Courser in English | ENGLISH |
Program | Manajemen |
SKS | 2 SKS |
RPS | 21 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
CPL -1 (S4) |
Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
|
CPL-2 (S5) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
CPL-3 (S11) |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam. |
|
CPL-4 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL-5 (KK1g) |
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
|
CPL -6 (KK1.h |
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
|
CPL– 7 (KK1j) |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
CPMK-1 |
Mampu berkomunikasi dengan baik dalam menerapkan tata bahasa dan kaidah kebahasaan dalam dunia pendidikan dan kehidupan bermasyarakat. |
|
CPMK-2 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik kebahasaan peserta didik melalui pemerolehan bahasa. |
|
CPMK-3 |
Mampu menghargai kehidupan melalui bahasa inggris |
|
…… |
…….. |
|
CPL CPMK Sub- CPMK |
|
|
Sub-CPMK 1 |
Menguasai dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses present) |
|
Sub-CPMK 2 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses past) |
|
Sub-CPMK 3 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses future) |
|
Sub-CPMK 4 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan diri dalam bahasa inggris |
|
Sub-CPMK 5 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan orang lain dalam bahasa inggris |
|
Sub-CPMK 6 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks deskripsi |
|
Sub-CPMK 7 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks recount |
|
Sub-CPMK 8 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks prosedur |
Utama |
|
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas. 2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar 3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan. 4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
|
|
Pendukung |
|
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey. Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London. Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London. Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England. Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London. Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
|
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
CPL -1 (S4) |
Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
|
CPL-2 (S5) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
CPL-3 (S11) |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam. |
|
CPL-4 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL-5 (KK1g) |
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
|
CPL -6 (KK1.h |
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
|
CPL– 7 (KK1j) |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
CPMK-1 |
Mampu berkomunikasi dengan baik dalam menerapkan tata bahasa dan kaidah kebahasaan dalam dunia pendidikan dan kehidupan bermasyarakat. |
|
CPMK-2 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik kebahasaan peserta didik melalui pemerolehan bahasa. |
|
CPMK-3 |
Mampu menghargai kehidupan melalui bahasa inggris |
|
…… |
…….. |
|
CPL CPMK Sub- CPMK |
|
|
Sub-CPMK 1 |
Menguasai dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses present) |
|
Sub-CPMK 2 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses past) |
|
Sub-CPMK 3 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses future) |
|
Sub-CPMK 4 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan diri dalam bahasa inggris |
|
Sub-CPMK 5 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan orang lain dalam bahasa inggris |
|
Sub-CPMK 6 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks deskripsi |
|
Sub-CPMK 7 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks recount |
|
Sub-CPMK 8 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks prosedur |
Utama |
|
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas. 2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar 3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan. 4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
|
|
Pendukung |
|
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey. Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London. Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London. Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England. Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London. Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
|
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
CPL -1 (S4) |
Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
|
CPL-2 (S5) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
CPL-3 (S11) |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam. |
|
CPL-4 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL-5 (KK1g) |
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
|
CPL -6 (KK1.h |
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
|
CPL– 7 (KK1j) |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
CPMK-1 |
Mampu berkomunikasi dengan baik dalam menerapkan tata bahasa dan kaidah kebahasaan dalam dunia pendidikan dan kehidupan bermasyarakat. |
|
CPMK-2 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik kebahasaan peserta didik melalui pemerolehan bahasa. |
|
CPMK-3 |
Mampu menghargai kehidupan melalui bahasa inggris |
|
…… |
…….. |
|
CPL CPMK Sub- CPMK |
|
|
Sub-CPMK 1 |
Menguasai dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses present) |
|
Sub-CPMK 2 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses past) |
|
Sub-CPMK 3 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses future) |
|
Sub-CPMK 4 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan diri dalam bahasa inggris |
|
Sub-CPMK 5 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan orang lain dalam bahasa inggris |
|
