Metodologi penelitian, Curriculum : 2019


Courser in EnglishRESEARCH METHODOLOGY
ProgramPendidikan IPA
SKS3 SKS
RPS1 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Metodologi Penelitian Pendidikan adalah matakuliah wajib dengan bobot 3 sks dengan pembagian 2 sks teori dan 1 sks praktik ini secara umum bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian pendidikan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan. Secara khusus, setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampumenelaah: Konsep dasar penelitian pendidikan, Jenis dan desain penelitian pendidikan, Prosedur penelitian kualitatif, Prosedur penelitian kuantitatif, Prosedur penelitian mix-metode; mampu mengevaluasi masalah dan menentukan topik penelitian; mampu menyusun kajian teori dan empiris; mampu rancangan dan prosedur pengumpulan data; mampu mengevaluasi keabsahan temuan; mampumenganalisis data dan penarikan kesimpulan; Proposal Penelitian. Metode perkuliahan yang digunakan selain diskusi dan pemberian tugas, perkuliahan ini akan lebih banyak memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bekerjasama dengan teman sekelas untuk mengkonstruksi pengetahuan secara berkelompok kooperatif maupun berbasis projek, melakukan observasi terkait kasus-kasus di lapangan melalui analisis jurnal, presentasi kelompok, studi literatur secara mandiri baik dari jurnal nasional maupun internasional, dan menganalisis secara kritis (berpikir kritis) terhadap fakta-fakta permasalahan pendidikan untuk menentukan topik penelitian. Penilaian dilakukan baik melalui tes (UTS dan UAS), penilaian tugas, dan non-tes (observasi) terhadap aspek sikap dan keterampilan selama proses pembelajaran. Luaran mata kuliah berupa drafproposal penelitiantesis.

Learning Outcomes

CPMK 1

Menelaah berbagai konsep terkait metode penelitian yang digunakan dalam pengelolaan riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan IPA sebagai pertimbangan indentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitian serta memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin secara disiplin dan taat hukum [P2, P5, P7, KK2, S1]

CPMK 2

Membuat proposal penelitian sebagai upaya mengelolaan riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan IPA yang terjamin kesahihan dan terbebas dari plagiasi serta mengkomunikasikan melalui publikasi nasional maupuninternasionaldengan sikap kemandirian dan penuh tanggungjawab [P8, KU3, KK3, KK5, KK6, S3]

References

  1. Creswell, J.W. 2003. Research design: Qualitative, quantitative and mixed methods approaches. London: Sage Publication.
  2. Sugiyono.2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Details ...