Courser in English | GUIDANCE AND COUNSELING MEDIA |
Program | Bimbingan dan Konseling |
SKS | 2 SKS |
RPS | 20 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Media bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling pada semester VI. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta pengalaman langsung dalam merancang dan membuat media yang dikemas dalam bentuk digital; grafis, animasi, video/ audio visual, podcast/ audio. Pengalaman langsung yang diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk praktik secara langsung dalam pembuatan media digital, menguji hasil pembuatan media dan mempresentasikan media yang telah dibuat diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menciptakan media BK yang kreatif, menarik dan aplikatif
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran |
|
CPL Prodi yang Dibebankan pada Mata Kuliah |
|||||
CPL 1 (S3, S9) |
Mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
||||||
CPL 2 (P7, P13, P15) |
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multimedia dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling, mampu menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling serta menguasai konsep dasar teori multimedia dan teori pengembangan media. |
||||||
CPL 3 (KU 2, KU 5) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
||||||
CPL 4 (KK 12, KK 16, KK 29, KK 30) |
Terampil melakukan diagnosis dan prognosis terhadap masalah yang dialami oleh sasaran layanan dalam perspektif optimalisasi perkembangannya, terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi serta multimedia dalam merencanakan dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya, terampil menggunakan teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan presentasi karya ilmliah, serta mampu melakukan kolaborasi teknologi dalam melaksanakan pelatihan
|
||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
|||||||
CPMK1 |
Mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (CPL 1) |
||||||
CPMK2 |
Menguasai teori, dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai fasilitas multimedia dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling. (CPL 2) |
||||||
CPMK3 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (CPL 3) |
||||||
CPMK4 |
Terampil melakukan diagnosis terhadap masalah yang dialami oleh sasaran layanan dalam perspektif optimalisasi perkembangannya, terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi serta multimedia dalam melakukan presentasi ilmiah, kolaborasi teknologi serta merencanakan dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya. (CPL 4) |
||||||
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|||||||
Sub-CPMK1 |
Mampu menjelaskan hakikat media dalam konteks peningkatan mutu/ kualitas pelayanan bimbingan dan konseling. [C2, A2] (CMPK2) |
||||||
Sub-CPMK2 |
Mampu mengkombinasikan berbagai media (multimedia) dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling [C3, A3] (CMPK2) |
||||||
Sub-CPMK3 |
Terampil mendiagnosis permasalahan yang dialami oleh sasaran layanan bimbingan dan konseling [C4, A4] (CPMK3) |
||||||
Sub-CPMK4 |
Mampu mengambil keputusan/ menentukan media yang tepat pada sasaran layanan bimbingan dan konseling, sesuai hasil analisis permasalahan [C5, A5] (CMPK4) |
||||||
Sub-CPMK5 |
Mampu mempresentasikan hasil analisis informasi data sasaran layanan bimbingan dan konseling [C3, A3] (CPMK4) |
||||||
Sub-CPMK6 |
Terampil membuat/ menciptakan media bimbingan dan konseling [C6, A4] (CMPK4) |
||||||
|
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK |
||||||
|
Sub-CPMK1 |
Sub-CPMK2 |
Sub-CPMK3 |
Sub-CPMK4 |
Sub-CPMK5 |
Sub-CPMK6 |
|
CPMK1 |
Ö |
|
|
|
|
|
|
CPMK2 |
|
Ö |
|
|
|
|
|
CPMK3 |
|
|
Ö |
|
|
|
|
CPMK4 |
|
|
|
Ö |
Ö |
Ö |
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Kusdaryani, Wiwik dkk. 2014. Media Bimbingan dan Konseling. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Nursalim, Mochamad dan Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utomo, Nurbowo Budi, M. Abdul Malik, Slamet Windarto. 2011. Pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Details ...
