikasi. (S6,S9,KU1,P6) CPMK4 Menganalisis pengertian, ciri-  ciri,  dan  fungsi  komunikasi dari  beberapa bermedia massa yang menggunakan teknologi. (S6,KU3,KK3,KK4)

References

Blake, Reed.H & Haroldsen, Edwin.O, 1979,A Taxonomy Of Concept in Communication,Hasting House Publisher, New York Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar.Remaja Rosdakarya,Bandung 2. Effendy, Onong Ucjana. 2000.Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi.Bandung: Citra Aditya Bakti. Cangara, Hafied.H, 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi.RajaGrafindo Persada, Jakarta. 3.    John Fiske, 2012.Pengantar Ilmu Komunikasi.RajaGrafindo Persada,Jakarta. 4. Littlejohn, Stephen W. 2001.Theories of Human Communication (7th ed.).USA: Wadsworth Publishing. Nina W.Syam, 2010,Filsafat Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung. 5. Nina W.Syam, 2011,Psikologi Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung. Rakhmat, Jalaluddin. 1991.Psikologi Komunikasi.Bandung: Rosda. 6. Suranto Aw. 2005. Komunikasi Perkantoran, prinsip komunikasi untuk menngkatkan kinerja perkantoran. Yogyakarta: Media wacana. 7.    Suranto Aw. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu. 8.    Dedy mulyana, 2000. Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT remaja rosda karya. 9.    Onong Efendi. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Adidtya Bakti


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi pengajaran tentang pengenalan Ilmu Komunikasisecara komprehensif atau mengenalkan bangunan Ilmu Komunikasi secara utuh yaitu : Konsep komunikasi, ruang lingkup, sejarah, serta model-model yang mendasar dari ilmu komunikasi. Merupakan mata kuliah yang mempelajari media massa dalam konteks sejarah, masyarakat, dan politiknya. Dalam mata kuliah ini akan diperkenalkan dengan teori-teori umum yang berperan penting. Dalam perkembangan pemikiran ilmiah terkait media massa di masyarakat modern. Mata kuliah ilmu komunikasi membahas tentang hakekat, fungsi, karakteristik, tingkatan proses komunikasi, prinsip komunikasi, model komunikasi. Mata Kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa, mencakup ilmu komunikasi sebagai dasar ilmu budaya, pengertian, definisi, dan ruang lingkup dalam berinteraksi dengan sesame individu maupun kelompok.

Learning Outcomes

Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. S1
2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila. S3
3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat,
atau temuan orisinal orang lain. S5
4. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan. S6
5. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S9
6. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif. S11
7. Terampil berkomunikasi lisan secara massal. KK8
8. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan
menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. KU1
9. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. KU2
10. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi
yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya
berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan,
desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi
atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. KU3
11. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi
informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan
sastra Indonesia. P6

References

Blake, Reed.H & Haroldsen, Edwin.O, 1979,A Taxonomy Of Concept in
Communication,Hasting House Publisher, New York Mulyana, Deddy, Ilmu
Komunikasi Suatu Pengantar.Remaja Rosdakarya,Bandung
2. Effendy, Onong Ucjana. 2000.Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi.Bandung: Citra
Aditya Bakti. Cangara, Hafied.H, 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi.RajaGrafindo
Persada, Jakarta.
3. John Fiske, 2012.Pengantar Ilmu Komunikasi.RajaGrafindo Persada,Jakarta.
4. Littlejohn, Stephen W. 2001.Theories of Human Communication (7th ed.).USA:
Wadsworth Publishing. Nina W.Syam, 2010,Filsafat Sebagai Akar Komunikasi,
Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
5. Nina W.Syam, 2011,Psikologi Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media,
Bandung. Rakhmat, Jalaluddin. 1991.Psikologi Komunikasi.Bandung: Rosda.
6. Suranto Aw. 2005. Komunikasi Perkantoran, prinsip komunikasi untuk menngkatkan
kinerja perkantoran. Yogyakarta: Media wacana.
7. Suranto Aw. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
8. Dedy mulyana, 2000. Ilmu komunikasisuatu pengantar. Bandung: PT remaja rosda karya.
9. Onong Efendi. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Adidtya
Bakti


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi pengajaran tentang pengenalan Ilmu Komunikasisecara komprehensif atau mengenalkan bangunan Ilmu Komunikasi secara utuh yaitu : Konsep komunikasi, ruang lingkup, sejarah, serta model-model yang mendasar dari ilmu komunikasi. Merupakan mata kuliah yang mempelajari media massa dalam konteks sejarah, masyarakat, dan politiknya. Dalam mata kuliah ini akan diperkenalkan dengan teori-teori umum yang berperan penting. Dalam perkembangan pemikiran ilmiah terkait media massa di masyarakat modern. Mata kuliah ilmu komunikasi membahas tentang hakekat, fungsi, karakteristik, tingkatan proses komunikasi, prinsip komunikasi, model komunikasi. Mata Kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa, mencakup ilmu komunikasi sebagai dasar ilmu budaya, pengertian, definisi, dan ruang lingkup dalam berinteraksi dengan sesame individu maupun kelompok.

