Courser in English | Teaching Competence Development |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 5 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Sejatinya guru; Kedudukan guru; Kedudukan peserta didik; Keterampilan dasar mengajar; Kompetensi professional guru, Kompetensi personal dan sosial guru; Pengelolaan kelas; Cara memberikan penjelasan dan Teknik pemberian penguatan seorang guru; Metode mengajar dalam rangka interaksi edukatif; Evaluasi hasil interaksi edukatif; Model pembelajaran AUD; Assessment AUD; Integritas dan komitmen seorang guru.
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Dewi Salma Prawiradilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principle), Jakarta: UNJ.
Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Fakhruddin, Asef Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup
Winkel, W. S. 1983. Psikokogi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Sax, Gilbert. 1980. Principles of Educational and Psychologial Measurementand Evaluation. Caliornia. Wadsworth Publishing Company.
Details ...
Sejatinya guru; Kedudukan guru; Kedudukan peserta didik; Keterampilan dasar mengajar; Kompetensi professional guru, Kompetensi personal dan sosial guru; Pengelolaan kelas; Cara memberikan penjelasan dan Teknik pemberian penguatan seorang guru; Metode mengajar dalam rangka interaksi edukatif; Evaluasi hasil interaksi edukatif; Model pembelajaran AUD; Assessment AUD; Integritas dan komitmen seorang guru.
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Dewi Salma Prawiradilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principle), Jakarta: UNJ.
Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Fakhruddin, Asef Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup
Winkel, W. S. 1983. Psikokogi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Sax, Gilbert. 1980. Principles of Educational and Psychologial Measurementand Evaluation. Caliornia. Wadsworth Publishing Company.
Details ...
Sejatinya guru; Kedudukan guru; Kedudukan peserta didik; Keterampilan dasar mengajar; Kompetensi professional guru, Kompetensi personal dan sosial guru; Pengelolaan kelas; Cara memberikan penjelasan dan Teknik pemberian penguatan seorang guru; Metode mengajar dalam rangka interaksi edukatif; Evaluasi hasil interaksi edukatif; Model pembelajaran AUD; Assessment AUD; Integritas dan komitmen seorang guru.
Learning Outcomes
- Sikap dan Tata Nilai.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Dewi Salma Prawiradilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principle), Jakarta: UNJ.
Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Fakhruddin, Asef Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup
Winkel, W. S. 1983. Psikokogi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Sax, Gilbert. 1980. Principles of Educational and Psychologial Measurementand Evaluation. Caliornia. Wadsworth Publishing Company.
Details ...
Sejatinya guru; Kedudukan guru; Kedudukan peserta didik; Keterampilan dasar mengajar; Kompetensi professional guru, Kompetensi personal dan sosial guru; Pengelolaan kelas; Cara memberikan penjelasan dan Teknik pemberian penguatan seorang guru; Metode mengajar dalam rangka interaksi edukatif; Evaluasi hasil interaksi edukatif; Model pembelajaran AUD; Assessment AUD; Integritas dan komitmen seorang guru.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Dewi Salma Prawiradilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principle), Jakarta: UNJ.
Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Fakhruddin, Asef Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup
Winkel, W. S. 1983. Psikokogi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Sax, Gilbert. 1980. Principles of Educational and Psychologial Measurementand Evaluation. Caliornia. Wadsworth Publishing Company.
Details ...
Sejatinya guru; Kedudukan guru; Kedudukan peserta didik; Keterampilan dasar mengajar; Kompetensi professional guru, Kompetensi personal dan sosial guru; Pengelolaan kelas; Cara memberikan penjelasan dan Teknik pemberian penguatan seorang guru; Metode mengajar dalam rangka interaksi edukatif; Evaluasi hasil interaksi edukatif; Model pembelajaran AUD; Assessment AUD; Integritas dan komitmen seorang guru.
Learning Outcomes- Sikap dan Tata Nilai.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
Dewi Salma Prawiradilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principle), Jakarta: UNJ.
Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Fakhruddin, Asef Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press
Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup
Winkel, W. S. 1983. Psikokogi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Sax, Gilbert. 1980. Principles of Educational and Psychologial Measurementand Evaluation. Caliornia. Wadsworth Publishing Company.
Details ...