Pendidikan Multikultural, Curriculum : 2020


Courser in English-
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS18 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.

Learning Outcomes

mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat

mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara

References

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.

Learning Outcomes

mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat

mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara

References

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.

Learning Outcomes

mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat

mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara

References

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.

Learning Outcomes

mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat

mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara

References

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.

Learning Outcomes

mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat

mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara

References

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.

Learning Outcomes

mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat

mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara

References

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.

Learning Outcomes

mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat

mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara

References

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.

Learning Outcomes

mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat

mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara

References

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah pendidikan multikultural mengkaji mengenai budaya nusantara, pelaksanaan pendidikan multikultural di Indonesia dan Manca Negara dengan mengkaji bentuk budaya masyarakat, fenomena budaya di masyarakat, hasil penelitian mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan negara lain. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar mengenai budaya nusantara, fenomena budaya di masyarakat. Mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan universitas, sekolah dasar, dan masyarakat.

Learning Outcomes

mampu memahami dan mengimplementasikan konsep pendidikan multikultural pada perkuliahan, sekolah dan masyarakat

mampu memahami dan menganalisis konsep pendidikan multikultural yang sesuai dengan budaya nusantara

References

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini membahas mengenai fenomena multikultural dan pendidikan multikultural di Indonesia. pembahasan dilakukan melalui studi dokumen, diskusi, dan observasi lingkungan setempat

Learning Outcomes

mahasiswa setelah mendapatkan mata kuliah pendidikan diharapkan mempunyai pemahaman mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan mempunyai gambaran konsep rencana dan praktik pendidikan multikultural di sekolah dan masyarakat

References

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini membahas mengenai fenomena multikultural dan pendidikan multikultural di Indonesia. pembahasan dilakukan melalui studi dokumen, diskusi, dan observasi lingkungan setempat

Learning Outcomes

mahasiswa setelah mendapatkan mata kuliah pendidikan diharapkan mempunyai pemahaman mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan mempunyai gambaran konsep rencana dan praktik pendidikan multikultural di sekolah dan masyarakat

References

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia


Details ...
Course Descriptions

mata kuliah ini membahas mengenai fenomena multikultural dan pendidikan multikultural di Indonesia. pembahasan dilakukan melalui studi dokumen, diskusi, dan observasi lingkungan setempat

Learning Outcomes

mahasiswa setelah mendapatkan mata kuliah pendidikan diharapkan mempunyai pemahaman mengenai pendidikan multikultural di Indonesia dan mempunyai gambaran konsep rencana dan praktik pendidikan multikultural di sekolah dan masyarakat

References

Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Kebudayaan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Dewantara, Ki Hadjar. 2011. Pendidikan. Yogyakarta: yayasan persatuan taman siswa
Koentjaraningrat, dkk. 1987. manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta: djambatan
Koentjaraningrat. 1990. pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Rineka Cipta
Kurniawan, benny. 2012. ilmu budaya dasar. Tangerang: jelalah nusa
Mahfud, choirul, 2016. pendidikan multikultural. Yogyakarta: pustaka pelajar
Ratna, nyoman kutha. 2014. peranan karya sastra, seni dan budaya dalam pendidikan karakter. Yogyakarta: pustaka pelajar
Rosada, admila, dkk. 2019. pendidikan multikultural strategi mengelola keberagaman di sekolah. Sleman: PT Kanisius
Sedyawati, edi. 2007. Indonesia dalam budaya. Jakarta: wedatama widya sastra
Sedyawati, edi. 2012. budaya Indonesia: kajian arkeologi, seni dan sejarah. Jakarta: raja grafindo persada
Soegeng, A.Y dan Ghufron Abdullah. 2017. Landasan Kependidikan. Bantul: magnum
Sulasman dan setia gumilar. 2013. teori-teori kebudayaan dan teori hingga aplikasi. Bandung: pustaka setia


Details ...