Metodologi Penelitian Kuantitatif, Curriculum : 2016


Courser in EnglishQUANTITATIVE RESEARCH METHODOLOGY
ProgramPendidikan Ekonomi
SKS3 SKS
RPS4 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Matakuliah ini mendiskusikan berbagai hal mengenai pengetahuan teoretis metodologi penelitian karena dengan langkah operasional yang membentuk proses jalannya penelitian kuantitatif bagi mahasiswa

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu mendiskusikan konsep, alur pikir dan paradigma penelitian, menjelaskan proses penelitian , menganalisis dan mereview literatur ilmiah, menganalisis dan memformulasikan permasalahan penelitian, mengidentifikasi variabel

mengkonstruksikan hipotesis, menganalisis desain penelitian, menganalisis dan memilih desain studi penelitian, dan membuat proposal penelitian terstruktur

References

jonker, J., & Pennink, B. (2010). The Essence Of Research Methodology. Springer Heidelberg Dordrecht London New York.

Kumar, R. (2011). Research Methodology A Step-By-Step Guide For Beginners Third Edition. Sage Publications Asia-Pacific Pte Ltd.

Lazarsjeld, P. F., & Rosenberg, M. (1955). The Language Of Social Research. The Free Press & Collicr-Mllcmillan Canada, Ltd.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini mendiskusikan berbagai hal mengenai pengetahuan teoretis metodologi penelitian karena dengan langkah operasional yang membentuk proses jalannya penelitian kuantitatif bagi mahasiswa

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu mendiskusikan konsep, alur pikir dan paradigma penelitian, menjelaskan proses penelitian , menganalisis dan mereview literatur ilmiah, menganalisis dan memformulasikan permasalahan penelitian, mengidentifikasi variabel

mengkonstruksikan hipotesis, menganalisis desain penelitian, menganalisis dan memilih desain studi penelitian, dan membuat proposal penelitian terstruktur

References

jonker, J., & Pennink, B. (2010). The Essence Of Research Methodology. Springer Heidelberg Dordrecht London New York.

Kumar, R. (2011). Research Methodology A Step-By-Step Guide For Beginners Third Edition. Sage Publications Asia-Pacific Pte Ltd.

Lazarsjeld, P. F., & Rosenberg, M. (1955). The Language Of Social Research. The Free Press & Collicr-Mllcmillan Canada, Ltd.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah ini mendiskusikan berbagai hal mengenai pengetahuan teoretis metodologi penelitian karena dengan langkah operasional yang membentuk proses jalannya penelitian kuantitatif bagi mahasiswa

Learning Outcomes

Mahasiswa diharapkan mampu mendiskusikan konsep, alur pikir dan paradigma penelitian, menjelaskan proses penelitian , menganalisis dan mereview literatur ilmiah, menganalisis dan memformulasikan permasalahan penelitian, mengidentifikasi variabel

mengkonstruksikan hipotesis, menganalisis desain penelitian, menganalisis dan memilih desain studi penelitian, dan membuat proposal penelitian terstruktur

References

jonker, J., & Pennink, B. (2010). The Essence Of Research Methodology. Springer Heidelberg Dordrecht London New York.

Kumar, R. (2011). Research Methodology A Step-By-Step Guide For Beginners Third Edition. Sage Publications Asia-Pacific Pte Ltd.

Lazarsjeld, P. F., & Rosenberg, M. (1955). The Language Of Social Research. The Free Press & Collicr-Mllcmillan Canada, Ltd.


Details ...
Course Descriptions

Matakuliah Metodologi Penelitian Kuantitatif ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan metode penelitian kuantitatif dalam rangka penyusunan tugas akhir. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan.

Learning Outcomes

Pada akhir perkuliahan para mahasiswa memiliki kompetensi :

  1. kognitif, yakni mengetahui, memahami dan membedakan berbagai metode penelitian dalam bidang kependidikan
  2. psikomotorik, yakni memilih dan melaksanakan langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan topik ataupun permasalahan tugas akhir yang mereka pilih
  3. afektif, yakni menghindari cara-cara yang tidak terpuji dalam penelitian, misalnya plagiat.

References

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta


Details ...