Courser in English | INDIVIDUAL COUNSELING |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 3 SKS |
RPS | 12 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Praktikum konseling individual merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa bimbingan dan konseling. Mata kulian ini merupakan kegiatan pemberian pengalaman terstruktur bagi mahasiswa tentang cara memberikan layanan konseling individual pada konseli. Kegiatan praktikum dilakukan secara terencana dan terstruktur di ruang laboratorium bimbingan dan konseling. Konseling individual adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling secara perorangan oleh seorang ahli (konselor) kepada konseli yang sedang mengalami suatu masalah yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi konseli dengan tujuan memandirikan konseli.
Learning OutcomesSikapdan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebeba
- san memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
2. KeterampilanUmum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
3. Penguasaanpengetahuan
- Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep pendekatan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References
Details ...
Praktikum konseling individual merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa bimbingan dan konseling. Mata kulian ini merupakan kegiatan pemberian pengalaman terstruktur bagi mahasiswa tentang cara memberikan layanan konseling individual pada konseli. Kegiatan praktikum dilakukan secara terencana dan terstruktur di ruang laboratorium bimbingan dan konseling. Konseling individual adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling secara perorangan oleh seorang ahli (konselor) kepada konseli yang sedang mengalami suatu masalah yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi konseli dengan tujuan memandirikan konseli.
Learning OutcomesSikapdan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebeba
- san memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
2. KeterampilanUmum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
3. Penguasaanpengetahuan
- Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep pendekatan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References
Details ...
Praktikum konseling individual merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa bimbingan dan konseling. Mata kulian ini merupakan kegiatan pemberian pengalaman terstruktur bagi mahasiswa tentang cara memberikan layanan konseling individual pada konseli. Kegiatan praktikum dilakukan secara terencana dan terstruktur di ruang laboratorium bimbingan dan konseling. Konseling individual adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling secara perorangan oleh seorang ahli (konselor) kepada konseli yang sedang mengalami suatu masalah yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi konseli dengan tujuan memandirikan konseli.
Learning OutcomesSikapdan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebeba
- san memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
2. KeterampilanUmum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
3. Penguasaanpengetahuan
- Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep pendekatan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References
Details ...
Praktikum konseling individual merupakan mata kuliah wajib bagi seluruh mahasiswa bimbingan dan konseling. Mata kulian ini merupakan kegiatan pemberian pengalaman terstruktur bagi mahasiswa tentang cara memberikan layanan konseling individual pada konseli. Kegiatan praktikum dilakukan secara terencana dan terstruktur di ruang laboratorium bimbingan dan konseling. Konseling individual adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling secara perorangan oleh seorang ahli (konselor) kepada konseli yang sedang mengalami suatu masalah yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi konseli dengan tujuan memandirikan konseli.
Learning OutcomesSikapdan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebeba
- san memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
2. KeterampilanUmum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
3. Penguasaanpengetahuan
- Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep pendekatan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
References
Details ...
Mata kuliah konseling individu merupakan mata kuliah utama dalam program studi bimbingan dan konseling, tepatnya adalah disiplin ilmu konseling. mata kuliah ini akan ditempuh oleh mahasiswa, jika mahasiswa tersebut telah menempuh dan lulus pada mata kuliah ; keterampilan dasar komunikasi konseling dan pendekatan konseling serta teknik-teknik konseling minimal lulus dengan nilai B. Nilai yang diperoleh mahasiswa adalah nilai gabungan antara Harian, UTS, UAS. Dalam proses perkuliahan, mahasiswa akan dibekali secara praktik (80%) sesuai dengan setting materi. mata kuliah ini akan di tempuh dalam satu semester. Mata kuliah ini akan di bekali oleh mahasiswa dengan setting materi : Behaviour, Rational Emotive Behaviour Therapy, Reality, Gestal, Humanistik, TF (non teknik).
Learning OutcomesSikapdan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebeba
- san memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
2. KeterampilanUmum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
3. Penguasaanpengetahuan
- Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep pendekatan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
ReferencesCorey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : bandung.
Details ...
