Courser in English | GEOGRAPHICAL INFORMATION SYSTEMS |
Program | Informatika |
SKS | 3 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang konsep sistem informasi geografis yang berfungsi untuk manajemen informasi khususnya untuk penyediaan data dan informasi bereferensi geografis atau geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu perencanaan berbasis Geospasial
Learning OutcomesMelalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat membangun Sistem Informasi Geografis serta dapat membuat sajian data dan informasi dalam bentuk peta geografis digital berbasis WEBGIS dengan menggunakan aplikasi atau program sistem informasi geografis (SIG)
ReferencesEko Budiyanto, Sistem Informasi Geografis menggunakan arc view, Andi, yogyakarta, 2005 (EB,SIG ArcView2005) Eddy Prahasta, Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Informatika Bandung 2002 (EP,KKDSIG,2002) Eddy Prahasta, Tutorial Arc View , Informatika Bandung 2002 (EP,Tut,2002) M.C. Roziqin, Sistem Informasi Geografis Menggunakan Quantum GIS , Mobius, Yogyakarta,2018. Eko Budi Setiawan, Sistem Informasi Geografis Berbasis WEB,Informatika, Bandung,2020.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep sistem informasi geografis yang berfungsi untuk manajemen informasi khususnya untuk penyediaan data dan informasi bereferensi geografis atau geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu perencanaan berbasis Geospasial
Learning OutcomesMelalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat membangun Sistem Informasi Geografis serta dapat membuat sajian data dan informasi dalam bentuk peta geografis digital berbasis WEBGIS dengan menggunakan aplikasi atau program sistem informasi geografis (SIG)
ReferencesEko Budiyanto, Sistem Informasi Geografis menggunakan arc view, Andi, yogyakarta, 2005 (EB,SIG ArcView2005) Eddy Prahasta, Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Informatika Bandung 2002 (EP,KKDSIG,2002) Eddy Prahasta, Tutorial Arc View , Informatika Bandung 2002 (EP,Tut,2002) M.C. Roziqin, Sistem Informasi Geografis Menggunakan Quantum GIS , Mobius, Yogyakarta,2018. Eko Budi Setiawan, Sistem Informasi Geografis Berbasis WEB,Informatika, Bandung,2020.
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep sistem informasi geografis yang berfungsi untuk manajemen informasi khususnya untuk penyediaan data dan informasi bereferensi geografis atau geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu perencanaan berbasis Geospasial
Learning OutcomesMelalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat membangun Sistem Informasi Geografis serta dapat membuat sajian data dan informasi dalam bentuk peta geografis digital berbasis WEBGIS dengan menggunakan aplikasi atau program sistem informasi geografis (SIG)
ReferencesEko Budiyanto, Sistem Informasi Geografis menggunakan arc view, Andi, yogyakarta, 2005 (EB,SIG ArcView2005) Eddy Prahasta, Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Informatika Bandung 2002 (EP,KKDSIG,2002) Eddy Prahasta, Tutorial Arc View , Informatika Bandung 2002 (EP,Tut,2002) M.C. Roziqin, Sistem Informasi Geografis Menggunakan Quantum GIS , Mobius, Yogyakarta,2018. Eko Budi Setiawan, Sistem Informasi Geografis Berbasis WEB,Informatika, Bandung,2020.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang definisi SIG, komponen SIG, format data, spatial referencing, konversi data, struktur data, basis data spasial, dan basis data atribut |
1. SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. Tambahan sikap yang harus dimiliki setiap lulusan sebagai Penciri PT :
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
2. KETRAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya,
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
3. KETRAMPILAN KHUSUS
- PROFIL PROGRAMMER
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Mampu mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware) dalam organisasi.
- Mampu mendesain, merancang maupun menganalisis bidang otomasi baik skala kecil maupun kontrol sistem dan perawatan serta pengembangannya, keamanan jaringan komputer, Embedded Systems, Digital SignalProcessing, Computer Systems Engineering,dan lain-lainnya.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
- Mampu menulis kode/syntax program yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep –konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak , serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan computer untuk memecahkan masalah tertentu.
- Mampu merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
- Mampu membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, kecerdasan buatan dan bahasa natural.
- Mampu menganalisa, merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
- PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna / customer.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Memiliki kemampuan untuk mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware).
- Mampu merancang dan mengaplikasikan business plan di bidang IT serta melakukan inovasi yang kreatif dalam mengembangkan metode bisnis berbasis IT antara lain dengan E-Commerce dan E-Business.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu computer .
- Mampu menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data .