Media bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling pada semester VI. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta pengalaman langsung dalam merancang dan membuat media yang dikemas dalam bentuk digital; grafis, animasi, video/ audio visual, podcast/ audio. Pengalaman langsung yang diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk praktik secara langsung dalam pembuatan media digital, menguji hasil pembuatan media dan mempresentasikan media yang telah dibuat diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menciptakan media BK yang kreatif, menarik dan aplikatif
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran |
|
CPL Prodi yang Dibebankan pada Mata Kuliah |
|||||
CPL 1 (S3, S9) |
Mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
||||||
CPL 2 (P7, P13, P15) |
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multimedia dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling, mampu menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling serta menguasai konsep dasar teori multimedia dan teori pengembangan media. |
||||||
CPL 3 (KU 2, KU 5) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
||||||
CPL 4 (KK 12, KK 16, KK 29, KK 30) |
Terampil melakukan diagnosis dan prognosis terhadap masalah yang dialami oleh sasaran layanan dalam perspektif optimalisasi perkembangannya, terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi serta multimedia dalam merencanakan dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya, terampil menggunakan teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan presentasi karya ilmliah, serta mampu melakukan kolaborasi teknologi dalam melaksanakan pelatihan
|
||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
|||||||
CPMK1 |
Mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (CPL 1) |
||||||
CPMK2 |
Menguasai teori, dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai fasilitas multimedia dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling. (CPL 2) |
||||||
CPMK3 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (CPL 3) |
||||||
CPMK4 |
Terampil melakukan diagnosis terhadap masalah yang dialami oleh sasaran layanan dalam perspektif optimalisasi perkembangannya, terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi serta multimedia dalam melakukan presentasi ilmiah, kolaborasi teknologi serta merencanakan dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya. (CPL 4) |
||||||
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|||||||
Sub-CPMK1 |
Mampu menjelaskan hakikat media dalam konteks peningkatan mutu/ kualitas pelayanan bimbingan dan konseling. [C2, A2] (CMPK2) |
||||||
Sub-CPMK2 |
Mampu mengkombinasikan berbagai media (multimedia) dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling [C3, A3] (CMPK2) |
||||||
Sub-CPMK3 |
Terampil mendiagnosis permasalahan yang dialami oleh sasaran layanan bimbingan dan konseling [C4, A4] (CPMK3) |
||||||
Sub-CPMK4 |
Mampu mengambil keputusan/ menentukan media yang tepat pada sasaran layanan bimbingan dan konseling, sesuai hasil analisis permasalahan [C5, A5] (CMPK4) |
||||||
Sub-CPMK5 |
Mampu mempresentasikan hasil analisis informasi data sasaran layanan bimbingan dan konseling [C3, A3] (CPMK4) |
||||||
Sub-CPMK6 |
Terampil membuat/ menciptakan media bimbingan dan konseling [C6, A4] (CMPK4) |
||||||
|
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK |
||||||
|
Sub-CPMK1 |
Sub-CPMK2 |
Sub-CPMK3 |
Sub-CPMK4 |
Sub-CPMK5 |
Sub-CPMK6 |
|
CPMK1 |
Ö |
|
|
|
|
|
|
CPMK2 |
|
Ö |
|
|
|
|
|
CPMK3 |
|
|
Ö |
|
|
|
|
CPMK4 |
|
|
|
Ö |
Ö |
Ö |
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Kusdaryani, Wiwik dkk. 2014. Media Bimbingan dan Konseling. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Nursalim, Mochamad dan Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utomo, Nurbowo Budi, M. Abdul Malik, Slamet Windarto. 2011. Pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Details ...
Media bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling pada semester VI. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta pengalaman langsung dalam merancang dan membuat media yang dikemas dalam bentuk digital; grafis, animasi, video/ audio visual, podcast/ audio. Pengalaman langsung yang diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk praktik secara langsung dalam pembuatan media digital, menguji hasil pembuatan media dan mempresentasikan media yang telah dibuat diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menciptakan media BK yang kreatif, menarik dan aplikatif
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran |
|
CPL Prodi yang Dibebankan pada Mata Kuliah |
|||||
CPL 1 (S3, S9) |
Mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
||||||
CPL 2 (P7, P13, P15) |
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multimedia dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling, mampu menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling serta menguasai konsep dasar teori multimedia dan teori pengembangan media. |
||||||
CPL 3 (KU 2, KU 5) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
