Courser in English | PLAYING AND GAMES |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 3 SKS |
RPS | 16 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
mempelajari tentang konsep bermain dan permianan pada anak usia dini
Learning Outcomes.
References.
Details ...
mempelajari tentang konsep bermain dan permianan pada anak usia dini
Learning Outcomes.
References.
Details ...
mempelajari tentang konsep bermain dan permianan pada anak usia dini
Learning Outcomes.
References.
Details ...
mempelajari tentang konsep bermain dan permianan pada anak usia dini
Learning Outcomes.
References.
Details ...
mempelajari tentang konsep bermain dan permianan pada anak usia dini
Learning Outcomes.
References.
Details ...
Mata kuliah Bermain membahas secara mendalam konsep bermain, manfaat, dan bentuknya pada anak usia dini.
Diawali dengan penyampaian dan diskusi tentang konsep, hakikat dan teori bermain, diharapkan mahasiswa dapat memberi contoh yang dapat dilakukan anak anak. Topik bahasan berikutnya adalah mahasiswa mengkaitkan antara bermain dan perkembangan anak, sehingga kegiatan bermain sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. Mahasiswa diajak untuk mengenali, dan menganalisa jenis jenis bermain yang sesuai dengan tema, karakteristik kurikulum lembaga dan usia anak.
Mahasiswa diajak untuk memecahkan masalah cara bermain sesuai usia dan kebutuhan anak dan mengasah keterampilan berpikir kritis anak, sehingga mahasiswa mampu menciptakan produk alat Permainanan Edukatif yang baru, kreatif dan inovatif
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mengetahui hakikat, prinsip, dan teori bermain dalam pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK2 |
Mengimplementasikan konsep bermain dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik bermain berbasis tingkat pencapaian perkembangan anak dengan dilandasi nilai-nilai akademik ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK3 |
Mengembangkan kegiatan bermain yang sesuai aspek perkembangan anak dan membangun ketrampilan berpikir kiritis (HOTS) dalam proses pembelajaran dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK4 |
Menganalisa alat permainan edukatif dan kegiatan bermain yang telah diimplementasikan dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK5 |
Mengevaluasi alat permainan edukatif dan kegiatan bermain secara bertanggung jawab ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK6 |
Menciptakan alat permainan edukatif dan kegiatan bermain baru yang kreatif inovatif, melalui pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
- Fleer, Marylin. 2007. Play and Pedagogy. Pearson: Merill: Prentice Hall .
- Santrock,2008, Life Span Development 1, Jakarta: Erlangga.
- Van Horn, Judith. (2010). Play At The Curriculum. Pearson: Merill Prentice Hall .
- Martin, Barbara. (2011). Children At Play. Learning gender in The Early Yaers.British Library. Trentham Books
- Mutiah, Diana (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana. Jakarta
- Tedjasaputra. 2005. Bermain, Mainan, dan Permainan, Jakarta: PT Grasindo
Sumber lainnya
Details ...
Mata kuliah Bermain membahas secara mendalam konsep bermain, manfaat, dan bentuknya pada anak usia dini.
Diawali dengan penyampaian dan diskusi tentang konsep, hakikat dan teori bermain, diharapkan mahasiswa dapat memberi contoh yang dapat dilakukan anak anak. Topik bahasan berikutnya adalah mahasiswa mengkaitkan antara bermain dan perkembangan anak, sehingga kegiatan bermain sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. Mahasiswa diajak untuk mengenali, dan menganalisa jenis jenis bermain yang sesuai dengan tema, karakteristik kurikulum lembaga dan usia anak.
Mahasiswa diajak untuk memecahkan masalah cara bermain sesuai usia dan kebutuhan anak dan mengasah keterampilan berpikir kritis anak, sehingga mahasiswa mampu menciptakan produk alat Permainanan Edukatif yang baru, kreatif dan inovatif
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mengetahui hakikat, prinsip, dan teori bermain dalam pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK2 |
Mengimplementasikan konsep bermain dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik bermain berbasis tingkat pencapaian perkembangan anak dengan dilandasi nilai-nilai akademik ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK3 |
Mengembangkan kegiatan bermain yang sesuai aspek perkembangan anak dan membangun ketrampilan berpikir kiritis (HOTS) dalam proses pembelajaran dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK4 |
Menganalisa alat permainan edukatif dan kegiatan bermain yang telah diimplementasikan dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK5 |
Mengevaluasi alat permainan edukatif dan kegiatan bermain secara bertanggung jawab ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK6 |
Menciptakan alat permainan edukatif dan kegiatan bermain baru yang kreatif inovatif, melalui pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
- Fleer, Marylin. 2007. Play and Pedagogy. Pearson: Merill: Prentice Hall .
