Strategi Belajar Mengajar, Curriculum : 2010


Courser in EnglishTEACHING LEARNING STRATEGY
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah ini berisi konsep dasar strategi belajar yang berkaitan dengan hakikat, ciri, dan komponen belajar mengajar, pendekatan dalam belajar mengajar, metode dalam pengajaran, keberhasilan belajar mengajar, media dan sumber belajar dalam pembelajaran, keterampilan dasar mengajar, pengelolaan kelas, dan layanan khusus penunjang PBM  di sekolahi sekolah

Learning Outcomes

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH:

  1. Sikapdan Tata Nilai
  1. Berkontribusidalampeningkatanmutukehidupanbermasyarakat, berbangsa, bernegara, dankemajuanperadabanberdasarkan Pancasila,
  2. Berperansebagaiwarganegara yang banggadancintatanah air, memilikinilainasionalismeserta rasa tanggungjawabpadanegaradanbangsa,
  3. Menghargaikeanekaragamanbudaya, pandangan, agama, dankepercayaan, sertapendapatatautemuanorisinal orang lain,
  4. Bekerjasamadanmemilikikepekaansosialsertakepedulianterhadapmasyarakatdanlingkungan,
  5. Menginternalisasinilai, norma, danetikaakademik,
  6. Menunjukkansikapbertanggungjawabataspekerjaan di bidangkeahliannyasecaramandiri.
  1. KeterampilanUmum
  1. Mampumenerapkanpemikiranlogis, kritis, sistematis, daninovatifdalamkontekspengembanganatauimplementasiilmupengetahuandanteknologi yang memperhatikanndanmenerapkannilaihumaniora yang sesuaidenganbidangkeahliannya,
  2. Mampumenunjukkankinerjamandiri, bermutu, danterukur,
  3. Mampumelakukan proses evaluasidiriterhadapkelompokkerja yang berada di bawahtanggungjawabnya, danmampumengelolapembelajaransecaramandiri,
  4. Mampumendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, danmenemukankembali data untukmenjaminkesahihandanmencegahplagiasi.
  1. Penguasaanpengetahuan
  1. Mampu menjelaskan konsep strategi belajar.
  2. Mampu membedakan  pendekatan, strategi, model, metode pembelajaran,
  3. Mampu mengidentifi kasi keberhasilan belajar mengajar,
  4. Mampu merancang dan mengembang kan sumber pembelajaran
  5. Mampu merancang variasi mengajar,
  6. Mampu mengidentifi kasi problematika pengelolaan kelas dan memecahkan  problematika pengelolaan kelas,
  7. Mampu merancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat

 

  1. KeterampilanKhusus
  1. Menguasaisecaramendalamtentangkonsep strategi belajar di sekolahdasar,
  2. Menguasaihakikat, ciri dan komponen belajar mengajar,
  3. Menguasaiberbagai pendekatan, strategi, model, metode pembelajaran,
  4. Menguasaidanmengembangkanmedia pembelajaran di sekolahdasar,
  5. Menguasaidanmengembangkansumber pembelajaran di sekolahdasar,
  6. Menguasaivariasi pembelajaran dan pengelolaan kelas,
  7. Menguasaicaramerancang RPP berdasarkan pendekatan, model, metode yang tepat.

 

 

References

  1. Buku DIKTAT SBM yang disusun oleh TIM Teaching
  2. Djamarah, Syaiful B. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
  3. Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Yuma Presindo
  4. Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya
  5. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pusaka Setia
  6. Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani


Details ...