||||||
CPL 4 (KK 12, KK 16, KK 29, KK 30) |
Terampil melakukan diagnosis dan prognosis terhadap masalah yang dialami oleh sasaran layanan dalam perspektif optimalisasi perkembangannya, terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi serta multimedia dalam merencanakan dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya, terampil menggunakan teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan presentasi karya ilmliah, serta mampu melakukan kolaborasi teknologi dalam melaksanakan pelatihan
|
||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
|||||||
CPMK1 |
Mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (CPL 1) |
||||||
CPMK2 |
Menguasai teori, dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai fasilitas multimedia dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling. (CPL 2) |
||||||
CPMK3 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (CPL 3) |
||||||
CPMK4 |
Terampil melakukan diagnosis terhadap masalah yang dialami oleh sasaran layanan dalam perspektif optimalisasi perkembangannya, terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi serta multimedia dalam melakukan presentasi ilmiah, kolaborasi teknologi serta merencanakan dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya. (CPL 4) |
||||||
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|||||||
Sub-CPMK1 |
Mampu menjelaskan hakikat media dalam konteks peningkatan mutu/ kualitas pelayanan bimbingan dan konseling. [C2, A2] (CMPK2) |
||||||
Sub-CPMK2 |
Mampu mengkombinasikan berbagai media (multimedia) dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling [C3, A3] (CMPK2) |
||||||
Sub-CPMK3 |
Terampil mendiagnosis permasalahan yang dialami oleh sasaran layanan bimbingan dan konseling [C4, A4] (CPMK3) |
||||||
Sub-CPMK4 |
Mampu mengambil keputusan/ menentukan media yang tepat pada sasaran layanan bimbingan dan konseling, sesuai hasil analisis permasalahan [C5, A5] (CMPK4) |
||||||
Sub-CPMK5 |
Mampu mempresentasikan hasil analisis informasi data sasaran layanan bimbingan dan konseling [C3, A3] (CPMK4) |
||||||
Sub-CPMK6 |
Terampil membuat/ menciptakan media bimbingan dan konseling [C6, A4] (CMPK4) |
||||||
|
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK |
||||||
|
Sub-CPMK1 |
Sub-CPMK2 |
Sub-CPMK3 |
Sub-CPMK4 |
Sub-CPMK5 |
Sub-CPMK6 |
|
CPMK1 |
Ö |
|
|
|
|
|
|
CPMK2 |
|
Ö |
|
|
|
|
|
CPMK3 |
|
|
Ö |
|
|
|
|
CPMK4 |
|
|
|
Ö |
Ö |
Ö |
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Kusdaryani, Wiwik dkk. 2014. Media Bimbingan dan Konseling. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Nursalim, Mochamad dan Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utomo, Nurbowo Budi, M. Abdul Malik, Slamet Windarto. 2011. Pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Details ...
Media bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling pada semester VI. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta pengalaman langsung dalam merancang dan membuat media yang dikemas dalam bentuk digital; grafis, animasi, video/ audio visual, podcast/ audio. Pengalaman langsung yang diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk praktik secara langsung dalam pembuatan media digital, menguji hasil pembuatan media dan mempresentasikan media yang telah dibuat diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menciptakan media BK yang kreatif, menarik dan aplikatif
Learning Outcomes
Capaian Pembelajaran |
|
CPL Prodi yang Dibebankan pada Mata Kuliah |
|||||
CPL 1 (S3, S9) |
Mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban berdasarkan Pancasila serta mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
||||||
CPL 2 (P7, P13, P15) |
Menguasai materi dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai teknik bimbingan, multimedia dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling, mampu menguasai konsep, prosedur pengembangan dan penggunaan instrumen, teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan layanan bimbingan dan konseling serta menguasai konsep dasar teori multimedia dan teori pengembangan media. |
||||||
CPL 3 (KU 2, KU 5) |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. |
||||||
CPL 4 (KK 12, KK 16, KK 29, KK 30) |
Terampil melakukan diagnosis dan prognosis terhadap masalah yang dialami oleh sasaran layanan dalam perspektif optimalisasi perkembangannya, terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi serta multimedia dalam merencanakan dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya, terampil menggunakan teknologi informasi dan multimedia untuk keperluan presentasi karya ilmliah, serta mampu melakukan kolaborasi teknologi dalam melaksanakan pelatihan
|
||||||
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah |
|||||||
CPMK1 |
Mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat dengan menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (CPL 1) |
||||||
CPMK2 |
Menguasai teori, dan metode pelayanan bimbingan yang meliputi bimbingan pribadi sosial, belajar, dan karier dengan menggunakan berbagai fasilitas multimedia dan teknologi informasi yang dibutuhkan dalam kinerja layanan bimbingan dan konseling. (CPL 2) |
