Courser in English | Philosophy of Pancasila |
Program | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
SKS | 3 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian filsafat dan ilmu, ciri-ciri berfikir kefilsafatan, cabang-cabang filsafat, aliran-aliran filsafat, Pancasila sebagai sistem filsafat, hakikat sila-sila Pancasila, perkembangan pemikiran tentang Pancasila, serta pengembangan Pancasila sebagai ideologi terbuka.
Learning OutcomesDengan filsafat Pancasila, kita dapat mengetahui sifat kehidupan pedesaan dan semua aspek yang memiliki hubungan erat dengan kehidupan sosial dan kelangsungan hidup negara. Dengan filsafat Pancasila kita dapat menemukan kebenaran yang penting tentang sifat negara, gagasan negara, dan tujuan negara Indonesia
References01. Ahmad Syadali dan Mudzakir. (1997). Filsafat Umum. Bandung: Pustaka setia. 02. Bakker, Anton. (1986). Metode-Metode Filsafat. Jakarta: Ghalia Indonesia. 03. Bertens, K. (1987). Sejarah Pemikiran Filsafat Yunani. Yogyakarta: Penerbit Kanisius 04. Hartati Soemasdi. (1995). Pemikiran Tentang Filsafat Pancasila. Yogyakarta: andi Offset. 05. Harry Harmesma. (1983). Tokoh-Tokoh Filsafat Barat Modern. Jakarta: PT Gramedia. 06. Ismaun. (1972). Pancasila Dasar Filsafat Negara Republik Indonesia. Bandung: Karya remaja. 07. Kaelan. (1991). Filsafat Pancasila. Yogyakarta: Paradigma. 08. _____. (1998). Pendidikan Pancasila Yuridis Kenegaraan. Yogyakarta:Paradigma. 09. _____. (2000). Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Paradigma. 10. Notonagoro. (1974). Pancasila Dasar Filsafat Negara. Jakarta: Pancuran Tujuh. 11. _________., pengantar Soerjono Soekanto. (1968). Beberapa Hal Mengenai Falsafah Pancasila. Jakarta: CV Rajawali. 12. Oetojo Oesman dan Alfian, penyunting. (1991). Pancasila Sebagai Ideologi. Jakarta: BP-7 Pusat. 13. Poedjowiyatno, I.R. (1994). Pembimbing Ke Arah Filsafat. Jakarta: Roineka Cipta. 14. Pranarka, A.M.W. (1985). Sejarah Pemikiran Tentang Pancasila. Jakarta: CSIS. 15. Riff, Michael A. (1995). Kamus Ideologi Politik Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 16. Slamet Sutrisno, penyunting. (1994). Pancasila Sebagai Metode. Yogyakarta: Liberty. 17. ____________. (1998). Pancasila; Kebudayaan dan Kebangsaan. Yogyakarta: Liberty. 18. Soejono Soemargono. (1988). Berfikir Secara Kefilsafatan. Yogyakarta: Nur Cahaya. 19. Soeprato. (1996). Hubungan Falsafah Pancasila Dengan Ideologi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka. Jakarta: BP-7 Pusat. 20. Wijaya, A.W. (1985). Pokok-Pokok Perkuliahan Pancasila Pada Perguruan Tinggi. Jakrta: Akademika Pressindo. 21. Yudi Latif. (2017) Negara Paraipurna. Jakarta: Gramedia
Details ...
Materi Mata Kuliah Filsafat Pancasila meliputi Pendahuluan, Pengertian filsafat, hubungan antara Filsafat dengan ilmu pengetahuan serta agama, fungsi filsafat, cabang-cabang filsafat dan aliran filsafat, Pancasila sebagai sebuha sistem filsafat, pendekatan filosofis terhadap Pancasila , moralitas etik Pancasila. yang dapat menjadi pegetahuan dasar mahasiswa dalam mengembangkan logika berfikir dan kompetensi kognitif mengenai Pancasila dalam sudut pandang filosofis.
Learning OutcomesSetelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat menjelaskan pengertian filsafat, cabang, dan alirannya sebagai dasar pemahaman tentang Pancasila. Selain itu mahasiswa juga dapat melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai sebuah sistem filsafat yang berisi nilai-nilai moral etik yang berguna bagi bangsa dan pengembangan pendidikan
References- Kaelan, 2002, Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Paradigma, Yogyakarta.
- Kaelan, 2002, Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi 2002, Paradigma , Yogyakarta
Details ...
Materi Mata Kuliah Filsafat Pancasila meliputi Pendahuluan, Pengertian filsafat, hubungan antara Filsafat dengan ilmu pengetahuan serta agama, fungsi filsafat, cabang-cabang filsafat dan aliran filsafat, Pancasila sebagai sebuha sistem filsafat, pendekatan filosofis terhadap Pancasila , moralitas etik Pancasila. yang dapat menjadi pegetahuan dasar mahasiswa dalam mengembangkan logika berfikir dan kompetensi kognitif mengenai Pancasila dalam sudut pandang filosofis.
Learning OutcomesSetelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa diharapkan akan dapat menjelaskan pengertian filsafat, cabang, dan alirannya sebagai dasar pemahaman tentang Pancasila. Selain itu mahasiswa juga dapat melakukan telaah kritis terhadap Pancasila sebagai sebuah sistem filsafat yang berisi nilai-nilai moral etik yang berguna bagi bangsa dan pengembangan pendidikan
References- Kaelan, 2002, Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Paradigma, Yogyakarta.
- Kaelan, 2002, Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi 2002, Paradigma , Yogyakarta
Details ...