Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Curriculum : 2020


Courser in EnglishLEARNING MATERIAL DEV. OF INDONESIAN LANGUAGE & LITERATURE EDUCATION
ProgramPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2
SKS2 SKS
RPS2 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia melalui pengetahuan dan ketrampilan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan perancangan bahan ajar. Selain itu melalui mata kuliah ini juga dikembangkan kemampuan dalam melakukan adaptasi dan penyerapan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diaplikasikan dalam praktik pengembangan bahan ajar dalam ragam bentuk dan memiliki fungsi serta kualitas yang sesuai dengan standar Pendidikan yang berlaku. Beberapa hal yang didalami dan dikembangkan adalah terkait konsep dasar bahan ajar, ragam konsep pengembangan bahan ajar, kajian pra perancangan bahan ajar, kajian implementasi dan analisis visibiltas hasil pengembangan bahan ajar, hingga pada factor pemenuhan kebutuhan dan assesmen produk hasil pengembangan.

Learning Outcomes

  1. S1 bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
  2. S8 menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  3. S9 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  4. KU1 mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis   atau   bentuk   lain   yang setara, dan diunggah  dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional
  5. KU7 mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
  6. KK2 Terampil menerapkan pemahaman filosofi keilmuan yang didalami dalam perancanaan, pengembangan, dan evaluasi pendidikan yang profesional.
  7. KK3 Terampil menerapkan ilmu pengetahuan kebahasaan dan kesastraan untuk menghasilkan temuan berkualitas di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  8. P1 Menguasai pengetahuan konsep landasan perencanaan pengembangan dan evaluasi pendidikan untuk mendukung implementasi pengetahuan pada pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di satuan pendidikan formal maupun non formal

References

  1. Depdiknas. 2004. Pedoman Penulisan Bahan Ajar Berwawasan Gender. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Muslich, Masnur. 2008. Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, Pemakaian Buku Teks, dan Penilaian Buku Teks. Jakarta: Bumi Aksara
  3. Brown, J.B. 1988. Textbook Evaluation Form. http://www.timetabler.com/reading. html. (12/07/07).
  4. Cunningsworth, Alan. 1995. Coosing your Coursebook. Oxford: Heinemann.
  5. Houtz, H.E. 1995. “Score Sheet for Selecting Textboks.” Dalam Reading for Today’s Children. New York: Macmillan.
  6. Johnson, K. 2002. Selecting Coursebook. http://www.timetabler.com/reading.html. (12/07/07).
  7. O’Neill, R. 1990. “Why Use Texboks?” Dalam R. Rossner and R. Bolitho (Eds.). Currents in Langauge Teaching. Oxford University Press.
  8. Prastowo, Andi. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana
  9. Pusat Perbukuan. 2006. Pedoman Penulisan Buku Pelajaran: Penjelasan Standar Mutu Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini mempelajari anatorni kurikulum, dasar-dasar pengembangan kurikulum, menentukan apa yang akan diajarkan sesuai kurikulum (arena dalam menentukan apa yang akan diajarkan, unsur-unsur dalam pengembangan kurikulum, model untuk menentukan apa yang ajarkan). pemilihan dan pengembangan kesempatan belajar (menghadapi konflik dalam pengembangan kurikulum, kriteria dalam memilih kegiatan belajar, mengembangkan kesempatan belajar), mendesain kurikulum (pengorganisasian struktur dan unsur-unsur materi pelajaran, prinsip dalam hal menentukan urutan, prinsip-prinsip dalam memadukan materi pelajaran.

Learning Outcomes

Menguasai anatorni kurikulum, dasar-dasar pengembangan kurikulum, menentukan apa yang akan diajarkan sesuai kurikulum (arena dalam menentukan apa yang akan diajarkan, unsur-unsur dalam pengembangan kurikulum, model untuk menentukan apa yang ajarkan). pemilihan dan pengembangan kesempatan belajar (menghadapi konflik dalam pengembangan kurikulum, kriteria dalam memilih kegiatan belajar, mengembangkan kesempatan belajar), mendesain kurikulum (pengorganisasian struktur dan unsur-unsur materi pelajaran, prinsip dalam hal menentukan urutan, prinsip-prinsip dalam memadukan materi pelajaran.

References

Me Neil John D., 1984, Curriculum A Comprehensive Introduction, Boston-Toronto, Little Brown and Company. Zais Robert S., 1976, Curriculum Principles and Foundation, Toronto, Harper and Row. Ronald C. Doll, 1978, Curriculum Improvement Decission Making and Process, SydneyToronto, Allyn and Bacon, Inc. Nana Syaodih S., 2001, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.


Details ...