Courser in English | Learning Plans of Early Childhood Education |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberi pengetahuan tentang kecenderungan pembelajaran anak usia dini dan karakteristik anak usia dini, telaah DAP dan kurikulum PAUD (TK, KB, TPA), persiapan pembelajaran mingguan-harian (SKM-SKH) dan pengembangan tema, serta komponen yang terkait dalam proses pembelajaran (media, metode, dan evaluasi pembelajaran).
Learning OutcomesPengalaman belajar yang diperoleh mahasiswa melalui tatap muka, tugas pembelajaran terstruktur, dan tugas pembelajaran mandiri.
ReferencesDirektorat Pembinaan TK & SD. 2010. Pedoman Pengembangan Silabus di TK. Jakarta
Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Standar PAUD.
R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini memberi pengetahuan tentang kecenderungan pembelajaran anak usia dini dan karakteristik anak usia dini, telaah DAP dan kurikulum PAUD (TK, KB, TPA), persiapan pembelajaran mingguan-harian (SKM-SKH) dan pengembangan tema, serta komponen yang terkait dalam proses pembelajaran (media, metode, dan evaluasi pembelajaran).
Learning OutcomesPengalaman belajar yang diperoleh mahasiswa melalui tatap muka, tugas pembelajaran terstruktur, dan tugas pembelajaran mandiri.
ReferencesDirektorat Pembinaan TK & SD. 2010. Pedoman Pengembangan Silabus di TK. Jakarta
Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Standar PAUD.
R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini memberi pengetahuan tentang kecenderungan pembelajaran anak usia dini dan karakteristik anak usia dini, telaah DAP dan kurikulum PAUD (TK, KB, TPA), persiapan pembelajaran mingguan-harian (SKM-SKH) dan pengembangan tema, serta komponen yang terkait dalam proses pembelajaran (media, metode, dan evaluasi pembelajaran).
Learning OutcomesPengalaman belajar yang diperoleh mahasiswa melalui tatap muka, tugas pembelajaran terstruktur, dan tugas pembelajaran mandiri.
ReferencesDirektorat Pembinaan TK & SD. 2010. Pedoman Pengembangan Silabus di TK. Jakarta
Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Standar PAUD.
R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.
mahasiswa mampu membuat perencanaan dan mengemabngakannya dan berpedoman pada kurikulum 2013
References
Direktorat Pembinaan TK & SD. 2010. Pedoman Pengembangan Silabus di TK. Jakarta
Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Standar PAUD.
R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang teori, prinsip, dan prosedur perencanaan pembelajaran sesuai model pembelajaran inovatif untuk anak usia dini. Mahasiswa mengidentifikasi komponen perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan program tahunan, semester, bulanan, mingguan, dan harian. Selanjutnya mahasiswa juga menyusun perangkat bahan ajar.
mahasiswa mampu membuat perencanaan dan mengemabngakannya dan berpedoman pada kurikulum 2013
References
Direktorat Pembinaan TK & SD. 2010. Pedoman Pengembangan Silabus di TK. Jakarta
Hamalik,O. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan System.Jakarta: Bumi Aksara.
Majid.A. 2006. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Permendiknas No. 58 Tahun 2009. Standar PAUD.
R Ibrahim & Nana Syaodih, 2003. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rhinea Cipta
Sukartawi, Suharjono.T.hartono, dan Ansarullah.1995. Meningkatkan Rancangan Instruksional: Untuk Memperbaiki Kualitas Belajar dan Mengajar. Jakarta.Rajawali.
Tedjasaputra, Mayke. 2000. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: Erlangga
Details ...