Courser in English | - |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 18 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.
Learning Outcomesmampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat
mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara
ReferencesDewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan |
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta |
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa |
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius |
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra |
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada |
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum |
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia |
Details ...
Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.
Learning Outcomesmampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat
mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara
ReferencesDewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan |
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta |
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa |
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius |
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra |
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada |
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum |
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia |
Details ...
Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.
Learning Outcomesmampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat
mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara
ReferencesDewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan |
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta |
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa |
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius |
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra |
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada |
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum |
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia |
Details ...
Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.
Learning Outcomesmampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat
mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara
ReferencesDewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan |
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta |
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa |
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius |
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra |
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada |
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum |
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia |
Details ...
Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.
Learning Outcomesmampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat
mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara
ReferencesDewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan |
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta |
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa |
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius |
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra |
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada |
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum |
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia |
Details ...
Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.
Learning Outcomesmampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat
mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara
ReferencesDewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan |
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta |
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa |
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius |
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra |
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada |
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum |
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia |
Details ...
Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.
Learning Outcomesmampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat
mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara
ReferencesDewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan |
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta |
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa |
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius |
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra |
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada |
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum |
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia |
Details ...
Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.
Learning Outcomesmampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat
mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara
ReferencesDewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan |
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta |
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa |
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius |
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra |
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada |
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum |
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia |
Details ...
Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.
Learning Outcomesmampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat
mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara
ReferencesDewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan |
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta |
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa |
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius |
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra |
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada |
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum |
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia |
Details ...
mata kuliah ini membahas mengenai fenomena multikultural dan pendidikan multikultural di Indonesia. pembahasan dilakukan melalui studi dokumen, diskusi, dan observasi lingkungan setempat
Learning Outcomesmahasiswa setelah mendapatkan mata kuliah pendidikan diharapkan mempunyai pemahaman mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan mempunyai gambaran konsep rencana dan praktik pendidikan multikultural di sekolah dan masyarakat
ReferencesDewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan |
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta |
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa |
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius |
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra |
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada |
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum |
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia |
Details ...
mata kuliah ini membahas mengenai fenomena multikultural dan pendidikan multikultural di Indonesia. pembahasan dilakukan melalui studi dokumen, diskusi, dan observasi lingkungan setempat
Learning Outcomesmahasiswa setelah mendapatkan mata kuliah pendidikan diharapkan mempunyai pemahaman mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan mempunyai gambaran konsep rencana dan praktik pendidikan multikultural di sekolah dan masyarakat
ReferencesDewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan |
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta |
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa |
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius |
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra |
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada |
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum |
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia |
Details ...
mata kuliah ini membahas mengenai fenomena multikultural dan pendidikan multikultural di Indonesia. pembahasan dilakukan melalui studi dokumen, diskusi, dan observasi lingkungan setempat
Learning Outcomesmahasiswa setelah mendapatkan mata kuliah pendidikan diharapkan mempunyai pemahaman mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan mempunyai gambaran konsep rencana dan praktik pendidikan multikultural di sekolah dan masyarakat
ReferencesDewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa |
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan |
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta |
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa |
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar |
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius |
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra |
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada |
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum |
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia |
Details ...