Courser in English | RESEARCH METHOD AND PRESENTATION |
Program | Teknik Sipil - S1 |
SKS | 2 SKS |
RPS | 14 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Prinsip-prinsip dasar teknik presentasi, Pengertian penelitian, Pendekatan Kebenaran,Kebenaran ilmiah, Metode ilmiah, Sarana penelitian, Jenis penelitian, Tahapan penelitian, Perumusan masalah, Perumusan tujuan penelitian, Teknik penyusunan, Tinjauan pustaka, daftar pustaka dan penggunaan pustaka pada proposal penelitian, Teknik analisis data, Penyusunan proposal dan laporan penelitian setara skripsi, penyusunan artikel jurnal ilmiah untuk publikasi hasil penelitian, etika penelitian, pencegahan plagiarisme
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar teknik presentasi dan menerapkannya dalam bentuk membuat slides presentasi dan menyajikannya
2. Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah dan tujuan penelitian
3. Mahasiswa mampu menyusun tinjauan pustaka dan daftar pustaka pada proposal penelitian
4. Mahasiswa mampu menyusun dokumen rencana pengumpulan data dengan benar
5. Mahasiswa mampu menyusun dokumen rencana analisis data yang benar
6.Mahasiswa mampu menyusun poposal penelitian setara skripsi, mampu memahami cara menyusun laporan penelitian, mampu memahami cara menyusun makalah untuk publikasi hasil penelitian di jurnal ilmiah serta mampu memahami etika penelitian dan cara mencegah plagiarisme
References
Muntohar, A.S., 2008, Dasar dan Metode Penelitian: Teknik Sipil ,Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ,Yogyakarta
Details ...
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Prinsip-prinsip dasar teknik presentasi, Pengertian penelitian, Pendekatan Kebenaran,Kebenaran ilmiah, Metode ilmiah, Sarana penelitian, Jenis penelitian, Tahapan penelitian, Perumusan masalah, Perumusan tujuan penelitian, Teknik penyusunan, Tinjauan pustaka, daftar pustaka dan penggunaan pustaka pada proposal penelitian, Teknik analisis data, Penyusunan proposal dan laporan penelitian setara skripsi, penyusunan artikel jurnal ilmiah untuk publikasi hasil penelitian, etika penelitian, pencegahan plagiarisme
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar teknik presentasi dan menerapkannya dalam bentuk membuat slides presentasi dan menyajikannya
2. Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah dan tujuan penelitian
3. Mahasiswa mampu menyusun tinjauan pustaka dan daftar pustaka pada proposal penelitian
4. Mahasiswa mampu menyusun dokumen rencana pengumpulan data dengan benar
5. Mahasiswa mampu menyusun dokumen rencana analisis data yang benar
6.Mahasiswa mampu menyusun poposal penelitian setara skripsi, mampu memahami cara menyusun laporan penelitian, mampu memahami cara menyusun makalah untuk publikasi hasil penelitian di jurnal ilmiah serta mampu memahami etika penelitian dan cara mencegah plagiarisme
References
Muntohar, A.S., 2008, Dasar dan Metode Penelitian: Teknik Sipil ,Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ,Yogyakarta
Details ...
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Prinsip-prinsip dasar teknik presentasi, Pengertian penelitian, Pendekatan Kebenaran,Kebenaran ilmiah, Metode ilmiah, Sarana penelitian, Jenis penelitian, Tahapan penelitian, Perumusan masalah, Perumusan tujuan penelitian, Teknik penyusunan, Tinjauan pustaka, daftar pustaka dan penggunaan pustaka pada proposal penelitian, Teknik analisis data, Penyusunan proposal dan laporan penelitian setara skripsi, penyusunan artikel jurnal ilmiah untuk publikasi hasil penelitian, etika penelitian, pencegahan plagiarisme
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar teknik presentasi dan menerapkannya dalam bentuk membuat slides presentasi dan menyajikannya
2. Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah dan tujuan penelitian
3. Mahasiswa mampu menyusun tinjauan pustaka dan daftar pustaka pada proposal penelitian
4. Mahasiswa mampu menyusun dokumen rencana pengumpulan data dengan benar
5. Mahasiswa mampu menyusun dokumen rencana analisis data yang benar
6.Mahasiswa mampu menyusun poposal penelitian setara skripsi, mampu memahami cara menyusun laporan penelitian, mampu memahami cara menyusun makalah untuk publikasi hasil penelitian di jurnal ilmiah serta mampu memahami etika penelitian dan cara mencegah plagiarisme
References
Muntohar, A.S., 2008, Dasar dan Metode Penelitian: Teknik Sipil ,Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ,Yogyakarta
Details ...
