Courser in English | LEARNING MATERIAL DEV. OF INDONESIAN LANGUAGE & LITERATURE EDUCATION |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S2 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 2 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia melalui pengetahuan dan ketrampilan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan perancangan bahan ajar. Selain itu melalui mata kuliah ini juga dikembangkan kemampuan dalam melakukan adaptasi dan penyerapan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diaplikasikan dalam praktik pengembangan bahan ajar dalam ragam bentuk dan memiliki fungsi serta kualitas yang sesuai dengan standar Pendidikan yang berlaku. Beberapa hal yang didalami dan dikembangkan adalah terkait konsep dasar bahan ajar, ragam konsep pengembangan bahan ajar, kajian pra perancangan bahan ajar, kajian implementasi dan analisis visibiltas hasil pengembangan bahan ajar, hingga pada factor pemenuhan kebutuhan dan assesmen produk hasil pengembangan.
Learning Outcomes
|
- Depdiknas. 2004. Pedoman Penulisan Bahan Ajar Berwawasan Gender. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
- Muslich, Masnur. 2008. Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, Pemakaian Buku Teks, dan Penilaian Buku Teks. Jakarta: Bumi Aksara
- Brown, J.B. 1988. Textbook Evaluation Form. http://www.timetabler.com/reading. html. (12/07/07).
- Cunningsworth, Alan. 1995. Coosing your Coursebook. Oxford: Heinemann.
- Houtz, H.E. 1995. “Score Sheet for Selecting Textboks.” Dalam Reading for Today’s Children. New York: Macmillan.
- Johnson, K. 2002. Selecting Coursebook. http://www.timetabler.com/reading.html. (12/07/07).
- O’Neill, R. 1990. “Why Use Texboks?” Dalam R. Rossner and R. Bolitho (Eds.). Currents in Langauge Teaching. Oxford University Press.
- Prastowo, Andi. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana
- Pusat Perbukuan. 2006. Pedoman Penulisan Buku Pelajaran: Penjelasan Standar Mutu Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Details ...
Mata kuliah ini mempelajari anatorni kurikulum, dasar-dasar pengembangan kurikulum, menentukan apa yang akan diajarkan sesuai kurikulum (arena dalam menentukan apa yang akan diajarkan, unsur-unsur dalam pengembangan kurikulum, model untuk menentukan apa yang ajarkan). pemilihan dan pengembangan kesempatan belajar (menghadapi konflik dalam pengembangan kurikulum, kriteria dalam memilih kegiatan belajar, mengembangkan kesempatan belajar), mendesain kurikulum (pengorganisasian struktur dan unsur-unsur materi pelajaran, prinsip dalam hal menentukan urutan, prinsip-prinsip dalam memadukan materi pelajaran.
Learning OutcomesMenguasai anatorni kurikulum, dasar-dasar pengembangan kurikulum, menentukan apa yang akan diajarkan sesuai kurikulum (arena dalam menentukan apa yang akan diajarkan, unsur-unsur dalam pengembangan kurikulum, model untuk menentukan apa yang ajarkan). pemilihan dan pengembangan kesempatan belajar (menghadapi konflik dalam pengembangan kurikulum, kriteria dalam memilih kegiatan belajar, mengembangkan kesempatan belajar), mendesain kurikulum (pengorganisasian struktur dan unsur-unsur materi pelajaran, prinsip dalam hal menentukan urutan, prinsip-prinsip dalam memadukan materi pelajaran.
ReferencesMe Neil John D., 1984, Curriculum A Comprehensive Introduction, Boston-Toronto, Little Brown and Company. Zais Robert S., 1976, Curriculum Principles and Foundation, Toronto, Harper and Row. Ronald C. Doll, 1978, Curriculum Improvement Decission Making and Process, SydneyToronto, Allyn and Bacon, Inc. Nana Syaodih S., 2001, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.
Details ...