Perkembangan Peserta Didik, Curriculum : 2014


Courser in EnglishLEARNER DEVELOPMENT
ProgramPendidikan Guru Sekolah Dasar
SKS2 SKS
RPS11 Data

RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)

Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
  2. Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
  3. Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan
  4. Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
  5. Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak
  6. Mampu  mengidentifikasi masa remaja
  7. Mampu  memformulasikan masa dewasa
  8. Mampu  memahami masa lansia
  9. Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
  10. Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

Utama :

  1. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  2. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  3. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  4. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
  2. Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
  3. Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan
  4. Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
  5. Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak
  6. Mampu  mengidentifikasi masa remaja
  7. Mampu  memformulasikan masa dewasa
  8. Mampu  memahami masa lansia
  9. Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
  10. Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

Utama :

  1. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  2. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  3. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  4. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
  2. Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
  3. Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan
  4. Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
  5. Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak
  6. Mampu  mengidentifikasi masa remaja
  7. Mampu  memformulasikan masa dewasa
  8. Mampu  memahami masa lansia
  9. Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
  10. Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

Utama :

  1. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  2. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  3. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  4. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
  2. Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
  3. Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan
  4. Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
  5. Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak
  6. Mampu  mengidentifikasi masa remaja
  7. Mampu  memformulasikan masa dewasa
  8. Mampu  memahami masa lansia
  9. Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
  10. Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

Utama :

  1. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  2. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  3. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  4. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
  2. Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
  3. Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan
  4. Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
  5. Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak
  6. Mampu  mengidentifikasi masa remaja
  7. Mampu  memformulasikan masa dewasa
  8. Mampu  memahami masa lansia
  9. Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
  10. Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

Utama :

  1. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  2. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  3. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  4. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
  2. Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
  3. Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan
  4. Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
  5. Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak
  6. Mampu  mengidentifikasi masa remaja
  7. Mampu  memformulasikan masa dewasa
  8. Mampu  memahami masa lansia
  9. Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
  10. Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

Utama :

  1. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  2. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  3. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  4. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
  2. Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
  3. Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan
  4. Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
  5. Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak
  6. Mampu  mengidentifikasi masa remaja
  7. Mampu  memformulasikan masa dewasa
  8. Mampu  memahami masa lansia
  9. Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
  10. Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

Utama :

  1. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  2. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  3. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  4. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

  1. Mahasiswa mampu memformulasikan  bab pendahuluan: latar belakang, tugas guru sebagai pengajar dan pendidik, faktor psikologis dalam pbm, memahami perbedaan individual, manfaat mempelajari perkembangan peserta didik
  2. Mampu menjelaskan  hakikat perkembangan dan pertumbuhan peserta didik
  3. Mampu  menganalisis teori-teori perkembangan
  4. Mmampu  memformulasikan permulaan kehidupan manusia (pra natal) dan masa bayi
  5. Mampu   mengidentifikasi masa kanak-kanak
  6. Mampu  mengidentifikasi masa remaja
  7. Mampu  memformulasikan masa dewasa
  8. Mampu  memahami masa lansia
  9. Mampu  menganalisis perkembangan anak abnormal/abk di sd
  10. Mampu  menganalisis perkembangan peserta didik/ABK (study kasus dan observasi) di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi

References

Utama :

  1. Baharudin. 2014.  Pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  2. John W Santrock. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  3. Muhammad Irham. 2014. Bimbingan dan Konseling: Teori dan Aplikasi di Sekolah Dasar. Malang: Arruz Media.
  4. Rita Eka Izzaty dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Syamsu Yusuf. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,mampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan stelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.

References

  1. Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  2. Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  3. Hurlock,  E.B.  1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  4. Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  6. Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  7. Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta:             Kencana.
  8. Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  10. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
  11. Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,mampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan stelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.

References

  1. Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  2. Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  3. Hurlock,  E.B.  1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  4. Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  6. Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  7. Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta:             Kencana.
  8. Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  10. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
  11. Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...
Course Descriptions

Mata kuliah perkembangan peserta didik ini mendeskripsikan tentang a) hakikat perkembangan dan pertumbuhan, b) teori-teori perkembangan, c) permulaan kehidupan manusia (masa pra natal), d) masa bayi, e) masa kanak-kanak awal, f) masa kanak-kanak pertengahan dan akhir, g) masa remaja, h) masa dewasa, i) masa lansia, j) perkembangan abnormal/ABK.

Learning Outcomes

Setelah mempelajari mata kuliah perkembangan peserta didik diharapkan mahasiswa mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikann dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya,mampu menguasai secara mendalam tentang perkembangan peserta didik, dan stelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis tentang perkembangan peserta didik di Sekolah Dasar.

References

  1. Abin Syamsuddin M. 2001. Psikologi Kependidikan. Bandung : Rosda Karya.
  2. Baharudin. M.Pd.I. 2014, pendidikan & psikologi perkembangan. Yogjakarta: Arus media.
  3. Hurlock,  E.B.  1980.  Developmental  Psychology.  Mekay  A  Life  Spand Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
  4. Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogya: UNY Press.
  5. Mardianto. 2013. Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.
  6. Poerwanti, Endang. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.
  7. Santrock, John W. 2004, Psikologi Pendidikan, terjemahan oleh Tri Wibowo B.S, Jakarta:             Kencana.
  8. Santrock, John W. 2012. Life Span Development. New York: Mc. Graw Hill Companies, Inc.
  9. Sudarwan Danim. 2010. Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeta.
  10. Sunarto dan Agung Hartono.2008. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
  11. Sunarto. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
  12. Yusuf,Syamsu. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung:PT. Remaja Rosda Karya


Details ...