- Santrock,2008, Life Span Development 1, Jakarta: Erlangga.
- Van Horn, Judith. (2010). Play At The Curriculum. Pearson: Merill Prentice Hall .
- Martin, Barbara. (2011). Children At Play. Learning gender in The Early Yaers.British Library. Trentham Books
- Mutiah, Diana (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana. Jakarta
- Tedjasaputra. 2005. Bermain, Mainan, dan Permainan, Jakarta: PT Grasindo
Sumber lainnya
Details ...
Mata kuliah Bermain membahas secara mendalam konsep bermain, manfaat, dan bentuknya pada anak usia dini.
Diawali dengan penyampaian dan diskusi tentang konsep, hakikat dan teori bermain, diharapkan mahasiswa dapat memberi contoh yang dapat dilakukan anak anak. Topik bahasan berikutnya adalah mahasiswa mengkaitkan antara bermain dan perkembangan anak, sehingga kegiatan bermain sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. Mahasiswa diajak untuk mengenali, dan menganalisa jenis jenis bermain yang sesuai dengan tema, karakteristik kurikulum lembaga dan usia anak.
Mahasiswa diajak untuk memecahkan masalah cara bermain sesuai usia dan kebutuhan anak dan mengasah keterampilan berpikir kritis anak, sehingga mahasiswa mampu menciptakan produk alat Permainanan Edukatif yang baru, kreatif dan inovatif
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mengetahui hakikat, prinsip, dan teori bermain dalam pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK2 |
Mengimplementasikan konsep bermain dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik bermain berbasis tingkat pencapaian perkembangan anak dengan dilandasi nilai-nilai akademik ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK3 |
Mengembangkan kegiatan bermain yang sesuai aspek perkembangan anak dan membangun ketrampilan berpikir kiritis (HOTS) dalam proses pembelajaran dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK4 |
Menganalisa alat permainan edukatif dan kegiatan bermain yang telah diimplementasikan dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK5 |
Mengevaluasi alat permainan edukatif dan kegiatan bermain secara bertanggung jawab ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK6 |
Menciptakan alat permainan edukatif dan kegiatan bermain baru yang kreatif inovatif, melalui pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
- Fleer, Marylin. 2007. Play and Pedagogy. Pearson: Merill: Prentice Hall .
- Santrock,2008, Life Span Development 1, Jakarta: Erlangga.
- Van Horn, Judith. (2010). Play At The Curriculum. Pearson: Merill Prentice Hall .
- Martin, Barbara. (2011). Children At Play. Learning gender in The Early Yaers.British Library. Trentham Books
- Mutiah, Diana (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana. Jakarta
- Tedjasaputra. 2005. Bermain, Mainan, dan Permainan, Jakarta: PT Grasindo
Sumber lainnya
Details ...
Mata kuliah Bermain membahas secara mendalam konsep bermain, manfaat, dan bentuknya pada anak usia dini.
Diawali dengan penyampaian dan diskusi tentang konsep, hakikat dan teori bermain, diharapkan mahasiswa dapat memberi contoh yang dapat dilakukan anak anak. Topik bahasan berikutnya adalah mahasiswa mengkaitkan antara bermain dan perkembangan anak, sehingga kegiatan bermain sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. Mahasiswa diajak untuk mengenali, dan menganalisa jenis jenis bermain yang sesuai dengan tema, karakteristik kurikulum lembaga dan usia anak.
Mahasiswa diajak untuk memecahkan masalah cara bermain sesuai usia dan kebutuhan anak dan mengasah keterampilan berpikir kritis anak, sehingga mahasiswa mampu menciptakan produk alat Permainanan Edukatif yang baru, kreatif dan inovatif
Learning Outcomes
CPMK1 |
Mengetahui hakikat, prinsip, dan teori bermain dalam pembelajaran dengan menunjukkan kepribadian yang unggul ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK2 |
Mengimplementasikan konsep bermain dalam pembelajaran untuk mengidentifikasi karakteristik bermain berbasis tingkat pencapaian perkembangan anak dengan dilandasi nilai-nilai akademik ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK3 |
Mengembangkan kegiatan bermain yang sesuai aspek perkembangan anak dan membangun ketrampilan berpikir kiritis (HOTS) dalam proses pembelajaran dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK4 |
Menganalisa alat permainan edukatif dan kegiatan bermain yang telah diimplementasikan dengan sikap ilmiah dan penuh tanggungjawab ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK5 |
Mengevaluasi alat permainan edukatif dan kegiatan bermain secara bertanggung jawab ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
CPMK6 |
Menciptakan alat permainan edukatif dan kegiatan bermain baru yang kreatif inovatif, melalui pemikiran yang logis, kritis, dan sistematis ( S9, P4, P5, P6, P15, P16, KU3, KU, KK5,KK6) |
- Fleer, Marylin. 2007. Play and Pedagogy. Pearson: Merill: Prentice Hall .
