Courser in English | LEARNER DEVELOPMENT |
Program | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
SKS | 2 SKS |
RPS | 11 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memformulasikan bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
- Mampu menjelaskan hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
- Mampu menganalisis teori-teori perkembangan
- Mmampu memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
- Mampu mengidentifikasi masa kanak-kanak
- Mampu mengidentifikasi masa remaja
- Mampu memformulasikan masa dewasa
- Mampu memahami masa lansia
- Mampu menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
- Mampu menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi
Utama :
- Baharudin. 2014. Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
- Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memformulasikan bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
- Mampu menjelaskan hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
- Mampu menganalisis teori-teori perkembangan
- Mmampu memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
- Mampu mengidentifikasi masa kanak-kanak
- Mampu mengidentifikasi masa remaja
- Mampu memformulasikan masa dewasa
- Mampu memahami masa lansia
- Mampu menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
- Mampu menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi
Utama :
- Baharudin. 2014. Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
- Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memformulasikan bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
- Mampu menjelaskan hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
- Mampu menganalisis teori-teori perkembangan
- Mmampu memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
- Mampu mengidentifikasi masa kanak-kanak
- Mampu mengidentifikasi masa remaja
- Mampu memformulasikan masa dewasa
- Mampu memahami masa lansia
- Mampu menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
- Mampu menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi
Utama :
- Baharudin. 2014. Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
- Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memformulasikan bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
- Mampu menjelaskan hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
- Mampu menganalisis teori-teori perkembangan
- Mmampu memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
- Mampu mengidentifikasi masa kanak-kanak
- Mampu mengidentifikasi masa remaja
- Mampu memformulasikan masa dewasa
- Mampu memahami masa lansia
- Mampu menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
- Mampu menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi
Utama :
- Baharudin. 2014. Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
- Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memformulasikan bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
- Mampu menjelaskan hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
- Mampu menganalisis teori-teori perkembangan
- Mmampu memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
- Mampu mengidentifikasi masa kanak-kanak
- Mampu mengidentifikasi masa remaja
- Mampu memformulasikan masa dewasa
- Mampu memahami masa lansia
- Mampu menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
- Mampu menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi
Utama :
- Baharudin. 2014. Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
- Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memformulasikan bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
- Mampu menjelaskan hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
- Mampu menganalisis teori-teori perkembangan
- Mmampu memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
- Mampu mengidentifikasi masa kanak-kanak
- Mampu mengidentifikasi masa remaja
- Mampu memformulasikan masa dewasa
- Mampu memahami masa lansia
- Mampu menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
- Mampu menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi
Utama :
- Baharudin. 2014. Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
- Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memformulasikan bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
- Mampu menjelaskan hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
- Mampu menganalisis teori-teori perkembangan
- Mmampu memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
- Mampu mengidentifikasi masa kanak-kanak
- Mampu mengidentifikasi masa remaja
- Mampu memformulasikan masa dewasa
- Mampu memahami masa lansia
- Mampu menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
- Mampu menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi
Utama :
- Baharudin. 2014. Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
- Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning Outcomes- Mahasiswa mampu memformulasikan bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
- Mampu menjelaskan hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
- Mampu menganalisis teori-teori perkembangan
- Mmampu memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
- Mampu mengidentifikasi masa kanak-kanak
- Mampu mengidentifikasi masa remaja
- Mampu memformulasikan masa dewasa
- Mampu memahami masa lansia
- Mampu menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
- Mampu menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi
Utama :
- Baharudin. 2014. Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
- Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning OutcomesSetelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,mampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan stelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.
References- Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
- Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
- Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
- Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
- Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
- Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
- Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
- Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning OutcomesSetelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,mampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan stelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.
References- Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
- Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
- Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
- Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
- Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
- Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
- Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
- Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...
Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.
Learning OutcomesSetelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,mampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan stelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.
References- Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
- Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
- Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
- Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
- Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
- Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
- Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta: Kencana.
- Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
- Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
- Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
- Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya
Details ...