Courser in English | Indonesian Language |
Program | Pendidikan Biologi |
SKS | 2 SKS |
RPS | 3 Data |
RPS (Rencanan Perkuliahan Semester)
Mata kuliah ini membekali mahasiswa untuk mencapai kompetensi membawakan acara, mencakup materi menyusun acara, membuka acara, menyampaikan isi acara, dan menutup acara dengan baik.
Learning Outcomes- Menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi, sikap etis dan estetis serta komunikatif dalam praktik mewara.
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan mewara dalam forum resmi maupun tidak resmi yang memadai.
- Mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan mewara, dalam forum resmi maupun tidak resmi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, secara kualitas dan terukur.
- Dalman. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.
- Pusat Bahasa. 2016. Ejaan Bahasa Indonesia.
- Hs. Widjono. Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Grasindo, 2008.
- Pusat Bahasa. KBBI
Details ...
Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan kaidah penulisan ilmiah sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia dalam ragam resmi maupun tidak resmi
Learning OutcomesMahasiswa mampu memahami dan menerapkan kaidah penulisan ilmiah sesuai dengan ejaan Bahasa Indonesia
Alwi, Hasan. 2005. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Arifin, E. Zaenal dan S Amran Tasai.1999. Cermat Berbahasa Indonesia: untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.
Depdikbud. 1998. Tata Bahasa baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Depdikbud. 1997. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Keraf, Gorys. 1994. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Ramlan, M. 2006. Sintaksis Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV Karyono.
Ramlan, M. 1993. Paragraf: Alur Pikiran dan Kepaduannya dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andy Offset.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan. Bandung:Angkasa.
Tim Penyusun. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Details ...
Mata kuliah ini mengkaji berbagai hal mengenai konsep-konsep kebahasaan dalam penggunaan Bahasa Indonesia baku untuk mendukung kajian atau laporan akademik sesuai bidang ilmu yang ditekuni.
Learning Outcomes1. Sikap dan Tata Nilai
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam mempelajari bahasa Indonesia.
2. Keterampilan Umum
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks kebahasaindonesiaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora.
3. Penguasaan Pengetahuan
Menguasai konsep-konsep dasar bahasa Indonesia.
4. Keterampilan Khusus
Mampu menggunakan bahasa Indonesia baku mutakhir dalam menyelesaikan permasalahan sesuai bidang ilmu yang ditekuni.
ReferencesBadan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.
Alwi, Hasan, dkk. 1988. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia: Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia: Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2001. Ragam-ragam Bahasa Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia Universitas Gadjah Mada (Mimeo).
Poedjosoedarmo, Soepomo. 2001. Filsafat Bahasa. Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta Press.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim penulis. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi: Mahasiswa Strata Satu. Universitas PGRI Semarang.
Details ...