Sub-CPMK 6 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks deskripsi |
|
Sub-CPMK 7 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks recount |
|
Sub-CPMK 8 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks prosedur |
Utama |
|
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas. 2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar 3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan. 4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
|
|
Pendukung |
|
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey. Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London. Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London. Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England. Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London. Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
|
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
CPL -1 (S4) |
Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
|
CPL-2 (S5) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
CPL-3 (S11) |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam. |
|
CPL-4 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL-5 (KK1g) |
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
|
CPL -6 (KK1.h |
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
|
CPL– 7 (KK1j) |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
CPMK-1 |
Mampu berkomunikasi dengan baik dalam menerapkan tata bahasa dan kaidah kebahasaan dalam dunia pendidikan dan kehidupan bermasyarakat. |
|
CPMK-2 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik kebahasaan peserta didik melalui pemerolehan bahasa. |
|
CPMK-3 |
Mampu menghargai kehidupan melalui bahasa inggris |
|
…… |
…….. |
|
CPL CPMK Sub- CPMK |
|
|
Sub-CPMK 1 |
Menguasai dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses present) |
|
Sub-CPMK 2 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses past) |
|
Sub-CPMK 3 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses future) |
|
Sub-CPMK 4 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan diri dalam bahasa inggris |
|
Sub-CPMK 5 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan orang lain dalam bahasa inggris |
|
Sub-CPMK 6 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks deskripsi |
|
Sub-CPMK 7 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks recount |
|
Sub-CPMK 8 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks prosedur |
Utama |
|
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas. 2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar 3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan. 4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
|
|
Pendukung |
|
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey. Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London. Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London. Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England. Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London. Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
|
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
CPL -1 (S4) |
Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
|
CPL-2 (S5) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
CPL-3 (S11) |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam. |
|
CPL-4 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL-5 (KK1g) |
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
|
CPL -6 (KK1.h |
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
|
CPL– 7 (KK1j) |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
CPMK-1 |
Mampu berkomunikasi dengan baik dalam menerapkan tata bahasa dan kaidah kebahasaan dalam dunia pendidikan dan kehidupan bermasyarakat. |
|
CPMK-2 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik kebahasaan peserta didik melalui pemerolehan bahasa. |
|
CPMK-3 |
Mampu menghargai kehidupan melalui bahasa inggris |
|
…… |
…….. |
|
CPL CPMK Sub- CPMK |
|
|
Sub-CPMK 1 |
Menguasai dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses present) |
|
Sub-CPMK 2 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses past) |
|
Sub-CPMK 3 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses future) |
|
Sub-CPMK 4 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan diri dalam bahasa inggris |
|
Sub-CPMK 5 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan orang lain dalam bahasa inggris |
|
Sub-CPMK 6 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks deskripsi |
|
Sub-CPMK 7 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks recount |
|
Sub-CPMK 8 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks prosedur |
Utama |
|
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas. 2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar 3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan. 4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
|
|
Pendukung |
|
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey. Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London. Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London. Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England. Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London. Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
|
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan pengalaman kepada para mahasiswa PGSD tentang ketrampilan berbahasa secara terpadu dengan memperhatikan kepentingan mahasiswa PGSD sebagai calon sarjana berbasis pendidikan guru sekolah dasar. Mata kuliah ini meliputi pola-pola kalimat dasar dan utama yang mutlak harus dikuasai dalam bahasa Inggris, gramatika lanjutan, bacaan-bacaan yang mendukung profesi sebagai guru SD, peristilahan-peristilahan bahasa Inggris yang banyak dipakai dalam olah raga, kesehatan dan rekreasi, serta percakapan sederhana yang dipakai sehari-hari, terutama yang menunjang profesi kesarjanaannya.