||||||
CPMK3 |
Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur, serta mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan hasil analisis informasi dan data. (CPL 3) |
||||||
CPMK4 |
Terampil melakukan diagnosis terhadap masalah yang dialami oleh sasaran layanan dalam perspektif optimalisasi perkembangannya, terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi serta multimedia dalam melakukan presentasi ilmiah, kolaborasi teknologi serta merencanakan dan melaksanakan layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya. (CPL 4) |
||||||
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) |
|||||||
Sub-CPMK1 |
Mampu menjelaskan hakikat media dalam konteks peningkatan mutu/ kualitas pelayanan bimbingan dan konseling. [C2, A2] (CMPK2) |
||||||
Sub-CPMK2 |
Mampu mengkombinasikan berbagai media (multimedia) dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling [C3, A3] (CMPK2) |
||||||
Sub-CPMK3 |
Terampil mendiagnosis permasalahan yang dialami oleh sasaran layanan bimbingan dan konseling [C4, A4] (CPMK3) |
||||||
Sub-CPMK4 |
Mampu mengambil keputusan/ menentukan media yang tepat pada sasaran layanan bimbingan dan konseling, sesuai hasil analisis permasalahan [C5, A5] (CMPK4) |
||||||
Sub-CPMK5 |
Mampu mempresentasikan hasil analisis informasi data sasaran layanan bimbingan dan konseling [C3, A3] (CPMK4) |
||||||
Sub-CPMK6 |
Terampil membuat/ menciptakan media bimbingan dan konseling [C6, A4] (CMPK4) |
||||||
|
Korelasi CPMK terhadap Sub-CPMK |
||||||
|
Sub-CPMK1 |
Sub-CPMK2 |
Sub-CPMK3 |
Sub-CPMK4 |
Sub-CPMK5 |
Sub-CPMK6 |
|
CPMK1 |
Ö |
|
|
|
|
|
|
CPMK2 |
|
Ö |
|
|
|
|
|
CPMK3 |
|
|
Ö |
|
|
|
|
CPMK4 |
|
|
|
Ö |
Ö |
Ö |
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Kusdaryani, Wiwik dkk. 2014. Media Bimbingan dan Konseling. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press
Nursalim, Mochamad dan Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utomo, Nurbowo Budi, M. Abdul Malik, Slamet Windarto. 2011. Pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Details ...
Media bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester VI. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta pengalaman langsung dalam merancang dan membuat media jenis bentuk, grafis dan film. Pengalaman langsung yang diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk praktik secara langsung dalam pembuatan media, menguji hasil pembuatan media dan mempresentasikan media yang telah dibuat diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menciptakan media BK yang kreatif, menarik dan apliktif
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan,
- Mampu mengidentifikasi media yang tepat dalam berbagai layanan BK.
- Memiliki keterampilan dalam merancang media BK jenis bentuk, grafis, dan film.
- Memiliki keterampilan dalam menciptakan media BK jenis bentuk, grafis, dan film berdasarkan prinsip-prinsip kreatifitas.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Nursalim, Mochamad dan Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utomo, Nurbowo Budi, M. Abdul Malik, Slamet Windarto. 2011. Pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Details ...
Media bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester VI. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta pengalaman langsung dalam merancang dan membuat media jenis bentuk, grafis dan film. Pengalaman langsung yang diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk praktik secara langsung dalam pembuatan media, menguji hasil pembuatan media dan mempresentasikan media yang telah dibuat diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menciptakan media BK yang kreatif, menarik dan apliktif
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan,
- Mampu mengidentifikasi media yang tepat dalam berbagai layanan BK.
- Memiliki keterampilan dalam merancang media BK jenis bentuk, grafis, dan film.
- Memiliki keterampilan dalam menciptakan media BK jenis bentuk, grafis, dan film berdasarkan prinsip-prinsip kreatifitas.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Nursalim, Mochamad dan Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utomo, Nurbowo Budi, M. Abdul Malik, Slamet Windarto. 2011. Pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Details ...
Media bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester VI. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta pengalaman langsung dalam merancang dan membuat media jenis bentuk, grafis dan film. Pengalaman langsung yang diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk praktik secara langsung dalam pembuatan media, menguji hasil pembuatan media dan mempresentasikan media yang telah dibuat diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menciptakan media BK yang kreatif, menarik dan apliktif
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan,
- Mampu mengidentifikasi media yang tepat dalam berbagai layanan BK.
- Memiliki keterampilan dalam merancang media BK jenis bentuk, grafis, dan film.
