Konseling Keluarga, Curriculum : 2010


Courser in EnglishFamilly Counseling
ProgramBimbingan dan Konseling
SKS2 SKS
RPS6 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar Konseling Keluarga, Jenis tipe keluarga dan sistem keluarga, Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan, Bentuk dan tipe keluarga, Kegiatan pendekatan dan kewajiban keluarga, Jenis layanan BK Keluarga, Mengembangkan kecerdasan intelegensi, emosi sosial anak dalam keluarga, Faktor penyebab dan problematik dalam pengasuhan, Kedudukan layanan BK bagi keluarga di sekolah, Pendidikan agama dalam perkawinan, Teknik layanan BK Keluarga, Jenis masalah dan model pendekatan dalam konseling keluarga, Peran keluarga dalam pembangunan karakter bangsa.

 

 

 

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;
    11. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
  2. Penguasaan pengetahuan
  1. Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga
  2. Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga
  3. Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga
  4. Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga
  5. Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling
  1. KeterampilanUmum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

  1. Keterampilan Khusus
  1. Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga
  2. Terampil melaksanakan berbagai program layanan bimbingan dan konseling  keluarga konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

Terampil menggunakan konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

 

 

 

 

References

  1. Corey, G. 1997. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Eresco.
  2. Djamarah, S.B. 2004. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Jones, Richard Nelson. 2011. Teori dan Praktek Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Mc. Leod, John. 2003. Pengantar Konseling Teori dan Study Kasus. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  5. Pujosuwarno, S. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Shochib, M. 2000. Pola Orangtua: Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Soelaeman, M.I. 1994. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.
  8. Willis, S. 2009. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.

 

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar Konseling Keluarga, Jenis tipe keluarga dan sistem keluarga, Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan, Bentuk dan tipe keluarga, Kegiatan pendekatan dan kewajiban keluarga, Jenis layanan BK Keluarga, Mengembangkan kecerdasan intelegensi, emosi sosial anak dalam keluarga, Faktor penyebab dan problematik dalam pengasuhan, Kedudukan layanan BK bagi keluarga di sekolah, Pendidikan agama dalam perkawinan, Teknik layanan BK Keluarga, Jenis masalah dan model pendekatan dalam konseling keluarga, Peran keluarga dalam pembangunan karakter bangsa.

 

 

 

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;
    11. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
  2. Penguasaan pengetahuan
  1. Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga
  2. Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga
  3. Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga
  4. Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga
  5. Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling
  1. KeterampilanUmum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

  1. Keterampilan Khusus
  1. Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga
  2. Terampil melaksanakan berbagai program layanan bimbingan dan konseling  keluarga konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

Terampil menggunakan konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

 

 

 

 

References

  1. Corey, G. 1997. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Eresco.
  2. Djamarah, S.B. 2004. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Jones, Richard Nelson. 2011. Teori dan Praktek Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Mc. Leod, John. 2003. Pengantar Konseling Teori dan Study Kasus. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  5. Pujosuwarno, S. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Shochib, M. 2000. Pola Orangtua: Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Soelaeman, M.I. 1994. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.
  8. Willis, S. 2009. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.

 

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi berisi tentang Konsep dasar Konseling Keluarga, Jenis tipe keluarga dan sistem keluarga, Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan, Bentuk dan tipe keluarga, Kegiatan pendekatan dan kewajiban keluarga, Jenis layanan BK Keluarga, Mengembangkan kecerdasan intelegensi, emosi sosial anak dalam keluarga, Faktor penyebab dan problematik dalam pengasuhan, Kedudukan layanan BK bagi keluarga di sekolah, Pendidikan agama dalam perkawinan, Teknik layanan BK Keluarga, Jenis masalah dan model pendekatan dalam konseling keluarga, Peran keluarga dalam pembangunan karakter bangsa.

 

 

 

Learning Outcomes

  1. Sikap dan Tata Nilai
    1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.;
    11. Menginternalisasi semangat, perjuangan, dan jiwa ke-PGRI-an dalam pengembangan diri dan kehidupan bermasyarakat.
  2. Penguasaan pengetahuan
  1. Menguasai kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga
  2. Menguasai falsafah, teori, konsep, metode dan praksis pendidikan dalam jenis, jalur, dan jenjang pendidikan yang relevan dengan pelayanan bimbingan dan konseling bk keluarga
  3. Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multi media dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling keluarga
  4. Menguasai konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga
  5. Menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling
  1. KeterampilanUmum

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur yang relevan dengan konseling keluarga