Learning Outcomes
CPL-PRODI yang dibebankan pada MK |
|
|
CPL -1 (S4) |
Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa. |
|
CPL-2 (S5) |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
|
CPL-3 (S11) |
Menunjukkan sikap peneladanan melalui karakter Unggul, Peduli, Gigih, Religius, ber-Integritas dan Sinergis (UPGRIS) yang kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai calon guru sekolah dasar, dan asisten peneliti bidang ke-SD-an, dan instruktur senam. |
|
CPL-4 (KU1) |
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
|
CPL-5 (KK1g) |
Mampu mengkonstruksi materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
|
CPL -6 (KK1.h |
Mampu mengoperasikan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran |
|
CPL– 7 (KK1j) |
Mampu berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, komunitas profesi sendiri, dan profesi lain |
|
|
|
|
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) |
|
|
CPMK-1 |
Mampu berkomunikasi dengan baik dalam menerapkan tata bahasa dan kaidah kebahasaan dalam dunia pendidikan dan kehidupan bermasyarakat. |
|
CPMK-2 |
Mampu mengidentifikasi karakteristik kebahasaan peserta didik melalui pemerolehan bahasa. |
|
CPMK-3 |
Mampu menghargai kehidupan melalui bahasa inggris |
|
…… |
…….. |
|
CPL CPMK Sub- CPMK |
|
|
Sub-CPMK 1 |
Menguasai dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses present) |
|
Sub-CPMK 2 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses past) |
|
Sub-CPMK 3 |
Memahami dasar-dasar dan kaidah-kaidah kebahasaan bahasa inggris (tenses future) |
|
Sub-CPMK 4 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan diri dalam bahasa inggris |
|
Sub-CPMK 5 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks mengenalkan orang lain dalam bahasa inggris |
|
Sub-CPMK 6 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks deskripsi |
|
Sub-CPMK 7 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks recount |
|
Sub-CPMK 8 |
Memahami unsur kalimat berupa kelas kata, frase, klausa, serta menggunakannya dalam konteks membuat teks prosedur |
Utama |
|
1. Yan Haryanto, Endang Sulasbawiatini dan Johanna B.S. Pantow. 2007. Materi Pokok Pendidikan Bahasa Inggris S-1 PGSD. Jakarta: Universitas Terbuka – Depdiknas. 2. Slamet Riyanto.2007.How to say it. Yogyakarta: Pustaka pelajar 3. Rohana Abdullah. 2007. Bahan Ajar Cetak: Bahasa Inggris (S-1 PJJ PGSD). Jakarta: Depdiknas–Ditjen Ketenagaan. 4. Ramelan, 1999. English phonetics, Semarang: IKIP Semarang Press
|
|
Pendukung |
|
Frank, Marcella (1972). Modern English. Prentice Hall, Inc. Englewood Cliffs, New jersey. Hornby, A.S. (1979). The teaching of Structural Words and Sentence Patterns.Oxford University Press, London. Markstein, Linda; Hirasawa, Louise (1982). Expanding reading Skills. Newbury House Publishers, Inc. Rowley. London. Quirk, Randolph; Baum, Sidney Green (1983) A University Grammar of English. Longman Group Limited, England. Thomson, A.J. and A.V. Martinet (1986). A Practical English Grammar. Oxford University Press, London. Wishon, George; Burks, Julia M. (1988). Le’s write English. American Book Company, New York.
|
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh universiter (MKU), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks psikologi.
Learning Outcomes1. Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
4. Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
5. Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
6. Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
7. Mampu menulis paragraf dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik.
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh universiter (MKU), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks psikologi.
Learning Outcomes1. Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
4. Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
5. Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
6. Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
7. Mampu menulis paragraf dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik.
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...
Mata kuliah Bahasa Inggris merupakan mata kuliah wajib tempuh universiter (MKU), bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis dan berkomunikasi secara ilmiah khususnya tentang biologi dan pendidikan biologi menggunakan bahasa Inggris. Ada empat kemampuan dasar bahasa Inggris yang dilatihkan yaitu reading, listening, speaking, dan writing dengan konteks psikologi.
Learning Outcomes1. Mampu mendengarkan dan menangkap makna pembicaraan dalam bahasa Inggris.
2. Mampu menyampaikan ide/gagasan dalam bahasa Inggris.
3. Mampu berbicara dengan bahasa Inggris.
4. Mampu membedakan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dalam bahasa Inggris.
5. Mampu menggunakan tata bahasa dasar dalam bahasa Inggris.
6. Mampu mengenal berbagai macam paragraf dalam bahasa Inggris.
7. Mampu menulis paragraf dalam bahasa Inggris dengan tata bahasa yang baik.
Alexander, LG. Practice and Progress an Integrated Course for Pre-Intermediate Students. London. Longman Group Ltd.
Bohlke, D. Skillful Reading and Writing Student’s Book Foundation. Macmillan.
Oshima, Alice. 1999. Writing Academic English (Third Edition). New York: Longman.
Details ...