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Prinsip-prinsip dasar teknik presentasi, Pengertian penelitian, Pendekatan Kebenaran, Kebenaran ilmiah, Metode ilmiah, Sarana penelitian, Jenis penelitian, Tahapan penelitian, Perumusan masalah, Perumusan tujuan penelitian, Teknik penyusunan, Tinjauan pustaka, daftar pustaka dan penggunaan pustaka pada proposal penelitian, Teknik analisis data, Penyusunan proposal dan laporan penelitian setara skripsi, penyusunan artikel jurnal ilmiah untuk publikasi hasil penelitian, etika penelitian, pencegahan plagiarisme.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar teknik presentasi dan menerapkannya dalam bentuk membuat slides presentasi dan menyajikannya
2. Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah dan tujuan penelitian
3. Mahasiswa mampu menyusun tinjauan pustaka dan daftar pustaka pada proposal penelitian
4. Mahasiswa mampu menyusun dokumen rencana pengumpulan data dengan benar
5. Mahasiswa mampu menyusun dokumen rencana analisis data yang benar
6. Mahasiswa mampu menyusun poposal penelitian setara skripsi, mampu memahami cara menyusun laporan penelitian, mampu memahami cara menyusun makalah untuk publikasi hasil penelitian di jurnal ilmiah serta mampu memahami etika penelitian dan cara mencegah plagiarisme
ReferencesMuntohar, A.S., 2008, Dasar dan Metode Penelitian: Teknik Sipil ,Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , Yogyakarta
Details ...
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Prinsip-prinsip dasar teknik presentasi, Pengertian penelitian, Pendekatan Kebenaran, Kebenaran ilmiah, Metode ilmiah, Sarana penelitian, Jenis penelitian, Tahapan penelitian, Perumusan masalah, Perumusan tujuan penelitian, Teknik penyusunan, Tinjauan pustaka, daftar pustaka dan penggunaan pustaka pada proposal penelitian, Teknik analisis data, Penyusunan proposal dan laporan penelitian setara skripsi, penyusunan artikel jurnal ilmiah untuk publikasi hasil penelitian, etika penelitian, pencegahan plagiarisme.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar teknik presentasi dan menerapkannya dalam bentuk membuat slides presentasi dan menyajikannya
2. Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah dan tujuan penelitian
3. Mahasiswa mampu menyusun tinjauan pustaka dan daftar pustaka pada proposal penelitian
4. Mahasiswa mampu menyusun dokumen rencana pengumpulan data dengan benar
5. Mahasiswa mampu menyusun dokumen rencana analisis data yang benar
6. Mahasiswa mampu menyusun poposal penelitian setara skripsi, mampu memahami cara menyusun laporan penelitian, mampu memahami cara menyusun makalah untuk publikasi hasil penelitian di jurnal ilmiah serta mampu memahami etika penelitian dan cara mencegah plagiarisme
ReferencesMuntohar, A.S., 2008, Dasar dan Metode Penelitian: Teknik Sipil ,Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , Yogyakarta
Details ...
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang Prinsip-prinsip dasar teknik presentasi, Pengertian penelitian, Pendekatan Kebenaran, Kebenaran ilmiah, Metode ilmiah, Sarana penelitian, Jenis penelitian, Tahapan penelitian, Perumusan masalah, Perumusan tujuan penelitian, Teknik penyusunan, Tinjauan pustaka, daftar pustaka dan penggunaan pustaka pada proposal penelitian, Teknik analisis data, Penyusunan proposal dan laporan penelitian setara skripsi, penyusunan artikel jurnal ilmiah untuk publikasi hasil penelitian, etika penelitian, pencegahan plagiarisme.
Learning Outcomes1. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar teknik presentasi dan menerapkannya dalam bentuk membuat slides presentasi dan menyajikannya
2. Mahasiswa mampu menyusun rumusan masalah dan tujuan penelitian
3. Mahasiswa mampu menyusun tinjauan pustaka dan daftar pustaka pada proposal penelitian
4. Mahasiswa mampu menyusun dokumen rencana pengumpulan data dengan benar
5. Mahasiswa mampu menyusun dokumen rencana analisis data yang benar
6. Mahasiswa mampu menyusun poposal penelitian setara skripsi, mampu memahami cara menyusun laporan penelitian, mampu memahami cara menyusun makalah untuk publikasi hasil penelitian di jurnal ilmiah serta mampu memahami etika penelitian dan cara mencegah plagiarisme
ReferencesMuntohar, A.S., 2008, Dasar dan Metode Penelitian: Teknik Sipil ,Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , Yogyakarta
Details ...
Matakuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Matakuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian.
Learning Outcomes-
References-
Details ...
Matakuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian.
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan para mahasiswa memiliki kompetensi :
- kognitif, yakni mengetahui, memahami dan membedakan berbagai metode penelitian
- psikomotorik, yakni memilih dan melaksanakan langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan topik ataupun permasalahan tugas akhir yang mereka pilih
- afektif, yakni menghindari cara-cara yang tidak terpuji dalam penelitian, misalnya plagiat.
1. Kothari, C.R., 2004, Research Metthodology: Methods and Techiniques, Second Revision Edition, New Age International Publiher
2. Montgomery, D.C., and Runger, G.C., 2003, Applied Statistics and Probability for Engineers,Third Edition, John Wiley &Son’s, New York
3. Montgomery, D.C., 2001, Design and Analysis of Experiments, Fifth Edition, John Wiley & Sons
4. Muntohar, A.S., 2008, Dasar dan Metode Penelitian: Teknik Sipil ,Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , Yogyakarta
Details ...
Matakuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian.
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan para mahasiswa memiliki kompetensi :
- kognitif, yakni mengetahui, memahami dan membedakan berbagai metode penelitian
- psikomotorik, yakni memilih dan melaksanakan langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan topik ataupun permasalahan tugas akhir yang mereka pilih
- afektif, yakni menghindari cara-cara yang tidak terpuji dalam penelitian, misalnya plagiat.
1. Kothari, C.R., 2004, Research Metthodology: Methods and Techiniques, Second Revision Edition, New Age International Publiher
2. Montgomery, D.C., and Runger, G.C., 2003, Applied Statistics and Probability for Engineers,Third Edition, John Wiley &Son’s, New York
3. Montgomery, D.C., 2001, Design and Analysis of Experiments, Fifth Edition, John Wiley & Sons
4. Muntohar, A.S., 2008, Dasar dan Metode Penelitian: Teknik Sipil ,Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta , Yogyakarta
Details ...
Matakuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian.
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan para mahasiswa memiliki kompetensi :
- kognitif, yakni mengetahui, memahami dan membedakan berbagai metode penelitian dalam bidang kependidikan
- psikomotorik, yakni memilih dan melaksanakan langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan topik ataupun permasalahan tugas akhir yang mereka pilih
- afektif, yakni menghindari cara-cara yang tidak terpuji dalam penelitian, misalnya plagiat.
Daftar Referensi
creswell, John W, Research Design : Qualitative and Quantitative Approaches, London : SAGE Publication. 1994
DP2M. 2006a. Panduan program kreativitas mahasiswa (PKM). Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
DP2M. 2006b. Panduan program kreativitas mahasiswa penulisan karya ilmiah (PKMI). Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Warsito. 2006. Bagaimana membangun riset berkelas internasional? Makalah pada Training Penulisan Paper Ilmiah Standar Internasional. Kerjasama Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) dengan Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung pada tanggal 25-26 November 2006.
Details ...
Matakuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian.
Learning OutcomesPada akhir perkuliahan para mahasiswa memiliki kompetensi :
- kognitif, yakni mengetahui, memahami dan membedakan berbagai metode penelitian dalam bidang kependidikan
- psikomotorik, yakni memilih dan melaksanakan langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan topik ataupun permasalahan tugas akhir yang mereka pilih
- afektif, yakni menghindari cara-cara yang tidak terpuji dalam penelitian, misalnya plagiat.
Daftar Referensi
creswell, John W, Research Design : Qualitative and Quantitative Approaches, London : SAGE Publication. 1994
DP2M. 2006a. Panduan program kreativitas mahasiswa (PKM). Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
DP2M. 2006b. Panduan program kreativitas mahasiswa penulisan karya ilmiah (PKMI). Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Warsito. 2006. Bagaimana membangun riset berkelas internasional? Makalah pada Training Penulisan Paper Ilmiah Standar Internasional. Kerjasama Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) dengan Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung pada tanggal 25-26 November 2006.
Details ...