Sumber Belajar dan Media Pembelajaran, Curriculum : 2015


Courser in EnglishLEARNING SOURCE AND MEDIA
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS15 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan dan mendiskusikan konsep sumber belajar dan pengembangan media pembelajaran PAUD, mencakup; pengertian sumber belajar, fungsi sumber belajar, dan pengembangan sumber belajar, pengertian media pembelajaran, peran dan fungsi media pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, kriteria media pembelajaran, prinsip pengembangan media pembelajaran, dan praktek pengembangan media pembelajaran AUD

Learning Outcomes

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang sumber belajar dan media pembelajaran AUD.  
Capaian mata kuliah ini adalah mahasiswa  mampu memahami teori dan mempraktikan pengembangan media pembelajaran AUD
 

References

Arief S. Sadiman, 2003. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anggani Sudono, (2004) Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Pendukung
Maykes Tedjasaputra, 2005. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Permendiknas No 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Permendikbud no 137 tahun2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan dan mendiskusikan konsep sumber belajar dan pengembangan media pembelajaran PAUD, mencakup; pengertian sumber belajar, fungsi sumber belajar, dan pengembangan sumber belajar, pengertian media pembelajaran, peran dan fungsi media pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, kriteria media pembelajaran, prinsip pengembangan media pembelajaran, dan praktek pengembangan media pembelajaran AUD

Learning Outcomes

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang sumber belajar dan media pembelajaran AUD.  
Capaian mata kuliah ini adalah mahasiswa  mampu memahami teori dan mempraktikan pengembangan media pembelajaran AUD
 

References

Arief S. Sadiman, 2003. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anggani Sudono, (2004) Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Pendukung
Maykes Tedjasaputra, 2005. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Permendiknas No 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Permendikbud no 137 tahun2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini menyajikan dan mendiskusikan konsep sumber belajar dan pengembangan media pembelajaran PAUD, mencakup; pengertian sumber belajar, fungsi sumber belajar, dan pengembangan sumber belajar, pengertian media pembelajaran, peran dan fungsi media pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, kriteria media pembelajaran, prinsip pengembangan media pembelajaran, dan praktek pengembangan media pembelajaran AUD

Learning Outcomes

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang sumber belajar dan media pembelajaran AUD.  
Capaian mata kuliah ini adalah mahasiswa  mampu memahami teori dan mempraktikan pengembangan media pembelajaran AUD
 

References

Arief S. Sadiman, 2003. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anggani Sudono, (2004) Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Pendukung
Maykes Tedjasaputra, 2005. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Permendiknas No 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Permendikbud no 137 tahun2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
 


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini membahas tentang proyek pembuatan media pembelajaran berbasis android dan media pembelajaran berbasis grean screan 

Learning Outcomes

mahasiswa dapat membuat 2 media pembelajaran 

References

-


Details ...
Course Descriptions

matakuliah ini membahas tentang proyek pembuatan media pembelajaran berbasis android dan media pembelajaran berbasis grean screan 

Learning Outcomes

mahasiswa dapat membuat 2 media pembelajaran 

References

-


Details ...
Course Descriptions

Devinisi sumber belajar dan media pembelajaran, Konsep dasar perkembangan anak usia dini, Tujuan dan manfaat sumber belajar dan media pembelajaran, Peran dan karakteristik media pembelajaran, pengelolaan sumber belajar dan media, Pemilihan dan pemanfaatan sumber belajar dan media pembelajaran, Pembuatan media pembelajaran dan sumber belajar, Evaluasi dan teknologo informasi, Dalam hal ini juga dibahas pembuatan media ICT untuk anak usia dini.

