Kewirausahaan , Curriculum : 2017


Courser in EnglishENTREPRENEURSHIP
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan membangun jiwa wirausaha, membentuk karakter wirausaha, memahami konsep
kewirausahaan , dan melatih keterampilan wirausaha.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat tumbuh jiwa wirausaha, memahami konsep wirausaha, dan dapat menyusun business
plan serta mengimplementasikannya

References

Aprilianty, E. (2012). Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan
terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3). 
Hasugian, H., & Shidiq, A. N. (2012). Rancang Bangun Sistem Informasi Industri Kreatif Bidang
Penyewaan Sarana Olahraga. Semantik, 2(1).
Hutabarat, L. R. F. W. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Kuliner di Kota Malang Berbasis
Ekonomi Kreatif. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 7(1), 12-19. 
Indarti, N., & Rostiani, R. (2008). Intensi kewirausahaan mahasiswa: Studi perbandingan antara
Indonesia, Jepang dan Norwegia. Journal of Indonesian Economy and Business, 23(4), 369-384
Lestari, R. B., & Wijaya, T. (2012). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat
Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. In Forum Bisnis Dan
Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP (Vol. 1, No. 2, pp. 112-119). STIE MDP.
Milla, H. (2013). Pendidikan kewirausahaan: Sebuah alternatif mengurangi pengangguran terdidik dan
pencegahan korupsi. Al-Ta'lim Journal, 20(3), 465-471.
Mopangga, H. (2014). Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Negeri Gorontalo. Trikonomika, 13(1), 78-90.
Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan
Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 26-34.
Sari, N. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner Khas Daerah Jambi. Jurnal Sains
Sosio Humaniora, 2(1), 51-60.
Septanto, H. (2016). Ekonomi Kreatif dan Inovatif Berbasis TIK ala Gojek dan Grabbike. Bina Insani
ICT Journal (OLD), 3(1), 213-219.
Simatupang, T. M., & Perindustrian, M. K. D. (2007). Industri Kreatif Jawa Barat. Bahan Masukan
Kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, 3, 13-25.
Siswoyo, B. B. (2009). Pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan dosen dan mahasiswa. Jurnal
ekonomi bisnis, 14(2), 35-45.
Sutanto, M. H. (2015). Gelombang Ekonomi Ke Empat, Gelombang Ide dan
Gagasan. Komunikator, 6(01).


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini bertujuan membekali mahasiswa dengan membangun jiwa wirausaha, membentuk karakter wirausaha, memahami konsep
kewirausahaan , dan melatih keterampilan wirausaha.

Learning Outcomes

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat tumbuh jiwa wirausaha, memahami konsep wirausaha, dan dapat menyusun business
plan serta mengimplementasikannya

References

Aprilianty, E. (2012). Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan
terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3). 
Hasugian, H., & Shidiq, A. N. (2012). Rancang Bangun Sistem Informasi Industri Kreatif Bidang
Penyewaan Sarana Olahraga. Semantik, 2(1).
Hutabarat, L. R. F. W. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Kuliner di Kota Malang Berbasis
Ekonomi Kreatif. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan, 7(1), 12-19. 
Indarti, N., & Rostiani, R. (2008). Intensi kewirausahaan mahasiswa: Studi perbandingan antara
Indonesia, Jepang dan Norwegia. Journal of Indonesian Economy and Business, 23(4), 369-384
Lestari, R. B., & Wijaya, T. (2012). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat
Berwirausaha Mahasiswa di STIE MDP, STMIK MDP, dan STIE MUSI. In Forum Bisnis Dan
Kewirausahaan Jurnal Ilmiah STIE MDP (Vol. 1, No. 2, pp. 112-119). STIE MDP.
Milla, H. (2013). Pendidikan kewirausahaan: Sebuah alternatif mengurangi pengangguran terdidik dan
pencegahan korupsi. Al-Ta'lim Journal, 20(3), 465-471.
Mopangga, H. (2014). Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Negeri Gorontalo. Trikonomika, 13(1), 78-90.
Saragih, R. (2017). Membangun Usaha Kreatif, Inovatif Dan Bermanfaat Melalui Penerapan
Kewirausahaan Sosial. Jurnal Kewirausahaan, 3(2), 26-34.
Sari, N. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner Khas Daerah Jambi. Jurnal Sains
Sosio Humaniora, 2(1), 51-60.
Septanto, H. (2016). Ekonomi Kreatif dan Inovatif Berbasis TIK ala Gojek dan Grabbike. Bina Insani
ICT Journal (OLD), 3(1), 213-219.
Simatupang, T. M., & Perindustrian, M. K. D. (2007). Industri Kreatif Jawa Barat. Bahan Masukan
Kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, 3, 13-25.
Siswoyo, B. B. (2009). Pengembangan jiwa kewirausahaan di kalangan dosen dan mahasiswa. Jurnal
ekonomi bisnis, 14(2), 35-45.
Sutanto, M. H. (2015). Gelombang Ekonomi Ke Empat, Gelombang Ide dan
Gagasan. Komunikator, 6(01).


Details ...