Courser in English | Learner's Development |
Program | Pendidikan Bahasa Inggris |
SKS | 2 SKS |
RPS | 12 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:
- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:
- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:
- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:
- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta : Erlangga
- Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...
- Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat: a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; b.Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
- Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat: a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; b.Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:
1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat :
- mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan;
- mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.
ReferencesSoetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
- Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat: a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; b.Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
- Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat: a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; b.Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
- Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat: a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; b.Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...
Mata kuliah ini membahas konsep-konsep perkembangan manusia yang mencakup pengertian dan tahapan perkembangan, teori perkembangan, prinsip-prinsip perkembangan, tugas-tugas perkembangan, dan hukum-hukum perkembangan, serta mempelajari perkembangan fisik, intelektual, emosi, sosial, dan moral serta implikasinya dalam pendidikan di setiap periode perkembangan dari pranatal sampai lanjut usia, Perkuliahan dilakukan dengan tatap muka, presentasi, diskusi, dan tugas-tugas. Evaluasi dilakukan dengan cara tertulis dan pengamatan proses belajar-mengajar.
Learning OutcomesMahasiswa memahami dinamika perkembangan peserta didik dan implikasinya dalam pendidikan sehingga dapat memperlancar tugasnya sebagai guru dalam proses pembelajaran.
ReferencesAbin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
Danim, Sudarwan. 2010. Perkembangan Peserta Didik.
Havighaurst, R.I. 1972. Developmental Task and Education. New York.
Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Span Approach. New Delhi :
Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
Lingdern. H.C. 1972. Educational Psychology in the Classroom, Third edition, New York : John
Wiley Son, Ltd.
Lemer, R.M. 1983. Humsn developmet ; A Life Span Perspective. New York : McGraw-Hill,
Inc.
Nandang Budiman. 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Dikti.
Santrok, J. Human Development. A Life span perspective. New York: McGraw- Hill, Inc.
Syamsu Yusuf. (2005). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Rosda Karya.
Details ...
Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.
Learning OutcomesSetelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
- Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat: a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; b.Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah
- Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
- Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
- Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
- Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
- Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
- Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.Jakarta : Erlangga
- Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Details ...