Perkembangan Peserta Didik, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLearner's Development
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS12 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:

1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat :
nmengembangkan wawasan kependidikan dalam  merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan;
nmendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.

References

  • Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  • Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
  • Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  • Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
  • Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
  • Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga
  • Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:

1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat :
nmengembangkan wawasan kependidikan dalam  merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan;
nmendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.

References

  • Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  • Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
  • Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  • Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
  • Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
  • Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga
  • Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:

1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat :
nmengembangkan wawasan kependidikan dalam  merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan;
nmendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.

References

  • Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  • Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
  • Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  • Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
  • Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
  • Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga
  • Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:

1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.
2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat :
nmengembangkan wawasan kependidikan dalam  merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan;
nmendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.

References

  • Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  • Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya
  • Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  • Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga
  • Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  • Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka
  • Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika
  • Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga
  • Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya


Details ...
Course Descriptions

  • Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan  (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
  2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat: a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; b.Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah

References

  1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:   Remaja Rosdakarya
  3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  4. Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan   Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti.   Jakarta; Erlangga
  5. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta:   Salemba Humanika
  8. Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.Jakarta : Erlangga
  9. Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

  • Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan  (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
  2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat: a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; b.Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah

References

  1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:   Remaja Rosdakarya
  3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  4. Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan   Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti.   Jakarta; Erlangga
  5. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta:   Salemba Humanika
  8. Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.Jakarta : Erlangga
  9. Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) konsep perkembangan, mencakup: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan, (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini, para mahasiswa mampu:

1.Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentang perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir untuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah.

2.Menggambarkan aplikasi konsep dan prinsip perkembangan anak terhadap proses belajar mengajar. Dengan menguasai kemampuan-kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa calon guru dapat :

- mengembangkan wawasan kependidikan dalam  merancang dan memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan;

- mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan di sekolah.

References

Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada

Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia

Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta; Erlangga

Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka

Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta: Salemba Humanika

Santrock., 2002. Perkembangan Masa Hidup Jilid 1.  Jakarta : Erlangga

Yusuf, Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

  • Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan  (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
  2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat: a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; b.Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah

References

  1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:   Remaja Rosdakarya
  3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  4. Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan   Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti.   Jakarta; Erlangga
  5. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta:   Salemba Humanika
  8. Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.Jakarta : Erlangga
  9. Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

  • Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan  (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
  2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat: a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; b.Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah

References

  1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:   Remaja Rosdakarya
  3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  4. Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan   Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti.   Jakarta; Erlangga
  5. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta:   Salemba Humanika
  8. Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.Jakarta : Erlangga
  9. Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

  • Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan  (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
  2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat: a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; b.Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah

References

  1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:   Remaja Rosdakarya
  3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  4. Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan   Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti.   Jakarta; Erlangga
  5. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta:   Salemba Humanika
  8. Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.Jakarta : Erlangga
  9. Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep perkembangan manusia yang mencakup pengertian dan tahapan perkembangan, teori perkembangan, prinsip-prinsip perkembangan, tugas-tugas perkembangan, dan hukum-hukum perkembangan, serta mempelajari perkembangan fisik, intelektual, emosi, sosial, dan moral serta implikasinya dalam pendidikan di setiap periode perkembangan dari pranatal sampai lanjut usia, Perkuliahan dilakukan dengan tatap muka, presentasi, diskusi, dan tugas-tugas. Evaluasi dilakukan dengan cara tertulis dan pengamatan proses belajar-mengajar. 

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami dinamika perkembangan peserta didik dan implikasinya dalam pendidikan sehingga dapat memperlancar tugasnya sebagai guru dalam proses pembelajaran. 

References

 Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.

 Danim, Sudarwan. 2010. Perkembangan Peserta Didik.

 Havighaurst, R.I. 1972. Developmental Task and Education. New York.

 Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Span Approach. New Delhi :

         Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.

 Lingdern. H.C. 1972. Educational Psychology in the Classroom, Third edition, New York : John

         Wiley Son, Ltd.

 Lemer, R.M. 1983. Humsn developmet ; A Life Span Perspective. New York : McGraw-Hill,

         Inc.

 Nandang Budiman. 2005. Memahami Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Dikti.

 Santrok, J. Human Development. A Life span perspective. New York: McGraw- Hill, Inc.

 Syamsu Yusuf. (2005). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : Rosda Karya.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini merupakan deskripsi sebagian dari disiplin psikologi perkembangan, psikologi pendidikan dan psikologi belajar. Melalui perkuliahan ini, mahasiswa sebagai calon pendidik diantarkan pada pemahaman tentang (1) konsep dasar perkembangan peserta didik, (2) cakupan konsep perkembangan: (a) hakikat dan prinsip perkembangan dalam kontelasi psikologi dan pendidikan dan  (b) fase, faktor yang mempengaruhi, karakteristik dan tugas perkembangan; (3) variasi individu dan kebutuhan peserta didik; (4) karakteristik perkembangan psikofisik peserta didik, mencakup (a) perkembangan fisik dan motorik, (b) kognitif, (c) bahasa, (d) sosioemosional, (e) moral dan spiritual; (5) problem stres sekolah dalam pembelajaran/pendidikan.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari Perkembangan Peserta Didik, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mendemonstrasikan kemampuan konseptual tentag perkembangan peserta didik sebagai kerangka berpikir utuk memahami praktek dan masalah pendidikan di institusi sekolah
  2. Menggambarkan aplikasi konsep dan prisip perkembangan anak terhadap proses belajar megajar. Dengan menguasai kemampuan tersebut diharapkan para mahasiswa sebagai calon guru dapat: a. Mengembangkan wawasan kependidikan dalam merancang da memilih alternatif keputusan dan tindakan pendidikan; b.Mendasari pengembangan sikap dan kemampuan profesional guru dalam melaksanakan tugas pendidikan di sekolah

References

  1. Soetjiningsih, Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta: Prenada
  2. Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung:   Remaja Rosdakarya
  3. Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
  4. Hurlock, E.B. 1991. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan   Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti.   Jakarta; Erlangga
  5. Ki Fudyartanta, 2011. Psikologi Perkembangan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  6. Sumantri, Mulyati.2008. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.
  7. Papalia, Diane E. Human Development. 2009. Jakarta:   Salemba Humanika
  8. Santrock., 2002. Perkembangan masa hidup jilid 1.Jakarta : Erlangga
  9. Yusuf,Syamsu 2001. Psikologi Perkembangan anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Details ...