Courser in English | THEMATIC LEARNING II |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktikkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.
Learning Outcomes1. Mampu merencanakan, mengelola sumber daya dan melakukan evaluasi atas pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya.
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.
Referencesa. Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
b. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
c. Tim Penyusun. 2013. Materi Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta : Depdikbud
d. Buku guru dan buku siswa kelas 4,5,6.
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktikkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.
Learning Outcomes1. Mampu merencanakan, mengelola sumber daya dan melakukan evaluasi atas pelaksanaan program yang berada di bawah tanggung jawabnya dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahliannya.
Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan kondisi kehidupan terutama yang terkait dengan profesi sebagai pelaksana pembelajaran di sekolah dasar.
Referencesa. Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
b. Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
c. Tim Penyusun. 2013. Materi Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta : Depdikbud
d. Buku guru dan buku siswa kelas 4,5,6.
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktikkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.
Learning OutcomesMahasiswa dapat memiliki pemahaman yang komprehensif tentang pembelajaran tematik integratif di SD kelas tinggi (kelas 4,5,6) dan cara menerapkannya di sekolah dasar yang akan dapat digunakan dalam pekerjaan mahasiswa kelak.
References- Udin Syaefuddin Saud. 2006. Pembelajaran Terpadu. Bandung:UPI Press.
- Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Tim Penyusun. 2013. Materi Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta : Depdikbud
- Buku guru dan buku siswa kelas 4,5,6.
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.
Learning OutcomesMenguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi
References1. permendikbud no 22 tahun 2016
2. permendikbud no 23 tahun 2016
3. permendikbud no 24 tahun 2016
4. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.
Learning OutcomesMenguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi
References1. permendikbud no 22 tahun 2016
2. permendikbud no 23 tahun 2016
3. permendikbud no 24 tahun 2016
4. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.
Learning OutcomesMenguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi
References1. permendikbud no 22 tahun 2016
2. permendikbud no 23 tahun 2016
3. permendikbud no 24 tahun 2016
4. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.
Learning OutcomesMenguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi
References1. permendikbud no 22 tahun 2016
2. permendikbud no 23 tahun 2016
3. permendikbud no 24 tahun 2016
4. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.
Learning OutcomesMenguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi
References1. permendikbud no 22 tahun 2016
2. permendikbud no 23 tahun 2016
3. permendikbud no 24 tahun 2016
4. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.
Learning OutcomesMenguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi
References1. permendikbud no 22 tahun 2016
2. permendikbud no 23 tahun 2016
3. permendikbud no 24 tahun 2016
4. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...
Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi pembelajaran yang berkaitan dengan pengertian dasar pembelajaran terpadu (tematik), prinsi-prinsip pembelajaran tematik, kekuatan dan kelemahan pembelajaran tematik, model-model pembelajaran tematik di kelas tinggi, penyusunan rencana pembelajaran tematik di kelas tinggi, mempraktekkan pembelajaran tematik di kelas tinggi.
Learning OutcomesMenguasai konsep dasar pembelajaran tematik dan mengimplementasikannya di sekolah dasar khususnya pada kelas tinggi
References1. permendikbud no 22 tahun 2016
2. permendikbud no 23 tahun 2016
3. permendikbud no 24 tahun 2016
4. Mulyasa, E. 2014. Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya
Details ...