Courser in English | Research Methodology on Language |
Program | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
SKS | 2 SKS |
RPS | 4 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengertian, prosedur, dan dimensi penelitian baik kuantitatif maupun penelitian kualitatif, dan mampu membedakan konsep dasar antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif, pengertian metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian, pendekatan penelitian, sumber data penelitian, objek dan subjek penelitian, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data penelitian. Pada akhir perkuliahan, mata kuliah ini memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam rangka penyusunan proposal penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
Learning OutcomesCPMK 1: Mampu menelaah (C4) perbedaan peelitian bahasa dan pembelajaran bahasa berdasarkan pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian bahasa dalam rangka menemukan (C3) fokus penelitian bahasa khususnya bahasa Indonesia secara berkelompok (S1, S2, KU7,
P1, P6)
CPMK 2: Mampu menyimpulkan (C5) pengetahuan, konsep dasar dan praktis hakikat metode peneitian Bahasa dan pembelajaran Bahasa dalam rangka Merancang (C6) tahapan penelitian bahasa secara sistematis dan mandiri dengan menggunakan bahasa ilmiah (S1, KU9, P1, P6)
CPMK 3: Mampu menelaah (C4) pendekatan dan jenis penelitian Bahasa maupun pembelajaran bahasana. Setelah itu secara mandiri mampu membandingkan (C4) pendekatan penelitian Pendekatan penelitian kualitatif, pendekatan penelitain kuantitatif, dan pendekatan penelitian campuran (Mixs Meetods) dengan tepat, benar, dan baik (S1, P1, P5, KK6, KK7)
CMPK 4: Mampu menentukan (C3) data dan sumber data penelitian bahasa kemudian menguraikan (C4) teknik penelitian yang meliputi pengumpulan data dan analisis data penelitian bahasa maupun pembelajran bahasa dengan memperhatikan konsep dasar dan praksis metode penelitian secara mandiri dan bertanggung jawab secara mandiri dengan menggunakan bahasa ilmiah (S1, S2, P5, P6, KK6, KK7)
CPMK 5: Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam merancang (C6) draf proposal penelitian bahasa atau pembelajaran bahasa untuk persiapan penyusunan skripsi secara mandiri dengan memperhatikan kaidah bahasa ilmiah (Bahasa Indoensia yang benar dan baik) (S1, S2, KU9, KK6, KK7)
ReferencesAlwi, Hasan, et. Al. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, John and Vicki L. Plano Clark. 2008. Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: Sage Publications.
Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitif. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Kridalaksana, Harimurti. 2005. Kelas kata dalam Bahasa Indonesia. Edisi kedua.Jakarta: Gramedia.
Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Herdiansyah. Haris. 2013.Wawancaraa, Observasi, dan Fokus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif, Ed. 1, Cet. 1. Jakarta: Rajawali Pers
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudaryanto. 2015 Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:Sanata Dharma University Press.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Yule, George. 2015. Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengertian, prosedur, dan dimensi penelitian baik kuantitatif maupun penelitian kualitatif, dan mampu membedakan konsep dasar antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif, pengertian metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian, pendekatan penelitian, sumber data penelitian, objek dan subjek penelitian, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data penelitian. Pada akhir perkuliahan, mata kuliah ini memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam rangka penyusunan proposal penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
Learning OutcomesCPMK 1: Mampu menelaah (C4) perbedaan peelitian bahasa dan pembelajaran bahasa berdasarkan pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian bahasa dalam rangka menemukan (C3) fokus penelitian bahasa khususnya bahasa Indonesia secara berkelompok (S1, S2, KU7,
P1, P6)
CPMK 2: Mampu menyimpulkan (C5) pengetahuan, konsep dasar dan praktis hakikat metode peneitian Bahasa dan pembelajaran Bahasa dalam rangka Merancang (C6) tahapan penelitian bahasa secara sistematis dan mandiri dengan menggunakan bahasa ilmiah (S1, KU9, P1, P6)
CPMK 3: Mampu menelaah (C4) pendekatan dan jenis penelitian Bahasa maupun pembelajaran bahasana. Setelah itu secara mandiri mampu membandingkan (C4) pendekatan penelitian Pendekatan penelitian kualitatif, pendekatan penelitain kuantitatif, dan pendekatan penelitian campuran (Mixs Meetods) dengan tepat, benar, dan baik (S1, P1, P5, KK6, KK7)
CMPK 4: Mampu menentukan (C3) data dan sumber data penelitian bahasa kemudian menguraikan (C4) teknik penelitian yang meliputi pengumpulan data dan analisis data penelitian bahasa maupun pembelajran bahasa dengan memperhatikan konsep dasar dan praksis metode penelitian secara mandiri dan bertanggung jawab secara mandiri dengan menggunakan bahasa ilmiah (S1, S2, P5, P6, KK6, KK7)
CPMK 5: Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam merancang (C6) draf proposal penelitian bahasa atau pembelajaran bahasa untuk persiapan penyusunan skripsi secara mandiri dengan memperhatikan kaidah bahasa ilmiah (Bahasa Indoensia yang benar dan baik) (S1, S2, KU9, KK6, KK7)
ReferencesAlwi, Hasan, et. Al. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, John and Vicki L. Plano Clark. 2008. Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: Sage Publications.
Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitif. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Kridalaksana, Harimurti. 2005. Kelas kata dalam Bahasa Indonesia. Edisi kedua.Jakarta: Gramedia.
Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Herdiansyah. Haris. 2013.Wawancaraa, Observasi, dan Fokus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif, Ed. 1, Cet. 1. Jakarta: Rajawali Pers
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudaryanto. 2015 Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:Sanata Dharma University Press.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Yule, George. 2015. Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengertian, prosedur, dan dimensi penelitian baik kuantitatif maupun penelitian kualitatif, dan mampu membedakan konsep dasar antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif, pengertian metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian, pendekatan penelitian, sumber data penelitian, objek dan subjek penelitian, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data penelitian. Pada akhir perkuliahan, mata kuliah ini memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam rangka penyusunan proposal penelitian bahasa dan sastra Indonesia.
Learning OutcomesCPMK 1: Mampu menelaah (C4) perbedaan peelitian bahasa dan pembelajaran bahasa berdasarkan pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian bahasa dalam rangka menemukan (C3) fokus penelitian bahasa khususnya bahasa Indonesia secara berkelompok (S1, S2, KU7,
P1, P6)
CPMK 2: Mampu menyimpulkan (C5) pengetahuan, konsep dasar dan praktis hakikat metode peneitian Bahasa dan pembelajaran Bahasa dalam rangka Merancang (C6) tahapan penelitian bahasa secara sistematis dan mandiri dengan menggunakan bahasa ilmiah (S1, KU9, P1, P6)
CPMK 3: Mampu menelaah (C4) pendekatan dan jenis penelitian Bahasa maupun pembelajaran bahasana. Setelah itu secara mandiri mampu membandingkan (C4) pendekatan penelitian Pendekatan penelitian kualitatif, pendekatan penelitain kuantitatif, dan pendekatan penelitian campuran (Mixs Meetods) dengan tepat, benar, dan baik (S1, P1, P5, KK6, KK7)
CMPK 4: Mampu menentukan (C3) data dan sumber data penelitian bahasa kemudian menguraikan (C4) teknik penelitian yang meliputi pengumpulan data dan analisis data penelitian bahasa maupun pembelajran bahasa dengan memperhatikan konsep dasar dan praksis metode penelitian secara mandiri dan bertanggung jawab secara mandiri dengan menggunakan bahasa ilmiah (S1, S2, P5, P6, KK6, KK7)
CPMK 5: Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam merancang (C6) draf proposal penelitian bahasa atau pembelajaran bahasa untuk persiapan penyusunan skripsi secara mandiri dengan memperhatikan kaidah bahasa ilmiah (Bahasa Indoensia yang benar dan baik) (S1, S2, KU9, KK6, KK7)
ReferencesAlwi, Hasan, et. Al. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, John and Vicki L. Plano Clark. 2008. Designing and Conducting Mixed Methods Research. London: Sage Publications.
Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitif. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Kridalaksana, Harimurti. 2005. Kelas kata dalam Bahasa Indonesia. Edisi kedua.Jakarta: Gramedia.
Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Herdiansyah. Haris. 2013.Wawancaraa, Observasi, dan Fokus Groups: Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif, Ed. 1, Cet. 1. Jakarta: Rajawali Pers
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudaryanto. 2015 Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta:Sanata Dharma University Press.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Yule, George. 2015. Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Details ...
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai pengertian, prosedur, dan dimensi penelitian baik kuantitatif maupun penelitian kualitatif, dan mampu membedakan konsep dasar antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif, pengertian metodologi penelitian, jenis-jenis penelitian, pendekatan penelitian, sumber data penelitian, objek dan subjek penelitian, prosedur pengumpulan data, dan prosedur analisis data penelitian. Pada akhir perkuliahan, mata kuliah ini memberikan keterampilan kepada mahasiswa dalam rangka penyusunan proposal penelitian bahasa atau pendidikan bahasa.
Learning Outcomes
Setelah mengikuti perkuliahan selama satu semster, mahasiswa diharapkan dapat:
- Memiliki pengetahuan konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
- Menguasai konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
- Mampu menerapakn konsep dasar dan praksis metode penelitian pendidikan baik secara kuantitatif maupun kualitatif dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab secara akademis dalam penyusunan proposal dan laporan kegiatan penelitian pendidikan untuk skripsi.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ary, Donald Ary; Jacob, Lucy Cheser; Razavieh, Asghar. 1985. Introduction to Researh in Education. Third Edition, New York: Holt, Rinehart and Winston.
Asher, J. William. 1976. Educational Research and Evaluation Methods. Boston: Litle, Brown Company.
Branen, Julia. 1999. Memadu Metode Penelitian Kualtatif & Kuantitaif. (Alih Bahasa H. Nuktah Arfawie Kurde. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Creswell, J.W. 2003. Research Design : Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London : Sage Publication.
Denzin, N.K. & Lincoln, Y.S. 2000. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.
Djajasudarma, T. Fatimah. 1993. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Eresco.
Hamid Patilima.2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
KIP Jakarta, 1985. Hipotesis Kebatinan dalam Parameter, Media Komunikasi dan Informasi Penelitian Lembaga Penelitian IKIP Jakarta. No. IV. Pebruari 1985.
__________. 1985. Pedoman Penulisan Ilmiah. Jakarta: FPS IKIP Jakarta.
__________. 1989. Buku Pedoman Penelitian Teoretis & Penyusunan Usul Penelitian. IKIP Jakarta: Lembaga Penelitian.
Kerlinger, Fred N. (2006?). Asas-asas Penelitian Bevioral. Yogyakarta: UGM Press.
Krathwohl, David R. (1986).. Methods of Educational & Social Science Research. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Lexi moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rusdakarya.
Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Menyusun Karya Ilmiah: Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi. Bandung: Sinar Baru.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutrisno Hadi, 1995. Metodologi Research I - IV. Yogyakarta: Andi Offset.
Wiersma, William. 1986. Research Methods in Education an Introduction. Fourth Edition.. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Details ...