Pembelajaran IPS AUD, Curriculum : 2010


Courser in EnglishSocial Science Learning In Early Childhood
ProgramPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
SKS2 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat dan karakteristik Pendidikan IPS, Tujuan IPS, Konsep IPS di Indonesia, konten/materi IPSpada AUD meliputi demografi, ekonomi, sejarah dan sosial budaya.  pembelajaran IPS sebagai pendidikan nilai pada AUD, paradigma pengajaran danpembelajaran IPS, strategipembelajaran di PAUD, keterampilan sosial anak  PAUD,karakteristik keterampilan sosial serta faktor-faktor yang mempengaruhinya,melatihkan keterampilan sosial bagi AUD, lingkungan sekitar sebagai media dan sumber belajar bagi AUD, proses pembentukanketerampilan sosial anak usia dini, pengukuran prilaku sosial anak. Evaluasi pembelajaran dilakukan menyusun perencanaan pembelajaran ,melalui praktek dan evaluasi pembelajaran IPS.

 

Learning Outcomes

mahasiswa mampu mengembangkan program pembelajaran IPS AUD dan penerapannya di lembaga PAUD

References

Referensi:

Moeslichatoen R., (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Conny R. Semiawan (2002). Belajar dan Pembelajaran Taraf Usia Dini. Prenhillindo, Jakarta.

Daeng Sari, Dini (1996). Metode Mengajar di TK. Jakarta. Depdikbud.

Dasim Budimansyah, Dkk. (2008). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. PT Genesindo. Bandung.

Diah Harianti, (1994). Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud

Dirjen Diknas dan Menengah Direktur Pend. TK dan SD. (2007). Kurikulum

Pendidikan Taman Kanak-kanak dan PedomanPenyusunan Silabus BP. Cipta Jaya Jakarta

Jamaris, Martini. (2005). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.

Gerungan, W.A (1986). Psikologi Sosial. Jakarta: Eresco

Masitoh, et al. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan PT

Muhaimin, Akhmad (2010). Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak. Jakarta: Katahati.

Patmonodew, S (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Solehuddin, M. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: FIP UPI

Yunus Abidin.(2009). Bermain. Pengantar bagi Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Cicle Time (BCCT) dalam DimensiPAUD. Rizki Press.

Hurlock, E. (terjemahan Meitasari Tjandrasa (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta. Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat dan karakteristik Pendidikan IPS, Tujuan IPS, Konsep IPS di Indonesia, konten/materi IPSpada AUD meliputi demografi, ekonomi, sejarah dan sosial budaya.  pembelajaran IPS sebagai pendidikan nilai pada AUD, paradigma pengajaran danpembelajaran IPS, strategipembelajaran di PAUD, keterampilan sosial anak  PAUD,karakteristik keterampilan sosial serta faktor-faktor yang mempengaruhinya,melatihkan keterampilan sosial bagi AUD, lingkungan sekitar sebagai media dan sumber belajar bagi AUD, proses pembentukanketerampilan sosial anak usia dini, pengukuran prilaku sosial anak. Evaluasi pembelajaran dilakukan menyusun perencanaan pembelajaran ,melalui praktek dan evaluasi pembelajaran IPS.

 

Learning Outcomes

mahasiswa mampu mengembangkan program pembelajaran IPS AUD dan penerapannya di lembaga PAUD

References

Referensi:

Moeslichatoen R., (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Conny R. Semiawan (2002). Belajar dan Pembelajaran Taraf Usia Dini. Prenhillindo, Jakarta.

Daeng Sari, Dini (1996). Metode Mengajar di TK. Jakarta. Depdikbud.

Dasim Budimansyah, Dkk. (2008). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. PT Genesindo. Bandung.

Diah Harianti, (1994). Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud

Dirjen Diknas dan Menengah Direktur Pend. TK dan SD. (2007). Kurikulum

Pendidikan Taman Kanak-kanak dan PedomanPenyusunan Silabus BP. Cipta Jaya Jakarta

Jamaris, Martini. (2005). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.

Gerungan, W.A (1986). Psikologi Sosial. Jakarta: Eresco

Masitoh, et al. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan PT

Muhaimin, Akhmad (2010). Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak. Jakarta: Katahati.

Patmonodew, S (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Solehuddin, M. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: FIP UPI

Yunus Abidin.(2009). Bermain. Pengantar bagi Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Cicle Time (BCCT) dalam DimensiPAUD. Rizki Press.

Hurlock, E. (terjemahan Meitasari Tjandrasa (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta. Erlangga


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat dan karakteristik Pendidikan IPS, Tujuan IPS, Konsep IPS di Indonesia, konten/materi IPSpada AUD meliputi demografi, ekonomi, sejarah dan sosial budaya.  pembelajaran IPS sebagai pendidikan nilai pada AUD, paradigma pengajaran danpembelajaran IPS, strategipembelajaran di PAUD, keterampilan sosial anak  PAUD,karakteristik keterampilan sosial serta faktor-faktor yang mempengaruhinya,melatihkan keterampilan sosial bagi AUD, lingkungan sekitar sebagai media dan sumber belajar bagi AUD, proses pembentukanketerampilan sosial anak usia dini, pengukuran prilaku sosial anak. Evaluasi pembelajaran dilakukan menyusun perencanaan pembelajaran ,melalui praktek dan evaluasi pembelajaran IPS.

 

Learning Outcomes

mahasiswa mampu mengembangkan program pembelajaran IPS AUD dan penerapannya di lembaga PAUD

References

Referensi:

Moeslichatoen R., (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Conny R. Semiawan (2002). Belajar dan Pembelajaran Taraf Usia Dini. Prenhillindo, Jakarta.

Daeng Sari, Dini (1996). Metode Mengajar di TK. Jakarta. Depdikbud.

Dasim Budimansyah, Dkk. (2008). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. PT Genesindo. Bandung.

Diah Harianti, (1994). Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdikbud

Dirjen Diknas dan Menengah Direktur Pend. TK dan SD. (2007). Kurikulum

Pendidikan Taman Kanak-kanak dan PedomanPenyusunan Silabus BP. Cipta Jaya Jakarta

Jamaris, Martini. (2005). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.

Gerungan, W.A (1986). Psikologi Sosial. Jakarta: Eresco

Masitoh, et al. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Jakarta.

Depdiknas, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi,Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan PT

Muhaimin, Akhmad (2010). Mengembangkan Kecerdasan Sosial bagi Anak. Jakarta: Katahati.

Patmonodew, S (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Solehuddin, M. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: FIP UPI

Yunus Abidin.(2009). Bermain. Pengantar bagi Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Cicle Time (BCCT) dalam DimensiPAUD. Rizki Press.

Hurlock, E. (terjemahan Meitasari Tjandrasa (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta. Erlangga


Details ...