Mata kuliah konseling individu merupakan mata kuliah utama dalam program studi bimbingan dan konseling, tepatnya adalah disiplin ilmu konseling. mata kuliah ini akan ditempuh oleh mahasiswa, jika mahasiswa tersebut telah menempuh dan lulus pada mata kuliah ; keterampilan dasar komunikasi konseling dan pendekatan konseling serta teknik-teknik konseling minimal lulus dengan nilai B. Nilai yang diperoleh mahasiswa adalah nilai gabungan antara Harian, UTS, UAS. Dalam proses perkuliahan, mahasiswa akan dibekali secara praktik (80%) sesuai dengan setting materi. mata kuliah ini akan di tempuh dalam satu semester. Mata kuliah ini akan di bekali oleh mahasiswa dengan setting materi : Behaviour, Rational Emotive Behaviour Therapy, Reality, Gestal, Humanistik, TF (non teknik).
Learning OutcomesSikapdan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebeba
- san memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
2. KeterampilanUmum
Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
3. Penguasaanpengetahuan
- Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus
Mampu memahami konsep pendekatan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
ReferencesCorey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : bandung.
Details ...
Mata kuliah konseling individu merupakan mata kuliah utama dalam program studi bimbingan dan konseling, tepatnya adalah disiplin ilmu konseling. mata kuliah ini akan ditempuh oleh mahasiswa, jika mahasiswa tersebut telah menempuh dan lulus pada mata kuliah ; keterampilan dasar komunikasi konseling dan pendekatan konseling serta teknik-teknik konseling minimal lulus dengan nilai B. Nilai yang diperoleh mahasiswa adalah nilai gabungan antara Harian, UTS, UAS. Dalam proses perkuliahan, mahasiswa akan dibekali secara praktik (80%) sesuai dengan setting materi. mata kuliah ini akan di tempuh dalam satu semester. Mata kuliah ini akan di bekali oleh mahasiswa dengan setting materi : Behaviour, Rational Emotive Behaviour Therapy, Reality, Gestal, Humanistik, TF (non teknik).
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah konseling individu merupakan mata kuliah utama dalam program studi bimbingan dan konseling, tepatnya adalah disiplin ilmu konseling. mata kuliah ini akan ditempuh oleh mahasiswa, jika mahasiswa tersebut telah menempuh dan lulus pada mata kuliah ; keterampilan dasar komunikasi konseling dan pendekatan konseling serta teknik-teknik konseling minimal lulus dengan nilai B. Nilai yang diperoleh mahasiswa adalah nilai gabungan antara Harian, UTS, UAS. Dalam proses perkuliahan, mahasiswa akan dibekali secara praktik (80%) sesuai dengan setting materi. mata kuliah ini akan di tempuh dalam satu semester. Mata kuliah ini akan di bekali oleh mahasiswa dengan setting materi : Behaviour, Rational Emotive Behaviour Therapy, Reality, Gestal, Humanistik, TF (non teknik).
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah konseling individu merupakan mata kuliah utama dalam program studi bimbingan dan konseling, tepatnya adalah disiplin ilmu konseling. mata kuliah ini akan ditempuh oleh mahasiswa, jika mahasiswa tersebut telah menempuh dan lulus pada mata kuliah ; keterampilan dasar komunikasi konseling dan pendekatan konseling serta teknik-teknik konseling minimal lulus dengan nilai B. Nilai yang diperoleh mahasiswa adalah nilai gabungan antara Harian, UTS, UAS. Dalam proses perkuliahan, mahasiswa akan dibekali secara praktik (80%) sesuai dengan setting materi. mata kuliah ini akan di tempuh dalam satu semester. Mata kuliah ini akan di bekali oleh mahasiswa dengan setting materi : Behaviour, Rational Emotive Behaviour Therapy, Reality, Gestal, Humanistik, TF (non teknik).
Learning Outcomes- Sikapdan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
- KeterampilanUmum : Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
- Penguasaanpengetahuan
- Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus : Mampu memahami konsep pendekatan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
- Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
- Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
- John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
- Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : bandung
Details ...