  1. Keterampilan Khusus
  1. Terampil menerapkan kaidah-kaidah, metode dan prosedur penjaminan mutu dalam layanan bimbingan dan konseling keluarga
  2. Terampil melaksanakan berbagai program layanan bimbingan dan konseling  keluarga konseling komprehensif yang memandirikan, program bimbingandan konseling yang bersifat preventif, kuratif, preservatif, dan developmental dalam jenis, jalur, dan jenjang satuan pendidikan

Terampil menggunakan konsep, metode dan prosedur statistik untuk keperluan praksis layanan bimbingan dan konseling keluarga

 

 

 

 

References

  1. Corey, G. 1997. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Eresco.
  2. Djamarah, S.B. 2004. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Jones, Richard Nelson. 2011. Teori dan Praktek Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Mc. Leod, John. 2003. Pengantar Konseling Teori dan Study Kasus. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  5. Pujosuwarno, S. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Shochib, M. 2000. Pola Orangtua: Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Soelaeman, M.I. 1994. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.
  8. Willis, S. 2009. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.

 

 

 

 


Details ...
Course Descriptions

Konsep dasar BK Keluarga, Jenis tipe keluarga dan sistem keluarga, Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan, Bentuk dan tipe keluarga, Kegiatan pendekatan dan kewajiban keluarga, Jenis layanan BK Keluarga, Mengembangkan kecerdasan intelegensi, emosi sosial anak dalam keluarga, Faktor penyebab dan problematik dalam pengasuhan, Kedudukan layanan BK bagi keluarga di sekolah, Pendidikan agama dalam perkawinan, Teknik layanan BK Keluarga, Jenis masalah dan model pendekatan dalam konseling keluarga, Peran keluarga dalam pembangunan karakter bangsa.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengimplementasikan bimbingan konseling keluarga ke dalam rencana pembelajaran.

References

  1. Corey, G. 1997. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Eresco.
  2. Djamarah, S.B. 2004. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Jones, Richard Nelson. 2011. Teori dan Praktek Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Mc. Leod, John. 2003. Pengantar Konseling Teori dan Study Kasus. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  5. Pujosuwarno, S. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Shochib, M. 2000. Pola Orangtua: Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Soelaeman, M.I. 1994. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.
  8. Willis, S. 2009. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Konsep dasar BK Keluarga, Jenis tipe keluarga dan sistem keluarga, Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan, Bentuk dan tipe keluarga, Kegiatan pendekatan dan kewajiban keluarga, Jenis layanan BK Keluarga, Mengembangkan kecerdasan intelegensi, emosi sosial anak dalam keluarga, Faktor penyebab dan problematik dalam pengasuhan, Kedudukan layanan BK bagi keluarga di sekolah, Pendidikan agama dalam perkawinan, Teknik layanan BK Keluarga, Jenis masalah dan model pendekatan dalam konseling keluarga, Peran keluarga dalam pembangunan karakter bangsa.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengimplementasikan bimbingan konseling keluarga ke dalam rencana pembelajaran.

References

  1. Corey, G. 1997. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Eresco.
  2. Djamarah, S.B. 2004. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Jones, Richard Nelson. 2011. Teori dan Praktek Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Mc. Leod, John. 2003. Pengantar Konseling Teori dan Study Kasus. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  5. Pujosuwarno, S. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Shochib, M. 2000. Pola Orangtua: Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Soelaeman, M.I. 1994. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.
  8. Willis, S. 2009. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.


Details ...
Course Descriptions

Konsep dasar BK Keluarga, Jenis tipe keluarga dan sistem keluarga, Hakikat dan komunikasi dalam keluarga dan perkawinan, Bentuk dan tipe keluarga, Kegiatan pendekatan dan kewajiban keluarga, Jenis layanan BK Keluarga, Mengembangkan kecerdasan intelegensi, emosi sosial anak dalam keluarga, Faktor penyebab dan problematik dalam pengasuhan, Kedudukan layanan BK bagi keluarga di sekolah, Pendidikan agama dalam perkawinan, Teknik layanan BK Keluarga, Jenis masalah dan model pendekatan dalam konseling keluarga, Peran keluarga dalam pembangunan karakter bangsa.

Learning Outcomes

Mahasiswa dapat mengimplementasikan bimbingan konseling keluarga ke dalam rencana pembelajaran.

References

  1. Corey, G. 1997. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Eresco.
  2. Djamarah, S.B. 2004. Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga: Sebuah Perspektif Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Jones, Richard Nelson. 2011. Teori dan Praktek Konseling dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Mc. Leod, John. 2003. Pengantar Konseling Teori dan Study Kasus. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
  5. Pujosuwarno, S. 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
  6. Shochib, M. 2000. Pola Orangtua: Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.
  7. Soelaeman, M.I. 1994. Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.
  8. Willis, S. 2009. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung: Alfabeta.


Details ...