Learning Outcomes

Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian bermain dalam pendidikan anak usia dini. Mampu menjelaskan pengertian sumber belajar dan media pembelajaran. Mengetahui dan memahami berbagai kebutuhan anak untuk meningkatkan kecerdasan anak secara optimal. Mam[pu mempersiapkan berbagai alat permainan dan sumber belajar bagi anak usia dini. Memahami dan mengetahui segala macam bahan yang dapat dipergunakan untuk membuat media pembelajaran dan sumber belajar. Memahami berbagai cara penilaian dan pengumpulan data anak dalam melaksanakan tugas dan kegiatan main. Mampu membuat media ICT untuk kegiatan pembelajaran anak usia dini.

 

References

Anderson, Ronald H. (1993). Pemilahan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuaka dan PT Raja Gravindo Persada

Deni Darmawan, M.Pd,(2012) Teknologi Pembelajaran,  Bandung ,Rosdakarya

Hamalik, Oemar (1986), Media Pendidikan, Bandung Alumni

Sudono Anggani, (2010) Sumber belajan dan Alat Permainan Untuk Anaka Usia Dini, Jakarta , Gravindo

 


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam pembelajarananak usia dini, pengaruh pembelajaran komputer dalam pengembangan aspek-aspekperkembangan anak usia dini, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedurpemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak usia dini,pengembangan program pembelajaran anak usia dini berbasis program multimedia.Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan internet dalampembelajaran anak usia dini.

Learning Outcomes

a) Mahasiswa mampu memahami konsep sumber belajar anak usia dini

b) Mahasiswa mampu memahami konsep media pembelajaran anak usia dini

c) Mahasiswa mampu mengenal jenis-jenis sumber belajar serta media dan cara penggunaanya dalam pembelajaran AUD

d) Mahaiswa mampu mengenal dan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi

References

Anderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran.Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada

Beaty, Janice 1. (1996). Skills for Preschool Teachers. Merrill, an imprint of Prentice Hall.

Chandra (2003). Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom.

Giles, David (2003). Media Psychology. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum

Associates, Publishers.

Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.

Hohmann, Mary, Weikart, David P. (1995). Educating Young Children. Ypsilanti, Michigan :High/Scope Press.

Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.

Hohmann, Mary, Weikart, David. (1995). Educating Young Children. Michigan: Ypsilanti.

Kumala, Budi (2004). Macromedia Flash MX. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mariyana, Rita, dkk (2005). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Pustaka Nadhil

Oetomo, Budi S.D (2002). e-Education : Konsep, Teknologi dan Aplikasi InternetPendidikan. Yogyakarta: ANDI.

Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).Jakarta: Universitas Terbuka.

Sadiman, Arief S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan danPemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud clan PT. Raja Grafindo Persada.

Sheel, Barbara B., Richey, Rita C. (1994). Instructional Technology: The Definitions andDomains of the Field. Washington, D.C.: AECT

Straubhaar, J., La Rose R. (2000). Media Now: Communications Media in The InformationAge.Wadsworth.

Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.

Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru

Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafts dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta:ANDI.

Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan Animasi dengan Macromedia DirectorMX. 2004. Yogyakarta : ANDI


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam pembelajarananak usia dini, pengaruh pembelajaran komputer dalam pengembangan aspek-aspekperkembangan anak usia dini, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedurpemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak usia dini,pengembangan program pembelajaran anak usia dini berbasis program multimedia.Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan internet dalampembelajaran anak usia dini.

Learning Outcomes

a) Mahasiswa mampu memahami konsep sumber belajar anak usia dini

b) Mahasiswa mampu memahami konsep media pembelajaran anak usia dini

c) Mahasiswa mampu mengenal jenis-jenis sumber belajar serta media dan cara penggunaanya dalam pembelajaran AUD

d) Mahaiswa mampu mengenal dan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi

References

Anderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran.Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada

Beaty, Janice 1. (1996). Skills for Preschool Teachers. Merrill, an imprint of Prentice Hall.

Chandra (2003). Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom.

Giles, David (2003). Media Psychology. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum

Associates, Publishers.

Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.

Hohmann, Mary, Weikart, David P. (1995). Educating Young Children. Ypsilanti, Michigan :High/Scope Press.

Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.

Hohmann, Mary, Weikart, David. (1995). Educating Young Children. Michigan: Ypsilanti.