- Memiliki keterampilan dalam menciptakan media BK jenis bentuk, grafis, dan film berdasarkan prinsip-prinsip kreatifitas.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Nursalim, Mochamad dan Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utomo, Nurbowo Budi, M. Abdul Malik, Slamet Windarto. 2011. Pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Details ...
Media bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester VI. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta pengalaman langsung dalam merancang dan membuat media jenis bentuk, grafis dan film. Pengalaman langsung yang diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk praktik secara langsung dalam pembuatan media, menguji hasil pembuatan media dan mempresentasikan media yang telah dibuat diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menciptakan media BK yang kreatif, menarik dan apliktif
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan,
- Mampu mengidentifikasi media yang tepat dalam berbagai layanan BK.
- Memiliki keterampilan dalam merancang media BK jenis bentuk, grafis, dan film.
- Memiliki keterampilan dalam menciptakan media BK jenis bentuk, grafis, dan film berdasarkan prinsip-prinsip kreatifitas.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Nursalim, Mochamad dan Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utomo, Nurbowo Budi, M. Abdul Malik, Slamet Windarto. 2011. Pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Details ...
Media bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester V. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta pengalaman langsung dalam merancang dan membuat media jenis bentuk, grafis dan film. Pengalaman langsung yang diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk praktikum diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menciptakan media BK yang kreatif dan menarik.
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:
1. Mampu mengidentifikasi media yang tepat dalam berbagai layanan BK.
2. Memiliki keterampilan dalam merancang media BK jenis bentuk, grafis, dan film.
3. Memiliki keterampilan dalam menciptakan media BK jenis bentuk, grafis, dan film berdasarkan prinsip-prinsip kreatifitas.
ReferencesReferensi
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Nursalim, Mochamad dan Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utomo, Nurbowo Budi, M. Abdul Malik, Slamet Windarto. 2011. Pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Details ...
Media bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester V. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta pengalaman langsung dalam merancang dan membuat media jenis bentuk, grafis dan film. Pengalaman langsung yang diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk praktikum diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menciptakan media BK yang kreatif dan menarik.
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:
1. Mampu mengidentifikasi media yang tepat dalam berbagai layanan BK.
2. Memiliki keterampilan dalam merancang media BK jenis bentuk, grafis, dan film.
3. Memiliki keterampilan dalam menciptakan media BK jenis bentuk, grafis, dan film berdasarkan prinsip-prinsip kreatifitas.
ReferencesReferensi
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Nursalim, Mochamad dan Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utomo, Nurbowo Budi, M. Abdul Malik, Slamet Windarto. 2011. Pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Details ...
Media bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester V. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta pengalaman langsung dalam merancang dan membuat media jenis bentuk, grafis dan film. Pengalaman langsung yang diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk praktikum diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menciptakan media BK yang kreatif dan menarik.
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:
1. Mampu mengidentifikasi media yang tepat dalam berbagai layanan BK.
2. Memiliki keterampilan dalam merancang media BK jenis bentuk, grafis, dan film.
3. Memiliki keterampilan dalam menciptakan media BK jenis bentuk, grafis, dan film berdasarkan prinsip-prinsip kreatifitas.
ReferencesReferensi
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Nursalim, Mochamad dan Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utomo, Nurbowo Budi, M. Abdul Malik, Slamet Windarto. 2011. Pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Details ...
Media bimbingan dan konseling merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling pada semester V. Mata kuliah ini memberikan pemahaman serta pengalaman langsung dalam merancang dan membuat media jenis bentuk, grafis dan film. Pengalaman langsung yang diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk praktikum diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam menciptakan media BK yang kreatif dan menarik.
Learning OutcomesSetelah mendapatkan perkuliahan ini mahasiswa diharapkan:
1. Mampu mengidentifikasi media yang tepat dalam berbagai layanan BK.
2. Memiliki keterampilan dalam merancang media BK jenis bentuk, grafis, dan film.
3. Memiliki keterampilan dalam menciptakan media BK jenis bentuk, grafis, dan film berdasarkan prinsip-prinsip kreatifitas.
ReferencesReferensi
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Nursalim, Mochamad dan Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Sadiman, Arief S., R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito, 2007. Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Utomo, Nurbowo Budi, M. Abdul Malik, Slamet Windarto. 2011. Pengembangan Materi Bimbingan dan Konseling Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Details ...