Perencanaan Pembelajaran AUD, Curriculum : 2010


Courser in EnglishLearning Plans of Early Childhood Education
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi pengetahuan tentang kecenderungan pembelajaran anak usia dini dan karakteristik anak usia dini, telaah DAP dan kurikulum PAUD (TK, KB, TPA), persiapan pembelajaran mingguan-harian (SKM-SKH) dan pengembangan tema, serta komponen yang terkait dalam proses pembelajaran (media, metode, dan evaluasi pembelajaran).

Learning Outcomes

Pengalaman belajar yang diperoleh mahasiswa melalui tatap muka, tugas pembelajaran terstruktur, dan tugas pembelajaran mandiri.

References

Direktorat Pembinaan TK & SD. 2010. Pedoman Pengembangan Silabus di TK. Jakarta

Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.

Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Standar PAUD.

R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta

Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.

Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi pengetahuan tentang kecenderungan pembelajaran anak usia dini dan karakteristik anak usia dini, telaah DAP dan kurikulum PAUD (TK, KB, TPA), persiapan pembelajaran mingguan-harian (SKM-SKH) dan pengembangan tema, serta komponen yang terkait dalam proses pembelajaran (media, metode, dan evaluasi pembelajaran).

Learning Outcomes

Pengalaman belajar yang diperoleh mahasiswa melalui tatap muka, tugas pembelajaran terstruktur, dan tugas pembelajaran mandiri.

References

Direktorat Pembinaan TK & SD. 2010. Pedoman Pengembangan Silabus di TK. Jakarta

Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.

Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Standar PAUD.

R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta

Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.

Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini memberi pengetahuan tentang kecenderungan pembelajaran anak usia dini dan karakteristik anak usia dini, telaah DAP dan kurikulum PAUD (TK, KB, TPA), persiapan pembelajaran mingguan-harian (SKM-SKH) dan pengembangan tema, serta komponen yang terkait dalam proses pembelajaran (media, metode, dan evaluasi pembelajaran).

Learning Outcomes

Pengalaman belajar yang diperoleh mahasiswa melalui tatap muka, tugas pembelajaran terstruktur, dan tugas pembelajaran mandiri.

References

Direktorat Pembinaan TK & SD. 2010. Pedoman Pengembangan Silabus di TK. Jakarta

Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.

Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Standar PAUD.

R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta

Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.

Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

  •  

Learning Outcomes

mahasiswa mampu membuat perencanaan dan mengemabngakannya dan berpedoman pada kurikulum 2013

References

 

Direktorat Pembinaan TK & SD. 2010. Pedoman Pengembangan Silabus di TK. Jakarta

Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.

Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Standar PAUD.

R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta

Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.

Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.

  •  

Learning Outcomes

mahasiswa mampu membuat perencanaan dan mengemabngakannya dan berpedoman pada kurikulum 2013

References

 

Direktorat Pembinaan TK & SD. 2010. Pedoman Pengembangan Silabus di TK. Jakarta

Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.

Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: Remaja Rosda Karya.

Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Standar PAUD.

R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta

Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.

Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga


Details ...