Courser in English | Social Science Learning In Early Childhood |
Program | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat dan karakteristik Pendidikan IPS, Tujuan IPS, Konsep IPS di Indonesia, konten/materi IPSpada AUD meliputi demografi, ekonomi, sejarah dan sosial budaya. pembelajaran IPS sebagai pendidikan nilai pada AUD, paradigma pengajaran danpembelajaran IPS, strategipembelajaran di PAUD, keterampilan sosial anak PAUD,karakteristik keterampilan sosial serta faktor-faktor yang mempengaruhinya,melatihkan keterampilan sosial bagi AUD, lingkungan sekitar sebagai media dan sumber belajar bagi AUD, proses pembentukanketerampilan sosial anak usia dini, pengukuran prilaku sosial anak. Evaluasi pembelajaran dilakukan menyusun perencanaan pembelajaran ,melalui praktek dan evaluasi pembelajaran IPS.
Learning Outcomes
mahasiswa mampu mengembangkan program pembelajaran IPS AUD dan penerapannya di lembaga PAUD
ReferencesReferensi:
Moeslichatoen R., (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Conny R. Semiawan (2002). Belajar dan Pembelajaran Taraf Usia Dini. Prenhillindo, Jakarta.
Daeng Sari, Dini (1996). Metode Mengajar di TK. Jakarta. Depdikbud.
Dasim Budimansyah, Dkk. (2008). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. PT Genesindo. Bandung.
Diah Harianti, (1994). Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud
Dirjen Diknas dan Menengah Direktur Pend. TK dan SD. (2007). Kurikulum
Pendidikan Taman Kanak-kanak dan PedomanPenyusunan Silabus BP. Cipta Jaya Jakarta
Jamaris, Martini. (2005). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.
Gerungan, W.A (1986). Psikologi Sosial. Jakarta: Eresco
Masitoh, et al. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Jakarta.
Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan PT
Muhaimin, Akhmad (2010). Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak. Jakarta: Katahati.
Patmonodew, S (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Solehuddin, M. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: FIP UPI
Yunus Abidin.(2009). Bermain. Pengantar bagi Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Cicle Time (BCCT) dalam DimensiPAUD. Rizki Press.
Hurlock, E. (terjemahan Meitasari Tjandrasa (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta. Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat dan karakteristik Pendidikan IPS, Tujuan IPS, Konsep IPS di Indonesia, konten/materi IPSpada AUD meliputi demografi, ekonomi, sejarah dan sosial budaya. pembelajaran IPS sebagai pendidikan nilai pada AUD, paradigma pengajaran danpembelajaran IPS, strategipembelajaran di PAUD, keterampilan sosial anak PAUD,karakteristik keterampilan sosial serta faktor-faktor yang mempengaruhinya,melatihkan keterampilan sosial bagi AUD, lingkungan sekitar sebagai media dan sumber belajar bagi AUD, proses pembentukanketerampilan sosial anak usia dini, pengukuran prilaku sosial anak. Evaluasi pembelajaran dilakukan menyusun perencanaan pembelajaran ,melalui praktek dan evaluasi pembelajaran IPS.
Learning Outcomes
mahasiswa mampu mengembangkan program pembelajaran IPS AUD dan penerapannya di lembaga PAUD
ReferencesReferensi:
Moeslichatoen R., (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Conny R. Semiawan (2002). Belajar dan Pembelajaran Taraf Usia Dini. Prenhillindo, Jakarta.
Daeng Sari, Dini (1996). Metode Mengajar di TK. Jakarta. Depdikbud.
Dasim Budimansyah, Dkk. (2008). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. PT Genesindo. Bandung.
Diah Harianti, (1994). Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud
Dirjen Diknas dan Menengah Direktur Pend. TK dan SD. (2007). Kurikulum
Pendidikan Taman Kanak-kanak dan PedomanPenyusunan Silabus BP. Cipta Jaya Jakarta
Jamaris, Martini. (2005). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.
Gerungan, W.A (1986). Psikologi Sosial. Jakarta: Eresco
Masitoh, et al. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Jakarta.
Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan PT
Muhaimin, Akhmad (2010). Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak. Jakarta: Katahati.
Patmonodew, S (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Solehuddin, M. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: FIP UPI
Yunus Abidin.(2009). Bermain. Pengantar bagi Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Cicle Time (BCCT) dalam DimensiPAUD. Rizki Press.
Hurlock, E. (terjemahan Meitasari Tjandrasa (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta. Erlangga
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat dan karakteristik Pendidikan IPS, Tujuan IPS, Konsep IPS di Indonesia, konten/materi IPSpada AUD meliputi demografi, ekonomi, sejarah dan sosial budaya. pembelajaran IPS sebagai pendidikan nilai pada AUD, paradigma pengajaran danpembelajaran IPS, strategipembelajaran di PAUD, keterampilan sosial anak PAUD,karakteristik keterampilan sosial serta faktor-faktor yang mempengaruhinya,melatihkan keterampilan sosial bagi AUD, lingkungan sekitar sebagai media dan sumber belajar bagi AUD, proses pembentukanketerampilan sosial anak usia dini, pengukuran prilaku sosial anak. Evaluasi pembelajaran dilakukan menyusun perencanaan pembelajaran ,melalui praktek dan evaluasi pembelajaran IPS.
Learning Outcomes
mahasiswa mampu mengembangkan program pembelajaran IPS AUD dan penerapannya di lembaga PAUD
ReferencesReferensi:
Moeslichatoen R., (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Conny R. Semiawan (2002). Belajar dan Pembelajaran Taraf Usia Dini. Prenhillindo, Jakarta.
Daeng Sari, Dini (1996). Metode Mengajar di TK. Jakarta. Depdikbud.
Dasim Budimansyah, Dkk. (2008). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. PT Genesindo. Bandung.
Diah Harianti, (1994). Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud
Dirjen Diknas dan Menengah Direktur Pend. TK dan SD. (2007). Kurikulum
Pendidikan Taman Kanak-kanak dan PedomanPenyusunan Silabus BP. Cipta Jaya Jakarta
Jamaris, Martini. (2005). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.
Gerungan, W.A (1986). Psikologi Sosial. Jakarta: Eresco
Masitoh, et al. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Jakarta.
Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan PT
Muhaimin, Akhmad (2010). Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak. Jakarta: Katahati.
Patmonodew, S (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Solehuddin, M. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: FIP UPI
Yunus Abidin.(2009). Bermain. Pengantar bagi Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Cicle Time (BCCT) dalam DimensiPAUD. Rizki Press.
Hurlock, E. (terjemahan Meitasari Tjandrasa (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta. Erlangga
Details ...