Learning Outcomes

Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. S1
2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila. S3
3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat,
atau temuan orisinal orang lain. S5
4. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan. S6
5. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S9
6. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif. S11
7. Terampil berkomunikasi lisan secara massal. KK8
8. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan
menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. KU1
9. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. KU2
10. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi
yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya
berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan,
desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi
atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. KU3
11. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi
informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan
sastra Indonesia. P6

References

Blake, Reed.H & Haroldsen, Edwin.O, 1979,A Taxonomy Of Concept in
Communication,Hasting House Publisher, New York Mulyana, Deddy, Ilmu
Komunikasi Suatu Pengantar.Remaja Rosdakarya,Bandung
2. Effendy, Onong Ucjana. 2000.Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi.Bandung: Citra
Aditya Bakti. Cangara, Hafied.H, 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi.RajaGrafindo
Persada, Jakarta.
3. John Fiske, 2012.Pengantar Ilmu Komunikasi.RajaGrafindo Persada,Jakarta.
4. Littlejohn, Stephen W. 2001.Theories of Human Communication (7th ed.).USA:
Wadsworth Publishing. Nina W.Syam, 2010,Filsafat Sebagai Akar Komunikasi,
Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
5. Nina W.Syam, 2011,Psikologi Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media,
Bandung. Rakhmat, Jalaluddin. 1991.Psikologi Komunikasi.Bandung: Rosda.
6. Suranto Aw. 2005. Komunikasi Perkantoran, prinsip komunikasi untuk menngkatkan
kinerja perkantoran. Yogyakarta: Media wacana.
7. Suranto Aw. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
8. Dedy mulyana, 2000. Ilmu komunikasisuatu pengantar. Bandung: PT remaja rosda karya.
9. Onong Efendi. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Adidtya
Bakti


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi pengajaran tentang pengenalan Ilmu Komunikasisecara komprehensif atau mengenalkan bangunan Ilmu Komunikasi secara utuh yaitu : Konsep komunikasi, ruang lingkup, sejarah, serta model-model yang mendasar dari ilmu komunikasi. Merupakan mata kuliah yang mempelajari media massa dalam konteks sejarah, masyarakat, dan politiknya. Dalam mata kuliah ini akan diperkenalkan dengan teori-teori umum yang berperan penting. Dalam perkembangan pemikiran ilmiah terkait media massa di masyarakat modern. Mata kuliah ilmu komunikasi membahas tentang hakekat, fungsi, karakteristik, tingkatan proses komunikasi, prinsip komunikasi, model komunikasi. Mata Kuliah ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa, mencakup ilmu komunikasi sebagai dasar ilmu budaya, pengertian, definisi, dan ruang lingkup dalam berinteraksi dengan sesame individu maupun kelompok.

Learning Outcomes

Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius. S1
2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan
kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila. S3
3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat,
atau temuan orisinal orang lain. S5
4. Kerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan
lingkungan. S6
5. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S9
6. Memiliki sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif. S11
7. Terampil berkomunikasi lisan secara massal. KK8
8. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks
pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan
menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. KU1
9. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. KU2
10. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi
yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya
berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan,
desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi
atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. KU3
11. Menguasi pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi
informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan bahasa dan
sastra Indonesia. P6

References

Blake, Reed.H & Haroldsen, Edwin.O, 1979,A Taxonomy Of Concept in
Communication,Hasting House Publisher, New York Mulyana, Deddy, Ilmu
Komunikasi Suatu Pengantar.Remaja Rosdakarya,Bandung
2. Effendy, Onong Ucjana. 2000.Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi.Bandung: Citra
Aditya Bakti. Cangara, Hafied.H, 2011. Pengantar Ilmu Komunikasi.RajaGrafindo
Persada, Jakarta.
3. John Fiske, 2012.Pengantar Ilmu Komunikasi.RajaGrafindo Persada,Jakarta.
4. Littlejohn, Stephen W. 2001.Theories of Human Communication (7th ed.).USA:
Wadsworth Publishing. Nina W.Syam, 2010,Filsafat Sebagai Akar Komunikasi,
Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
5. Nina W.Syam, 2011,Psikologi Sebagai Akar Komunikasi, Simbiosa Rekatama Media,
Bandung. Rakhmat, Jalaluddin. 1991.Psikologi Komunikasi.Bandung: Rosda.
6. Suranto Aw. 2005. Komunikasi Perkantoran, prinsip komunikasi untuk menngkatkan
kinerja perkantoran. Yogyakarta: Media wacana.
7. Suranto Aw. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
8. Dedy mulyana, 2000. Ilmu komunikasisuatu pengantar. Bandung: PT remaja rosda karya.
9. Onong Efendi. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Adidtya
Bakti


Details ...