Mata kuliah konseling individu merupakan mata kuliah utama dalam program studi bimbingan dan konseling, tepatnya adalah disiplin ilmu konseling. mata kuliah ini akan ditempuh oleh mahasiswa, jika mahasiswa tersebut telah menempuh dan lulus pada mata kuliah ; keterampilan dasar komunikasi konseling dan pendekatan konseling serta teknik-teknik konseling minimal lulus dengan nilai B. Nilai yang diperoleh mahasiswa adalah nilai gabungan antara Harian, UTS, UAS. Dalam proses perkuliahan, mahasiswa akan dibekali secara praktik (80%) sesuai dengan setting materi. mata kuliah ini akan di tempuh dalam satu semester. Mata kuliah ini akan di bekali oleh mahasiswa dengan setting materi : Behaviour, Rational Emotive Behaviour Therapy, Reality, Gestal, Humanistik, TF (non teknik).
Learning Outcomes- Sikapdan Tata Nilai
- Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Menunjukan kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan pribadi, sosial remaja.
- Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih.
- Menunjukan integritas dan kepribadian yang kuat (berwibawa, jujur, sabar, ramah, dan konsisten); menampilkan stabilitas emosi; peka, bersikap empati, serta menghormati keragaman dan perubahan; menampilkan toleransi tinggi terhadap individu untuk menghadapi stres dan frustrasi, altruistik, ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan siswa.
- KeterampilanUmum : Menampilkan kinerja berkualitas tinggi (cerdas, kreatif, inovatif, dan produktif, semangat, disiplin, dan mandiri, berpenampilan menarik, menyenangkan, berkomunikasi secara efektif.
- Penguasaanpengetahuan
- Mampu mengaplikasikan bidang bimbingan konseling dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi sesuai dengan penguasaan teknologi dan wawasan multikultur.
- Menguasai konsep teoritis bimbingan konseling secara mendalam, serta memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Keterampilan Khusus : Mampu memahami konsep pendekatan konseling, teknik konseling dan menerapkan dalam layanan bimbingan dan konseling dan kehidupan sehari-hari.
- Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek dari Konseling dan Psikoterapi. California: Brooks/Cole Publishing Company. (Terjemahan Mulyarto)
- Corey, Gerald. 2005. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Seventh Edition
- Corey, Geral. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. California: Brooks/Cole Publishing Company. Eighth Edition
- John Sommers. dkk. 2004. Counseling and Psichotherapy Theories in Context and Practice. USA. e-book.
- Nelson, Jones, Richard. 2011. Teori dan Teknik Konseling & Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Palmer, Stephen. 2011. Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Fauzan, Lutfi. 2004. Pendekatan-Pendekatan Konseling Individual. Elang Mas : Malang
- Natawijaja, R. 2009. Konseling Kelompok, Konsep Dasar & Pendekatan. Risqi : bandung
Details ...
Mata kuliah konseling individu merupakan mata kuliah utama dalam program studi bimbingan dan konseling, tepatnya adalah disiplin ilmu konseling. mata kuliah ini akan ditempuh oleh mahasiswa, jika mahasiswa tersebut telah menempuh dan lulus pada mata kuliah ; keterampilan dasar komunikasi konseling dan pendekatan konseling serta teknik-teknik konseling minimal lulus dengan nilai B. Nilai yang diperoleh mahasiswa adalah nilai gabungan antara Harian, UTS, UAS. Dalam proses perkuliahan, mahasiswa akan dibekali secara praktik (80%) sesuai dengan setting materi. mata kuliah ini akan di tempuh dalam satu semester. Mata kuliah ini akan di bekali oleh mahasiswa dengan setting materi : Behaviour, Rational Emotive Behaviour Therapy, Reality, Gestal, Humanistik, TF (non teknik).
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Mata kuliah konseling individu merupakan mata kuliah utama dalam program studi bimbingan dan konseling, tepatnya adalah disiplin ilmu konseling. mata kuliah ini akan ditempuh oleh mahasiswa, jika mahasiswa tersebut telah menempuh dan lulus pada mata kuliah ; keterampilan dasar komunikasi konseling dan pendekatan konseling serta teknik-teknik konseling minimal lulus dengan nilai B. Nilai yang diperoleh mahasiswa adalah nilai gabungan antara Harian, UTS, UAS. Dalam proses perkuliahan, mahasiswa akan dibekali secara praktik (80%) sesuai dengan setting materi. mata kuliah ini akan di tempuh dalam satu semester. Mata kuliah ini akan di bekali oleh mahasiswa dengan setting materi : Behaviour, Rational Emotive Behaviour Therapy, Reality, Gestal, Humanistik, TF (non teknik).
Learning Outcomes-
References-
Details ...