Courser in English | LEARNING SOURCE AND MEDIA |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 15 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini menyajikan dan mendiskusikan konsep sumber belajar dan pengembangan media pembelajaran PAUD, mencakup; pengertian sumber belajar, fungsi sumber belajar, dan pengembangan sumber belajar, pengertian media pembelajaran, peran dan fungsi media pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, kriteria media pembelajaran, prinsip pengembangan media pembelajaran, dan praktek pengembangan media pembelajaran AUD
Learning OutcomesMata kuliah ini membekali mahasiswa tentang sumber belajar dan media pembelajaran AUD.
Capaian mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu memahami teori dan mempraktikan pengembangan media pembelajaran AUD
Arief S. Sadiman, 2003. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anggani Sudono, (2004) Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Pendukung
Maykes Tedjasaputra, 2005. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Permendiknas No 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Permendikbud no 137 tahun2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan dan mendiskusikan konsep sumber belajar dan pengembangan media pembelajaran PAUD, mencakup; pengertian sumber belajar, fungsi sumber belajar, dan pengembangan sumber belajar, pengertian media pembelajaran, peran dan fungsi media pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, kriteria media pembelajaran, prinsip pengembangan media pembelajaran, dan praktek pengembangan media pembelajaran AUD
Learning OutcomesMata kuliah ini membekali mahasiswa tentang sumber belajar dan media pembelajaran AUD.
Capaian mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu memahami teori dan mempraktikan pengembangan media pembelajaran AUD
Arief S. Sadiman, 2003. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anggani Sudono, (2004) Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Pendukung
Maykes Tedjasaputra, 2005. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Permendiknas No 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Permendikbud no 137 tahun2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Details ...
Mata kuliah ini menyajikan dan mendiskusikan konsep sumber belajar dan pengembangan media pembelajaran PAUD, mencakup; pengertian sumber belajar, fungsi sumber belajar, dan pengembangan sumber belajar, pengertian media pembelajaran, peran dan fungsi media pembelajaran, pemanfaatan media pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, kriteria media pembelajaran, prinsip pengembangan media pembelajaran, dan praktek pengembangan media pembelajaran AUD
Learning OutcomesMata kuliah ini membekali mahasiswa tentang sumber belajar dan media pembelajaran AUD.
Capaian mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu memahami teori dan mempraktikan pengembangan media pembelajaran AUD
Arief S. Sadiman, 2003. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Anggani Sudono, (2004) Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Pendukung
Maykes Tedjasaputra, 2005. Bermain, Mainan dan Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo
Permendiknas No 58 tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Permendikbud no 137 tahun2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini
Details ...
matakuliah ini membahas tentang proyek pembuatan media pembelajaran berbasis android dan media pembelajaran berbasis grean screan
Learning Outcomesmahasiswa dapat membuat 2 media pembelajaran
References-
Details ...
matakuliah ini membahas tentang proyek pembuatan media pembelajaran berbasis android dan media pembelajaran berbasis grean screan
Learning Outcomesmahasiswa dapat membuat 2 media pembelajaran
References-
Details ...
Devinisi sumber belajar dan media pembelajaran, Konsep dasar perkembangan anak usia dini, Tujuan dan manfaat sumber belajar dan media pembelajaran, Peran dan karakteristik media pembelajaran, pengelolaan sumber belajar dan media, Pemilihan dan pemanfaatan sumber belajar dan media pembelajaran, Pembuatan media pembelajaran dan sumber belajar, Evaluasi dan teknologo informasi, Dalam hal ini juga dibahas pembuatan media ICT untuk anak usia dini.
Learning OutcomesMahasiswa mampu menjelaskan pengertian bermain dalam pendidikan anak usia dini. Mampu menjelaskan pengertian sumber belajar dan media pembelajaran. Mengetahui dan memahami berbagai kebutuhan anak untuk meningkatkan kecerdasan anak secara optimal. Mam[pu mempersiapkan berbagai alat permainan dan sumber belajar bagi anak usia dini. Memahami dan mengetahui segala macam bahan yang dapat dipergunakan untuk membuat media pembelajaran dan sumber belajar. Memahami berbagai cara penilaian dan pengumpulan data anak dalam melaksanakan tugas dan kegiatan main. Mampu membuat media ICT untuk kegiatan pembelajaran anak usia dini.
