Courser in English | ORGANIZATION AND MANAGEMENT OF GUIDANCE AND COUNSELING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 8 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah dengan mempertimbangkan SKKPD sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu menjabarkan teori manajemen dan organisasi sesuai bidang keahliannya secara mandiri; Mampu merangkum khasanah teoretik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan sesuai bidang keahliannnya. (CPL 1, CPL3). |
CPMK2 |
Mampu merangkum materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CP3). |
CPMK3 |
Mampu menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan, SKKPD, dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur. Mampu mendesain perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur (CPL2, CPL4). |
CPMK4 |
|
CPMK5 |
Mampu menentukan evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mendesain laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya dengan aturan yang berlaku sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL1, CPL 2, CPL 5). |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Kemdikbud. 2019. Modul 1 Asesmen Kebutuhan Peserta Didik dan Sekolah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 2 Materi Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 3 Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 4 Strategi Layanan Dasar, Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kemdikbud.
Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2122.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah dengan mempertimbangkan SKKPD sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu menjabarkan teori manajemen dan organisasi sesuai bidang keahliannya secara mandiri; Mampu merangkum khasanah teoretik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan sesuai bidang keahliannnya. (CPL 1, CPL3). |
CPMK2 |
Mampu merangkum materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CP3). |
CPMK3 |
Mampu menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan, SKKPD, dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur. Mampu mendesain perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur (CPL2, CPL4). |
CPMK4 |
|
CPMK5 |
Mampu menentukan evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mendesain laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya dengan aturan yang berlaku sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL1, CPL 2, CPL 5). |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Kemdikbud. 2019. Modul 1 Asesmen Kebutuhan Peserta Didik dan Sekolah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 2 Materi Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 3 Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 4 Strategi Layanan Dasar, Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kemdikbud.
Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2122.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah dengan mempertimbangkan SKKPD sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu menjabarkan teori manajemen dan organisasi sesuai bidang keahliannya secara mandiri; Mampu merangkum khasanah teoretik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan sesuai bidang keahliannnya. (CPL 1, CPL3). |
CPMK2 |
Mampu merangkum materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CP3). |
CPMK3 |
Mampu menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan, SKKPD, dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur. Mampu mendesain perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur (CPL2, CPL4). |
CPMK4 |
|
CPMK5 |
Mampu menentukan evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mendesain laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya dengan aturan yang berlaku sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL1, CPL 2, CPL 5). |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Kemdikbud. 2019. Modul 1 Asesmen Kebutuhan Peserta Didik dan Sekolah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 2 Materi Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 3 Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 4 Strategi Layanan Dasar, Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kemdikbud.
Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2122.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah dengan mempertimbangkan SKKPD sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
CPL 1 (S9) |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
CPL 2 (KU2, KU9) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
CPL 3 (P14, P4, P7) |
Menguasai teori manajemen dan organisasi; Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan; Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling. |
CPL 4 (KK 8, KK7, KK10, KK5, KK6)
|
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan, SKKPD, dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan; Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan; Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dan SKKPD; Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan ; Terampil merumuskan tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan dan berbasis TIK. |
CPL 5 (KK53. KK55) |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya; Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling.yang menjadi tanggunga jawabnya sesuai aturan yang berlaku. |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Kemdikbud. 2019. Modul 1 Asesmen Kebutuhan Peserta Didik dan Sekolah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 2 Materi Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 3 Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 4 Strategi Layanan Dasar, Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kemdikbud.
Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2122.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah dengan mempertimbangkan SKKPD sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
CPL 1 (S9) |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
CPL 2 (KU2, KU9) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
CPL 3 (P14, P4, P7) |
Menguasai teori manajemen dan organisasi; Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan; Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling. |
CPL 4 (KK 8, KK7, KK10, KK5, KK6)
|
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan, SKKPD, dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan; Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan; Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dan SKKPD; Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan ; Terampil merumuskan tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan dan berbasis TIK. |
CPL 5 (KK53. KK55) |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya; Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling.yang menjadi tanggunga jawabnya sesuai aturan yang berlaku. |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Kemdikbud. 2019. Modul 1 Asesmen Kebutuhan Peserta Didik dan Sekolah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 2 Materi Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 3 Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 4 Strategi Layanan Dasar, Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kemdikbud.
Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2122.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah dengan mempertimbangkan SKKPD sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
CPL 1 (S9) |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
CPL 2 (KU2, KU9) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
CPL 3 (P14, P4, P7) |
Menguasai teori manajemen dan organisasi; Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan; Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling. |
CPL 4 (KK 8, KK7, KK10, KK5, KK6)
|
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan, SKKPD, dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan; Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan; Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dan SKKPD; Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan ; Terampil merumuskan tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan dan berbasis TIK. |
CPL 5 (KK53. KK55) |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya; Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling.yang menjadi tanggunga jawabnya sesuai aturan yang berlaku. |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Kemdikbud. 2019. Modul 1 Asesmen Kebutuhan Peserta Didik dan Sekolah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 2 Materi Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 3 Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 4 Strategi Layanan Dasar, Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kemdikbud.
Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2122.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah dengan mempertimbangkan SKKPD sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
CPL 1 (S9) |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
CPL 2 (KU2, KU9) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
CPL 3 (P14, P4, P7) |
Menguasai teori manajemen dan organisasi; Menguasai khasanah teoritik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan; Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling. |
CPL 4 (KK 8, KK7, KK10, KK5, KK6)
|
Terampil menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan, SKKPD, dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan; Terampil menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan; Terampil menyusun rencana pelaksanaan layanan (RPL) bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan topik dan/atau materi yang relevan dengan hasil analisis kebutuhan dan SKKPD; Terampil merancang pelayanan bimbingan dan konseling dengan memperhatikan falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan ; Terampil merumuskan tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana dalam merancang penyelenggaraan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan dan berbasis TIK. |
CPL 5 (KK53. KK55) |
Terampil mengevaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya; Terampil menyusun laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling.yang menjadi tanggunga jawabnya sesuai aturan yang berlaku. |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Kemdikbud. 2019. Modul 1 Asesmen Kebutuhan Peserta Didik dan Sekolah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 2 Materi Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 3 Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 4 Strategi Layanan Dasar, Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kemdikbud.
Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2122.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah dengan mempertimbangkan SKKPD sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu menjabarkan teori manajemen dan organisasi sesuai bidang keahliannya secara mandiri; Mampu merangkum khasanah teoretik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan sesuai bidang keahliannnya. (CPL 1, CPL3). |
CPMK2 |
Mampu merangkum materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CP3). |
CPMK3 |
Mampu menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan, SKKPD, dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur. Mampu mendesain perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur (CPL2, CPL4). |
CPMK4 |
|
CPMK5 |
Mampu menentukan evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mendesain laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya dengan aturan yang berlaku sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL1, CPL 2, CPL 5). |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Kemdikbud. 2019. Modul 1 Asesmen Kebutuhan Peserta Didik dan Sekolah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 2 Materi Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 3 Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 4 Strategi Layanan Dasar, Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kemdikbud.
Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2122.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah dengan mempertimbangkan SKKPD sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu menjabarkan teori manajemen dan organisasi sesuai bidang keahliannya secara mandiri; Mampu merangkum khasanah teoretik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan sesuai bidang keahliannnya. (CPL 1, CPL3). |
CPMK2 |
Mampu merangkum materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CP3). |
CPMK3 |
Mampu menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan, SKKPD, dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur. Mampu mendesain perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur (CPL2, CPL4). |
CPMK4 |
|
CPMK5 |
Mampu menentukan evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mendesain laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya dengan aturan yang berlaku sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL1, CPL 2, CPL 5). |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Kemdikbud. 2019. Modul 1 Asesmen Kebutuhan Peserta Didik dan Sekolah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 2 Materi Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 3 Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 4 Strategi Layanan Dasar, Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kemdikbud.
Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2122.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah dengan mempertimbangkan SKKPD sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu menjabarkan teori manajemen dan organisasi sesuai bidang keahliannya secara mandiri; Mampu merangkum khasanah teoretik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan sesuai bidang keahliannnya. (CPL 1, CPL3). |
CPMK2 |
Mampu merangkum materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CP3). |
CPMK3 |
Mampu menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan, SKKPD, dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur. Mampu mendesain perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur (CPL2, CPL4). |
CPMK4 |
|
CPMK5 |
Mampu menentukan evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mendesain laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya dengan aturan yang berlaku sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL1, CPL 2, CPL 5). |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Kemdikbud. 2019. Modul 1 Asesmen Kebutuhan Peserta Didik dan Sekolah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 2 Materi Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 3 Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 4 Strategi Layanan Dasar, Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kemdikbud.
Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2122.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah dengan mempertimbangkan SKKPD sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu menjabarkan teori manajemen dan organisasi sesuai bidang keahliannya secara mandiri; Mampu merangkum khasanah teoretik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan sesuai bidang keahliannnya. (CPL 1, CPL3). |
CPMK2 |
Mampu merangkum materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CP3). |
CPMK3 |
Mampu menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan, SKKPD, dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur. Mampu mendesain perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur (CPL2, CPL4). |
CPMK4 |
|
CPMK5 |
Mampu menentukan evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mendesain laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya dengan aturan yang berlaku sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL1, CPL 2, CPL 5). |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Kemdikbud. 2019. Modul 1 Asesmen Kebutuhan Peserta Didik dan Sekolah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 2 Materi Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 3 Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 4 Strategi Layanan Dasar, Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kemdikbud.
Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2122.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Details ...
Mata kuliah ini meliputi: konsep dasar organisasi dan manajemen program BK komprehensif; komponen-komponen, bidang layanan, dan jenis layanan pada program BK komprehensif; asesmen kebutuhan siswa dan kebutuhan organisasi sekolah dengan mempertimbangkan SKKPD sebagai dasar perencanaan program BK komprehensif; keterampilan merencanakan program BK komprehensif (action plan, program tahunan, dan program semesteran); ketrampilam merencanakan RPL berbagai jenis layanan pada program BK komprehensif; keterampilan menilai proses dan hasil program BK komprehensif; ketrampilan menyusun laporan dan rencana tindak lanjut berdasarkan hasil penilaian pelaksanaan layanan dan program BK komprehensif.
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mampu menjabarkan teori manajemen dan organisasi sesuai bidang keahliannya secara mandiri; Mampu merangkum khasanah teoretik tentang tujuan, fungsi, prinsip, asas, konteks, pendekatan, dan prosedur serta sarana yang digunakan dalam organisasi dan manajemen pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan sesuai bidang keahliannnya. (CPL 1, CPL3). |
CPMK2 |
Mampu merangkum materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL 2, CP3). |
CPMK3 |
Mampu menggunakan hasil-hasil analisis kebutuhan, kondisi lapangan, SKKPD, dan informasi lain yang relevan untuk menyusun perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur. Mampu mendesain perencanaan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingan dan konseling yang bersifat preventif, developmental, kuratif, dan preserveratif dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan secara mandiri, bermutu, dan terukur (CPL2, CPL4). |
CPMK4 |
|
CPMK5 |
Mampu menentukan evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur; Mampu mendesain laporan hasil evaluasi dan supervisi pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya dengan aturan yang berlaku sesuai bidang keahliannya secara mandiri, bermutu, dan terukur. (CPL1, CPL 2, CPL 5). |
Wajib : Permendiknas No 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Permendikbud No 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Ditjen GTK Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SD. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMP. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ----------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMA. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. ---------------------------------. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di SMK. Jakarta: Ditjen GTK Kemendikbud. Sugiya dan Muslikah. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Penyusunan Program BK Komprehensif. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Konsep Dasar Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. --------------------------. 2018. Bahan Kajian Pengembangan Program dan Evaluasi Bimbingan dan Konseling. Prosedur Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PPG dalam Jabatan Kemenristekdikti. Kemdikbud. 2019. Modul 1 Asesmen Kebutuhan Peserta Didik dan Sekolah. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 2 Materi Bidang Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 3 Perencanaan dan Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 4 Strategi Layanan Dasar, Perencanaan Individual, dan Dukungan Sistem. Jakarta: Kemdikbud. Kemdikbud. 2019. Modul 5 Strategi Layanan Responsif. Jakarta: Kemdikbud.
Setiap mahasiswa wajib mengumpulkan jurnal penelitian tentang Manajemen BK Komprehensif minimal 2 (dua) yang mutakhir. Diharapkan setiap mahasiswa berbeda judulnya. Dimasukkan ke folder yg diberi nama no urut presensi.tugasjurnalombk.kelas.nama mahasiswa. Dikumpulkan ke Komting paling lambat pertemuan ke-5. Folder kelas diberi nama: bk.kelas.gnp2122.tugasjurnalombk
Anjuran Andori dan Windarto. Slamet. Program Bimbingan dan Konseling Berdasarkan Panduan Operasional Penyelenggaraan BK (POPBK) untuk SMK-MAK. Yogyakarta: Paramitra. Badrujaman, Aip. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks. Hermino, Agusyinus. 2013. Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Planning. Jakarta: Gramedia Pustka Utama. Mulyono. 2008. Manajemen, Administrasi, dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Manajemen Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press. Salahudin. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia. Santoadi, Fajar. 2010. Manajemen BK Komprehensif. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma. Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2005. Perencanaan Pendidikan. Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sugiyo. 2011. Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Pedoman Praktis dan Teoritis bagi Konselor di Sekolah. Semarang: Widya Karya. Suherman. 2009. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Bandung: Rizqi Press. Winkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi. |
Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.
Details ...