Pembinaan Kompetensi Mengajar, Curriculum : 2010


Courser in EnglishTeaching Competence Development
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS3 SKS
RPS5 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Sejatinya guru; Kedudukan guru; Kedudukan peserta didik; Keterampilan dasar mengajar; Kompetensi professional guru, Kompetensi personal dan sosial guru; Pengelolaan kelas; Cara memberikan penjelasan dan Teknik pemberian penguatan seorang guru; Metode mengajar dalam rangka interaksi edukatif; Evaluasi hasil interaksi edukatif; Model pembelajaran AUD; Assessment AUD; Integritas dan komitmen seorang guru.

Learning Outcomes

 

  1. Sikap dan Tata Nilai.
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

References

Dewi Salma Prawiradilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principle), Jakarta: UNJ.

Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Fakhruddin, Asef  Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup

Winkel, W. S. 1983. Psikokogi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Sax, Gilbert. 1980. Principles of Educational and Psychologial Measurementand Evaluation. Caliornia. Wadsworth Publishing Company.


Details ...
Course Descriptions

Sejatinya guru; Kedudukan guru; Kedudukan peserta didik; Keterampilan dasar mengajar; Kompetensi professional guru, Kompetensi personal dan sosial guru; Pengelolaan kelas; Cara memberikan penjelasan dan Teknik pemberian penguatan seorang guru; Metode mengajar dalam rangka interaksi edukatif; Evaluasi hasil interaksi edukatif; Model pembelajaran AUD; Assessment AUD; Integritas dan komitmen seorang guru.

Learning Outcomes

 

  1. Sikap dan Tata Nilai.
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

References

Dewi Salma Prawiradilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principle), Jakarta: UNJ.

Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Fakhruddin, Asef  Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup

Winkel, W. S. 1983. Psikokogi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Sax, Gilbert. 1980. Principles of Educational and Psychologial Measurementand Evaluation. Caliornia. Wadsworth Publishing Company.


Details ...
Course Descriptions

Sejatinya guru; Kedudukan guru; Kedudukan peserta didik; Keterampilan dasar mengajar; Kompetensi professional guru, Kompetensi personal dan sosial guru; Pengelolaan kelas; Cara memberikan penjelasan dan Teknik pemberian penguatan seorang guru; Metode mengajar dalam rangka interaksi edukatif; Evaluasi hasil interaksi edukatif; Model pembelajaran AUD; Assessment AUD; Integritas dan komitmen seorang guru.

Learning Outcomes

 

  1. Sikap dan Tata Nilai.
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

References

Dewi Salma Prawiradilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principle), Jakarta: UNJ.

Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Fakhruddin, Asef  Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup

Winkel, W. S. 1983. Psikokogi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Sax, Gilbert. 1980. Principles of Educational and Psychologial Measurementand Evaluation. Caliornia. Wadsworth Publishing Company.


Details ...
Course Descriptions

Sejatinya guru; Kedudukan guru; Kedudukan peserta didik; Keterampilan dasar mengajar; Kompetensi professional guru, Kompetensi personal dan sosial guru; Pengelolaan kelas; Cara memberikan penjelasan dan Teknik pemberian penguatan seorang guru; Metode mengajar dalam rangka interaksi edukatif; Evaluasi hasil interaksi edukatif; Model pembelajaran AUD; Assessment AUD; Integritas dan komitmen seorang guru.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai.
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

References

Dewi Salma Prawiradilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principle), Jakarta: UNJ.

Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Fakhruddin, Asef  Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup

Winkel, W. S. 1983. Psikokogi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Sax, Gilbert. 1980. Principles of Educational and Psychologial Measurementand Evaluation. Caliornia. Wadsworth Publishing Company.


Details ...
Course Descriptions

Sejatinya guru; Kedudukan guru; Kedudukan peserta didik; Keterampilan dasar mengajar; Kompetensi professional guru, Kompetensi personal dan sosial guru; Pengelolaan kelas; Cara memberikan penjelasan dan Teknik pemberian penguatan seorang guru; Metode mengajar dalam rangka interaksi edukatif; Evaluasi hasil interaksi edukatif; Model pembelajaran AUD; Assessment AUD; Integritas dan komitmen seorang guru.

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai.
  2. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nilai nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  6. Menginternalisasinilai, norma, dan etika akademik.
  7. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

References

Dewi Salma Prawiradilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran (Instructional Design Principle), Jakarta: UNJ.

Djamarah, Sayiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Fakhruddin, Asef  Umar. 2009. Menjadi Guru Favorit. Jogjakarta: Diva Press

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Grup

Winkel, W. S. 1983. Psikokogi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Sax, Gilbert. 1980. Principles of Educational and Psychologial Measurementand Evaluation. Caliornia. Wadsworth Publishing Company.


Details ...