- Mampu menganalisa , merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan system computer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan system computer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
4. PENGUASAAN PENGETAHUAN
-
- PROFIL PROGRAMMER
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi computer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi computer.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
-
- PROFIL PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentifikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Menguasai pengetahuan membuat bisnis plan dibidang IT.
- Menguasai metode e-commerce maupun e-business dan aplikasi ketrampilan membuat platform bisnis berbasis internet
1. Burrough P.A, Principle of GIS for Land Resources Assessment, Oxford, 1998
2. Christopher Jones, GIS and Computer Cartography, Longman England, 1999
3. Green D. and T. Bossomaier, Online GIS and spatial metadata. Taylor & Francis, 2002
4. Aronoff S., Geographic information systems: a management perspective. WDL Publications, 1989.
5. Kang-Tsung Chang, Introduction to Geogpahic Information Systems, Fourth Edition. Singapore. Mc Graw Hill.2008
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang definisi SIG, komponen SIG, format data, spatial referencing, konversi data, struktur data, basis data spasial, dan basis data atribut |
1. SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. Tambahan sikap yang harus dimiliki setiap lulusan sebagai Penciri PT :
- Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
2. KETRAMPILAN UMUM
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya,
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
3. KETRAMPILAN KHUSUS
- PROFIL PROGRAMMER
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Mampu mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware) dalam organisasi.
- Mampu mendesain, merancang maupun menganalisis bidang otomasi baik skala kecil maupun kontrol sistem dan perawatan serta pengembangannya, keamanan jaringan komputer, Embedded Systems, Digital SignalProcessing, Computer Systems Engineering,dan lain-lainnya.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu komputer.
- Mampu menulis kode/syntax program yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki berkaitan dengan konsep –konsep dasar pengembangan perangkat lunak dan kecakapan yang berhubungan dengan proses pengembangan perangkat lunak , serta mampu membuat program untuk meningkatkan efektivitas penggunaan computer untuk memecahkan masalah tertentu.
- Mampu merancang dan mengembangkan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra, serta dapat memvisualisasikannya.
- Mampu membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan komputer.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak dalam berbagai area yang berkaitan dengan bidang robotik, pengenalan suara, kecerdasan buatan dan bahasa natural.
- Mampu menganalisa, merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan sistem komputer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan sistem komputer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
- PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Mampu melakukan rancang bangun perangkat keras dan lunak (embedded system) dengan menggunakan metode, teknik dan alat bantu sesuai kebutuhan pengguna / customer.
- Mampu mengaplikasikan pengetahuan dasar ilmiah dan mekanisme kerja komputer sehingga mampu memecahkan masalah melalui pembuatan model solusi sistem berbasis komputer.
- Memiliki kemampuan untuk mengembangkan perancangan jaringan dan perangkat keras (hardware).
- Mampu merancang dan mengaplikasikan business plan di bidang IT serta melakukan inovasi yang kreatif dalam mengembangkan metode bisnis berbasis IT antara lain dengan E-Commerce dan E-Business.
- Mampu membangun aplikasi perangkat lunak yang berkaitan dengan pengetahuan ilmu computer .
- Mampu menulis kode yang diperlukan untuk digunakan sebagai instruksi dalam membangun aplikasi computer.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data .
- Mampu menganalisa , merancang dan menerapkan suatu system berbasis computer secara efisien untuk menyelesaikan masalah, menggunakan pemrograman procedural dan berorientasi object.
- Mampu membangun system jaringan computer dan system keamanannya serta melakukan pengelolaan secara kontinu terhadap proteksi profil yang ada.
- Mampu menganalisa dan mengembangkan system serta prosedur yang berkaitan dengan system computer serta memberikan rekomendasi yang berkaitan dengan system computer yang lebih efisien dan efektif.
- Mampu mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan non teknis.
4. PENGUASAAN PENGETAHUAN
-
- PROFIL PROGRAMMER
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Mampu menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi computer serta memanfaatkannya untuk menunjang aplikasi computer.
- Menguasai konsep-konsep yang berkaitan dengan pengembangan berbasis platform serta mampu mengembangkan program aplikasi berbasis platform untuk berbagai area.
-
- PROFIL PELAKU USAHA DIBIDANG INFORMATIKA
- Menguasai konsep-konsep matematika untuk memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan logika.
- Menguasai prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear serta metode numerik.
- Menguasai konsep dan ilmu probabilita dan statistik untuk mendukung dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai konsep dan teori konsep-konsep struktur diskrit, yang meliputi materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi.
- Menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, mengidentifikasi model-model bahasa pemrograman, serta membandingkan berbagai solusi.