Kumala, Budi (2004). Macromedia Flash MX. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mariyana, Rita, dkk (2005). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Pustaka Nadhil

Oetomo, Budi S.D (2002). e-Education : Konsep, Teknologi dan Aplikasi InternetPendidikan. Yogyakarta: ANDI.

Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).Jakarta: Universitas Terbuka.

Sadiman, Arief S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan danPemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud clan PT. Raja Grafindo Persada.

Sheel, Barbara B., Richey, Rita C. (1994). Instructional Technology: The Definitions andDomains of the Field. Washington, D.C.: AECT

Straubhaar, J., La Rose R. (2000). Media Now: Communications Media in The InformationAge.Wadsworth.

Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.

Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru

Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafts dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta:ANDI.

Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan Animasi dengan Macromedia DirectorMX. 2004. Yogyakarta : ANDI


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam pembelajarananak usia dini, pengaruh pembelajaran komputer dalam pengembangan aspek-aspekperkembangan anak usia dini, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedurpemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak usia dini,pengembangan program pembelajaran anak usia dini berbasis program multimedia.Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan internet dalampembelajaran anak usia dini.

Learning Outcomes

a) Mahasiswa mampu memahami konsep sumber belajar anak usia dini

b) Mahasiswa mampu memahami konsep media pembelajaran anak usia dini

c) Mahasiswa mampu mengenal jenis-jenis sumber belajar serta media dan cara penggunaanya dalam pembelajaran AUD

d) Mahaiswa mampu mengenal dan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi

References

Anderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran.Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada

Beaty, Janice 1. (1996). Skills for Preschool Teachers. Merrill, an imprint of Prentice Hall.

Chandra (2003). Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom.

Giles, David (2003). Media Psychology. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum

Associates, Publishers.

Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.

Hohmann, Mary, Weikart, David P. (1995). Educating Young Children. Ypsilanti, Michigan :High/Scope Press.

Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.

Hohmann, Mary, Weikart, David. (1995). Educating Young Children. Michigan: Ypsilanti.

Kumala, Budi (2004). Macromedia Flash MX. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mariyana, Rita, dkk (2005). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Pustaka Nadhil

Oetomo, Budi S.D (2002). e-Education : Konsep, Teknologi dan Aplikasi InternetPendidikan. Yogyakarta: ANDI.

Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).Jakarta: Universitas Terbuka.

Sadiman, Arief S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan danPemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud clan PT. Raja Grafindo Persada.

Sheel, Barbara B., Richey, Rita C. (1994). Instructional Technology: The Definitions andDomains of the Field. Washington, D.C.: AECT

Straubhaar, J., La Rose R. (2000). Media Now: Communications Media in The InformationAge.Wadsworth.

Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.

Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru

Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafts dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta:ANDI.

Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan Animasi dengan Macromedia DirectorMX. 2004. Yogyakarta : ANDI


Details ...
Course Descriptions

Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam pembelajarananak usia dini, pengaruh pembelajaran komputer dalam pengembangan aspek-aspekperkembangan anak usia dini, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedur pemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak usia dini,pengembangan program pembelajaran anak usia dini berbasis program multimedia.Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan internet dalam pembelajaran anak usia dini

Learning Outcomes

Mahasiswa memahami dan  menguasai media dan sumber   pembelajaran anak khususnya media dan sumber pembelajaran bagi anak usia dini.

References

  1. Arief S. Sadiman 2000, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatannya, Jakarta, CV Rajawali
  2. Sujarwo S, 2003, Beberapa aspek Pengembanan Sumber belajar, Jakarta, Meditama sarana Perkasa.
  3. Cucu Eliyawati, 2005 , Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk AUD, Depenas. Dirjen PT, Direktorat  PPTK, Jakarta  
  4. prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press
  5. Arsyad, Azah. 2014. Media Pembelajaran. Depok: RAja Grafindo Persada
  6. Sudjana N & Rivai A. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar BAru Al Gensindo

 


Details ...