Magang II, Curriculum : 2017


Courser in EnglishSCHOOL INTERNSHIP II
ProgramPendidikan Bahasa Inggris
SKS2 SKS
RPS14 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Melalui matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada masing-masing mata pelajaran dalam pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
  2. Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran, meliputi PROTA, PROMES, Silabus, RPP, Bahan ajar, LKPD, Media Pembelajaran serta Penilaiannyadenga n memperhatikan unsur-unsur HOTs, TPACK, Karakter, Literasi, 4Cs
  3. Mampu mengelola kurikulum dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan menggunakan pendekatan, model, metode, bahan ajar dan penilaian secara tepat, serta memanfaatkan teknologi dan informasi(TPACK)
  4. Mampu menguasai dan mempraktikan Keterampilan Dasar Mengajar (CPMK 4)
  5. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran secara daring dan menilai hasil belajar secara online (Microteaching) (CPMK 6)

References

Tim Penyusun 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang:LPP UGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Melalui matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada masing-masing mata pelajaran dalam pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
  2. Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran, meliputi PROTA, PROMES, Silabus, RPP, Bahan ajar, LKPD, Media Pembelajaran serta Penilaiannyadenga n memperhatikan unsur-unsur HOTs, TPACK, Karakter, Literasi, 4Cs
  3. Mampu mengelola kurikulum dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan menggunakan pendekatan, model, metode, bahan ajar dan penilaian secara tepat, serta memanfaatkan teknologi dan informasi(TPACK)
  4. Mampu menguasai dan mempraktikan Keterampilan Dasar Mengajar (CPMK 4)
  5. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran secara daring dan menilai hasil belajar secara online (Microteaching) (CPMK 6)

References

Tim Penyusun 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang:LPP UGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Melalui matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada masing-masing mata pelajaran dalam pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
  2. Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran, meliputi PROTA, PROMES, Silabus, RPP, Bahan ajar, LKPD, Media Pembelajaran serta Penilaiannyadenga n memperhatikan unsur-unsur HOTs, TPACK, Karakter, Literasi, 4Cs
  3. Mampu mengelola kurikulum dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan menggunakan pendekatan, model, metode, bahan ajar dan penilaian secara tepat, serta memanfaatkan teknologi dan informasi(TPACK)
  4. Mampu menguasai dan mempraktikan Keterampilan Dasar Mengajar (CPMK 4)
  5. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran secara daring dan menilai hasil belajar secara online (Microteaching) (CPMK 6)

References

Tim Penyusun 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang:LPP UGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Melalui matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada masing-masing mata pelajaran dalam pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
  2. Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran, meliputi PROTA, PROMES, Silabus, RPP, Bahan ajar, LKPD, Media Pembelajaran serta Penilaiannyadenga n memperhatikan unsur-unsur HOTs, TPACK, Karakter, Literasi, 4Cs
  3. Mampu mengelola kurikulum dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan menggunakan pendekatan, model, metode, bahan ajar dan penilaian secara tepat, serta memanfaatkan teknologi dan informasi(TPACK)
  4. Mampu menguasai dan mempraktikan Keterampilan Dasar Mengajar (CPMK 4)
  5. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran secara daring dan menilai hasil belajar secara online (Microteaching) (CPMK 6)

References

Tim Penyusun 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang:LPP UGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Melalui matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada masing-masing mata pelajaran dalam pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
  2. Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran, meliputi PROTA, PROMES, Silabus, RPP, Bahan ajar, LKPD, Media Pembelajaran serta Penilaiannyadenga n memperhatikan unsur-unsur HOTs, TPACK, Karakter, Literasi, 4Cs
  3. Mampu mengelola kurikulum dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan menggunakan pendekatan, model, metode, bahan ajar dan penilaian secara tepat, serta memanfaatkan teknologi dan informasi(TPACK)
  4. Mampu menguasai dan mempraktikan Keterampilan Dasar Mengajar (CPMK 4)
  5. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran secara daring dan menilai hasil belajar secara online (Microteaching) (CPMK 6)

References

Tim Penyusun 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang:LPP UGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Melalui matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada masing-masing mata pelajaran dalam pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
  2. Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran, meliputi PROTA, PROMES, Silabus, RPP, Bahan ajar, LKPD, Media Pembelajaran serta Penilaiannyadenga n memperhatikan unsur-unsur HOTs, TPACK, Karakter, Literasi, 4Cs
  3. Mampu mengelola kurikulum dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan menggunakan pendekatan, model, metode, bahan ajar dan penilaian secara tepat, serta memanfaatkan teknologi dan informasi(TPACK)
  4. Mampu menguasai dan mempraktikan Keterampilan Dasar Mengajar (CPMK 4)
  5. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran secara daring dan menilai hasil belajar secara online (Microteaching) (CPMK 6)

References

Tim Penyusun 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang:LPP UGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah Magang I merupakan mata kuliah dasar program studi dan bersifat wajib ditempuh bagi mahasiswa program studi S1 Kependidikan dengan bobot 2 sks. Melalui matakuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi.

Learning Outcomes

  1. Mampu menganalisis Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan pada masing-masing mata pelajaran dalam pembelajaran maupun penilaiannya bermuatan HOTs
  2. Mampu menganalisis dan merancang perangkat pembelajaran, meliputi PROTA, PROMES, Silabus, RPP, Bahan ajar, LKPD, Media Pembelajaran serta Penilaiannyadenga n memperhatikan unsur-unsur HOTs, TPACK, Karakter, Literasi, 4Cs
  3. Mampu mengelola kurikulum dengan merancang pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, dengan menggunakan pendekatan, model, metode, bahan ajar dan penilaian secara tepat, serta memanfaatkan teknologi dan informasi(TPACK)
  4. Mampu menguasai dan mempraktikan Keterampilan Dasar Mengajar (CPMK 4)
  5. Mahasiswa mampu melaksanakan pembelajaran secara daring dan menilai hasil belajar secara online (Microteaching) (CPMK 6)

References

Tim Penyusun 2019. Buku Pedoman Magang I. Semarang:LPP UGRIS.


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri
  7. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

References

Pedoman Magang 2 Universitas PGRI Semarang tahun 2019


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri
  7. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

References

Pedoman Magang 2 Universitas PGRI Semarang tahun 2019


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri
  7. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

References

Pedoman Magang 2 Universitas PGRI Semarang tahun 2019


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri
  7. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

References

Pedoman Magang 2 Universitas PGRI Semarang tahun 2019


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah ini diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa memiliki kemampuan melakukan pengelolaan kurikulum operasional (perangkat pembelajaran) berdasarkan karakteristik siswa, materi, serta menentukan pendekatan pembelajaran dan model pembelajaran, bahan ajar dan penilaian dengan mengunakan teknologi informasi baik untuk perencanaan maupun melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran dengan menerapkan teknologi informasi

Learning Outcomes

  1. Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologi, sosial dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  2. Mampu mengelola kurikulum
  3. Memilih secara adekuat pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
  4. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
  5. Menerapkan pegetahuan dan keterampilan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  6. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara madiri
  7. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

References

Pedoman Magang 2 Universitas PGRI Semarang tahun 2019


Details ...