- Menguasai teori dasar arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan.
- Menguasai bidang fokus pengetahuan ilmu komputer serta mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Menguasai metodologi pengembangan sistem, yaitu perencanaan, desain, penerapan, pengujian dan pemelihaan sistem.
- Menguasai konsep-konsep algoritma dan kompleksitas, meliputi konsep-konsep sentral dan kecakapan yang dibutuhkan untuk merancang, menerapkan dan menganalisis algoritma untuk menyelesaikan masalah.
- Menguasai konsep dan prinsip algoritma serta teori ilmu komputer yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis komputer.
- Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
- Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
- Menguasai pengetahuan membuat bisnis plan dibidang IT.
- Menguasai metode e-commerce maupun e-business dan aplikasi ketrampilan membuat platform bisnis berbasis internet
1. Burrough P.A, Principle of GIS for Land Resources Assessment, Oxford, 1998
2. Christopher Jones, GIS and Computer Cartography, Longman England, 1999
3. Green D. and T. Bossomaier, Online GIS and spatial metadata. Taylor & Francis, 2002
4. Aronoff S., Geographic information systems: a management perspective. WDL Publications, 1989.
5. Kang-Tsung Chang, Introduction to Geogpahic Information Systems, Fourth Edition. Singapore. Mc Graw Hill.2008
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep sistem informasi geografis yang berfungsi untuk manajemen informasi khususnya untuk penyediaan data dan informasi bereferensi geografis atau geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu perencanaan.
Learning OutcomesMelalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep sistem Sistem Informasi Geografis serta dapat membuat sajian data dan informasi dalam bentuk peta geografis digital dengan menggunakan aplikasi atau program sistem informasi geografis (SIG)
References- Eko Budiyanto, Sistem Informasi Geografis menggunakan arc view, Andi, yogyakarta, 2005 (EB,SIG ArcView2005)
- Eddy Prahasta, Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Informatika Bandung 2002 (EP,KKDSIG,2002)
- Eddy Prahasta, Tutorial Arc View , Informatika Bandung 2002 (EP,Tut,2002)
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep sistem informasi geografis yang berfungsi untuk manajemen informasi khususnya untuk penyediaan data dan informasi bereferensi geografis atau geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu perencanaan.
Learning OutcomesMelalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep sistem Sistem Informasi Geografis serta dapat membuat sajian data dan informasi dalam bentuk peta geografis digital dengan menggunakan aplikasi atau program sistem informasi geografis (SIG)
References- Eko Budiyanto, Sistem Informasi Geografis menggunakan arc view, Andi, yogyakarta, 2005 (EB,SIG ArcView2005)
- Eddy Prahasta, Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Informatika Bandung 2002 (EP,KKDSIG,2002)
- Eddy Prahasta, Tutorial Arc View , Informatika Bandung 2002 (EP,Tut,2002)
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep sistem informasi geografis yang berfungsi untuk manajemen informasi khususnya untuk penyediaan data dan informasi bereferensi geografis atau geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu perencanaan.
Learning OutcomesMelalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep sistem Sistem Informasi Geografis serta dapat membuat sajian data dan informasi dalam bentuk peta geografis digital dengan menggunakan aplikasi atau program sistem informasi geografis (SIG)
References- Eko Budiyanto, Sistem Informasi Geografis menggunakan arc view, Andi, yogyakarta, 2005 (EB,SIG ArcView2005)
- Eddy Prahasta, Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Informatika Bandung 2002 (EP,KKDSIG,2002)
- Eddy Prahasta, Tutorial Arc View , Informatika Bandung 2002 (EP,Tut,2002)
Details ...
Mata kuliah ini membahas tentang konsep sistem informasi geografis yang berfungsi untuk manajemen informasi khususnya untuk penyediaan data dan informasi bereferensi geografisatau geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu perencanaan.
Learning OutcomesMelalui matakuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep sistem Sistem Informasi Geografis serta dapat membuat sajian data dan informasi dalam bentuk peta geografis digital dengan menggunakan aplikasi atau program sistem informasi geografis (SIG).
References- Eko Budiyanto, Sistem Informasi Geografis menggunakan arc view, Andi, yogyakarta, 2005 (EB,SIG ArcView2005)
- Eddy Prahasta, Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Informatika Bandung 2002 (EP,KKDSIG,2002)
- Eddy Prahasta, Memahami Map Info , Informatika Bandung 2002 (EP,Tut,2002).
- Aditya L. Ramadona, Hari Kusnanto, Open Source GIS Aplikasi GIS Untuk Sistem Informasi Lingkungan, BPFE Yogyakarta, 2012
Details ...