Courser in English | Retail Business Management |
Program | Pendidikan Ekonomi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar mulai tentang bagaimana suatu bisnis ritel dijalankan berdasarkan teori yang mencakup tata kelola strategi pemasaran, penetapan harga, pemilihan lokasi bisnis ritel yang paling tepat dan mensinergikan seluruh sumber daya untuk mencapai keuntungan maksimal. Pada mata kuliah ini juga mahasiswa akan dibekali dengan pengalaman melihat praktek bisnis ritel yang
sudah berjalan dan mampu menghasilkan sebuah rancangan rencana bisnis ritel untuk diaplikasikan.
Capaian pembelajaran diharapkan mahasiswa dapat melakukan pengenalan bisnis ritel, membangun dan menjaga hubungan dalam bisnis ritel,rencana stratejik bisnis ritel, kepemilikan bisnis ritel, mengidentifikasi dan memahami pelanggan ritel, mengumpulkan dan memprosesinformasi dalam bisnis ritel, memilih dan menganalisa lokasi bisnis ritel, organisasi ritel dan sumber daya manusia, manajemen operasidan harga dalam bisnis ritel, promosi dan strategi lainnya dalam bisnis ritel, menyusun serta merancang Retail Business Plan
ReferencesBerman & Evan (2013) Retail Management: A Strategic Approach, 12th Edition, Pearson & Genadinik, Alex. (2015) How to Write A Business Plan (Business Planning Made Simple). Createspace Independent Publishing Platform
Details ...
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar mulai tentang bagaimana suatu bisnis ritel dijalankan berdasarkan teori yang mencakup tata kelola strategi pemasaran, penetapan harga, pemilihan lokasi bisnis ritel yang paling tepat dan mensinergikan seluruh sumber daya untuk mencapai keuntungan maksimal. Pada mata kuliah ini juga mahasiswa akan dibekali dengan pengalaman melihat praktek bisnis ritel yang
sudah berjalan dan mampu menghasilkan sebuah rancangan rencana bisnis ritel untuk diaplikasikan.
Capaian pembelajaran diharapkan mahasiswa dapat melakukan pengenalan bisnis ritel, membangun dan menjaga hubungan dalam bisnis ritel,rencana stratejik bisnis ritel, kepemilikan bisnis ritel, mengidentifikasi dan memahami pelanggan ritel, mengumpulkan dan memprosesinformasi dalam bisnis ritel, memilih dan menganalisa lokasi bisnis ritel, organisasi ritel dan sumber daya manusia, manajemen operasidan harga dalam bisnis ritel, promosi dan strategi lainnya dalam bisnis ritel, menyusun serta merancang Retail Business Plan
ReferencesBerman & Evan (2013) Retail Management: A Strategic Approach, 12th Edition, Pearson & Genadinik, Alex. (2015) How to Write A Business Plan (Business Planning Made Simple). Createspace Independent Publishing Platform
Details ...
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar mulai tentang bagaimana suatu bisnis ritel dijalankan berdasarkan teori yang mencakup tata
kelola strategi pemasaran, penetapan harga, pemilihan lokasi bisnis ritel yang paling tepat dan mensinergikan seluruh sumber daya untuk
mencapai keuntungan maksimal. Pada mata kuliah ini juga mahasiswa akan dibekali dengan pengalaman melihat praktek bisnis ritel yang
sudah berjalan dan mampu menghasilkan sebuah rancangan rencana bisnis ritel untuk diaplikasikan.
Adapun bahan kajian atau pokok bahasannya adalah: pengenalan bisnis ritel, membangun dan menjaga hubungan dalam bisnis ritel,rencana stratejik bisnis ritel, kepemilikan bisnis ritel, mengidentifikasi dan memahami pelanggan ritel, mengumpulkan dan memprosesinformasi dalam bisnis ritel, memilih dan menganalisa lokasi bisnis ritel, organisasi ritel dan sumber daya manusia, manajemen operasidan harga dalam bisnis ritel, promosi dan strategi lainnya dalam bisnis ritel, menyusun serta merancang Retail Business Plan
ReferencesBerman & Evan (2013) Retail
Management: A Strategic
Approach, 12
th
Edition,
Pearson
&
Genadinik, Alex. (2015) How
to Write A Business Plan
(Business Planning Made
Simple). Createspace
Independent Publishing
Platform
Details ...
Matakuliah ini mendiskusikan berbagai hal mengenai dunia retailing, tipe retailer, multichannel retailing, perilaku pembelian pelanggan, strategi pasar ritel, strategi
keuangan, lokasi retail, sumber daya manusia, pengelolaan sistem informasi dan rantai pasokan, manajemen hubungan pelanggan, harga ritel, manajemen toko, store layout
design, dan visual merchandising
Mahasiswa diharapkan mampu mendeskripsikan, mendiskusikan, mengidentifikasi dan membuat rekomendasi dari hasil pengamatan pada unit bisnis ritel yang ada di sekitar
mereka yang nantinya dapat memberikan informasi tambahan yang berguna bagi perkembangan bisnis ritel tersebut
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0. John Wiley & Sons,
Inc., Hoboken, New Jersey.
Lamb, C. W., Hair, J. F., & Mcdaniel, C. (2018). Mktg11. Cengage Learning.
Levy, M., Weitz, B. A., & Grewal, D. (2014). Retailing Management, Ninth Edition.
Mcgraw-Hill Education, 2 Penn Plaza, New York, Ny 10121.
Zwick, D., & Cayla, J. (2011). Inside Marketing: Practices, Ideologies, Devices.
Https://Doi.Org/10.1093/Acprof:Oso/9780199576746.001.0001
Details ...