References
Anderson, Ronald H. (1993). Pemilahan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuaka dan PT Raja Gravindo Persada
Deni Darmawan, M.Pd,(2012) Teknologi Pembelajaran, Bandung ,Rosdakarya
Hamalik, Oemar (1986), Media Pendidikan, Bandung Alumni
Sudono Anggani, (2010) Sumber belajan dan Alat Permainan Untuk Anaka Usia Dini, Jakarta , Gravindo
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam pembelajarananak usia dini, pengaruh pembelajaran komputer dalam pengembangan aspek-aspekperkembangan anak usia dini, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedurpemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak usia dini,pengembangan program pembelajaran anak usia dini berbasis program multimedia.Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan internet dalampembelajaran anak usia dini.
Learning Outcomesa) Mahasiswa mampu memahami konsep sumber belajar anak usia dini
b) Mahasiswa mampu memahami konsep media pembelajaran anak usia dini
c) Mahasiswa mampu mengenal jenis-jenis sumber belajar serta media dan cara penggunaanya dalam pembelajaran AUD
d) Mahaiswa mampu mengenal dan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi
ReferencesAnderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran.Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada
Beaty, Janice 1. (1996). Skills for Preschool Teachers. Merrill, an imprint of Prentice Hall.
Chandra (2003). Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom.
Giles, David (2003). Media Psychology. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum
Associates, Publishers.
Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
Hohmann, Mary, Weikart, David P. (1995). Educating Young Children. Ypsilanti, Michigan :High/Scope Press.
Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.
Hohmann, Mary, Weikart, David. (1995). Educating Young Children. Michigan: Ypsilanti.
Kumala, Budi (2004). Macromedia Flash MX. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Mariyana, Rita, dkk (2005). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Pustaka Nadhil
Oetomo, Budi S.D (2002). e-Education : Konsep, Teknologi dan Aplikasi InternetPendidikan. Yogyakarta: ANDI.
Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).Jakarta: Universitas Terbuka.
Sadiman, Arief S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan danPemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud clan PT. Raja Grafindo Persada.
Sheel, Barbara B., Richey, Rita C. (1994). Instructional Technology: The Definitions andDomains of the Field. Washington, D.C.: AECT
Straubhaar, J., La Rose R. (2000). Media Now: Communications Media in The InformationAge.Wadsworth.
Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.
Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafts dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta:ANDI.
Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan Animasi dengan Macromedia DirectorMX. 2004. Yogyakarta : ANDI
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam pembelajarananak usia dini, pengaruh pembelajaran komputer dalam pengembangan aspek-aspekperkembangan anak usia dini, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedurpemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak usia dini,pengembangan program pembelajaran anak usia dini berbasis program multimedia.Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan internet dalampembelajaran anak usia dini.
Learning Outcomesa) Mahasiswa mampu memahami konsep sumber belajar anak usia dini
b) Mahasiswa mampu memahami konsep media pembelajaran anak usia dini
c) Mahasiswa mampu mengenal jenis-jenis sumber belajar serta media dan cara penggunaanya dalam pembelajaran AUD
d) Mahaiswa mampu mengenal dan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi
ReferencesAnderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran.Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada
Beaty, Janice 1. (1996). Skills for Preschool Teachers. Merrill, an imprint of Prentice Hall.
Chandra (2003). Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom.
Giles, David (2003). Media Psychology. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum
Associates, Publishers.
Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
Hohmann, Mary, Weikart, David P. (1995). Educating Young Children. Ypsilanti, Michigan :High/Scope Press.
Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.
Hohmann, Mary, Weikart, David. (1995). Educating Young Children. Michigan: Ypsilanti.
Kumala, Budi (2004). Macromedia Flash MX. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Mariyana, Rita, dkk (2005). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Pustaka Nadhil
Oetomo, Budi S.D (2002). e-Education : Konsep, Teknologi dan Aplikasi InternetPendidikan. Yogyakarta: ANDI.
Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).Jakarta: Universitas Terbuka.
Sadiman, Arief S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan danPemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud clan PT. Raja Grafindo Persada.
