Digital Marketing, Curriculum : 2016


Courser in EnglishDIGITAL MARKETING
ProgramManajemen
SKS3 SKS
RPS23 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

mata kuliah ini menjelaskan perkembangan bisnis pada era digitalisasi

Learning Outcomes

Mata kuliah ini mempelajari aktivitas pemasaran yang dilakukan pada platform online guna menghadapi tantangan industri 4.0

References

Anang, T. N, 2010, Sukses Bisnis Toko Online, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). Emarketing Exellence. Planning and
optimizing your digital marketing. Abingdon: Routledge.

 


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini menjelaskan perkembangan bisnis pada era digitalisasi

Learning Outcomes

Mata kuliah ini mempelajari aktivitas pemasaran yang dilakukan pada platform online guna menghadapi tantangan industri 4.0

References

Anang, T. N, 2010, Sukses Bisnis Toko Online, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). Emarketing Exellence. Planning and
optimizing your digital marketing. Abingdon: Routledge.

 


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini menjelaskan perkembangan bisnis pada era digitalisasi

Learning Outcomes

Mata kuliah ini mempelajari aktivitas pemasaran yang dilakukan pada platform online guna menghadapi tantangan industri 4.0

References

Anang, T. N, 2010, Sukses Bisnis Toko Online, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama
Chaffey, D., & Smith, P. R. (2013). Emarketing Exellence. Planning and
optimizing your digital marketing. Abingdon: Routledge.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan penerapan digital marketing di dunia usaha

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip digital marketing di dalam usaha

References

1. Simon Kingsnorth. Digital Marketing Strategy

2. Russ Henneberry, Ryan Deiss. Digital Marketing for Dummies


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan penerapan digital marketing di dunia usaha

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip digital marketing di dalam usaha

References

1. Simon Kingsnorth. Digital Marketing Strategy

2. Russ Henneberry, Ryan Deiss. Digital Marketing for Dummies


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan penerapan digital marketing di dunia usaha

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip digital marketing di dalam usaha

References

1. Simon Kingsnorth. Digital Marketing Strategy

2. Russ Henneberry, Ryan Deiss. Digital Marketing for Dummies


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan penerapan digital marketing di dunia usaha

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip digital marketing di dalam usaha

References

1. Simon Kingsnorth. Digital Marketing Strategy

2. Russ Henneberry, Ryan Deiss. Digital Marketing for Dummies


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan penerapan digital marketing di dunia usaha

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip digital marketing di dalam usaha

References

1. Simon Kingsnorth. Digital Marketing Strategy

2. Russ Henneberry, Ryan Deiss. Digital Marketing for Dummies


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dan penerapan digital marketing di dunia usaha

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat menerapkan prinsip-prinsip digital marketing di dalam usaha

References

1. Simon Kingsnorth. Digital Marketing Strategy

2. Russ Henneberry, Ryan Deiss. Digital Marketing for Dummies


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengajarkan dan mengenalkan mengenai definisi, fungsi dan peran digital marketing dalam era pemasaran terbaru. Digital marketing merupakan salah satu platform luaran dari E-Commerce yang mengajarkan secara spesifik bagaimana kita membangun sebuah saluran pemasaran dalam ranah digital. Dalam mata kuliah ini akan dipaparkan mengenai poin-poin krusial seperti web traffic, personal connection, sosial media, affiliate marketing, conversion, landing page dan berbagai poin lainnya yang sangat penting untuk dipahami dalam kaitannya membangun sebuah saluran pemasaran digital yang efisien dan efektif. (NDGLTM)

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu, memahami, dan dapat mengaplikasikan konsep digital marketing dalam berbagai platform bisnis dan jasa dan baik perusahaan yang berbasis platform digital maupun perusahaan-perusahaan konvensional.

Sikap

  1. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  2. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  3. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  4. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  5. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  6. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  7. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  8. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KETRAMPILAN UMUM

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

 

PENGETAHUAN

  1. Mampu menerapkan dan menganalisis pengetahuan pemasaran dalam suatu unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintahan/lembaga nirlaba dalam bentuk strategi pemasaran untuk pencapaian pemasaran maksimal
  2. Mampu menerapkan pengetahuan dan mentransformasi input menjadi output dalam kegiatan operasi/produksi pada unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba melalui proses efektif, efisien dan produktif untuk menghasilkan nilai tambah
  3. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam menyelesaikan masalah-masalah manajemen (pemasaran, keuangan, produksi operasi dan SDM) secara terintegrasi dan pendekatan riset pada unit kerja /usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba
  4. Mampu menggunakan perangkat kerja manajemen untuk menganalisis dan menginterpretasikan di bidang kajian manajemen
  5. Mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran sendiri secara efektif mengkomunikasikan informasi dan ide dalam berbagai bentuk media ke masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum
  6. Bertanggung jawab pada pekerjaan dan dapat memberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, komunikatif, estetis, etis, apresiatif, dan partisipatif
  7. Memiliki kemampuan leadership dan kreativitas

 

References

1. Marketing 4.0 by Philip Kotler

2. https://www.quicksprout.com/ (Neil Patel/ Ritika Puri)

3. Berbagai Platform layanan Sosial Media dan Mesin Pencarian Digital.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengajarkan dan mengenalkan mengenai definisi, fungsi dan peran digital marketing dalam era pemasaran terbaru. Digital marketing merupakan salah satu platform luaran dari E-Commerce yang mengajarkan secara spesifik bagaimana kita membangun sebuah saluran pemasaran dalam ranah digital. Dalam mata kuliah ini akan dipaparkan mengenai poin-poin krusial seperti web traffic, personal connection, sosial media, affiliate marketing, conversion, landing page dan berbagai poin lainnya yang sangat penting untuk dipahami dalam kaitannya membangun sebuah saluran pemasaran digital yang efisien dan efektif. (NDGLTM)

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu, memahami, dan dapat mengaplikasikan konsep digital marketing dalam berbagai platform bisnis dan jasa dan baik perusahaan yang berbasis platform digital maupun perusahaan-perusahaan konvensional.

Sikap

  1. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  2. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  3. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  4. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  5. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  6. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  7. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  8. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  9. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

KETRAMPILAN UMUM

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

 

PENGETAHUAN

  1. Mampu menerapkan dan menganalisis pengetahuan pemasaran dalam suatu unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintahan/lembaga nirlaba dalam bentuk strategi pemasaran untuk pencapaian pemasaran maksimal
  2. Mampu menerapkan pengetahuan dan mentransformasi input menjadi output dalam kegiatan operasi/produksi pada unit kerja/usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba melalui proses efektif, efisien dan produktif untuk menghasilkan nilai tambah
  3. Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam menyelesaikan masalah-masalah manajemen (pemasaran, keuangan, produksi operasi dan SDM) secara terintegrasi dan pendekatan riset pada unit kerja /usaha dan perusahaan/instansi pemerintah/lembaga nirlaba
  4. Mampu menggunakan perangkat kerja manajemen untuk menganalisis dan menginterpretasikan di bidang kajian manajemen
  5. Mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran sendiri secara efektif mengkomunikasikan informasi dan ide dalam berbagai bentuk media ke masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum
  6. Bertanggung jawab pada pekerjaan dan dapat memberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok, komunikatif, estetis, etis, apresiatif, dan partisipatif
  7. Memiliki kemampuan leadership dan kreativitas

 

References

1. Marketing 4.0 by Philip Kotler

2. https://www.quicksprout.com/ (Neil Patel/ Ritika Puri)

3. Berbagai Platform layanan Sosial Media dan Mesin Pencarian Digital.


Details ...