Courser in English | ENGLISH LANGUAGE |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 6 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh, bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks bahasa sastra dan pendidikan.
Learning Outcomes- Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
- Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
- Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
- Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
- Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
References- Audesirk, T., Audesirk, G. & Bayers, B.E., (2002). Biology: Life on Earth, (6th ed), New York: Prentice-Hall
- Adamson, Donald D. (2003). Nucleus: English fos Science and technology: Biology. New York: Longman.
- BSCS (2006). Biological Science Curiculum Study. North Carolina: BSCS.
- Bestelmeyer SV, Elser MM, Spellman KV, Sparrow EB, Haan-Amato S, Keener A. 2015. Collaboration, interdisciplinary thinking, and communication: New approaches to K--12 ecology education. Frontiers in Ecology & the Environment 13(1):37-43
- Funk, J. H.; Okey, J. R.; Fiei, R. L.; Jaus, H. H.; Spraque, C. S. (1998). Learning Science Process Skills. Oxford: Kendal Hunt Publishing Co.
- Snyder, Larry. 2007 Molecular genetics of bacteria / Larry Snyder and Wendy Champness.
- Slamet Suyanto (2014). Pendidikan Biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Tanner KD. 2010. Order matters: Using the 5E model to align teaching with how people learn. CBE Life Sci Educ 9(3):159-64.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh, bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks bahasa sastra dan pendidikan.
Learning Outcomes- Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
- Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
- Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
- Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
- Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
- Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
-
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh, bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks bahasa sastra dan pendidikan.
Learning Outcomes- Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
- Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
- Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
- Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
- Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
- Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
-
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh, bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks bahasa sastra dan pendidikan.
Learning Outcomes- Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
- Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
- Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
- Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
- Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
- Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
-
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh, bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks bahasa sastra dan pendidikan.
Learning Outcomes- Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
- Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
- Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
- Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
- Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
- Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
-
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh, bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks bahasa sastra dan pendidikan.
Learning Outcomes- Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
- Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
- Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
- Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
- Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
- Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
- Audesirk, T., Audesirk, G. & Bayers, B.E., (2002). Biology: Life on Earth, (6th ed), New York: Prentice-Hall
- Adamson, Donald D. (2003). Nucleus: English fos Science and technology: Biology. New York: Longman.
- BSCS (2006). Biological Science Curiculum Study. North Carolina: BSCS.
- Bestelmeyer SV, Elser MM, Spellman KV, Sparrow EB, Haan-Amato S, Keener A. 2015. Collaboration, interdisciplinary thinking, and communication: New approaches to K--12 ecology education. Frontiers in Ecology & the Environment 13(1):37-43
- Funk, J. H.; Okey, J. R.; Fiei, R. L.; Jaus, H. H.; Spraque, C. S. (1998). Learning Science Process Skills. Oxford: Kendal Hunt Publishing Co.
- Snyder, Larry. 2007 Molecular genetics of bacteria / Larry Snyder and Wendy Champness.
- Slamet Suyanto (2014). Pendidikan Biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Tanner KD. 2010. Order matters: Using the 5E model to align teaching with how people learn. CBE Life Sci Educ 9(3):159-64.
Details ...