Pendidikan IPS di SD II, Curriculum : 2014


Courser in EnglishEDUCATION OF SOCIAL SCIENCE FOR ELEMENTARY SCHOOL II
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS10 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD 2 ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.

 

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Bank, James  A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London

Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Puat Penerbitan Universitas Terbuka.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD 2 ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.

 

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Bank, James  A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London

Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Puat Penerbitan Universitas Terbuka.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD 2 ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.

 

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Bank, James  A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London

Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Puat Penerbitan Universitas Terbuka.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD 2 ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.

 

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Bank, James  A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London

Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Puat Penerbitan Universitas Terbuka.

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD 2 ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing. 

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press 

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional 

Bank, James  A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London

Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Puat Penerbitan Universitas Terbuka.

Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional 

Tim Penulis IKIP PGRI Semarang. 2011. GATI IKIP PGRI KU Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di IKIP PGRI Semarang. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press

Sapriya, D. Sundawa, dan I. Masyitoh. (2007). Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS SD. Bahan Belajar Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia. UPI Press Bandung

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Pendidikan IPS SD 2 ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing. 

Learning Outcomes

Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar

References

Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press 

Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press

Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional 

Bank, James  A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London

Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Puat Penerbitan Universitas Terbuka.

Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional 

Tim Penulis IKIP PGRI Semarang. 2011. GATI IKIP PGRI KU Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di IKIP PGRI Semarang. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press

Sapriya, D. Sundawa, dan I. Masyitoh. (2007). Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS SD. Bahan Belajar Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia. UPI Press Bandung

 


Details ...