- Santrock,2008, Life Span Development 1, Jakarta: Erlangga.
- Van Horn, Judith. (2010). Play At The Curriculum. Pearson: Merill Prentice Hall .
- Martin, Barbara. (2011). Children At Play. Learning gender in The Early Yaers.British Library. Trentham Books
- Mutiah, Diana (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana. Jakarta
- Tedjasaputra. 2005. Bermain, Mainan, dan Permainan, Jakarta: PT Grasindo
Sumber lainnya
Details ...
Mata kuliah Bermain membahas secara mendalam konsep bermain, manfaat, dan bentuknya pada anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengantar konsep dan teori bermain, (2) bermain dan perkembangan anak, (3) perkembangan dan jenis bermain, (4) kegiatan bermain di dalam dan luar sekolah, (5) lingkungan dan alat bermain, (6) Terapi bermain.
Learning Outcomes
- Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi.
- Memilih pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
- Setelah mengikuti mata kuliah Bermain dan Permainan,
- mahasiswa mampu memahami hakikat bermain dan permainan anak usia dini,
- strategi pengembangan kegiatan bermain,
- merancang kegiatan bermain yang sesuai tahap perkembangan, bermakna dan menyenangkan bagi anak
- Fleer, Marylin. 2007. Play and Pedagogy. Pearson: Merill: Prentice Hall .
- Santrock,2008, Life Span Development 1, Jakarta: Erlangga.
- Van Horn, Judith. (2010). Play At The Curriculum. Pearson: Merill Prentice Hall .
- Martin, Barbara. (2011). Children At Play. Learning gender in The Early Yaers.British Library. Trentham Books
- Mutiah, Diana (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana. Jakarta
- Tedjasaputra. 2005. Bermain, Mainan, dan Permainan, Jakarta: PT Grasindo
Details ...
Mata kuliah Bermain membahas secara mendalam konsep bermain, manfaat, dan bentuknya pada anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengantar konsep dan teori bermain, (2) bermain dan perkembangan anak, (3) perkembangan dan jenis bermain, (4) kegiatan bermain di dalam dan luar sekolah, (5) lingkungan dan alat bermain, (6) Terapi bermain.
Learning Outcomes
CPL PRODI |
|
|
|
CP-MK |
|
Setelah mengikuti mata kuliah Bermain dan Permainan, mahasiswa mampu memahami hakikat bermain dan permainan anak usia dini, strategi pengembangan kegiatan bermain, merancang kegiatan bermain yang sesuai tahap perkembangan, bermakna dan menyenangkan bagi anak
|
- Fleer, Marylin. 2007. Play and Pedagogy. Pearson: Merill: Prentice Hall .
- Santrock,2008, Life Span Development 1, Jakarta: Erlangga.
- Van Horn, Judith. (2010). Play At The Curriculum. Pearson: Merill Prentice Hall .
- Martin, Barbara. (2011). Children At Play. Learning gender in The Early Yaers.British Library. Trentham Books
- Mutiah, Diana (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana. Jakarta
- Tedjasaputra. 2005. Bermain, Mainan, dan Permainan, Jakarta: PT Grasindo
Details ...
Mata kuliah Bermain membahas secara mendalam konsep bermain, manfaat, dan bentuknya pada anak usia dini. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) pengantar konsep dan teori bermain, (2) bermain dan perkembangan anak, (3) perkembangan dan jenis bermain, (4) kegiatan bermain di dalam dan luar sekolah, (5) lingkungan dan alat bermain, (6) Terapi bermain.
Learning Outcomes
CPL PRODI |
|
|
|
CP-MK |
|
Setelah mengikuti mata kuliah Bermain dan Permainan, mahasiswa mampu memahami hakikat bermain dan permainan anak usia dini, strategi pengembangan kegiatan bermain, merancang kegiatan bermain yang sesuai tahap perkembangan, bermakna dan menyenangkan bagi anak
|
- Fleer, Marylin. 2007. Play and Pedagogy. Pearson: Merill: Prentice Hall .
- Santrock,2008, Life Span Development 1, Jakarta: Erlangga.
- Van Horn, Judith. (2010). Play At The Curriculum. Pearson: Merill Prentice Hall .
- Martin, Barbara. (2011). Children At Play. Learning gender in The Early Yaers.British Library. Trentham Books
- Mutiah, Diana (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana. Jakarta
- Tedjasaputra. 2005. Bermain, Mainan, dan Permainan, Jakarta: PT Grasindo
Details ...