Sheel, Barbara B., Richey, Rita C. (1994). Instructional Technology: The Definitions andDomains of the Field. Washington, D.C.: AECT
Straubhaar, J., La Rose R. (2000). Media Now: Communications Media in The InformationAge.Wadsworth.
Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.
Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafts dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta:ANDI.
Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan Animasi dengan Macromedia DirectorMX. 2004. Yogyakarta : ANDI
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam pembelajarananak usia dini, pengaruh pembelajaran komputer dalam pengembangan aspek-aspekperkembangan anak usia dini, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedurpemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak usia dini,pengembangan program pembelajaran anak usia dini berbasis program multimedia.Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan internet dalampembelajaran anak usia dini.
Learning Outcomesa) Mahasiswa mampu memahami konsep sumber belajar anak usia dini
b) Mahasiswa mampu memahami konsep media pembelajaran anak usia dini
c) Mahasiswa mampu mengenal jenis-jenis sumber belajar serta media dan cara penggunaanya dalam pembelajaran AUD
d) Mahaiswa mampu mengenal dan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi
ReferencesAnderson, Ronald H. (1993). Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran.Jakarta: Universitas Terbuka dan PT Raja Grafindo Persada
Beaty, Janice 1. (1996). Skills for Preschool Teachers. Merrill, an imprint of Prentice Hall.
Chandra (2003). Photoshop 7.0 untuk Orang Awam. Palembang : CV. Maxikom.
Giles, David (2003). Media Psychology. Mahwah, New Jersey: Lawrence Erlbaum
Associates, Publishers.
Hamalik, Oemar (1986). Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
Hohmann, Mary, Weikart, David P. (1995). Educating Young Children. Ypsilanti, Michigan :High/Scope Press.
Kadir, Abdul (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : ANDI.
Hohmann, Mary, Weikart, David. (1995). Educating Young Children. Michigan: Ypsilanti.
Kumala, Budi (2004). Macromedia Flash MX. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Mariyana, Rita, dkk (2005). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Pustaka Nadhil
Oetomo, Budi S.D (2002). e-Education : Konsep, Teknologi dan Aplikasi InternetPendidikan. Yogyakarta: ANDI.
Pribadi, B.A, dkk (2008). Komputer dalam Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini (Modul).Jakarta: Universitas Terbuka.
Sadiman, Arief S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan danPemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud clan PT. Raja Grafindo Persada.
Sheel, Barbara B., Richey, Rita C. (1994). Instructional Technology: The Definitions andDomains of the Field. Washington, D.C.: AECT
Straubhaar, J., La Rose R. (2000). Media Now: Communications Media in The InformationAge.Wadsworth.
Suarna, Nana (2005). Pedoman Praktikum Microsoft Office. Bandung: Yrana Widuya.
Sudjana, N., Rivai, A(1997) Teknologi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru
Tim Litbang Wahana Komputer (1999). Desain Grafts dengan Corel Draw 8.0. Yogyakarta:ANDI.
Tim Litbang Wahana Komputer (2004). Pembuatan Animasi dengan Macromedia DirectorMX. 2004. Yogyakarta : ANDI
Details ...
Dalam perkuliahan ini dibahas pentingnya pembelajaran komputer dalam pembelajarananak usia dini, pengaruh pembelajaran komputer dalam pengembangan aspek-aspekperkembangan anak usia dini, pengenalan komponen-komponen komputer, prosedur pemilihan dan pengembangan program pembelajaran komputer untuk anak usia dini,pengembangan program pembelajaran anak usia dini berbasis program multimedia.Perkuliahan ini juga mengkaji pemanfaatan internet dalam pembelajaran anak usia dini
Learning OutcomesMahasiswa memahami dan menguasai media dan sumber pembelajaran anak khususnya media dan sumber pembelajaran bagi anak usia dini.
References- Arief S. Sadiman 2000, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatannya, Jakarta, CV Rajawali
- Sujarwo S, 2003, Beberapa aspek Pengembanan Sumber belajar, Jakarta, Meditama sarana Perkasa.
- Cucu Eliyawati, 2005 , Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk AUD, Depenas. Dirjen PT, Direktorat PPTK, Jakarta
- prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press
- Arsyad, Azah. 2014. Media Pembelajaran. Depok: RAja Grafindo Persada
- Sudjana N & Rivai A. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar BAru Al Gensindo
Details ...