Language assessment and evaluation, Curriculum : 2019


Courser in EnglishLANGUAGE ASSESSMENT AND EVALUATION
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS3 SKS
RPS3 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Language Assessment and evaluation merupakan mata kuliah program studi yang bersifat  wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas tentang asesmen dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris. Teknik, tujuan, etika, prinsip keadilan, dan proses validasi asesmen dan evaluasi dilakukan dengan mempertimbangkan penguasaan dan pendalaman materi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional (KU1)
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU4).
  3. Mampu menerapkan konsep, prinsip, proses pendidikan dan pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris secara professional (KK1).
  4. Mampu menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tertulis setara tingkat lanjut dalam konteks pendidikan dan penelitian untuk menyampaikan pemikiran kepada pelaku dan pemangku kepentingan pendidikan bahasa Inggris di dalam dan di luar negeri (PP1).

Menguasai teori, prinsip, proses pembelajaran bahasa Inggris (PP9).

References

1. Bailey, A. L., & Heritage, M. (Eds.). (2008). Formative assessment for literacy, grades K-6:

Building reading and academic language skills across the curriculum. Corwin Press.

2. Brown, H. Douglas and Abeywickrama, Priyanvada. (2019). Language Assessment

(Principles and Classroom Practices) Third Edition. Pearson Education

3. Brown, James Dean. (1996).Testing in Language Program. Prentice Hall Regents

4. Chapelle, C. A., & Douglas, D. (2006). Assessing language through computer technology.

Ernst Klett Sprachen.

5. Cheng, L., & Fox, J. (2017). Assessment in the language classroom: Teachers supporting

student learning. Palgrave.

6. deBoer, M. (2020). Assessment and Learning in Content and Language Integrated Learning

(CLIL) Classrooms: Approaches and Conceptualisations. Springer Nature.

7. Fulcher, G., & Davidson, F. (2007). Language testing and assessment. Routledge.

8. Green, A. (2020). Exploring language assessment and testing: Language in action. Routledge.

9. Luoma, S. (2004). Assessing speaking. Ernst Klett Sprachen.

10. Ockey, G. J. Another Generation of Fundamental Considerations in Language Assessment: A

Festschrift in Honor of Lyle F. Bachman. Springer Nature.

11. Weigle, S. C. (2002). Assessing writing. Ernst Klett Sprache

12. Wiyaka &Prastikawati, EF (2019). Authentic    Performance-Based       Assessments (A Practical Guide for Teachers). UPT UPGRIS Press Semarang

13. Wiyaka, AB Prabowo, AB &Prastikawati, E.F. (2019)  Higher-Order Thinking Skills (Hots)-Based Formative Assessments In English Teaching. UPT UPGRIS Press Semarang

14. Wiyaka, Prabowo AB & Prastikawati, E.F. (2020) Formative Assessments in English Language

Teaching. UPT UPGRIS Press Semarang

15. Wiyaka (2020) Washback of the performance-based test of reading for EFL learners. EduLite Journal of English Education, Literature, and Culture. Vol. 5, No. 2, August 2020, pp. 202-213


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Language Assessment and evaluation merupakan mata kuliah program studi yang bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas tentang asesmen dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris. Teknik, tujuan, etika, prinsip keadilan, dan proses validasi assessment dan evaluasi dilakukan dengan mempertimbangkan penguasaan dan pendalaman materi.

Learning Outcomes

1.Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah,
penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang
memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun
konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis
atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang
telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional (KU1)
2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan
ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau
multidisiplin (KU4).
3. Mampu menerapkan konsep, prinsip, proses pendidikan dan pembelajaran dalam pembelajaran
bahasa Inggris secara professional (KK1).
4. Mampu menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tertulis setara tingkat lanjut dalam konteks
pendidikan dan penelitian untuk menyampaikan pemikiran kepada pelaku dan pemangku
kepentingan pendidikan bahasa Inggris di dalam dan di luar negeri (PP1).
5. Menguasai teori, prinsip, proses pembelajaran bahasa Inggris (PP9).

References

1. Green, A. (2014). Exploring language assessment and testing : language in action. Routledge.
2. Kunnan, A. J. (2018). Evaluating language assessments. Routledge.
3. Kunnan, A. J. (1998). Validation in language assessment : selected papers from the 17th Language
Testing Research Colloquium, Long Beach. L. Erlbaum.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Language Assessment and evaluation merupakan mata kuliah program studi yang bersifat  wajib ditempuh bagi mahasiswa  program studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris dengan bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas tentang asesmen dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris. Teknik, tujuan, etika, prinsip keadilan, dan proses validasi asesmen dan evaluasi dilakukan dengan mempertimbangkan penguasaan dan pendalaman materi.

Learning Outcomes

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional (KU1)
  2. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin (KU4).
  3. Mampu menerapkan konsep, prinsip, proses pendidikan dan pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris secara professional (KK1).
  4. Mampu menggunakan bahasa Inggris secara lisan dan tertulis setara tingkat lanjut dalam konteks pendidikan dan penelitian untuk menyampaikan pemikiran kepada pelaku dan pemangku kepentingan pendidikan bahasa Inggris di dalam dan di luar negeri (PP1).
  5. Menguasai teori, prinsip, proses pembelajaran bahasa Inggris (PP9).

References

  1. Green, A. (2014). Exploring language assessment and testing : language in action. Routledge.
  2. Kunnan, A. J. (2018). Evaluating language assessments. Routledge.
  3. Kunnan, A. J. (1998). Validation in language assessment : selected papers from the 17th Language Testing Research Colloquium, Long Beach. L. Erlbaum.


Details ...