Courser in English | EDUCATION OF SOCIAL SCIENCE FOR ELEMENTARY SCHOOL II |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 10 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah Pendidikan IPS SD 2 ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
|
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar |
Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London
Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Puat Penerbitan Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPS SD 2 ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
|
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar |
Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London
Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Puat Penerbitan Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPS SD 2 ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
|
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar |
Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London
Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Puat Penerbitan Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPS SD 2 ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
|
Memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar |
Supriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London
Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Puat Penerbitan Universitas Terbuka.
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPS SD 2 ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMemiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesSupriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London
Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Puat Penerbitan Universitas Terbuka.
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Tim Penulis IKIP PGRI Semarang. 2011. GATI IKIP PGRI KU Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di IKIP PGRI Semarang. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Sapriya, D. Sundawa, dan I. Masyitoh. (2007). Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS SD. Bahan Belajar Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia. UPI Press Bandung
Details ...
Mata kuliah Pendidikan IPS SD 2 ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang komponen utama aktivitas pembelajaran yang meliputi aspek perencanaan (planning), penerapan (implementing) dan penilaian (assesing) pendidikan IPS di kelas lanjut. Mata kuliah ini diorientasikan pada pengembangan analisis bahan ajar, pengembangan dimensi pengetahuan, dimensi keterampilan dan dimensi sikap/nilai dalam pembelajaran IPS untuk kelas lanjut (kelas empat sampai kelas enam SD). Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI) di kelas awal serta diharapkan mampu mendeskripsikan pengalaman lapangan mengenai aktivitas pembelajaran IPS di SD serta menemukan masalah dan memecahkannya berdasarkan landasan teori dan kebijakan serta kondisi sekolah masing-masing.
Learning OutcomesMemiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran tujuh bidang studi utama di sekolah dasar
ReferencesSupriatna, Nana., Mulyani,S dan Rokhayati,A,. (2007). Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Sapriya. 2009. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making. Longman New York and London
Suprijono, Agus. 2008. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD. Puat Penerbitan Universitas Terbuka.
Badan Penelitian dan pengembangan Pusat kurikulum. (2007). Naskah akademik Kajian kebijakan kurikulum Mata pelajaran Ilmu pengetahuan sosial (IPS). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Tim Penulis IKIP PGRI Semarang. 2011. GATI IKIP PGRI KU Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di IKIP PGRI Semarang. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Sapriya, D. Sundawa, dan I. Masyitoh. (2007). Pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar IPS SD. Bahan Belajar Mandiri Universitas Pendidikan Indonesia. UPI Press Bandung
Details ...